Monday 5 August 2019

Berbagi Tips: Penjelasan serta Manfaat BB Cream


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Penjelasan serta Manfaat BB Cream

Menggunakan base make-up merupakan langkah yang penting dalam rutinitas riasan. Dan, sebenarnya jenis base make-up sangat beragam. Namun, yang paling sering dipakai adalah produk alas bedak, yang merupakan sebuah item make-up yang berperan dalam membantu meratakan warna kulit Anda akibat bekas jerawat, flek ataupun masalah kulit lainnya.

Dari yang awalnya hanya ada satu jenis base make-up. Namun, sekarang ini produsen make-up banyak mengeluarkan inovasi untuk produk base make-up, salah satunya BB Cream. Mirip seperti Foundation, BB krim memiliki tekstur yang lebih ringan namun lebih berat daripada CC Cream.

Industri make-up memang semakin berkembang dengan produk-produk terbaru. Hal tersebut terkadang membuat para wanita yang jarang menggunakan make-up seringkali menjadi bingung mengenai perbedaan produk kecantikan. Salah satunya adalah banyak perempuan yang mengganggap BB cream dapat menggantikan fungsi foundation atau alas bedak. Padahal dua produk tersebut memiliki fungsi yang berbeda. “Foundation masih belum bisa diganti. BB Cream itu fungsinya berbeda dengan foundation, karena BB Cream itu perawatan kulit dan tidak akan memberi coverage yang sama dengan foundation,” ujar Make Up Artist, Lia Kurtz, yang juga General Manager Make Up For Ever, di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat.

BB cream adalah jenis make-up yang sedang digemari oleh seluruh wanita hampir di seluruh belahan dunia. Faktanya, sejak kemunculan BB cream pertama kali di tahun 2011, jenis make-up ini semakin terkenal dan digunakan oleh banyak wanita.


Pada awalnya, fenomena BB cream ini booming di negera Korea, kemudian menyebar ke seluruh dunia. Hampir mirip dengan pendahulunya, yaitu alas bedak (foundation), BB Cream dihadirkan untuk membuat kulit wajah Anda terlihat lebih rata.

Beauty balm cream atau BB cream adalah sebuah produk kecantikan yang berbentuk krim yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit wajah dan menyempurnakan warna kulit wajah yang tidak merata. Walaupun hampir sama kegunaannya dengan alas bedak atau foundation, tapi BB cream hadir dalam bentuk yang lebih ringan dan praktis, sehingga jenis krim ini tidak akan memberikan efek berat saat dipakai. “Dari tekstur saja sudah berbeda. BB Cream juga biasanya menggunakan UV protection, yang semakin tinggi akan memiliki tekstur yang lebih lengket,” kata Lia Kurtz.

Jika menggunakan BB cream Anda tidak perlu lagi menggunakan primer base, pelembap, ataupun produk tabir surya khusus untuk wajah, maka tidak heran jika BB cream dianggap produk yang cukup lengkap dan efisien.


Banyak manfaat dari BB cream yang membuat sebagian besar wanita lebih memilih produk ini sebagai pelengkap make-up sehari-hari. Juga, karena ciri khasnya yang menjadikan tampilan wanita cantik alami membuat BB Cream laris manis di pasaran. Dan, di bawah ini merupakan beragam manfaat BB cream yang bisa Anda dapatkan, diantaranya yaitu:

Pelindung kulit wajah
BB cream mampu melindungi kulit wajah dari sinar matahari, karena sebagian besar produk BB cream sudah mengandung sun protection factor (SPF). Meskipun kadar SPF masing-masing merek akan berbeda, namun biasanya SPF yang terkandung di dalam BB cream berkisar antara SPF 15-30.

Meski tingkat SPF yang ditawarkan berbeda-beda, umumnya BB Cream mengandung sun protection factor yang mampu melindungi kulit wajah Anda dari UVA dan UVB.

Memperlambat penuaan
Produk BB cream yang berkualitas juga mengandung berbagai zat yang mampu membuat Anda awet muda, seperti antioksidan, peptides, vitamin A, vitamin E, dan vitamin C.

Bagi Anda yang concern terhadap masalah garis-garis halus dan tanda-tanda penuaan dini lainnya, mengaplikasikan BB Cream secara teratur akan dapat membantu memperlambat penuaan.

Meratakan warna kulit
Biasanya BB cream hadir dalam beberapa pilihan warna kulit dan hal ini memudahkan Anda untuk menyesuaikan dengan warna kulit Anda yang dominan.

Tidak perlu khawatir jika warna kulit Anda tidak merata dengan sempurna, BB Cream mampu meratakan warna kulit Anda karena masing-masing merek telah mendesain jenis make-up ini dengan berbagai shade yang berbeda. Tentu saja shade tersebut haruslah Anda sesuaikan dengan warna kulit.

Menyamarkan noda hitam
BB cream juga mampu menutupi noda bekas jerawat dan kemerahan di wajah yang membuat penampilan Anda tidak sempurna.

Coverage BB Cream bisa dikatakan sebagai salah satu keunggulan yang ditawarkan karena mampu menutupi kemerahan dan noda hitam pada wajah. Bahkan noda bekas jerawat pun dapat tersamarkan dengan sempurna.

Melembapkan dan melembutkan kulit
Secara umum produk BB cream mengandung berbagai zat yang dapat membuat kulit Anda tetap lembap dan lembut, seperti dimethicone (yang juga terdapat dalam produk primer make-up).

BB Cream tidak hanya berperan sebagai foundation, tapi juga sebagai pelembap. Hal ini disebabkan adanya kandungan zat yang dipercaya dapat melembapkan dan melembutkan kulit.


BB cream merupakan sebuah produk make-up yang berguna untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang beragam karakteristiknya. BB cream memiliki target konsumen dengan usia yang lebih muda, serta tidak membutuhkan koreksi warna untuk wajah, dan puas dengan pulasan tipis secara instan, serta manfaat SPF. Seorang konsultan kosmetika menyebutkan BB cream terkonsentrasi pada tujuan memperhalus.

Menentukan pilihan menggunakan BB cream ataukah foundation di dalam aplikasi make-up sehari-hari, sebenarnya, hal ini tergantung dengan selera Anda. Tetapi, foundation memang lebih cocok digunakan bila Anda ingin menggunakan make-up yang lengkap dan flawless, sementara BB cream bisa menjadi pilihan jika Anda ingin terlihat lebih alami dan natural. Untuk menutupi noda dan ketidaksempurnaan wajah, foundation masih lebih unggul dibandingkan dengan BB cream. Namun, apabila Anda hanya memiliki waktu yang sedikit untuk bersiap pergi ke kantor, maka BB cream adalah pilihan yang tepat untuk tampil praktis dengan wajah tetap terlihat menarik. BB Cream, CC Cream, dan DD Cream memang memiliki fungsi dan kelebihannya masing-masing. Make-up item tersebut memang sama-sama bermanfaat sebagai alas bedak yang dapat memperbaiki penampilan kulit sehingga hasil riasan menjadi lebih sempurna. Meski begitu, BB Cream, CC Cream, dan DD Cream memiliki fungsi dan kelebihan yang berbeda-beda sehingga dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan kulit sehari-hari. Di bawah ini adalah penjelasan tentang perbedaan dari beragam jenis alas bedak yang dapat Anda jadikan referensi dalam memilih item make-up.

Foundation
Foundation sudah dikenal sejak lama sebagai alas bedak. Make-up item ini merupakan alas bedak yang bisa saja berbentuk cair serta ada juga yang berbentuk padat. Foundation memiliki tekstur yang kental dan pekat sehingga dia mampu menutupi kekurangan pada wajah dengan sangat baik. Foundation banyak digunakan apabila seseorang ingin tampil dengan tingkat make-up yang tebal dan tahan lama, karena foundation mampu membuat bedak menjadi lebih awet. Foundation dapat melembabkan wajah yang kering dan meratakan warna kulit yang belang.


Karena jenis kulit manusia beragam, pilihan foundation yang tersedia di pasaran pun bervariasi. Foundation juga diciptakan memiliki beberapa tingkat coverage, mulai dari; high coverage, medium coverage hingga low coverage. Jadi, menurut tingkatnya Anda wajib mengetahui seberapa tinggi tingkat coverage yang diperlukan. Ingin terlihat glam dengan full coverage atau mungkin Anda ingin terlihat natural dengan tingkat coverage yang rendah.

Jika seseorang memiliki jerawat atau warna kulit yang tidak merata sebaiknya menggunakan primer dan foundation karena akan dapat menutupi kekurangan tersebut sepenuhnya. Saat ini pun, sudah banyak produk foundation yang memiliki bahan dasar lebih ringan, sehingga cocok untuk digunakan oleh para wanita yang jarang menggunakan make-up.


Foundation memiliki berbagai jenis gradasi warna yang dapat digunakan untuk sehari-hari pada jenis kulit berbeda. Karena tingkat coverage-nya sangat tinggi, maka foundation cocok menjadi pilihan untuk anda yang sedang ingin pergi ke pesta. Dan, untuk pemakaian yang butuh menutup sempurna dan di acara event formal, foundation lebih disarankan menjadi alas make-up, sehingga tampilan make-up Anda akan tercipta lebih maksimal.

Ada berbagai cara memulaskan foundation, di antaranya adalah dengan memakai sponge, kuas, dengan jari atau juga blender. Dan, jika Anda memiliki jenis kulit berminyak, akan sangat dianjurkan untuk menggunakan foundation dengan tampilan akhir matte. Pastikan Anda memilih foundation yang sesuai dengan tipe kulit supaya tampilan make-up mampu bertahan lama dan tidak terganggu. Untuk pemilik wajah yang menua gunakan foundation yang memiliki formula anti-aging.

Concealer
Apakah Anda memiliki bekas jerawat yang masih tampak walaupun sudah mengenakan foundation, mungkin foundation saja tidak cukup, jadi Anda pun perlu menggunakan concealer. Fungsi utama concealer adalah untuk menutupi ketidaksempurnaan kulit, seperti jerawat, bekas jerawat, kantung mata, flek hitam, dan sebagainya. Dan jika Anda merasa warna kulit sudah rata namun masih ingin menutupi bekas jerawat atau sejenisnya, bukanlah suatu masalah jika melewatkan penerapan foundation dan langsung menggunakan concealer saja.



Tidak semua concealer memiliki warna natural yang sesuai dengan corak kulit. Ada pula concealer yang berwarna hijau, jingga, dan ungu yang dirancang untuk menetralkan warna yang timbul akibat ketidaksempuraan kulit.

BB Cream (Blemish Balm / Beauty Balm Cream)
Sebelum dunia make-up dan skin care berevolusi dan berkembang pesat seperti sekarang ini, kita hanya mengenal beberapa produk, termasuk foundation, pelembap, dan bedak. Sekarang Anda bisa menggunakan krim yang tidak hanya berfungsi sebagai foundation, tapi juga sebagai pelembap, produk tersebut adalah BB Cream. Fenomena BB Cream sudah terdengar gaungnya sejak tahun 2011.


Konsep awal BB cream tercipta pada tahun 1950-an ketika seorang dermatologis asal Jerman bernama Dr. Christine Schrammek menciptakan salep untuk pasiennya setelah menjalani perawatan pengelupasan kulit wajah. Ternyata krim itu tidak hanya memperhalus dan melindungi kulit, namun juga menutup kemerahan pada wajah. Kemudian produk tersebut dijual ke pasaran dengan nama blemish balm atau BB cream.

BB Cream semakin populer di kalangan perempuan Asia, terutama Korea Selatan, karena begitu banyak warga negara tersebut yang menjalankan operasi plastik, setelah itu menyusul di Eropa, dan Amerika Utara. BB cream memiliki tekstur lebih ringan dari foundation, namun lebih pekat dibandingkan pelembab berwarna. Selain memiliki sheer to medium coverage untuk meratakan warna kulit dan menyamarkan noda ringan di kulit, BB cream kadang mengandung SPF bahkan PA untuk melindungi kulit dari radiasi sinar matahari, namun bahan utamanya adalah antioksidan yang membantu melindungi kulit terhadap radikal bebas dan kerusakan dari polusi.


BB cream adalah produk make-up yang memiliki manfaat produk skincare. Jadi, produk ini memang telah dirancang untuk menjaga kondisi kulit. BB cream sangat cocok digunakan sehari-hari karena hasilnya sangat alami seperti tidak memakai apapun tetapi mampu menutup kekurangan wajah dengan baik. Dengan kata lain BB cream hampir sama fungsi seperti foundation tapi dengan formula yang lebih ringan.

Teksturnya yang lebih ringan dari foundation dan kandungan moisturizer di dalamnya mampu membuat kulit menjadi lebih segar, lembap, dan lembut. Covering-nya tidak akan membuat wajah tampak seperti ‘topeng’ sehingga sempurna dipilih sebagai alas bedak harian Anda.


BB Cream tidak memiliki pilihan shading warna yang banyak. Anda akan menemukan jenis dari krim BB hanya diproduksi secara terbatas. Biasanya, sebuah perusahaan kosmetika hanya menawarkan 2 hingga 4 gradasi warna dari krim BB saja, untuk bright skin atau dark skin. Sementara untuk alas bedak (fondation) terdapat sekitar 6 sampai 40 gradasi warna yang bisa disesuaikan dengan warna kulit Anda. BB cream juga cenderung memberikan hasil tampilan kulit yang lebih putih.

BB cream yang formulanya lebih ringan juga memiliki fungsi skin care. Umumnya beberapa BB cream telah dilengkapi dengan mineral-mineral yang membantu mengatasi problem kulit. Sedangkan foundation memang berlaku sebagai alas bedak saja. Jika Anda menggunakan krim BB, sangat disarankan untuk memilih produk krim BB yang mengandung komponen anti-penuaan (seperti peptida, antioksidan, vitamin A, E, dan juga C), licorice dan arbutin yang dapat membantu menyamakan warna kulit, serta mengandung SPF 30 atau lebih. Umumnya kandungan SPF pada BB cream jauh lebih tinggi dan efektif daripada foundation. Sehingga BB cream lebih efektif digunakan dalam rutinitas sehari-hari saat beraktivitas.


Pengaplikasian BB Cream memberikan hasil coverage pada wajah berbeda dengan foundation yang teksturnya lebih kental, Foundation mampu menutup lebih tebal tanpa harus dipulas beberapa kali. Sedangkan BB Cream akan memberikan coverage lebih natural dan tipis. Sehingga pengaplikasian BB cream akan menghasilkan sebuah tampilan make-up yang ringan, seperti tidak tampak sedang mengenakan apapun.

BB cream diciptakan untuk Anda dengan jenis kulit normal to dry karena dapat memberikan hidrasi pada kulit dengan sempurna. Untuk pengaplikasian BB cream, Anda hanya cukup menggunakan jari saja. Hasilnya tetap akan merata dan menempel tanpa ada efek cakey. Produk BB cream memiliki tekstur yang lebih lembut dan mudah menyatu pada tampilan kulit. Sedangkan, foundation jelas lebih cakey dan terkadang pecah apabila salah memulaskan atau tidak sesuai dengan jenis kulit. Kandungan formulasi BB cream juga lebih mampu menjaga kelembaban kulit daripada foundation, kandungan pelembabnya terdapat merata di seluruh volume BB cream dan lebih mudah diserap oleh kulit.


Wanita dengan kondisi kulit sudah baik atau hanya butuh sedikit bantuan make-up saja akan senang mengaplikasikan BB cream, karena lebih unggul dalam segi kepraktisan serta sudah mendapatkan banyak manfaat dalam 1 produk.

CC Cream (Color Correcting / Complexion Corrector)
CC cream atau dikenal sebagai Color Correcting atau Complexion Corrector adalah formula yang lebih ringan dibandingkan BB cream atau foundation pada umumnya. Sebagian besar CC cream memiliki tekstur krim lembut yang sangat ringan dan halus. Pada dasarnya, CC cream adalah versi BB cream yang ditingkatkan. Produk ini menawarkan manfaat skincare yang tidak jauh berbeda dari BB cream, seperti kandungan SPF dan kemampuan untuk menghidrasi kulit wajah, tapi dari segi coverage, CC cream lebih ampuh untuk menyamarkan kemerahan dan kekusaman kulit.


Pelembap berwarna yang dipasarkan sebagai krim CC pertama kali muncul pada tahun 2010 oleh produsen kosmetik yang berbasis di Singapura. Konsep dibalik CC cream adalah menyamarkan perbedaan warna kulit pada wajah, kemerahan dan hiperpigmentasi dengan menambahkan bahan lycopene untuk membantu mengurangi kemerahan dan memberikan nutrisi vitamin C agar wajah tampak bercahaya.

Jika Anda memiliki permasalahan wajah, seperti warna kulit yang tidak rata, garis-garis halus, kerutan, atau kemerahan dan iritasi, produk CC cream dapat membantu dan hasilnya bisa lebih efektif dibandingkan BB cream.


CC Cream merupakan base make-up yang memiliki low coverage. CC Cream lebih memiliki fungsi menyamarkan noda dan perbedaan warna di wajah. Produk CC Cream yang diperkaya dengan kandungan vitamin C akan mampu memberikan nutrisi untuk kulit sehingga terlihat lebih cerah bercahaya. Sederhananya, CC Cream merupakan produk base make-up yang sekaligus produk perawatan kulit.

Produk CC cream mampu membantu mengatasi berbagai masalah kulit wajah secara menyeluruh, seperti kemerahan atau pigmentasi, tetapi tidak sekuat sebagaimana kemampuan foundation. Penggunaan produk CC cream sangat cocok pula digunakan untuk kulit orang yang lebih dewasa.


Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk memaksimalisasi CC cream adalah dengan menggunakannya sebagai lapisan pertama sebelum menggunakan foundation. Anda juga dapat mengaplikasikan CC cream sebelum menggunakan BB cream dan pengaplikasiannya bisa menggunakan jari. Dengan ini, Anda dapat menampilkan warna kulit yang indah sekaligus memberikan manfaat anti-penuaan dan menjaga kelembapan wajah. Sedikit bedak ditambahkan di atas lapisan CC cream pada wajah juga dapat dipergunakan untuk memberikan sebuah tampilan sempurna yang akan mampu bertahan sepanjang hari.

DD Cream
DD Cream yang merupakan singkatan dari Dynamic Do-All atau Double Defense. Hal ini bisa berbeda untuk tiap brand yang membuatnya. Produk ini sebenarnya adalah perpaduan dari BB Cream dan juga CC Cream. Kelebihan lainnya, produk DD Cream memiliki tingkat kandungan SPF yang tinggi sehingga mampu melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari dengan lebih maksimal.


DD Cream juga memiliki banyak fungsi, mulai dari sebagai base make-up, mencerahkan, melembabkan, mengecilkan pori-pori sekaligus anti aging. Biasa disebut sebagai produk multifungsi, yang dapat mengoreksi warna kulit sekaligus menutupi ketidaksempurnaan pada kulit, pengaplikasian produk DD cream bisa menggunakan brush atau pun sponge.

Bahkan, produk DD Cream yang berkualitas juga telah diperkaya dengan tambahan nutrisi yang mampu mencegah penuaan dini pada kulit Anda. DD Cream merupakan produk multifungsi yang memiliki tekstur yang paling ringan daripada BB Cream dan CC Cream, yang mampu memberi kelembaban ekstra. Tidak hanya dipakai di wajah, beberapa produk DD Cream juga dapat digunakan dibagian tubuh lain, seperti kaki dan tangan.

EE Cream
EE cream yang memiliki kepanjangan dari Extra Exfoliating Cream, memiliki fungsi yang paling beda daripada BB, CC dan DD cream. Walaupun merupakan perkembangan dari ketiganya, EE cream diciptakan memiliki fungsi sebagai pembersih wajah dari kotoran dan sel-sel kulit mati yang ada di kulit.


Di dalam produk EE cream umumnya ditambahkan cleanser dan bahan pengelupasan sel kulit mati. Karena itu, disarankan dalam penggunaan EE Cream tidak dibarengi dengan penggunaan alas bedak lain, karena dapat memicu timbulnya jerawat. Kandungan SPF yang cukup tinggi menjadi hal yang patut diperhitungkan dalam memilih produk ini.


Mencoba menemukan produk yang tepat untuk wajah bukanlah hal yang mudah. Terdapat berbagai produk dengan beragam formula yang ditawarkan. Mengetahui apa yang dibutuhkan untuk kulit wajah Anda dan memahami manfaat dari tiap jenis produk bisa menjadi kunci pemilihan yang tepat.

BB Cream merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang menyukai make-up natural dan alami. Anda pun bisa tampil fresh di kantor ataupun kampus tanpa perlu mengaplikasikan make-up yang tebal.


Semoga penjelasan di atas menjadikan Anda semakin mudah dalam menentukan apa yang Anda butuhkan untuk memaksimalisasi tampilan kulit Anda. Mencoba beberapa jenis produk pada kulit Anda untuk melihat mana yang terbaik untuk Anda gunakan bukanlah suatu hal yang salah guna mengetahui tekstur mana yang paling tepat, dan jangan lupa untuk membaca kandungan bahan sebelum memilih produk favorit dalam rutinitas make-up Anda.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...