Monday 18 November 2019

Cantik Sehat : Berbagai ragam Manfaat Memakai Hand & Body Lotion


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Berbagai ragam Manfaat Memakai Hand and Body Lotion

Dari semua produk kecantikan wanita, hand and body lotion adalah benda yang harus Anda miliki di meja rias. Hand and body lotion adalah produk yang harus dipakai semua wanita.

Ahli bedah plastik, Dr. Michelle Copeland, mengatakan bahwa setiap orang membutuhkan dua jenis pelembab agar kulit tetap terawat dan sehat. Kedua pelembab yang dimaksudkan adalah humektan dan pelumas yang memiliki unsur menghidrasi kulit. Body lotion memiliki tekstur ringan serta kandungan minyak yang rendah sehingga bisa digunakan siapa saja. Terutama bagi kita yang hidup di daerah tropis sangat disarankan selalu memakai body lotion setiap harinya.

Mungkin body lotion terdengar sepele bagi sebagian orang. Mereka yang dikejar waktu mungkin tidak memiliki banyak kesempatan untuk merawat kulit mereka. Tidak ada salahnya menambahkan jadwal menggunakan body lotion secara rutin di keseharian Anda. Tidak butuh banyak waktu untuk menggunakan body lotion, Anda hanya membutuhkan waktu tidak lebh dari 10 menit. Dalam survei yang dilakukan Marina terhadap 1.739 perempuan Indonesia, sebanyak 849 responden enggan menggunakan body lotion. Bahkan sebagian besar dari mereka tidak paham pentingnya kegunaan lotion dalam menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan.

Melakukan banyak aktivitas di luar ruangan membuat kulit terpapar langsung sinar matahari. Hal ini akan membuat kulit mudah terkena polusi udara dan debu. Tidak hanya di luar ruangan, berlama-lama di dalam ruangan pun tidak menjamin kesehatan kulit. Bahkan, berada di dalam ruangan ber-AC dalam jangka waktu lama bisa membuat kulit kering.


Untuk menjaga kulit tubuh tetap sehat, Anda perlu memperhatikan kelembapannya. Untuk menjaga kelembapan kulit itulah, body lotion hadir sebagai solusi. Seorang pemilik kulit kering secara khusus sangat disarankan untuk menggunakan body lotion yang mampu melembapkan.

Sebagian orang malas mengaplikasikan body lotion karena merasa tidak perlu sebab dirasa kondisi kulitnya baik-baik saja. Terdapat pula sebagian orang yang memakai body lotion jika kulit sudah mulai dirasa bermaalah. Penggunaan body lotion yang dilakukan secara tidak rutin merupakan sebuah tindakan yang salah. Hand and  body lotion angat dianjurkan untuk dipakai setiap hari supaya kulit tetap sehat, lembap, dan tidak kusam. Setidaknya, terapkan sekali sehari jika Anda merasa tidak memiliki waktu luang karena kesibukan rutinitas sehari-hari.

Rutinitas memakai body lotion setiap hari seringkali disepelekan oleh beberapa wanita, beberapa wanita juga menganggap bahwa pemakaian body lotion hanya penting bagi pemilik kulit yang kering saja. Sehingga pemakaian body lotion yang harusnya dikenakan setiap hari, seringkali dilewatkan oleh beberapa wanita. Padahal, sebenarnya terdapat beberapa manfaat memakai body lotion yang baik untuk kulit tubuh Anda jika rutin digunakan setiap hari. “Masih banyak yang tidak tahu akan pentingnya menjaga kesehatan kulit karena fungsi kulit sebagai perlindungan tubuh,” kata Melani Dwi Astuti, General Manager Brand Communication and Content Strategy Cosmetics and Consumers Marina.


Penggunaan body lotion bukan hanya memiliki peran dalam membuat kulit terlihat cantik, namun yang lebih penting lagi, juga berguna untuk menjaga kulit tetap sehat, cerah serta kenyal. Formulasi bahan dari sebuah produk body lotion juga akan memberi peran dalam pemberian ekstra nutrisi untuk menjaga kekenyalan, kecerahan, dan kesehatan kulit, Produk body lotion kini telah banyak yang menyertakan Vitamin E, Collagen, dan Astaxanthin dari ganggang merah dalam infusi formulanya. “Kombinasi ketiga bahan ini diharapkan dapat menjadi jawaban dari permasalahan perempuan Indonesia dalam menjaga kesehatan kulit agar tetap bisa beraktivitas secara maksimal,” kata Melani Dwi Astuti.

Butiran Vitamin E memiliki fungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas, yaitu salah satu faktor utama penyebab aging (penuaan kulit), dan sangat baik untuk melembapkan kulit. Sedangkan, collagen berfungsi sebagai penyokong kulit dan bertugas menjaga elastisitas kulit. Formula Nutrisi Astaxanthin dari ganggang merah juga telah dimanfaatkan dalam produk body lotion moderen yang akan bermanfaat sebagai Superior Antioxidant Protection untuk menstimulasi produksi kolagen secara berkelanjutan di kulit serta bertanggung jawab dalam menjaga warna kulit. “Tiga kandungan ini kaya akan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Yang menarik adalah kandungan Astaxanthin, karena antioksidan- nya 6.000 kali lebih efektif dari Vitamin C. Sehingga, perlindungan dan nutrisi ekstra pasti dirasakan jika menggunakan gabungan kandungan ini,” kata dr. Kardiana Purnama Dewi Sp.KK.

Senior Brand Manager Vaseline, Mahnessa Siregar juga menjelaskan tentang manfaat memakai body lotion setiap hari yang sering diabaikan oleh para wanita aktif sekarang ini. "Sekarang ini beberapa wanita sering melewatkan kebiasaan memakai body lotion. Padahal, sebenarnya lotion bukan hanya untuk kulit kering saja melainkan banyak manfaat untuk kulit jika digunakan setiap hari," ungkap Mahnessa Siregar saat peluncuran Vaseline Healthy White Fresh and Fair Lotion, di kawasan Kemang Jakarta Selatan.

Menjaga Kelembaban Kulit
Fungsi utama dari pelembab, khususnya hand and body lotion adalah menjaga kelembaban kulit. Seperti yang kita tahu, mandi dan memakai sabun dapat menghilangkan kelembaban alami kulit. Pemakaian hand and body lotion setelah mandi akan mengganti kelembaban yang hilang sekaligus membantu menjaga kelembaban kulit sepanjang hari.


Mengoleskan body lotion pada bagian-bagian tubuh yang rentan kering atau pecah-pecah, semisal tumit, lutut dan siku sebelum tidur akan memberikan manfaat yang sangat efektif untuk mengatasi gangguan tersebut. Hal ini dikarenakan pada saat tidur, kulit dapat menyerap seluruh nutrisi yang terdapat dalam body lotion. Selain itu secara umum,body lotion juga dapat menyegarkan kulit dan mencegahnya dari kekeringan baik karena sinar matahari atau efek pemakaian Air Conditioner di tempat kerja serta di tempat tidur. Jika kamar tidur Anda ber-AC, pastikan Anda menggunakan body lotion sebelum tidur malam sehingga kulit Anda tidak kering dan dapat tetap tampak segar serta sehat.

Jika kulit yang Anda miliki adalah jenis yang mudah mengalami kekeringan, maka sangat disarankan untuk menggunakan body lotion. Kulit yang kering akan mudah mengalami iritasi, dengan mengaplikasikan body lotion secara rutin maka sama dengan memasok kadar air untuk kulit dan tetap menjaganya dalam kondisi yang lembap.

Kulit yang mengalami kekeringan juga dapat diakibatkan karena kurangnya produksi kolagen, hal tersebut dapat diatasi dengan rutin dengan menggunakan body lotion yang mengandung glycerin dan retinol. Dan, bagi sebagian orang yang sering menghabiskan waktu di ruangan ber AC akan memiliki resiko lebih tinggi untuk kehilangan kelembapan pada kulitnya. Untuk tetap menjaga kadar air dalam kulit, disarankan menggunakan body lotion sehabis mandi. Hal tersebut dikarenakan sesaat setelah mandi, pori-pori kulit dalam keadaan terbuka. Dengan mengaplikasikan body lotion, kadar air dapat terkunci di dalam tubuh.

Body lotion dipercaya mampu menjaga kelembapan kulit. Dengan memberikan body lotion setiap hari secara teratur akan mampu membuat kulit menjadi selalu lembab. Cuaca dingin juga merupakan salah satu faktor utama yang membuat kulit menjadi kering bahkan bisa menyebabkan kekeringan yang ekstrem. Dengan menggunakan body lotion, kelembapan alami akan terkunci di dalam kulit sehingga mampu menlindungi kulit dari cuaca.

Jika Anda tinggal di daerah yang memiliki iklim ekstrim atau memiliki kulit yang sangat sensitif, penggunaan body lotion bersifat wajib, untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik. Aplikasikan body lotion setiap kali selesai mandi.

Memperbaiki Kekenyalan dan Elasitisitas Kulit (Anti-Aging)
Sebagian besar body lotion memiliki kandungan pelembap atau moisturizer yang dapat memperbaiki kekenyalan serta elastisitas kulit. Dengan pemakaian body lotion sebelum tidur akan memberikan manfaat memperbaiki kerusakan kulit dan mengembalikan kekenyalan serta elastisitas kulit. Apalagi pada malam hari, kulit banyak kehilangan kandungan air kurang lebih 25%. Karena itulah, body lotion akan memainkan peran penting dalam mengembalikan bahkan meningkatkan kelembaban kulit tersebut.


Body lotion yang memiliki formula baik akan mengandung bahan yang mampu melawan efek penuaan pada kulit. Bahan yang bisa melawan efek penuaan pada kulit misalnya hydrolyzed silk. Kandungan ini mampu meningkatkan elastisitas kulit yang akan mengendur seiring berjalannya waktu. Dengan memiliki kulit yang lebih elastis maka kulit kita akan terlihat kencang.

Mencegah Kulit Bersisik dan Kusam
Walaupun seseorang memiliki kulit normal, pasti ada beberapa bagian tubuh yang lebih kering dibanding daerah lain. Karena itulah, pemakaian hand and body lotion akan membantu menjaga kelembaban bagian yang lebih kering. Daerah yang lebih kering ini biasanya pada kaki, sehingga menimbulkan guratan putih seperti sisik. Bisa juga di daerah lutut dan siku yang akan tampak lebih kusam dan gelap dibanding daerah lain. Pemakaian hand and body lotion secara teratur akan mencegah kulit bersisik dan kusam.


Biasanya, kulit kering sering ditemukan pada kulit bagian kaki, kulit pada siku dan kulit pada lutut serta mudah terlihat kusam. Karena itu, sangat dianjurkan untuk memakai body lotion setiap hari secara teratur. Dengan pemakaian secara teratur akan membantu untuk mejaga kelembapan kulit terutama pada bagian yang kering dan kusam.

Polusi yang semakin hari semakin meningkat di jalanan juga dapat menjadikan debu menumpuk pada pori-pori kulit kita. Penumpukan residu, kotoran dan sel kulit mati sangat tidak baik untuk regenarasi kulit. Karena itulah, penggunanaan body lotion yang mengandung AHA akan membantu regenerasi yang terhambat karena residu tersebut dan mencegah kulit kita dari kekusaman.

Membantu Proses Regenerasi Kulit
Berdasarkan penjelasan Dr. Kardiana Purnama Dewi SpKK, seiring bertambahnya usia, regenerasi kulit akan menurun. Di saat-saat demikian, perempuan sangat memerlukan body lotion untuk membantu regenerasi kulit. Pilihlah produk body lotion yang bisa melembapkan seperti mengandung vitamin E untuk membantu proses regenerasi kolagen.


Secara normal kulit mengalami regenerasi setiap 28 hari sedang pelepasan sel-sel kulit mati setiap 28 jam. Body lotion yang dioleskan di malam hari dapat mempercepat regenerasi karena mampu melepas sel-sel kulit mati lebih cepat dari biasanya. Hal ini juga didukung oleh faktor waktu di mana malam hari merupakan momen ketika proses regenerasi bekerja maksimal yang ditandai dengan terbukanya pori-pori kulit.

Ketika proses regenerasi kulit terjadi lebih cepat, kesegaran, kelembaban dan kesehatan kulit dapat terjaga dengan baik. Hal ini karena sel-sel kulit mati yang menjadi benalu secara otomatis akan tergantikan dengan sel kulit baru.

Melembutkan Kulit dan Membuatnya Cerah Bersinar
Secara umum hand and body lotion dirancang untuk melembutkan kulit. Tidak hanya setelah diaplikasikan saja, tetapi juga akan memberi kelembutan ekstra sepanjang hari. Jika Anda teratur memakai hand and body lotion setiap kali selesai mandi, maka kulit Anda akan terhindar dari kusam dan membuat kulit lebih bersinar. Terlebih lagi jika Anda rajin mengaplikasikan hand and body lotion saat kulit terasa kering (misalnya ketika berada di ruang ber-AC), maka kulit Anda selalu sehat dan bersinar.


Dengan mengaplikasikan body lotion secara rutin. Lambat laun, kulit tubuh yang terasa kasar akan kembali halus seperti area kulit yang lain. Bagian tubuh yang seringkali terasa sedikit kasar adalah lutut, siku dan tumit.

Meskipun kulit Anda tergolong normal atau pun berminyak, tetap saja terdapat area yang kasar. Dengan mengaplikasikan body lotion di area tersebut setelah mandi atau sebelum tidur, kelembapan kulit akan meningkat dan terjaga. Tidak hanya diterapkan pada area siku dan lutut, body lotion juga dianjurkan diaplikasikan ke seluruh kulit untuk melembapkan dan menghaluskan kulit yang kering.

Kulit putih terkadang menjadi sebuah obsesi bagi wanita Asia, namun iklim tropis mengakibatkan kulit wanita Asia menjadi sering terpapar sinar matahari. Untuk mencegah pengaruh buruk sinar matahari yang mengakibatkan pigmentasi pada kulit, maka disarankan untuk menggunakan body lotion yang mengandung vitamin B3 untuk memperlambat proses pigmentasi sehingga kulit menjadi cerah. Mahnessa Siregar juga memberikan penjelasan, "Beberapa lotion juga bisa mencerahkan kulit kalau mengandung Vitamin B3, yang juga berfungsi sebagai antioksidan yang membantu kulit kita terlindung dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas," .

Beberapa body lotion terbuat dari formula yang mampu memberikan efek shimmers dan glitters. Biasanya, efek tersebut terdapat dalam whitening body lotion yang fungsinya memang untuk mencerahkan warna kulit.

Meratakan Rona Kulit
Warna kulit yang tidak merata merupakan hal yang tidak diinginkan bagi setiap wanita. Beberapa orang terkadang hanya menggunakan body lotion pada bagian yang sering terpapar sinar matahari dan bagian lain yang terlindungi busana terlupakan.


Agar rona kulit tetap merata, disarankan untuk menggunakan body lotion yang mengandung CLA (Conjugated Linoleic Acid). Dan, untuk meminimalkan flek yang muncul pergunakanlah body lotion yang mengandung AHA (Alpha Hidroxy Acid) yang dapat membantu mengganti sel-sel kulit mati dengan yang baru.

Memberi Perlindungan Kulit
Saat ini hand and body lotion diproduksi tidak hanya berguna untuk memberi efek melembabkan, tetapi juga telah diperkuat dengan menambahkan beberapa bahan yang berfungsi memberi perlindungan pada kulit. Perlindungan yang sering ditawarkan oleh sebuah produk hand and body lotion adalah perlindungan dari sinar matahari, tidak hanya mencegah kulit menjadi gelap, tetapi juga mencegah bahaya UV A dan UV B bagi kesehatan kulit. Saat ini telah banyak produk hand and body lotion yang dilengkapi antioksidan sebagai pelindung dari radikal bebas.


Pemakaian body lotion sangatlah penting karena kulit merupakan bagian tubuh terluar yang paling sering terkena debu dan polusi udara. "Manfaat memakai body lotion adalah untuk melindungi kulit dari sinar UV, karena kandungan triple sunscreen yang bisa membuat kulit tidak kusam," kata Mahnessa Siregar. Sinar UVA dan UVB yang berinteraksi langsung dengan kulit tubuh secara berlebihan ketika keluar dari ruangan akan dapat membawa pengaruh buruk bagi kulit. Body Lotion yang mengandung SPF15 atau lebih akan menghindarkan kulit dari paparan sinar matahari dan membantu menyelamatkan tubuh dari bahaya kanker kulit. Sesuaikan kadar SPF dengan jenis kegiatan yang Anda lakukan.

Mencegah Masalah Kulit
Masalah kulit yang sering dialami semisal timbulnya jerawat ditempat yang tidak diinginkan. Jerawat tidak hanya dapat muncul di area wajah saja. Mengaplikaikan pelembab yang mengandung Salicilyc Acid akan dapat mencegah timbulnya jerawat.


Kulit kering atau kulit yang kelembapannya tidak stabil juga merupakan sumber berbagai masalah kulit. Jika kondisi kulit Anda kering, akan lebih mudah bagi kulit untuk menjadi lebih sensitif, mudah gatal, iritasi, mudah busik, terlihat kusam, hingga lama-kelamaan menimbulkan keriput dan garis halus yang bisa menjadi tanda-tanda penuaan dini.

Aromanya Membuat Tenang
Mayoritas hand and body lotion sengaja diberi tambahan aroma yang lembut dan menenangkan. Hal ini bukan tanpa alasan, karena saat mengaplikasikan sebuah produk hand and body lotion, akan lebih baik jika disertai dengan pijatan lembut. Tidak hanya menjadikan kulit lebih lembut, tubuh juga akan menjadi lebih rileks dan tenang. Aroma hand and body lotion pada umumnya diciptakan dengan ketahanan yang tidak lama, sehingga Anda tidak perlu khawatir aromanya akan bertabrakan dengan parfum yang akan Anda pakai, Anda dapat menerapkan body lotion sehabis mandi atau sebelum tidur untuk memberi efek nyaman dan rileks.


Aromaterapi sendiri telah terbukti dan teruji memiliki mafaat bagi kondisi emosional dan mental seseorang. Sehingga, aroma yang dikeluarkan oleh body lotion juga mampu memberikan kenyamanan dan ketenangan bagi si pemakai. Aroma wangi dan menyejukkan dari hand body dapat membantu Anda memiliki tidur yang berkualitas karena suasana nyaman dan rileks yang Anda rasakan setelah beraktivitas seharian dan didera rasa lelah, terapi yang dihasilkan dari aroma dan kelembutan body lotion dapat mempercepat proses Anda terlelap, mencegah insomnia dan memberi Anda momen tidur yang berkualitas.


Menggunakan body lotion juga harus dengan cara yang benar, supaya manfaat lotion bisa menyerap secara optimal. Sebaiknya gunakan lotion saat setelah mandi.  “Badannya dikeringkan dulu, baru pakai body lotion. Lotion itu teksturnya mengandung air, maka baiknya digunakan saat setelah mandi,” kata Dr. Kardiana Purnama Dewi SpKK saat peluncuran Marina UV White Collagen Asta Hand Body Lotion di Eightynine, Kemang, Jakarta Selatan.

Pengaplikasian body lotion pada saat yang tepat juga akan sangat berpengaruh terhadap kinerja produk, Allysa Hawadi seorang make up artist dan beautician membagikan cerita mengenai kebiasaannya mengunakan body lotion saat kulit dalam keadaan masih lembap. Melalui serangkaian stories yang diunggahnya di akun Instagram @allyssahawadi, ia memberitahu jika cara ini sudah dilakukannya sejak lama.

Menurut Allysa Hawadi, body lotion yang digunakan akan bekerja lebih baik saat kulit masih dalam keadaan lembap. “Aku pakai body lotion setelah kelar mandi pagi dan malam tanpa dikeringkan menggunakan handuk. Iya, jadi lagi basah-basah langsung aja aku pakaikan body lotion ke sekujur tubuh aku,” tulis Allysa.

Selaras dengan ungkapan Allysa tersebut, seorang dermatologis dan konsultan dari skincare.com, Dr. Michael Kaminer juga mengatakan Bahwa kulit kita memiliki kelembapan paling optimal ketika basah. Sebagian besar pelembap juga bekerja maksimal ketika kulit sedang terhidrasi dengan baik. Maka tidak heran jika body lotion akan bekerja lebih baik saat kulit basah.

Dr. Kardiana Purnama Dewi SpKK menuturkan bahwa suhu air yang digunakan untuk mandi juga harus diperhatikan, kemudian sebaiknya lotion ditaruh di kamar mandi saja. Supaya setelah mandi tidak lupa untuk selalu memakai body lotion. “Mandinya jangan pakai air yang terlalu panas. Body lotion taruh di kamar mandi saja, jadi selesai mandi langsung dioleskan,” jelasnya.


Setelah mandi, Anda mungkin berpikir tubuh menjadi lebih lembap. Sebenarnya, justru kulit Anda kehilangan kelembapan alaminya setelah Anda mandi, khususnya jika Anda mandi dalam waktu yang lama dan menggunakan air hangat. Jika Anda tidak suka memakai body lotion karena lengket, carilah produk yang mudah meresap ke kulit.

Secara alami kulit tubuh juga mengalami evaporasi, yaitu adalah perubahan molekul dari air ke gas. Jadi secara alami saat Anda mandi, partikel air yang ada di kulit akan akan menarik diri ke udara. Jika ini terjadi, kulit bisa menjadi terasa kering dan pengaplikasian body lotion menjadi kurang optimal. Cara terbaik untuk menghindari konsep evaporasi ini adalah dengan mengaplikasikan body lotion langsung sesaat setelah mandi ketika kulit masih basah. Sehingga partikel airnya belum menguap ke udara. Dengan begitu formula body lotion pun akan lebih mudah meresap ke dalam kulit.

Body lotion yang diaplikasikan ketika kulit basah mampu membuat formulanya lebih meresap. Oleh karena itu kelembapan body lotion yang digunakan saat basah menjadi lebih tahan lama dibandingkan ketika Anda menggunakannya saat kondisi kulit sedang kering. Aplikasikan body lotion secara merata seketika setelah Anda selesai mandi. Biarkan formulanya menyerap dengan sendirinya. Jika Anda ingin sedikit mengeringkan tubuh supaya tidak masuk angin, sebaiknya keringkan tubuh menggunakan handuk dengan cara ditepuk-tepukkan saja. Tidak perlu menggosoknya terlalu keras agar tidak terjadi iritasi pada kulit.

Penggunaan body lotion setelah mandi tidak hanya memberikan kelembapan bagi kulit, namun juga akan membuatnya tampak lebih halus dan lembut. Sebagai perawatan ekstra, Anda juga bisa menggunakan body lotion yang mengandung SPF saat beraktivitas di luar rumah.


Selain kelembapannya yang tahan lama, menggunakan body lotion saat kulit masih dalam keadaan lembap juga akan membuat wanginya bertahan seharian. Hal ini terjadi karena formula body lotion sudah benar-benar menyerap di kulit sehingga aromanya terasa lebih intens. Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan body lotion saat kulit masih basah adalah produk yang Anda gunakan menjadi lebih hemat. Produk juga menjadi lebih mudah untuk diaplikasikan. Awalnya mungkin Anda akan merasa kulit sangat licin, namun setelah 3 - 5 menit ketika formula body lotion telah meresap maka kulit Anda akan terasa lebih kenyal dan lembap. Aplikasikan cara ini secara rutin untuk mendapatkan kulit yang lebih terhidrasi maksimal.

Selain memakai body lotion, Dr. Kardiana menyarankan untuk memperhatikan gaya hidup, usahakan untuk menghindari makanan junk food, serta memperbaiki kebiasaan sehari-hari, salah satunya dengan rajin minum air putih. “Sehabis pakai body lotion, perhatikan juga daily habit. Minum air putih lebih banyak, tidak merokok, dan tidur yang cukup,” katanya.


Mengaplikasikan body lotion sebelum tidur malam hari juga dapat memaksimalkan penyerapan nutrisi karena pori-pori kulit sedang terbuka. Nutrisi yang terkandung dalam body lotion dapat terserap dengan tidak sempurna ketika posisi pori-pori sedang tertutup atupun terhalangi oleh kotoran dan bakteri yang menempel. Malam hari merupakan waktu bagi kulit untuk bekerja, sehingga jika Anda dapat mencukupi kebutuhan nutrisinya dengan baik, kulit Anda akan sehat dan segar. Selain mendapat nutrisi dari asupan makanan yang Anda konsumsi, kulit juga membutuhkan asupan langsung seperi dari body lotion, sunblock, krim malam dan lain sebagainya. Di antara berbagai macam nutrisi untuk kulit tersebut, body lotion terbilang yang paling umum dan paling dasar sehingga memakainya secara rutin adalah kebutuhan mendasar bagi kulit Anda. Menggunakan body lotion sebelum tidur malam dan setelah mandi merupakan treatment yang sempurna untuk kulit Anda.

Body lotion merupakan satu perawatan kulit yang penting untuk digunakan sehari-hari. Selain mampu membuat kulit terasa lebih lembut dan halus, menghirup aromanya yang beraneka ragam juga bisa membuat rileks. Namun, meski sama-sama membalut satu tubuh, karakteristik kulit badan dan kulit wajah sangat berbeda. Lapisan kulit wajah jauh lebih tipis dan lebih banyak mengandung kelenjar minyak daripada kulit di bagian tangan, perut, atau kaki. Kulit wajah juga terdiri dari folikel rambut yang lebih banyak daripada di area tubuh lainnya. Ini artinya, kulit di sekitar wajah cenderung lebih sensitif daripada bagian tubuh lain. Oleh sebab itu, Anda harus berhati-hati ketika memilih produk perawatan kulit wajah. Jika tidak, kulit wajah Anda justru jadi bermasalah.

Kulit wajah jauh lebih tipis dan sensitif daripada kulit bagian lagi di sekujur tubuh Anda. Maka tidak heran jika body lotion tidak dianjurkan dipakai di wajah. Bahan-bahan yang terkandung di dalamnya tidak dibuat untuk kulit wajah. Body lotion mengandung formula yang cenderung lebih berat dan berminyak untuk melembapkan kulit tubuh yang cenderung tebal dan kering. Tidak hanya itu. Secara umum body lotion yang beredar di pasaran juga ditambahkan pewarna dan pewangi yang bisa memicu iritasi jika digunakan pada kulit wajah. Jika dipakai pada kulit wajah yang memiliki tekstur tipis, akan terdapat kemungkinan memicu terjadinya breakout serta jerawat.

Pemakaian produk yang tidak sesuai dengan kulit wajah juga dapat menyebabkan timbulnya komedo, kemerahan, kulit kering dan mengelupas, bahkan dapat memunculkan bintik-bintik pada kulit. Karena itulah, tidak dianjurkan mengaplikasikan body lotion pada area wajah. Apalagi jika jenis kulit Anda tergolong sensitif atau rentan berjerawat. Produk skincare untuk wajah haruslah memiliki formulasi bahan yang lembut dan ringan sehingga dapat memberikan perawatan dengan lebih baik.


Dalam memilih produk kosmetik yang ditawarkan di pasaran, Anda juga harus memastikan jaminan keamanannya, dikarenakan adanya sejumlah kosmetik KW yang beredar dan tidak memiliki label dari BPOM, produk kosmetika tersebut justru dapat berbahaya karena bisa saja mengandung bahan kimia yang seharusnya bukan diperuntukkan bagi kulit manusia. Pastikan bahwa produk kosmetika yang Anda pilih merupakan produk yang sudah terdaftar di DepKes RI serta terdapat label BPOM yang menandakan bahwa produk kosmetika tersebut sudah diuji keamanannya. Brand kosmetik yang bervariasi dan harga yang super terjangkau belum tentu aman tanpa kedua label tersebut, produk kosmetik yang tidak teruji akan dapat berbahaya bagi kesehatan kulit penggunanya.

Melakukan pengecekan bahan yang tertera pada label yang tertempel di kemasan sebuah produk kosmetik sangatlah perlu untuk dilakukan. Karena, adanya produk kosmetik dengan kandungan merkuri dan hidroquinon yang menjanjikan kulit lebih cerah.Kedua bahan tersebut dapat Anda cek terlebih dahulu apakah terdapat pada kosmetik yang ingin Anda beli. Jika sudah memiliki label BPOM dan telah terdaftar di DepKes, produk kosmetika tersebut terbukti jauh lebih aman dan tidak mengandung bahan-bahan berbahaya sehingga tidak akan berpengaruh buruk bagi kulit Anda.

Dalam membeli produk kosmetik, Anda juga wajib menjaga kesehatan kulit dengan memakai kosmetika secara benar sesuai kebutuhan dan jenis kulit yang Anda miliki. Tampil cantik itu penting, namun sebaiknya perhatikan juga cara Anda membersihkan make-up. Dan, jika terjadi masalah terhadap kesehatan yang mengganggu Anda, sebaiknya langsung menghubungi dokter atau ahli yang bisa membantu.


Dengan adanya semua manfaat tersebut, sangatlah disarankan untuk memakai hand and body lotion setiap selesai mandi dan pada saat dibutuhkan.


pasang iklan disini




loading...