Friday 14 June 2019

Berbagi Tips: Berbagai ragam Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Kulit


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
Berbagai ragam Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Kulit

Akhir-akhir ini, kita semua sangat menyadari manfaat olahraga. Latihan yang baik adalah kesempatan untuk beristirahat dari kesibukan sehari-hari, meremajakan tubuh kita dan menjernihkan pikiran kita dari stres.

Menurut ahli, berolahraga merupakan syarat utama menyehatkan kulit. Perias kulit itu sih sebenarnya hanya lapisan semu. Oleh karena itu, menyehatkan kulit dari dalam jauh lebih penting.

Selain penggunaan produk skincare dan melakukan perawatan, olahraga juga menjadi faktor penting yang dapat membuat wajah Anda bening bercahaya. Dokter kulit menjelaskan, detak jantung yang meningkat saat olahraga akan memompa lebih banyak darah di pembuluh seluruh tubuh. Lancarnya aliran darah ini meningkatkan sirkulasi oksigen dan nutrisi pada tubuh, termasuk kulit. Itulah alasan mengapa seusai berolahraga kulit terlihat sangat cerah.

Melakukan olahraga seperti jogging, renang, dan senam secara rutin terbukti bisa mengurangi risiko serangan jantung hingga 20 persen. Olahraga tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan jantung, atau hanya berguna untuk menurunkan berat badan. Kegiatan fisik yang mengeluarkan keringat ini dapat membantu menjaga tubuh tetap bugar, serta membuat Anda menjadi lebih berenergi. Namun, olahraga ternyata juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan  kulit.


Telah umum untuk diketahui bahwa olahraga memiliki manfaat yang sangat penting dalam hal menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Dengan kata lain, olahraga memiliki berbagai manfaat terhadap aspek-aspek atau bagian-bagian pada tubuh, termasuk salah satunya ialah kulit. Karena dengan olahraga dapat membuat aliran darah secara umum akan meningkat ke seluruh jaringan termasuk kulit.

Selain meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, termasuk organ-organ vital dan kulit, aliran darah ini juga membawa oksigen yang amat penting bagi kulit. Aliran darah ini juga membantu melancarkan aliran toksin dan radikal bebas agar tidak terakumulasi pada suatu bagian tubuh. Dan, inilah yang nantinya akan membuat kulit terlihat sehat serta lebih segar.

Sangat penting untuk rutin berolahraga setiap harinya atau minimal setiap minggunya untuk tetap menjaga kebugaran tubuh. Hal ini diakibatkan oleh aliran darah yang lancar sehingga bisa mencapai permukaan kulit dan memperbaiki kulit yang terkena radikal bebas.

Melansir dari Self, ketika detak jantung meningkat saat olahraga, pembuluh darah mulai melebar untuk memompa darah ke seluruh tubuh, yang kemudian meningkatkan sirkulasi oksigen serta nutrisi ke seluruh tubuh. termasuk kulit. Ini yang kemudian membuat kulit jadi lebih bercahaya.

Olahraga akan menyebabkan adanya peningkatan aliran darah yang membawa oksigen dan nutrisi sehingga akan membuat sel-sel kulit menjadi lebih sehat. Karena itulah, dapat disimpulkan olahraga dapat menjadi penunjang dalam menjaga kesehatan kulit, dan juga tubuh pada umumnya.


"Dengan berolahraga, kulit segera dipengaruhi oleh aliran darah yang diarahkan ke sana untuk mendinginkan tubuh," jelas Dr Alain Mavon, yang pernah menjabat sebagai Profesor Dermatologi di Pierre Fabre Research Institute, dan saat ini Direktur Penelitian Perawatan Kulit di Oriflame Cosmetics di Stockholm. "Ini memberi kita pelepasan keringat dan cairan yang sehat, yang bagus untuk tubuh dan kulit kita. Kita mengalami peningkatan sirkulasi mikro, efek pembersihan pori-pori, dan peningkatan aliran darah juga menghilangkan limbah."

Ellen Marmur, MD, profesor dermatologi di Mount Sinai School of Medicine, juga menerangkan bahwa aktivitas fisik seperti olahraga yang bisa mendorong sirkulasi darah tidak hanya dapat membantu menjaga kesehatan Anda, tapi juga dapat menjaga kesehatan kulit.

Olahraga akan menyebabkan pembuangan sisa-sisa dari proses metabolisme tubuh dan toksin dari sel-sel kulit menjadi lebih baik. Karena itulah, olahraga yang juga bisa mengurangi dan menghilangkan stress sehingga beberapa gangguan kulit yang biasanya muncul karena stress tersebut dapat hilang, seperti jerwat dan eksim (ruam).


Jika Anda menginginkan kulit yang sehat, maka Anda bisa memperolehnya dengan cara berolahraga, tentunya harus dilaksanakan secara rutin dan teratur. Dan berikut ini adalah penjelasan secara rinci tentang beberapa manfaat dari olahraga yang baik untuk kulit dalam segi kesehatan, antara lain:

Menutrisi Kulit
Jangan salah, untuk mendapatkan kulit awet muda tidak hanya cukup dari makanan bergizi, istirahat, dan perawatan kulit saja. Karena, mendapatkan kulit dambaan itu tidaklah cukup dipoles dari luar saja. Dan, menurut buku Sehat Itu Murah, karya Dr. Handrawan Nadesul, kecantikan kulit sejati itu muncul dari dalam. Kulit yang bersih, halus, dan cemerlang mencerminkan kesehatan tubuh.

Sebuah hal penting yang perlu diingat, makanan utama kulit berasal dari dalam tubuh. Zat gizi ini dipasok melalui pembuluh darah tubuh. Oleh sebab itu, zat gizi dalam menu harian harus lengkap dan memadai. Dan, supaya semua zat gizi dalam darah ini tiba ke permukaan kulit, aliran darah harus lancar dan deras. Tujuannya, supaya bisa mengalir sampai ke ujung-ujung permukaan kulit.

Olahraga seperti latihan aerobik, contohnya jogging, dapat meningkatkan denyut jantung yang kemudian akan berlanjut dalam membantu sirkulasi darah dan mengantarkan lebih banyak nutrisi ke sel-sel kulit. Sedemikian sehingga kulit akan menjadi sehat dengan terpenuhinya kulit oleh nutrisi tersebut. Hal senada juga disampaikan The American College of Sports Medicine sehingga merekomendasikan setiap orang untuk melakukan olahraga selama 30 menit setiap harinya dengan minimal 5 hari dalam seminggu.

Saat kita berolahraga dan mengeluarkan keringat, aliran darah akan lebih lancar, termasuk ke bagian dermis. Ini berarti kulit akan mendapat nutrisi esensial, hormon, dan oksigen. Menurut pakar perawatan kulit dari Sydney, Jocelyn Petroni, ia bisa melihat perbedaan besar antara kliennya yang rajin olahraga. "Kulitnya akan segar dan glowing, seperti yang terlihat pada ibu hamil. Ini karena kulit mendapat darah yang kaya oksigen," ujarnya.

Menghaluskan Kulit
Melakukan olahraga secara rutin dan teratur juga dapat membuat kulit menjadi lebih halus. Hal ini dikarenakan ketika Anda berolahraga sehingga akan mengeluarkan keringat, di mana kotoran akan keluar melalui pori-pori kulit yang terbuka. Keluarnya kotoran-kotoran tersebutlah yang kemudian akan membuat kulit menjadi bersih dan lebih halus.

Dengan olahraga kita akan mampu menghindari dehidrasi tersebut. Tubuh yang menerima oksigen lebih banyak akan membuat kulit menjadi jauh lebih lembap dan terhidrasi.

Mengencangkan Kulit
Olahraga yang dilakukan untuk melatih otot-otot tubuh beserta menurunkan berat badan pasti akan mengurangi kondisi kulit yang terlihat kendor. Oleh karena itu, otot-otot yang terlatih karena berolahraga akan mengurangi efek kulit yang mengendor dan membakar lemak dan kalori sehingga kulit pun tampak kencang.

Salah satu contoh olahraga yang efektif untuk mengencangkan kulit ialah angkat beban, seperti barbelan (mengangkat barbel). Bahkan beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli menyebutkan bahwa olahraga seperti yoga mampu membuat kulit menjadi kencang secara efektif. Face yoga, merupakan perawatan alami untuk kulit supaya selalu kencang dan terlihat segar. Face yoga sendiri menargetkan area di bawah lapisan kulit wajah dan lapisan lemak, sehingga menjadikan otot-otot wajah akan terangkat dan memperlambat kerutan serta keriput.

Mengurangi dan Mencegah Jerawat
Jerawat memang menjadi masalah kulit yang kerap dialami siapa pun. Permasalahan kulit yang satu ini kerap membuat banyak orang risih. Namun, jika kita rajin berolahraga, risiko munculnya jerawat lebih kecil. Peredaran darah akan lebih lancar serta teratur saat berolahraga dan hal itu bisa membantu membuka pori-pori kulit sehingga kotoran yang menyumbat bisa lebih mudah dibersihkan dan menjauhkan kita dari jerawat.

Memiliki jerawat jenis apapun atau masalah kulit lainnya seperti psoriasis mungkin membuat Anda sangat berhati-hati untuk makan, minum atau melakukan aktivitas apa pun, namun jangan sampai masalah kulit menghalangi Anda untuk tidak aktif bergerak.

Munculnya jerawat pada wajah ataupun di bagian kulit tubuh lainnya bukan hanya disebabkan oleh kotoran yang menumpuk pada kulit saja. Jerawat juga bisa jadi indikasi bahwa diri Anda sedang mengalami stres, sehingga produksi hormon dan juga minyak pada tubuh menjadi tidak terkendali, dan pada akhirnya timbullah jerawat di kulit.

Olahraga yang rutin dan teratur akan bermanfaat untuk mengurangi serta mencegah munculnya jerawat pada kulit. Hal ini dikarenakan dengan melakukan olahraga dapat membantu untuk mengontrol produksi hormone DHEA dan DHT yang menjadi pemicu timbulnya jerawat di kulit, terutama pada bagian wajah. Selain itu, jerawat dapat muncul karena Anda sedang mengalami stress, maka dengan cara olahraga yang juga dapat membantu menghilangkan stress akan meminimalisir kemungkinan jerawat untuk muncul di kulit. Peredaran darah yang lancar karena berolahraga juga akan membantu membuka pori-pori kulit sehingga kotoran yang tersumbat yang menjadi pemicu jerawat akan mudah dibersihkan.

Banyak ahli yang mengatakan bahwa olahraga merupakan cara tercepat untuk menghilangkan stres. Olahraga membantu memperbaiki ketidak-seimbangan hormon, yang merupakan faktor lain penyebab munculnya jerawat dewasa. Olahraga akan memberikan efek rileks pada otak maupun tubuh. Selain itu, berolahraga juga dapat memicu produksi hormon endorfin pada tubuh, di mana hormon ini bisa membuat Anda merasa lebih bahagia dan lebih tenang. Produksi endorfin yang meningkat akan menekan level stres dan menurunkan kadar kortisol di dalam tubuh. Hal ini yang pada akhirnya akan memperkecil risiko terjadinya peradangan seperti jerawat, serta mempertahankan kadar kolagen sehingga kulit Anda akan tetap mulus, elastis dan sehat.

Manfaat olahraga untuk kulit dapat mambuat tubuh menjadi lebih rileks atau santai. Oleh karena itu, berolahragalah secara rutin dan teratur agar dapat mengurangi dan mencegah timbulnya jerawat yang biasanya muncul di kulit. Dan, sedikit tips jika kulit Anda mudah berjerawat, pastikan untuk membawa cleansing wipes yang aman dan fragrance-free. Kemudian, segera bersihkan wajahmu dari kotoran dan keringat setelah berolahraga karena dapat memicu timbulnya breakout.

Menjadikan Kulit Bersih dan Merona
Mungkin awalnya Anda akan merasa jijik ketika kulit Anda mengeluarkan banyak keringat. Tapi perlu Anda ketahui, keringat yang keluar saat berolahraga justru membuat kulit Anda jadi lebih sehat dan bersih.

Olahraga dapat menjadikan kulit lebih bersih dan merona. Hal ini dikarenakan peredaran darah yang lancar di dalam tubuh. Ditambah lagi, ketika Anda melakukan olahraga akan membuat sel kulit mati hilang dan menggantinya dengan sel kulit baru. Bahkan beberapa ahli kecantikan menyebutkan bahwa olahraga lebih ampuh untuk membuat kulit bersih dan merona secara alami dibandingkan dengan menggunakan krim-krim perawat alami yang ada di dunia kecantikan.

Olahraga membuat jantung memompa darah lebih intens ke seluruh tubuh. Pembuluh darah akan melebar selama dan sesudah berolahraga. Hal ini terlihat terutama pada permukaan kulit. Warna kulit akan bersemu merah, terutama pipi, sehingga terlihat cantik alami tanpa perona pipi. Pembuluh darah yang melebar ini menghantarkan oksigen dan nutrisi ke kulit sehingga kulit mendapatkan lebih banyak pasokan nutrisi.

Pada saat Anda berolahraga, kelenjar keringat akan memproduksi banyak keringat yang keluar dari pori-pori kulit. Dengan begitu, kotoran yang terkunci di dalam pori-pori kulit akan terdorong keluar oleh keringat, sehingga pori-pori akan kembali bersih dan segar.

Namun, yang harus tetap Anda perhatikan ialah; setelah Anda selesai berolahraga, saat keringat sudah tidak lagi keluar dan suhu tubuh sudah mulai kembali normal, segeralah mandi dan bersihkan kulit agar kotoran tidak menumpuk kembali di kulit.

Menjadikan Kulit Cerah dan Bercahaya
Menurut dokter yang juga konsultan kecantikan dr. Fia Fia Lee, dengan berolahraga aliran darah secara umum akan meningkat ke seluruh jaringan tubuh. Manfaatnya untuk wajah dan kulit, peningkatan aliran darah tersebut akan membuat jaringan dan sel-sel kulit menjadi lebih sehat. "Dengan olahraga, jaringan-jaringan yang mati cepat digantikan dengan yang baru. Oleh karena itu, kulit dan wajah kita terlihat lebih cantik, sehat dan cerah," ujarnya di sela-sela acara AIBI American Series Treadmill Launch di Jakarta.

Kulit yang sehat dan tidak kusam sebenarnya tidak hanya bisa didapatkan dari skin care saja. Olahraga membantu memperlancar sirkulasi darah di seluruh tubuh, termasuk di kulit, keringat yang bercucuran karena olahraga juga akan membersihkan kotoran dan pori-pori kulit. Olahraga yang bersifat aerobik seperti senam, lari, atau bersepeda akan mendorong perputaran sirkulasi darah, sehingga seluruh organ tubuh mendapatkan pasokan oksigen yang memadai.

Meningkatnya sirkulasi darah dan oksigen ke seluruh tubuh tidak hanya membuat kulit jadi lebih bercahaya. Mengutip dari Everyday Health, olahraga juga akan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Seorang dermatolog bernama Dr. Gervaise Gerstner juga mengatakan, dengan berolahraga kita bisa memompa lebih banyak darah dalam tubuh sehingga kulit menerima lebih banyak oksigen dan nutrisi. Meningkatnya suplai oksigen ke kulit dan wajah juga akan menjadikan kulit terlihat lebih cerah dan sehat.

Berolahraga sudah tentu membuat sirkulasi darah jadi lebih lancar. Sirkulasi darah yang lancar inilah yang akan membawa banyak dampak positif pada kulit Anda. Karena, peredaran darah yang lancar dalam tubuh akan menyuplai oksigen dan nutrisi yang cukup bagi kulit. Apabila kulit menerima suplai oksigen dan nutrisi yang cukup, maka kesehatan kulit akan terjaga. Kulit Anda akan senantiasa lembap dan tampak lebih cerah secara merata. Rutin melakukan olahraga ringan setiap hari akan membawa dampak positif bagi kesehatan kulit.

Kulit bercahaya usai olahraga itu nyata. Karena, ketika denyut jantung meningkat, pembuluh darah mulai melebar (vasodilasi) untuk memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh Anda. “Ketika Anda berolahraga, darah Anda memompa lebih banyak, yang meningkatkan sirkulasi oksigen dan nutrisi di seluruh tubuh Anda, termasuk kulit Anda dan pada akhirnya mengarah pada bersinar pasca-latihan,” kata dokter kulit Yoon-Soo Cindy Bae, M.D., ketika wawancara dengan Self.

Membuat Awet Muda
Kulit awet muda memang menjadi dambaan setiap orang. Selain merawat kulit dengan produk perawatan yang tepat, olahraga secara teratur bisa membuat kulit kita menjadi awet muda. Berolahraga bisa membuat aliran darah lebih lancar sehingga bisa mencapai permukaan kulit dan memperbaiki kulit yang terkena radikal bebas.

Rahasia kulit yang sehat dan awet muda ternyata tidak hanya terletak pada produk perawatan kulit yang Anda gunakan saja. Berolahraga dapat meningkatkan kadar IL-15, sebuah substansi yang berfungsi memperbaiki jaringan kulit.

Dengan adanya beberapa manfaat yang telah disebutkan sebelumnya, efek olahraga secara implikatif akan menyebabkan Anda terlihat awet mudah. Hal ini terlihat dari kondisi kulit yang bersih, kencang, merona, dan sehat. Sel kulit baru yang dihasilkan karena olahraga akan menjaga kulit agar tetap dalam kondisi lembab dan tidak kering.

Olahraga dapat membantu menurunkan level kortisol, hormon yang dirilis oleh kelenjar adrenal dan mengatur reaksi tubuh pada stres. Ketika level kortisol menurun, hal ini akan membantu mencegah inflamasi yang bisa dialami kulit, dan secara tidak langsung juga menunda proses penuaan dini. Namun selain itu, efek dari menurunnya level kortisol juga membuat Anda merasa lebih segar!

Secara khusus, dalam hal membuat awet muda ini Anda harus mengimbangi dengan pengkonsumsian air putih secara rutin dan teratur sehingga membantu meminimalisir racun di kulit dengan cara mengeluarkannya melalui pori-pori yang terbuka ketika berkeringat.

Meski begitu, jangan menganggap olahraga rutin akan menghilangkan kerutan. Meskipun olahraga terbukti bermanfaat untuk bagian tubuh lainnya, kulit adalah yang paling sedikit diteliti. Jadi, berolahragalah untuk mendapatkan kekuatan dan kesehatan mental serta kesenangan, dan jika kulit Anda terlihat lebih kencang, itu merupakan bonus.

Merangsang Produksi Kolagen
Pengeriputan pada kulit seiring bertambahnya usia memang tidak terelakkan. Semua orang pasti akan mengalaminya. Namun, Anda masih bisa menunda terjadinya penuaan pada kulit dengan cara olahraga.

Kulit yang keriput disebabkan produksi kolagen pada kulit menurun. Fungsi kolagen sendiri adalah untuk menjaga elastisitas dan kekuatan kulit, dengan berolahraga secara rutin dan benar akan dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit, sehingga proses penuaan dini pada kulit bisa dicegah.

Kolagen merupakan zat yang berfungsi sebagai pengisi sel kulit untuk membuat kulit lebih kencang dan kenyal. Dengan bertambahnya usia, produksi kolagen di dalam tubuh akan mengalami penurunan dan berkurang sehingga mengakibatkan kulit menjadi kering dan berkerut. Oleh karena itu, dengan melakukan olahraga secara rutin dan teratur akan dapat merangsang tubuh untuk mengproduksi kolagen yang penting bagi kulit ketika sudah mengalami penurunan dengan bertambahnya usia. Hal ini dikarenakan saat Anda olahraga sel kulit akan mendapatkan oksigen dan nutrisi lain yang baik untuk kesehatannya.

Kolagen merupakan senyawa protein yang mendukung struktur kulit manusia. Mengutip dari Times of India, Olahraga akan dapat mencegah kemunculan keriput, garis halus, dan kulit yang mengendur. Selain karena meningkatkan produksi kolagen, olahraga juga menguatkan dan membentuk otot di bawah kulit. Semakin kuat otot Anda, semakin kencang dan elastis kulit yang terlihat dari luar.

Olahraga secara rutin dan teratur mampu memperkecil hilangnya elastisitas kulit akibat kerusakan kolagen. Ini karena olahraga terbukti dapat memperbaiki dan meningkatkan fungsi metabolisme sel kulit.

Rajani Katta, M.D., profesor klinis dermatologi di University of Texas Houston McGovern Medical School, mengatakan ada penelitian menarik yang mengatakan bahwa olahraga mengubah jumlah kolagen di kulit. Kolagen ini yang menyediakan kerangka yang kuat, tapi fleksibel untuk kulit dan memberikan efek pantulan kembali.

Sebagai Facial Alami
Olahraga yang rutin dan teratur juga dapat dijadikan sebagai facial alami untuk kulit. Hal ini dikarenakan ketika sedang melakukan olahraga pori-pori akan membesar sehingga mampu mengeluarkan minyak, debu, dan residu kotoran lainnya yang biasanya terjebak di dalam kulit. Supaya olahraga menjadi facial alami yang lebih maksimal, maka disarankan untuk tidak menggunakan make-up atau lotion kulit saat olahraga. Ini dilakukan agar minyak, debu, dan kotoran lain yang harusnya keluar justru tidak terhalang karena adanya make-up atau lotion kulit tersebut.

Hal ini diperkuat dengan pendapat seorang ahli dermatologis Audrey Kunin, MD yang menyebutkan bahwa olahraga merupakan facial alami pada kulit. Segeralah cuci muka bahkan mandi pasca melakukan olahraga maksimal 30 menit.

Menyembuhkan Eksim
Menurut para pakar, berolahraga secara teratur bisa mengurangi risiko kulit bersisik dan eksim yang bisa merusak penampilan. Olahraga memiliki manfaat untuk meredakan stres hingga meningkatkan sistem imun tubuh. Sehingga dapat mengurangi risiko terkena eksim dan juga kulit bersisik.

Kulit bersisik sendiri disebabkan karena tubuh mengalami dehidrasi. Sementara itu, eksim merupakan suatu penyakit kulit karena mengalami stres.

Olahraga dianggap mampu untuk menyeimbangkan mental dan menghilangkan stress pada tubuh. Olahrag mampu menghilangkan penyakit yang disebabkan oleh stress berlebih dengan lebih cepat. Menurut Brian B. Adams, MD yang merupakan anggota asosiasi professor dan direktur Klinik Dermatologi Olahraga, Universitas Cincinnati, menyebutkan bahwa dengan berolahraga penyakit eksim dan jerawat bisa sembuh. Selain itu, manfaat olahraga lainnya ialah mampu mengurangi produksi minyak kulit berlebih akibat stress yang dialami.

Membantu Mengeluarkan Racun dan Radikal Bebas
Darah maupun oksigen yang mengalir dengan efektif ke kulit dapat membantu membuang kotoran serta ‘racun’ yang menumpuk dan menyumbat pori-pori kulit Anda. Berkeringat saat olahraga akan membantu membuang kotoran yang ada pada permukaan kulit Anda.

Racun maupun radikal bebas dapat diakibatkan karena adanya asap rokok, polusi udara, dan juga bahan kimia yang ada pada produk kecantikan sehingga berdampak buruk pada kesehatan kulit, seperti merusak kulit, menyebabkan keriput, flek, dan lain-lain. Dengan demikian, melakukan olahraga dapat mengeluarkan racun dan radikal bebas dari dalam tubuh karena sirkulasi darah yang berjalan lancar dan distribusi nutrisi untuk kulit akan diserap secara maksimal.

Studi terbaru menyimpulkan bahwa berkeringat sambil melakukan kardio juga membuat kulit lebih cerah, membuang semua toksin, dan meredakan kulit tampak bengkak. "Selain liver, kulit adalah agen detoksifikasi terbesar. Berkeringat akan mengeluarkan toksin, yang bukan cuma membuat kita segar tapi juga meremajakan kulit," kata ahli dermatologi Dr. Shyamalar Gunatheesan.

Mengutip dari Women's Health, keringat adalah proses fisiologis normal yang membantu melepaskan racun dari dalam tubuh dan membersihkan pori-pori. Jadi dengan kata lain, rutinitas berlari setiap sore yang Anda lakukan atau kelas fitness yang Anda ambil selepas jam kerja, akan dapat membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat. Jangan lupa untuk mandi dan membersihkan wajah dengan saksama setelah berolahraga, supaya semua kotoran yang keluar bersama keringat benar-benar terangkat dari kulit Anda.

Mengurangi Selulit
Kathleen Zelman, MPH, RD, LD, direktur kesehatan WebMD, menjelaskan ketika olahraga tubuh akan lebih bebas bergerak. Ini akan memicu proses metabolisme dan sirkulasi darah menjadi lebih lancer. Metabolisme yang terjaga kualitasnya seperti pembentukan protein untuk elastisitas kulit, sangat dipengaruhi oleh aktifitas tubuh. Olahraga juga mampu mengurangi deposit lemak serta deposit asam laktat. Deposit lemak dapat meningkatkan resiko kegemukan, sedangkan deposit asam laktat bisa membuat tubuh cepat letih dan lesu sehingga penampilan kurang segar.

Olahraga akan mengurangi risiko timbulnya selulit. Selulit adalah lemak yang terperangkap dalam jaringan ikat yang menimbulkan kesan kulit bergelombang seperti kulit jeruk.

Selulit dapat terjadi akibat jalinan fibroblast yang tertarik dan membentuk kantong lemak. Pada umumnya, selulit ada di bagian pantat (bokong), paha belakang atau lengan, di mana dapat membuat kulit menyerupai kulit jeruk. Sedemikian sehingga kemunculan selulit akan mampu mengganggu penampilan dan membuat Anda kurang percaya diri. Beberapa teori berpendapat bahwa kurangnya pasokan darah ke daerah paha, pinggul, menyebabkan selulit. Oleh karena itu, untuk mengurangi bahkan mencegah terjadinya selulit, lakukanlah olahraga secara rutin dan teratur. Hal ini dikarenakan ketika sedang berolahraga, tubuh mengalami proses pembentukan dan peregangan otot sehingga selulit dapat dihilangkan bahkan dicegah sebelum terjadi.


Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Olahraga


Meskipun olahraga memiliki manfaat untuk kulit. Namun, sama sekali bukan jalan bebas untuk mendapatkan kulit yang lebih muda dan jelas. Dr. Mavon menggaris-bawahi bahwa kita juga perlu mewaspadai efek buruk olahraga pada kulit, serta melakukan apa yang dapat kita lakukan untuk menangkalnya.

Mungkin beberapa beranggapan, olahraga justru buat wajah berjerawatan dan sensitif. Sebenarnya bukan salah olahraganya, melainkan kebiasaan buruk seseorang saat berolahraga. Misalnya, olahraga ketika wajah sedang menggunakan make-up. Selesai olahraga tidak langsung mandi dan membersihkan wajah, justru hal tersebut akan membiarkan keringat dan make-up berkumpul selama berjam-jam. Tidak mengherankan jika hal tersebut menjadikan wajah jerawatan. Pastikan selalu membersihkan wajah dan tubuh seusai berolahraga. Juga sebaiknya berolahraga tanpa menggunakan make-up. Kalaupun Anda ingin menggunakan make-up, pilihlah produk make-up yang bersifat non-comedogenic atau tidak menyumbat pori.

"Pori-pori yang tersumbat, jerawat potensial, dan keseimbangan ph. Yang terganggu semuanya dapat menjadi konsekuensi dari berkeringat di lingkungan yang ber-AC seperti gym," jelas Dr. Mavon. "Terpapar klorin dari kolam renang dapat menghancurkan vitamin E di kulit kita, dan dosis UV yang lebih kuat dari periode yang lama di luar rumah dapat berperan dalam penyakit paparan sinar matahari," tambahnya. "Kulit kita dapat terpengaruh secara tidak perlu dan kami ingin menghindarinya dengan mempraktikkan kebiasaan perawatan kulit yang sehat sebelum dan sesudah berolahraga."

Para ahli kesehatan kulit juga merekomendasikan untuk mempertimbangkan berbagai tantangan yang ditimbulkan dikarenakan berbagai bentuk latihan, dan untuk mengambil sebuah tindakan pencegahan yang tepat sebelum sesi pelatihan akan membuat perbedaan; tidak hanya membangun kekuatan tubuh Anda, tetapi juga kulit Anda. Dr. Mavon memberikan beberapa wawasan tentang bagaimana cara mengantisipasi dampak dari efek samping rutinitas olahraga yang dapat memberikan efek buruk supaya kulit Anda tetap segar.

Olahraga Luar Ruangan
Jika berolahraga di luar ruangan, Dr. Mavon menyarankan untuk menggunakan pelembab dengan pelindung sinar matahari sebelum pergi, jangan lupa untuk menutupi wajah serta tangan dan apa pun yang lebih terbuka. "Bibir benar-benar dapat mengalahkan dan membutuhkan pelembab bibir dengan SPF - bawa satu di saku Anda untuk disentuh ulang - bahkan para pria!" kata Dr. Mavon.

Berkeringat akan meningkatkan fotosensitifitas kulit, yang membuat Anda lebih rentan terhadap sengatan matahari. Hal tersebut perlu menjadi sebuah reprentasi ketika melakukan olahraga meskipun saat musim dingin, karena sinar matahari lebih kuat di ketinggian.

Berenang
Berenang adalah kegiatan lain yang memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh dan pikiran, namun Anda harus tetap dituntut untuk tetap berhati-hati dalam menjalani rutinitas olahraga renang tersebut, karena dapat menimbulkan kerusakan pada kulit. Saat berenang di kolam yang diklorinasi, Dr. Mavon menyarankan menggunakan krim pelembab yang lebih tebal, dan mengoleskan banyak tabir surya saat berenang di air garam. Jangan lupa untuk melindungi rambut Anda, dengan mengoleskan sedikit minyak atau kondisioner sebelum Anda berenang. Setelah Anda keluar dari air, oleskan pembersih dan pelembab untuk mencegah kulit mengering.

Gym
Di tengah kehidupan modern kita yang sibuk, salah satu cara termudah untuk melakukan latihan adalah dengan pergi ke gym, entah itu latihan beban atau cardio, zumba ataupun putaran, bahkan di lingkungan yang terkendali tersebut-pun ada tindakan pencegahan yang harus diambil untuk melindungi kulit Anda. "Gym sangat bagus karena mereka menawarkan berbagai peralatan yang luar biasa, tetapi mesin ini (baik itu pemberat atau sepeda statis) kadang-kadang dapat menampung kuman serta bakteri, dan saat kita berolahraga, kita dapat memaparkan diri kita pada mikro-organisme yang tidak begitu ramah ini," Dr. Mavon menjelaskan. "Gunakan gesekan tangan yang sering disediakan, lap mesin, cuci tangan sesering mungkin dan jauhkan dari wajah Anda selama latihan, terutama jika Anda cenderung berjerawat dan cacat."


Seperti yang dipaparkan dr. Fia, olahraga yang baik adalah jika mampu meningkatkan detak jantung hingga 40-60 persen dari kondisi normal. Olahraga juga akan memberikan manfaat jika dilakukan secara teratur minimal 3 (tiga) kali dalam seminggu selama 30 menit. Bagi mereka yang sibuk dengan pekerjaan, Fia mengatakan, tidak ada alasan untuk tidak meluangkan waktu untuk berolahraga. Hal tersebut dapat disiasati dengan melakukannya ketika akhir pekan bersama keluarga. "Karena kalau tidak luangkan waktu untuk olahraga, enggak akan olahraga," tegasnya.

Kiat-kiat dalam berolahraga yang dapat Anda terapkan untuk melindungi dan menjaga kesehatan kulit:
-Berolahragalah secara teratur 2-3 kali seminggu, minimum 30 menit.
-Jenis olahraga bisa apa saja, pilih apa pun yang Anda minati. Prioritaskan yang bersifat kardio seperti lari, joging, bersepeda, atau senam aerobik. Jenis olahraga seperti ini lebih berkonsentrasi meningkatkan peredaran darah dan oksigen ke seluruh tubuh.
-Minumlah air dengan elektrolit cukup setelah berolahraga, untuk menghindari dehidrasi. Kekurangan cairan dapat menimbulkan kesan kulit kering dan pecah-pecah.


Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan cerah, memang tidak cukup hanya dengan berolahraga saja. Menurut dr. Fia, perlu adanya faktor pendukung lain seperti banyak mengkonsumsi sayur dan buah yang mengandung vitamin C, minum air putih, dan cukup tidur (6-8 jam sehari).

Di bawah, beberapa tips Dr. Mavon untuk rezim perawatan kulit atletik yang sempurna:
-Gunakan pelindung sinar matahari yang tahan air sesering mungkin.
-Gunakan pembersih lembut yang dapat menjaga kulit tetap bersih dan seimbang.
-Gunakan berbagai pelembab (pilihan akan tergantung pada iklim, paparan dan jenis kulit).
-Gunakan antioksidan botani untuk menangkal radikal bebas.
-Lakukan pendekatan holistic; mulai dari diet dan perawatan kulit, hingga kebiasaan tidur, tidur sebentar memungkinkan kulit Anda untuk memperbaiki, mengisi kembali dan memulihkan, di samping mempromosikan sintesis kolagen dan pembaruan kulit yang sehat.


Banyak ragam olahraga yang bisa dilakukan untuk kesehatan kulit, semisal; yoga, bersepeda, berenang, jogging, olaharag angkat beban dan berbagai latihan aerobik maupun latihan kardio lainnya. Dan, supaya lebih efektif menunjang kesehatan kulit, olahraga wajib dilakukan secara rutin sambil terus memenuhi kebutuhan gizi dan cairan setiap hari, serta melakukan perawatan kulit yang memadai. Di samping itu, beberapa hal yang juga penting agar manfaat olahraga tersebut tercapai, yaitu dengan mengimbanginya dengan konsumsi air putih yang cukup, pola makan serta pola hidup yang sehat. Jika memiliki kondisi kesehatan khusus, berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu supaya Anda bisa mengetahui jenis olahraga yang paling sesuai. Selamat berolahraga!



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...