Tuesday 16 October 2018

Isopropyl Palmitate (IPP) – Mengenal Zat Kimia Kosmetik


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
                                  Isopropyl Palmitate (IPP)

Isopropyl palmitate merupakan senyawa isopropil alkohol dan asam palmitat yang biasa digunakan sebagai zat pengental. Isopropyl palmitate adalah agen penebalan dan emolien buatan manusia yang mudah menyebar dengan fungsi utamanya adalah membuat produk terasa lembut dan terlihat mengkilap. Isopropyl palmitate sintetis biasa berasal dari sumber tumbuhan dan hewan.

Isopropyl palmitate merupakan ester dari isopropil alkohol dan asam palmitat. Ini adalah emolien, pelembab, agen penebalan, dan agen anti-statis. Rumus kimia adalah CH3 (CH2) 14COOH (CH3)2. Isopropyl palmitate adalah tidak berwarna, hampir tidak berbau, dan berbentuk cairan. Dalam kosmetik dan produk perawatan pribadi, Isopropyl palmitate digunakan untuk memperluas spektrum dari produk.

Isopropyl palmitate berasal dari pengolahan asam palmitat dari minyak kelapa. Zat kimia ini merupakan tambahan untuk banyak produk perawatan kulit dan rambut yang digunakan untuk meningkatkan kadar air di rambut dan kulit. Isopropyl Palmitate alami dan digunakan di banyak industri selain perawatan pribadi dan produk perawatan rambut.

Bahan palmitate bertindak sebagai pelumas pada permukaan kulit, yang memberikan penampilan kulit menjadi lembut dan halus. Isopropyl palmitate dapat digunakan sebagai pengikat yang merupakan bahan yang ditambahkan sebagai pengaya campuran bubuk kering padat untuk memberikan kualitas perekat selama dan setelah kompresi.

Isopropyl palmitate juga termasuk kombinasi kompleks isomer lain yang merupakan bahan yang sangat diperlukan dalam shampo berkualitas tinggi, conditioner, alat bantu styling dan produk untuk rambut. Isopropyl palmitate adalah isotonik yang berarti memiliki salinitas yang sama dengan cairan tubuh sehingga aman bahkan ketika dicerna dalam jumlah kecil.


Isopropyl palmitate berguna untuk meningkatkan tekstur dan emolien seperti yang biasa digunakan dalam produk kosmetik. Zat kimia ini memiliki banyak sifat yang bermanfaat seperti pelembab, emollient, zat pengental dan juga mengurangi statis yang dapat menguntungkan rambut yang susah diatur, kering dan rusak.

Penggunaan Isopropyl Palmitate selama zaman kuno tidak pernah terdengar. Minyak kelapa, sumber alami asam palmitat dianggap sebagai produk perawatan rambut dan perawatan kulit yang sangat alami. Minyak ini juga digunakan untuk mengobati kondisi tertentu dari rambut dan kulit kepala seperti kutu, ketombe dan mengurangi efek kebotakan terutama pada pria. Para wanita selama zaman kuno menggunakan minyak kelapa dan banyak bahan alami lainnya seperti mentega kacang, ekstrak buah dan rempah-rempah untuk membersihkan rambut dan kulit.

Di zaman modern saat ini, Isopropyl Palmitate digunakan terutama sebagai cara efektif untuk memperbaiki dan meningkatkan kilau dan kualitas rambut. Produk perawatan rambut menggunakan bahan yang sangat penting ini untuk membantu membuat rambut lebih mudah dikelantang. Produk dengan Isopropyl Palmitate mengurangi terjadinya kerusakan rambut secara keseluruhan serta meningkatkan kesehatan rambut.

Dalam perawatan kulit, produk dengan Isopropyl Palmitate bermanfaat untuk meningkatkan kadar kelembaban kulit sehingga halus untuk disentuh dan kurang rentan terhadap eksim dan dermatitis. Memperbaiki kadar air pada kulit juga mempengaruhi kesehatan kulit, menjadikan kulit bersinar dan tampak terlihat lebih halus, garis-garis halus berkurang dan pori-pori tampak kencang saat digunakan secara teratur.

Isopropyl palmitate dikenal untuk mengentalkan kosmetik seperti mascara, toner ataupun concealer. Isopropyl palmitate juga ditemukan sebagai bahan utama dalam banyak produk perawatan pribadi lainnya seperti lotion, krim wajah, dan alat bantu styling. Isopropyl palmitate tidak hanya meningkatkan konsistensi losion berair, tetapi juga menambah manfaat produk. Turunan minyak sawit ini terdiri dari asam lemak, vitamin, dan alkohol.

Ada beberapa efek samping ketika menggunakan produk perawatan pribadi yang mengandung Isopropyl palmitate. Telah diketahui menyebabkan jerawat, kepala hitam dan kepala putih ketika digunakan secara berlebihan. Rambut mungkin tampak tidak teratur dan tidak rapi ketika digunakan secara berlebihan karena peningkatan kadar minyak atau kelembaban pada rambut.

Produk kosmetika dengan kandungan Isopropyl palmitate akan memiliki efektivitas instan dalam melumasi permukaan kulit hingga hitungan detik. Menjadikan kulit lebih halus, lebih lembut seperti sutra dengan nuansa yang lebih elastis. Meskipun diklaim sebagai bahan yang aman, gunakanlah produk yang mengandung Isopropyl palmitate dengan jumlah yang tepat sesuai anjuran karena sifat pengental yang kuat, bahan ini dapat mencegah kulit bernafas dengan benar. Pada gilirannya, pori-pori dapat tersumbat dan hal itu dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Selain efek samping ini, tidak ada efek samping utama yang diketahui dalam penggunaan produk dengan Isopropyl palmitate. Jika Anda memiliki kulit sensitif dan ingin menggunakan produk yang mengandung Isopropyl palmitate, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit untuk setiap kemungkinan efek samping pada jenis kulit Anda. Bayi dan anak kecil harus mencari alternatif perawatan kulit dan rambut yang lebih ringan untuk kulit ekstra sensitif mereka.

Isopropyl palmitate memiliki banyak sinonim, seperti crodamol IPP, sopropyl palmitate, asam palmitat, deltyl prime, dan isopropyl ester.

Isopropyl palmitate, ketika di infusikan ke dalam shampoo, hal itu akan membuat rambut lebih berkilau, mudah diatur, halus, dan lembut. Dengan demikian meningkatkan tekstur rambut keriting dan kering.

Kosmetika yang mengandung isopropyl palmitate ketika diaplikasikan pada kulit, bahan tersebut secara merata menyebar pada kulit dan tetap berada di permukaan untuk sementara waktu, sebelum diserap. Karena itu, Isopropyl palmitate dapat membantu menghilangkan kekeringan dan juga membuat kulit lembut dan lentur. Manfaat lain dari bahan ini adalah, untuk membantu mengurangi ukuran pori dan garis-garis halus pada kulit. Hal ini dikenal untuk menjaga masalah seperti dermatitis dan eksim. Isopropil palmitat juga membantu menyingkirkan jamur kuku dengan melembabkan dan menyembuhkan area kulit yang terkena.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...