Friday 29 June 2018

Berbagai ragam Manfaat Vitamin E Untuk Kulit


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
                  Berbagai ragam Manfaat Vitamin E Untuk Kulit


Selama ini, manfaat vitamin E dikenal untuk merawat dan mengatasi berbagai masalah kulit. Vitamin E sering dikatakan sebagai zat ajaib yang memiliki banyak manfaat dari mulai mengobati masalah kesehatan seperti jantung dan sirkulasi darah sampai ke masalah kecantikan. Pasti Anda sering mendengar tentang manfaat vitamin E yang sangat baik untuk kulit. Vitamin E memang sangat populer untuk digunakan sebagai bagian dari perawatan kulit karena bisa membantu mengatasi berbagai masalah kulit. Beberapa karakteristik dari vitamin E adalah mengandung sifat antioksidan dan mudah larut dalam lemak.

Vitamin E merupakan nutrisi penting yang bisa menunjang kinerja dari banyak organ tubuh. Zat ini juga mempunyai efek antioksidan yang bisa memperlambat sel-sel tubuh dari kerusakan.

Sudah bertahun-tahun lamanya kita mendengar  bahwa antioksidan yang ditemui pada vitamin E bisa membuat kulit lebih sehat atau mengatasi berbagai kondisi yang berkaitan dengan kulit. Beberapa produsen produk kecantikan pun akhirnya menambahkan vitamin E kedalam komposisi produknya.

Radikal bebas merupakan salah satu penyebab utama kerusakan kulit dan berbagai macam penyakit kronis pada tubuh manusia. Radikal bebas yang ada di tubuh manusia berasal dari 2 sumber yakni endogen (dari dalam tubuh) dan eksogen (dari luar tubuh). Eksogen yang berasal dari luar tubuh seperti polusi udara, radiasi UV, sinar-X, pestisida dan asap rokok. Radikal bebas endogen adalah radikal bebas yang berasal dari dalam tubuh sendiri seperti autoksidasi, oksidasi enzimatik dan respiratory burst.

Menurut ahli kosmetik Tatiana Kononov, vitamin E sangat bermanfaat untuk kulit terutama jika dikombinasikan dengan antioksidan lain. Vitamin ini bisa menjadi perlindungan pertama kulit dari pengaruh buruk eksternal.

Vitamin E merupakan sumber Vitamin yang dipercaya mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan kulit wajah dan tubuh, tak heran jika dalam produk kecantikan wajah sering kita menemukan Vitamin E ini sebagai bahan utamanya. Vitamin yang berfungsi sebagai Antioksidan ini mampu menjaga kesehatan kulit serta dapat menangkal radikal bebas yang bisa menyerang kesehatan kulit wajah. Menurut para ahli kecantikan, vitamin E ini akan besar khasiat dan manfaatnya jika di kombinasikan dengan Antioksidan lainnya. Karena sumber Vitamin E ini dapat menjadi perlindungan utama dari serangan yang dapat mempengaruhi kerusakan kulit.

Menurut definisinya, vitamin E adalah anti oksidan yang membantu menetralkan radikal bebas yang merusak sel – sel tubuh. Kulit dapat mendapatkan manfaat yang sangat besar dari perawatan menggunakan vitamin E. Apa saja manfaat vitamin E tersebut akan dibahas berikut ini:

Membersihkan kulit
Kotoran, minyak dan segala ketidaksempurnaan pada kulit dapat dibersihkan dengan manfaat vitamin E sambil tetap menjaga keseimbangan kadaar minyak di wajah. Caranya dengan meneteskan minyak vitamin E secukupnya pada kapas dan oleskan ke bagian kulit yang perlu dibersihkan. Vitamin E mamiliki manfaat melunakkan kulit sehingga dapat membersihkan permukaan kulit dengan sangat baik tanpa membuatnya kering, dan merupakan pembersih wajah alami yang bisa digunakan.

Melembabkan kulit
Pada umumnya, kulit wajah kering memiliki ciri-ciri seperti permukaan kulit yang kasar, kusam dan kurang elastis. Ini disebabkan karena minyak alami yang melindungi dan mempertahankan kelembapan kulit sangat rendah sehingga kulit bisa mengalami dehidrasi. Jika dibiarkan dan tidak dirawat dengan benar kulit bisa kasar, mengelupas, terasa gatal lalu timbul iritasi kemerahan.

Masalah lain yang sering dihadapi kulit kering adalah terasa seperti tertarik setelah membersihkan wajah atau jika berada di ruangan ber-AC terlalu lama. Hal ini disebabkan karena kelenjar minyak tidak mampu memproduksi minyak dalam jumlah cukup.

Cara mengatasi kulit wajah kering secara alami salah satunya adalah dengan menggunakan vitamin E.

Vitamin E dapat mengembalikan kelembapan pada kulit yang mengalami dehidrasi. Karena nutrisi di dalamnya lebih mudah larut dalam minyak, sehingga memiliki konsistensi yang lebih berat daripada vitamin yang larut dalam air. Cocok untuk kulit yang sangat kering dan rusak.

Vitamin E mengembalikan kondisi kulit dan meremajakan kulit yang mengalami dehidrasi. Campurkan beberapa tetes vitamin E ke dalam body lotion malam Anda dan oleskan ke tubuh sebelum tidur. Vitamin E adalah cairan yang mengandung minyak dan karena itu akan lebih berat formulanya daripada cairan yang berasal dari air. Sangat baik untuk kulit kering maupun berminyak karena bisa mengembalikan kelembaban kulit. Jangan lakukan ini jika Anda memiliki kulit normal atau mudah berjerawat.

Beberapa perempuan yang memiliki kulit wajah kering biasanya terbebas dari tampilan wajah yang mengkilap dengan pori-pori cenderung tidak terlihat. Jadi, kulit wajah ini biasanya terlihat mulus dari luar namun di dalamnya mudah kering, iritasi dan munculnya tanda penuaan dini. 

Mengatasi kulit kasar
Kulit yang tidak halus bisa tampak seperti bruntusan. Karena terkena penyebab wajah bruntusan maka perawatan dengan menggunakan vitamin E dapat dipertimbangkan. Vitamin E menyediakan kelembaban yang dibutuhkan kulit untuk penyembuhan yang intens. Sebenarnya vitamin E murni tidak ideal untuk digunakan sebagai pelembab karena teksturnya kental dan lengket. Terapi vitamin E sebelum tidur yang intens adalah yang ideal untuk penyembuhan dan perawatan kulit. Cara menggunakannya yaitu mencampur vitamin E dengan minyak zaitun untuk pemakaian yang lebih lembut dan tambahan terapi.

Merawat stretch marks
Bagi perawatan paska melahirkan, vitamin E adalah zat yang sangat membantu karena dapat memudarkan stretch mark. Minyak vitamin E cocok untuk perawatan kulit pasca persalinan karena dapat membantu memudarkan stretchmark. Nutrisinya bisa mengembalikan elastisitas kulit, sehingga garis-garis putih yang terjadi karena peregangan kulit bisa disamarkan.

Stretch mark muncul karena kulit kehilangan elastisitasnya akibat peregangan lapisan kulit. Pemakaian teratur minyak vitamin E pada area stretch mark sambil dipijat perlahan akan dapat mengurangi penampilan stretch mark. Ramuan lain untuk menghilangkan stretch mark dapat menggunakan manfaat lemon untuk kulit dan manfaat daun pegagan untuk kulit.

Mengatasi penuaan dini pada kulit
Vitamin E dapat meremajakan kembali kulit yang kusam, keriput, dan mulai kendor. Vitamin ini dapat meningkatkan produksi kolagen yang penting untuk menjaga elastisitas kulit.

Vitamin E mencegah semua hal yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering, kusam dan keriput dengan mendorong produksi kolagen. Dengan demikian mengurangi jumlah garis halus dan tanda – tanda penuaan, dan dapat menjadi cara mencegah penuaan dini dan mengatasi penyebab kulit cepat keriput.

Mengatasi keriput
Pasti Anda sudah sering melihat berbagai krim atau suplemen anti-aging yang mengandung vitamin E sebagai antioksidan. Antioksidan memang menjadi primadona di dunia kecantikan karena konon bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Beberapa penelitian memang menemukan manfaat antioksidan bagi kesehatan.

Keriput secara garis besar disebabkan oleh faktor usia, kerusakan radikal bebas, perawatan kulit yang tidak tepat dan kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol berlebihan. Menurut buku “Healing with Vitamins: the Most Effective Vitamin and Mineral Treatments for Everyday Health Problems and Serious Disease”  minyak vitamin E mencegah pembentukan kerutan dengan memblokir kerusakan akibat radikal bebas. Ini memperbaiki keriput dengan meningkatkan produksi kolagen, jaringan ikat yang membuat kulit elastis.

Minyak vitamin E mengatasi penyebab kulit cepat keriput dan  penyebab kulit keriput di usia muda dengan mendorong produksi kolagen yang membuat kulit tetap kenyal. Selain itu juga mendukung pertumbuhan sel baru dan mempercepat regenerasi sel tubuh, dengan begitu konsumsi vitamin E sesuai dosis akan menjadi cara menghilangkan kerutan di wajah dan cara mengencangkan kulit wajah.

Mengurangi noda hitam
Antioksidan di dalam vitamin E dapat mengurangi kerusakan akibat radikal bebas yang dapat mengakibatkan hiperpigmentasi atau noda gelap di kulit.

Noda hitam bisa disebabkan oleh faktor yang bervariasi seperti kerusakan akibat radikal bebas, penuaan, masalah dari liver dan sebagainya. Gunakan vitamin E untuk menghilangkan noda hitam ini dengan cara mengeluarkannya dari kapsul dan dicampurkan dengan minyak esensial seperti misalnya minyak zaitun. Gosokkan ke area kulit yang bernoda hitam secara rutin sampai noda tersebut menghilang dari kulit. Vitamin E adalah sumber anti radikal bebas yang sangat baik dan bisa mengurangi kerusakan akibat radikal bebas yang menyebabkan pigmentasi. Dengan demikian bisa menjadi cara menghilangkan noda hitam di wajah dan cara menghilangkan flek hitam di wajah.

Merawat sengatan matahari
Vitamin E juga dapat memulihkan kulit yang terbakar sinar Ultra Violet lebih cepat. Antioksidan di dalamnya dapat menetralisir efek radikal bebas yang disebabkan oleh radiasi ultraviolet, sehingga efek pedih bisa lebih cepat hilang.

Salah satu faktor utama yang menyebabkan kerusakan besar untuk sel-sel kulit kita adalah paparan radiasi ultraviolet dari matahari . Ketika menembus kulit, menyerang molekul oksigen di dalam sel-sel kulit pertama. Akibatnya , molekul oksigen yang dikonversi menjadi radikal bebas.Karena sifat reaktif , radikal bebas oksigen melancarkan serangan pada protein , lipid , dan molekul DNA . Kolagen protein hadir dalam kulit , yang bertanggung jawab untuk membuat kulit halus dan lentur , digunakan oleh radikal bebas . Hal ini akan mempercepat proses penuaan kulit dan menimbulkan masalah seperti perubahan warna kulit , keriput , bintik-bintik usia , dll yang menjadikan tekstur kulit kasar . Hal ini dapat meningkatkan risiko kanker kulit juga.

Luka akibat sengatan matahari sangat baik jika dirawat menggunakan vitamin E. Kandungan anti oksidan yang dimiliki vitamin E dapat menetralkan efek dari radikal bebas yang disebabkan sinar matahari, dan juga mendinginkan kulit yang terbakar matahari. Cara memakainya hanya mengoleskan minyak vitamin E ke area yang terbakar matahari.

Memudarkan bekas luka
Manfaat kecantikan yang lain dari vitamin E adalah dapat membantu menyamarkan bekas luka dan menjadi cara menghilangkan bekas luka. Dengan manfaatnya sebagai antioksidan tinggi vitamin E dapat mempercepat proses penyembuhan kulit yang luka dan mencegah bekas luka sebelum menjadi permanen. Juga bisa memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Cara menggunakannya dengan mengoleskan minyak vitamin E dan pijat selama lima sampai sepuluh menit. Biarkan meresap selama sepuluh menit lalu cuci dengan air hangat. Lakukan dua kali seminggu untuk melihat hasilnya.

Menyehatkan kuku dan menghaluskan kondisi kutikula
Vitamin E dapat menjadi cara merawat kuku agar tidak mudah rapuh dan cara merawat kuku agar tidak mudah patah. Dengan manfaatnya sebagai pelembab yang sangat baik, vitamin E dapat mengatasi kuku dan kutikula yang kering serta pecah – pecah. Anda cukup mengoleskan minyak vitamin E ke bagian kuku yang kering dan memijatnya sedikit sampai minyak meresap. Jika dilakukan dengan teratur maka kuku serta kutikula akan terlihat sehat kembali karena vitamin e merupakan salah satu vitamin untuk kulit kering yang tepat.

Anda bisa menggunakan vitamin E dengan mengoleskannya langsung pada kulit ataupun dengan cara diminum. Kekurangan vitamin E bisa menyebabkan kerusakan saraf dan pecahnya sel darah merah, namun hal ini sangat jarang terjadi. Kasus kekurangan vitamin E bisa terjadi pada seseorang yang melakukan diet sangat rendah lemak, terkena gangguan pencernaan atau menderita penyakit cistic fibrosis (penyakit mematikan yang merusak sistem pencernaan dan paru  – paru).

Walaupun salah satu tips agar awet muda adalah dengan menggunakan vitamin E, jangan mengonsumsi vitamin E berlebihan serta  jangan mengonsumsinya dibarengi dengan konsumsi multivitamin. Dalam beberapa penelitian terungkap bahwa mengonsumsi vitamin E bersama multivitamin lainnya kemungkinan bisa menyebabkan meningkatnya resiko kanker prostat bagi pria.

Makanan Sumber Vitamin E
Vitamin E adalah keluarga vitamin yang larut dalam lemak, dan bertindak sebagai antioksidan yang kuat dalam tubuh.

Tubuh manusia tidak bisa memproduksi vitamin E sendiri, karena itu untuk mencukupi kebutuhan vitamin E dalam tubuh ada tambahan suplemen. Vitamin E juga bisa didapatkan dengan cara yang lebih alami, yaitu dari asupan makanan. Vitamin E dapat ditemukan dalam minyak sayur, kacang-kacangan, dan sayuran berdaun hijau. Saat ini vitamin E juga disajikan dalam suplemen yang dipasarkan secara bebas. Beberapa makanan yang dapat menjadi sumber vitamin E bagi tubuh kita diantaranya adalah:

Biji Bunga Matahari, Almond, Hazelnut, Gandum,  Mangga, Brokoli, Bayam, Kiwi, Tomat, Minyak sayur, Sereal, Daging, Unggas, Telur, Buah-buahan, Sayuran.

Seberapapun inginnya Anda untuk memiliki kulit yang mulus dan bebas masalah dengan menggunakan vitamin E, Anda tetap harus waspada dalam penggunaannya. Seperti telah disinggung sebelumnya, efek kelebihan vitamin E akan berbahaya bagi tubuh. Anda harus memperhatikan dosis yang diminum, dan jangan sampai berlebihan hanya karena ingin cepat mendapatkan hasilnya. Ikuti petunjuk pemakaian dan perbanyak makanan yang mengandung vitamin E untuk mendapatkan kulit yang mulus dan bebas tanda penuaan.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...