Monday 23 December 2019

Cantik Sehat : Penggunaan Bis-Diglyceryl Polyacyladipate-1 dalam Kosmetika


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Penggunaan Bis-Diglyceryl Polyacyladipate-1 dalam Kosmetika

Bis-Diglyceryl Polyacyladipate-1 merupakan sebuah ester dari asam adipat diester dengan ester diglyceryl asam lemak campuran yang panjangnya 8,10 atau 18 karbon. Zat ini berwarna kuning, semipadat, dan tidak larut dalam air. Bahan ini telah umum digunakan sebagai pengganti lanolin.

Bis-Diglyceryl Polyacyladipate-1 merupakan sebuah bahan yang setara dengan lanolin alami serta produk hewani yang seluruhnya berasal dari sumber nabati. Memiliki rasa yang sama seperti lanolin, ini merupakan sebuah bahan pengganti bagi orang yang mencari sebuah produk yang bebas dari sumber hewani atau pun sebuah bahan tanpa potensi masalah iritasi kulit disebabkan lanolin.

Dibandingkan dengan minyak lanolin alami, Bis-Diglyceryl Polyacyladipate-1 lebih  stabil terhadap oksidasi udara. Tidak terasa tengik dan tidak berubah penampilan selama penyimpanan. Sehubungan dengan sifat fisiknya, bau netral dan stabilitasnya yang tinggi terhadap tengik menjadikannya sebagai pengganti minyak lanolin yang sangat direkomendasikan.

Bis-Diglyceryl Polyacyladipate-1 merupakan cairan dengan viskositas tinggi dengan bau berlemak yang khas. Bahan ini sangat cocok untuk digunakan dalam produk perlindungan kulit, formulasi perawatan kulit atau pun krim bayi. Sifat perekat dan estetika kulitnya sebanding dengan lanolin alami.

Bis-Diglyceryl Polyacyladipate-1 diproduksi dalam reaksi satu pot dengan panas, katalis, dan tekanan tereduksi. Bahan baku yang digunakan dalam produksi kedua ester ini adalah digliserin, asam adipat, isostearic asam, asam 12-hidroksistearat, asam n-oktanoat, dan asam n-decanoat. Bis-Diglyceryl Polyacyladipate-1 (CAS No. 135229-94-6;) telah banyak dimanfaatkan sebagai agen pengkondisi kulit (emolien). Bahan ini adalah diester asam adipat dari diglyceryl ester campuran dari asam yang sama, dengan pengecualian bahwa asam stearat tidak termasuk dalam diester ini. Karena tiga isomer yang berbeda (alpha, alpha-, beta, beta-, dan alpha, beta-) hadir dalam diglycerin, dua konektivitas yang berbeda (alpha- dan beta-) di mana diglycerin dapat melekat pada asam adipat, dan berbagai ester asam lemak (misalnya, kapriven, kaprat, stearat, isostearat, dan hidroksistearat) yang akan dibentuk dengan hidroksil reaktif dari bis-diglyceryl adipate, ada banyak konfigurasi struktural yang memungkinkan dalam setiap bahan Bis-Diglyceryl Polyacyladipate.

Bilangan asam dan bilangan hidroksil menunjukkan bahwa Bis-Diglyceryl Polyacyladipate-1 pada dasarnya bebas dari bahan baku awal. Bis-Diglyceryl Polyacyladipate-1 cocok sebagai pengganti lanolin, Administrasi Makanan dan Obat (FDA) mengumpulkan informasi dari produsen tentang penggunaan bahan-bahan individu dalam kosmetik sebagai fungsi dari kategori produk kosmetik dalam Program Pendaftaran Kosmetik Sukarela (VCRP). Data VCRP yang diperoleh dari FDA pada tahun 2012 menunjukkan bahwa Bis-Diglyceryl Polyacyladipate-1 digunakan dalam produk-produk cuti pada konsentrasi hingga 10% (dilaporkan untuk tonik, dressing, dan alat bantu perawatan rambut lainnya) dan dalam produk bilas pada konsentrasi 4% (dilaporkan untuk penghapus riasan mata).

Bis-Diglyceryl Polyacyladipate-1 telah banyak digunakan dalam produk sabun mandi cair, sampo, pembersih muka, busa mandi. Memiliki properti pengkondisian kulit. Sama seperti lanolin, diyakini juga membentuk film yang tidak membiarkan kelembaban keluar ke atmosfer. Dengan demikian, ia akan bertindak juga sebagai emolien. Bahan ini juga telah digunakan dalam produk make-up mata, produk pembersih kulit, pewarna rambut, lipstik dan produk cukur.

Bis-Diglyceryl Polyacyladipate-1 sebuah bahan yang berasal dari asam lemak nabati yang dalam penggunaannya sering dikombinasikan dengan fase minyak dalam formulasi proses panas atau cukup agitasi dalam proses minyak formulasi proses dingin. Memiliki sifat minyak larut, tetapi tidak larut air. Tingkat penggunaan yang disarankan dalam sebuah produk maksimal adalah 5%, namun tidak ada aturan yang pokok dalam pembatasan ini.

Bis-Diglyceryl Polyacyladipate-1 terdaftar dalam inventaris bahan kosmetik kosmetik Uni Eropa. Panel Pakar CIR menilai keamanan Bis-Diglyceryl Polyacyladipate-1 seperti yang digunakan dalam kosmetik, menemukan bahwa bahan-bahan ini aman dalam formulasi kosmetik dalam praktik penggunaan dan konsentrasi saat ini. Kedua bahan tersebut adalah pengganti lanolin dan dilaporkan berfungsi dalam kosmetik sebagai zat pengkondisi kulit (emolien). Panel Pakar CIR telah meninjau berdasarkan data hewan dan klinis yang tersedia dalam menentukan keamanannya.

Bis-Diglyceryl Polyacyladipate-1 adalah non-komedogenik, bahan ini sebagian besar digunakan dalam aplikasi dermal dan merupakan senyawa besar yang larut dalam lemak yang tidak diharapkan untuk secara efisien melewati stratum korneum kulit. Sebagaimana dicatat, bahkan jika bahan ini menembus kulit, senyawa-senyawa penyusunnya tidak menimbulkan masalah toksikologi berdasarkan pada data toksisitas yang tersedia.

Bis-Diglyceryl Polyacyladipate-1 pada tingkat penggunaan murni dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Saat memadukan selalu lakukan tindakan pencegahan berikut:
-Gunakan sarung tangan (sekali pakai yang ideal).
-Hati-hati saat memegang minyak panas.
-Pakailah pelindung mata.
-Bekerja di ruangan yang berventilasi baik.
-Jauhkan bahan-bahan dan minyak panas dari jangkauan anak-anak.
-Jika tertelan, segera dapatkan saran medis.
-Jika kontak dengan mata, segera bilas dengan air hangat bersih dan dapatkan bantuan medis jika ragu.


pasang iklan disini




loading...