Monday 25 June 2018

Berbagai Manfaat Cuka Sari Apel (Apple Cider Vinegar) Untuk Rambut


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
Berbagai Manfaat Cuka Sari Apel (Apple Cider Vinegar) Untuk Rambut


Rambut sehat tanpa masalah tentu saja menjadi salah satu hal yang bisa meningkatkan kepercayaan diri. Apalagi, bila rambut berketombe dan meninggalkan serpihan-serpihan putih di rambut dan baju. Apalagi bila ditambah dengan rambut rontok, jadi semakin tidak percaya diri dan tentunya harus segera diatasi agar bisa kembali tampil dengan sempurna.

Untuk mengetahui cara mengatasi ketombe dan rambut rontok tentunya perlu tahu dulu penyebab ketombe. Ketombe muncul dari jamur Malassezia, yang menjadi salah satu faktor penyebab ketombe. Jamur ini berkembang biak dengan cepat di kulit kepala yang terlalu kering atau berminyak, membuat rambut jadi rapuh dan mudah rontok. Cara mengatasi ketombe dan rambut rontok adalah dengan mengembalikan kelembaban kulit kepala seperti semula agar jamur penyebab ketombe tidak kembali lagi.

Cara mengatasi ketombe dan rambut rontok secara alami salah satunya adalah dengan menggunakan cuka apel. Cuka apel sudah terkenal sebagai bahan dapur yang memiliki banyak manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Cuka sari apel (apple cider vinegar) sering digunakan untuk membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan penampilan kulit. Namun, cuka sari apel ternyata juga bisa membantu mengatasi permasalahan rambut. Salah satu manfaatnya juga adalah mampu mengatasi ketombe dan rambut rontok.

Cuka apel mengandung asam, yang mampu membantu menghilangkan ketombe. Asam ini mengembalikan kelembaban kulit kepala, dan membuat jamur penyebab ketombe sulit berkembang. Bila melakukan perawatan rambut dengan cuka apel secara teratur, ketombe bisa cepat terbasmi dan rambut kembali kuat dan tidak rontok.

Ada banyak manfaat cuka apel untuk kesehatan, kulit dan rambut yang dapat anda ketahui disini. Cuka apel diproduksi dari hasil fermentasi dari sari apel. Sari apel adalah cairan yang tidak mengandung alkohol dan tanpa ditambah dengan gula buatan.  Selama proses fermentasi, sari apel diberikan ragi yang mengandung bakteri baik yang kemudian memecah gula alami dan menghasilkan alkohol. Cairan inilah yang digunakan untuk membuat cuka.


Manfaat Cuka Sari Apel untuk Rambut
Cuka apel, alias apple cider vinegar, atau bisa disingkat ACV. Bahan alami untuk merawat rambut yang satu ini sudah amat terkenal dalam dunia kecantikan.

Cuka sari apel (apple cider vinegar) memelihara rambut dan menyehatkan kulit kepala melalui sejumlah cara sebagai berikut:

Nutrisi
Cuka sari apel menyediakan sejumlah nutrisi, seperti kalium, yang penting untuk pertumbuhan rambut.

Cuka sari apel juga dipuji karena kaya vitamin dan mineral baik untuk rambut, seperti vitamin C dan B. Beberapa juga mengklaim mengandung asam alfa-hidroksi yang membantu mengelupas kulit kepala, dan juga sebagai anti-inflamasi, yang dapat membantu mengatasi ketombe .

Selain itu, cuka sari apel juga membantu menghaluskan rambut serta mengurangi rambut bercabang.

Setelah keramas dengan cuka apel jangan lupa sekali lagi mencuci rambut Anda dengan air dingin. Ini akan membuat rambut Anda lebih bersinar. jangan lupa, setelahnya oleskan campuran cuka sari apel dan air hangat pada rambut yang akan bekerja seperti kondisioner alami.

Dengan menggunakan cuka sari apel secara teratur, Anda akan secara alami menghilangkan kusut dari rambut Anda, menutup kutikula, memperbaiki porositas dan mendorong untaian yang lebih kuat dimana semuanya mengarah pada pengurangan pada ujung rambut bercabang dan patah.

Mencegah kerontokan rambut
Cuka sari apel merangsang sirkulasi darah yang lebih baik ke folikel rambut - sesuatu yang penting untuk mendorong pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan rambut. Selanjutnya, darah ini membawa nutrisi penting ke sel-sel folikel rambut, memperkuat akar dan mendorong pertumbuhan.

Lapisan pelindung
Cuka sari apel mampu memperbaiki rambut rusak dengan mengembalikan lapisan pelindung rambut.
Terlalu sering keramas, paparan sinar UV, dan polusi udara diketahui melemahkan lapisan pelindung ini.

Sebagai Anti-bakteri dan Anti-jamur
Asam asetat dalam cuka sari apel adalah anti-mikroba ampuh yang dapat membunuh bakteri dan jamur, penyebab umum ketombe dan kerontokan rambut , menjadikannya sebagai obat alami yang fantastis.

Membilas rambut menggunakan ACV juga merupakan rejimen pencegahan yang baik karena akan menjaga pH alami kulit kepala Anda.

Membilas seminggu sekali dengan campuran cuka sari apel telah meredakan banyak penderita ketombe dan mencegah keretakan lebih lanjut.

Keseimbangan pH
Keramas biasanya meningkatkan pH rambut (menjadi basa). Padahal, rambut manusia memiliki sifat asam, dengan faktor pH dari 4 sampai 6.

Cuka sari apel memiliki faktor pH sekitar 4, sehingga menggunakannya akan membantu mengembalikan keseimbangan pH alami rambut.

ACV dapat membantu rambut bersih secara menyeluruh. Kadar pH ACV yang tergolong netral membuat kadar pH rambut juga akan netral saat dijadikan air bilasan rambut. Karena rambut sendiri memiliki kadar pH yang cenderung asam.

Nutrisi dalam cuka sari apel membantu dalam mempertahankan pH kulit kepala dan membantu dalam membersihkan sel-sel kulit mati. Oleh karena itu, cucilah rambut secara teratur dengan cuka apel yang sudah dilarutkan dalam air untuk meningkatkan volume dan kilau rambut Anda.

Kekuatan potensial cuka sari apel untuk menurunkan pH untuk meningkatkan kesehatan rambut memiliki manfaat. Sebuah studi 2014 tentang pH sampo menemukan bahwa alkalinitas tinggi dapat berkontribusi pada gesekan, kerusakan, dan kekeringan rambut.

Studi ini berpendapat bahwa sebagian besar produk perawatan rambut tidak memperhatikan pH rambut ketika seharusnya, dan bahwa kebanyakan shampoo cenderung bersifat basa. Sebagai zat yang sangat asam, ACV dapat membantu menyeimbangkan pH. Dengan meningkatkan keasaman dan menurunkan pH, dapat mendukung kehalusan, kekuatan, dan kilau.

Menyehatkan kulit kepala
Cuka sari apel (apple cider vinegar) mampu menghilangkan bahan kimia jahat dan sel-sel mati dari kulit kepala. Kondisi ini memungkinkan kulit untuk bernapas secara alami dan membuka pori-pori di kulit. Kulit kepala yang sehat akan mencegah timbulnya ketombe.

Cuka sari apel juga memiliki sifat anti-jamur dan kualitas antibakteri yang dapat menghilangkan gatal-gatal.
Cuka sari apel mengandung asam alpha-Hydroxy yang membantu dalam meningkatkan kualitas rambut Anda. Mencuci rambut dengan cuka apel juga membantu dalam menutup kutikula dan membuat rambut lebih halus.

Kurangnya pengelupasan kulit dapat menyebabkan beberapa masalah kulit kepala. Penumpukan sel kulit mati dapat menghambat pertumbuhan rambut dan memperbanyak rambut rontok. Untuk itu anda dapat menggunakan campuran sampo dan gula merah. Gunakan cuka apel yang telah dicampur air untuk membilasnya. Setelah itu, bersihkan rambut dengan air.

Mengurangi porositas rambut
Porositas tinggi adalah hasil dari kerusakan pada rambut dari perawatan kimia dan paparan lingkungan. Pengerusakan yang tidak dapat dipulihkan ini menciptakan celah dan lubang di permukaan batang rambut sehingga membuat rambut lebih rentan terhadap kerusakan lebih lanjut.

Meskipun Anda tidak dapat mengubah porositas rambut Anda, Anda dapat mengelolanya dengan menggunakan cuka sari apel untuk meratakan kutikula dan meminimalkan celah. Untuk memastikan rambut baru yang tumbuh tidak mengalami kerusakan yang sama.

Tidak yakin apakah Anda memiliki rambut yang keropos?. Sebuah tes sederhana akan mengungkapkan semua. Jatuhkan sehelai rambut bersih ke dalam segelas air. Jika segera tenggelam, rambut Anda memiliki porositas tinggi. Jika mengapung di tengah jalan, itu adalah porositas normal. Jika untaian itu mengapung ke atas dan butuh waktu untuk tenggelam, untaian Anda memiliki porositas rendah.

Mengatasi ketombe
Cara mengatasi ketombe dan rambut rontok dengan cuka apel lainnya adalah dengan menjadikannya masker untuk kulit kepala. Campurkan dua sendok makan cuka apel dengan air hangat, lalu tambahkan beberapa tetes minyak aromaterapi. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan shampo hingga bersih. Lakukan seminggu sekali untuk hasil yang lebih maksimal.

Sifat anti bakteri dan jamur pada cuka apel membantu dalam mencegah ketombe, infeksi kulit, gatal-gatal, meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala dan membuat rambut lebih sehat. Sifat anti bakteri dan jamur tersebut juga menghambat pertumbuhan Malassezia furfur yang merupakan jamur yang menyebabkan ketombe.

Membersihkan Rambut
Menggunakan banyak produk pada rambut kita - seperti serum, gel, semprotan, dan masker - mengarah pada penumpukan produk. Semua residu lengket ini bisa membuat rambut tampak datar, kusam dan tak bernyawa.

Salah satu cara termudah untuk menyingkirkan akumulasi ini dan mengembalikan kehidupan alami rambut Anda adalah dengan menggunakan cuka sari apel.

Mencampur cuka sari apel dengan 1 sendok teh baking soda efektif menghilangkan bahan kimia jahat dari rambut. Dengan cara ini, Anda bahkan tidak memerlukan lagi shampoo komersial.

Ketika menerapkan ACV, pastikan Anda mendiamkannya pada rambut selama setidaknya tiga menit yang, menurut 'The Science of Hair Care', adalah waktu yang diperlukan cuka untuk memecah struktur molekul residu, memungkinkan untuk dibilas dengan lebih mudah.

Mengatasi minyak berlebih pada rambut
Rambut berminyak selalu merusak penampilan dan tatanan rambut Anda? Di luaran memang banyak sekali shampo dan produk perawatan rambut lainnya yang menjanjikan rambut bebas minyak dan sehat, tapi apakah benar-benar memberikan hasil?. Jika produk di luaran tidak bisa memberikan hasil yang baik dan maksimal, coba beranikan diri Anda untuk menggunakan Apple Cider Vinegar (ACV).

Seperti yang dilansir dari Stylecaster, Rabu (13/9/2015), cuka apel tidak hanya berkhasiat baik untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi, tapi juga berkhasiat dan bisa digunakan pada rambut. Cuka apel merupakan bahan yang sangat baik digunakan untuk merawat rambut berminyak.



Cara Membuat Cuka Sari Apel untuk Membilas Rambut
Mencampur dan menerapkan cuka sari cuka sari apel tidak bisa lebih mudah. Ikuti saja langkah-langkah ini:

Siapkan air hangat satu bagian dan campurkan dengan satu bagian cuka sari apel.

Jangan gunakan air dingin atau panas. Air panas dapat merusak rambut, sementara air dingin mungkin tidak dapat menyingkirkan semua bahan kimia dan ketombe pada kulit kepala.

Cuci rambut dengan shampo normal seperti biasa. Saat rambut masih basah, bilaskan cuka sari apel pada rambut.

Jika Anda memiliki waktu, biarkan cuka sari apel selama 15 sampai 20 menit sebelum dibilas.

Cara ini ini akan memaksimalkan manfaat cuka sari apel dengan memastikan semua nutrisi dan enzim terserap. Kemudian bilas rambut seperti biasa.

Sebagian orang menggunakan cuka sari apel tanpa mengencerkannya, sehingga membuat pengobatan menjadi lebih kuat dan efektif.

Namun, pengguna pertama kali disarankan menggunakan cuka sari apel yang sudah diencerkan untuk memastikan tidak terjadi reaksi yang merugikan.

Jika menambahkan sedikit baking soda ke larutan bilas cuka sari apel, Anda bahkan tidak perlu menggunakan shampo.

Hindari cuka sari apel mengenai mata karena akan menyebabkan rasa perih dan sensasi menyengat yang cukup parah.

Jika Anda memiliki rambut kering, mulailah dengan dua sendok makan cuka per cangkir air. Jika Anda memiliki rambut berminyak atau ketombe, tiga atau empat sendok mungkin akan diperlukan. Anda dapat menyesuaikan campuran ini dari waktu ke waktu untuk melihat apa yang terbaik untuk rambut Anda.

Tidak seperti sampo dan kondisioner konvensional, cuka tidak akan memberatkan untaian individu, yang berarti Anda dapat menikmati lebih banyak gerakan dan tubuh alami untuk gaya rambut Anda. Anda bahkan dapat menemukan bahwa Anda tidak perlu menggunakan produk pemanasan dan penataan rambut setelah cuka apel, yang artinya akan menyelamatkan rambut Anda dari kerusakan lebih lanjut.

Menggunakan cuka sari apel adalah tentang mengembalikan rambut pada keseimbangannya. Jika Anda tidak hati-hati, itu bisa berlebihan. Jika masalah rambut atau kulit kepala Anda memburuk, hentikan penggunaan ACV maka cobalah kurangi jumlah yang Anda masukkan ke dalam bilasan, atau frekuensi Anda menggunakannya.

Selalu encerkan ACV dengan air sebelum mengaplikasikannya langsung ke kulit. Jika bilasan Anda terlalu kuat, cobalah mengencerkannya lebih banyak - meskipun jika iritasi terjadi, hampir selalu hilang dalam beberapa hari.

Mengatasi rambut rontok menggunakan cuka sari apel (apple cider vinegar) membutuhkan waktu agar menampakkan hasil. Namun, manfaat lainnya akan terlihat lebih segera. Rambut akan terasa lebih baik setelah hanya beberapa bilasan.

Secara umum, cuka apel bisa menjadi “sahabat baik” dirumah untuk mengatasi berbagai permasalahan rambut. Untuk itu, mulailah mengatasi segala penyakit terlebih dahulu dengan obat alami.




*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...