Thursday 16 January 2020

Berbagai Ragam Jenis Celana Pendek Pria Populer


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
Berbagai Ragam Jenis Celana Pendek Pria Populer

Saat ini trend penggunaan celana pendek sedang kekinian bahkan beberapa artis tidak segan datang ke acara formal mengenakan celana pendek tapi tentunya atasan yang dikenakan memiliki peranan penting.
Dahulu, pria akan malu untuk mengenakan celana pendek ke luar rumah dan berjalan-jalan di kerumunan orang banyak. Misalnya pergi ke pusat perbelanjaan atau ke tengah kota untuk pergi ke kafe-kafe. Tetapi seiring berkembangnya zaman dan trend, celana pendek menjadi kebutuhan tersendiri. Apalagi saat musim panas.


Celana pendek atau shorts sebenarnya merupakan pakaian bawahan yang dipakai oleh pria maupun wanita dan merupakan versi pendek dari celana panjang. Sesuai dengan namanya, celana ini tidak menutup seluruh bagian kaki, namun hanya sebagian saja. Meskipun pada potongan celana ini, ada pula yang memiliki panjang hingga ke bawah lutut.
Model celana pendek terutama bagi pria ternyata beragam. Sekilas model-model tersebut tampak sama, namun ternyata berbeda namanya. Mulai dari potongan celana hingga bahannya pun berbeda. Biasanya, pakaian ini dipakai ketika udara panas atau hangat. Untuk jenis bahannya sendiri bermacam-macam. Ada yang dibuat dari bahan linen, wol, sintetis, hingga katun. Terdapat model celana pendek yang menutup kaki mulai dari pinggang hingga di bawah lutut dan ada pula yang menutup hingga di atas lutut. Biasanya celana ini dipakai ketika udara sedang hangat atau panas. Bahan yang digunakan pun terdiri dari bermacam-macam, mulai dari katun, linen, wol, hingga sintetis. Semakin nyaman dipakai bahannya, maka semakin mahal juga harga jenis celana tersebut.


Celana pendek pria adalah salah satu pakaian yang wajib dimiliki. Dibandingkan dengan celana panjang, celana pendek bagi sebagian besar pria hanya dianggap sebagai jenis celana yang biasa dikenakan dirumah untuk berkebun, mencuci mobil atau untuk sekedar bersantai di rumah. Namun dengan adanya perkembangan fashion, medel celana pendek saat ini juga bisa menjadi salah satu fashion outfit yang bisa membuat pemakainya terlihat lebih santai dan keren ketika dikenakan di luar rumah serta bisa dipakai di berbagai agenda.

Sebagai pria, celana pendek menjadi item menarik untuk Anda kenakan. Karena Anda bisa memadukan dengan apapun, baik itu kaus atau kemeja, baik lengan panjang atau lengan pendek. Anda yang ingin memberikan kesan hidup santai. Tentu, celana pendek adalah sebuah trend pilihan. Berikut ini adalah ragam jenis celana pendek pria yang populer serta banyak kita temukan saat ini.

Baggy
Celana longgar yang mencapai lutut ini diasosiasikan dengan sepak bola dan olahraga semacamnya sejak 1904 ketika Asosiasi Sepak Bola Inggris mengeluarkan aturan mengenai celana selutut. Dengan cepat celana ini menggantikan kedudukan ‘knickerbocker’. Nama ‘Baggies’ sendiri merupakan panggilan populer untuk sebuah klub sepak bola bernama West Bromwich Albion.


Celana baggy pernah populer di era 80an dan saat ini beredar lagi. Potongannya yang longgar membuat celana ini terasa leluasa saat dipakai. Celana ini menjadi solusi bila Anda memiliki paha dan kaki yang besar dan kurang cocok dengan celana skinny.
Saat ini, telah banyak bentuk celana baggy yang menarik yang akan melengkapi penampilan Anda. Untuk Anda yang bertubuh pendek, sebaiknya menghindari celana jenis ini. Jika dipadukan dengan sneaker, penampilan Anda terlihat kasual dan menarik. Aksesori lain yang bisa dikenakan misalnya; sweater, topi, dan lain-lain.

Bermuda
Celana pendek bermuda adalah jenis celana pendek favorit para pria karena selain nyaman dikenakan modelnya juga simpel sehingga cocok untuk dikenakan di segala jenis aktifitas di rumah ataupun hanya sekedar untuk bersantai saja. Selain itu, celana ini juga cocok sekali untuk dikenakan saat liburan dimana Anda lebih banyak menghabiskan waktu untuk bersantai. Celana ini terbuat dari bahan yang cenderung ringan dan tipis sehingga cocok dikenakan saat cuaca sedang panas atau melakukan aktifitas dengan banyak keringat.


Sekitar tahun 1930, pantai Bermuda di Bahama, sebuah pulau di Samudera Atlantik Utara menjadi tempat rekreasi favorit di mana banyak pria yang menggunakan celana pendek untuk bersantai. Inilah awal mula dari kepopuleran celana bermuda. Celana bermuda memiliki potongan yang lebar dan panjangnya ±10 cm di atas lutut.
Celana jenis ini biasa dipakai oleh para pria di Bermuda, umumnya mereka memakai celana ini dengan kaus kaki selutut, blazer, dan dasi untuk kegiatan bisnis maupun pesta cocktail.
Celana ini tersedia dalam bermacam-macam warna mulai dari yang konservatif seperti abu dan navy, hingga warna terang seperti orange, hijau, dan pink. Mungkin bisa dibilang celana Chino yang sedang populer saat ini termasuk pada jenis celana bermuda.
Celana ini sebenarnya bukan asli milik penduduk Bermuda, namun didesain sekitar tahun 1900 untuk seragam militer Inggris di negara-negara tropis. Lewat para turis lah celana ini menyebar hingga ke Perancis dan Amerika.
Celana ini sering juga disebut celana musim panas karena sering digunakan saat musim panas. Celana bermuda kebanyakan berwarna netral sehingga mudah dipadukan dengan atasan dan aksesori berwarna apa pun.

Boardshort
Celana ini didesain untuk pemakaian di pantai dan olahraga air. Sebagai perlengkapan berselancar, celana ini muncul di Hawai pada tahun 1950an.


Awalnya boardshort terbuat dari bahan katun yang kini sudah digantikan dengan polyester yang kadang dicampur dengan serat lain seperti Lycra, elastane, atau spandex. Panjangnya dibuat sedemikian rupa menutupi lutut untuk melindungi kaki mereka dari lilin pada papan selancar.

Boxer short
Celana pendek berkaret pinggang yang biasa dipakai sebagai celana dalam ini awalnya didesain untuk dipakai oleh para petinju. Bentuk boxer saat ini diperkenalkan oleh Jacob Colomb, pendiri perusahaan perlengkapan olahraga dan pakaian merek Everlast, pada tahun 1925 sebagai alternatif celana berikat pinggang kulit yang biasanya dipakai para petinju.


Celana pendek jenis ini akan cocok dikenakan untuk kegiatan santai dirumah dan tidak ditujukan untuk digunakan di area luar rumah kecuali dilapisi dengan celana panjang.

Cargo short
Cargo short merupakan versi pendek dari celana cargo, dengan panjang hanya selutut dan memiliki ciri khas berupa kantung-kantung yang dijahit di sisi luar kaki. Seorang ahli fashion di Amerika mengungkapkan jika kantung-kantung yang ada di cargo short ini sangat berguna terutama dalam hal penyimpanan sehingga celana pendek cargo ini menjadi tren sendiri.


Pada awalnya, celana kargo ini adalah jenis celana yang banyak dikenakan para montir bengkel. Ciri khas celana kargo yang memiliki banyak kantong cocok untuk para montir sehingga bisa menyimpan peralatannya. Kini tak hanya para montir yang mengenakan celana ini.
Pada 1980, celana ini dibuat sebagai celana yang ideal bagi para olahragawan dan nelayan, dengan dilengkapi tutup kantung yang berguna supaya isinya aman dan tidak jatuh keluar.
Pada pertengahan hingga akhir 1990an, celana ini mengalami popularitasnya dalam fesyen pria. Pada 2012, Tim Gunn, seorang fesyen konsultan asal Amerika, mengamati bahwa sementara kantung-kantung pada celana cargo tidak diragukan lagi sangat berguna untuk membawa barang atau alat untuk kebutuhan sehari-hari, cargo short lebih praktis daripada elegan.
Para pendaki gunung pun sering memakai jenis celana ini karena bahan celana yang tebal sesuai untuk dipakai di medan yang berat. Tidak mengherankan jika celana ini juga sering disebut dengan celana gunung. Saat ini celana kargo juga muncul dalam model dan motif yang bermacam-macam; sporty, militer, kasual, dan lain-lain.
Seiring perkembangannya, celana pendek kargo sering pula dipakai oleh para sejarawan saat melakukan penelitian di lapangan. Anda bisa memadukan celana pendek kargo dengan streetwear, dan sepatu kets mewah Anda. Kemudian untuk kaus, Anda bisa memadukan dengan kaus yang sedikit longgar. Mengenakan style minimalis seperti ini, akan bisa mengimbangi cuaca panas untuk setiap langkah Anda.

Cut-off
Cut-off dapat dibuat dari celana jeans yang dipotong sendiri maupun membeli yang sudah jadi. Cut-off merupakan istilah umum dimana celana panjang dipotong setengahnya. Biasanya jika memiliki celana jeans lama, banyak orang yang memotongnya untuk dijadikan celana pendek.


Terinspirasi dari kebiasaan ini, produsen celana jeans pun mengeluarkan produk celana jeans pendek yang desainnya lebih modis dan berpotongan rapi. Celana jenis ini biasa dikenakan saat liburan, nongkrong bersama teman, atau acara-acara santai lainnya.
Konsep ini sudah ada sejak 1930an dimana celana pendek sudah dapat diterima dipakai di luar lapangan olahraga. Selama 1960an dan 1970an, pemotongan celana jeans menjadi sangat populer di kalangan anak muda.

Cycling short
Sesuai dengan namanya, celana yang menempel di kulit atau ketat ini didesain untuk para pengendara atau pembalap sepeda.


Model celana pendek ini didesain pas dengan postur para pengendara sepeda, ringan saat dipakai dalam balapan, dan dibuat dari bahan yang elastis.

Denim short atau Jort
Tidak hanya jaket saja yang populer menggunakan bahan dari kain denim, terdapat pula celana pendek pria yang terbuat dari bahan denim.


Model celana pendek berbahan denim ini disebut juga jort yang merupakan singkatan dari jeans dan short. Denim short merupakan istilah umum untuk berbagai model celana pendek yang terbuat dari jeans.
Denim Shorts atau celana pendek denim tentu tidak aneh untuk para pria. Karena celana pendek ini bisa Anda bikin sendiri dengan memotong sendiri celana denim Anda. Hal terpenting dalam memilih celana pendek denim ini adalah, ukurannya yang pas dengan ukuran pinggang serta paha Anda.

Gym short
Merupakan istilah umum bagi model celana pendek yang didesain untuk olahraga.


Anda yang suka dengan gaya vintage, akan cocok mengenakan celana pendek jenis ini. Celana ini tidak hanya dapat dikenan untuk olahraga saja, untuk aktivitas sehari-hari juga bisa Anda kenakan. Namun, jika tidak percaya diri, kenakan pada saat olahraga saja.

Lederhosen
Merupakan jenis celana pendek yang terbuat dari kulit, sering dipakai dengan tali pengikat yang dihubungkan dengan pengikat dada.


Jenis celana Lederhosen ini merupakan pakaian tradisional orang Bavaria atau yang kini disebut Jerman dan beberapa negara yang dulunya merupakan bagian dari wilayah Tyrol dan Hungaria-Austria.

Running short
Merupakan salah satu bentuk dari model celana pendek gym yang ditujukan atau didesain untuk kegiatan berlari. Celana ini biasanya ringan, sangat pendek, dan terdapat belahan di sisinya untuk memudahkan atau membebaskan pergerakan kaki.


Bahan kain yang paling populer digunakan sebagai material pembuatannya adalah nilon karena jenis kain ini ringan, cepat kering, dan tahan lama. Running short dari bahan nilon pertama kali muncul pada tahun 1970an dan sempat menjadi keraguan di kalangan para pria untuk memakai pakaian yang ringan dan lembut seperti pakaian dalam wanita. Namun, celana pendek nilon dengan cepatnya menjadi populer.
Versi yang lebih pendek dari celana ini biasanya dipakai oleh peserta triathlon dan disebut tr-short. Celana pendek trail biasanya dibuat lebih longgar dan memiliki bahan kain yang lebih kuat, yang tidak mudah sobek ketika terkena ranting pohon.

School short
Model celana pendek ini didesain khususnya untuk dipakai sebagai bagian dari seragam sekolah. Model ini biasanya dibuat sama seperti celana panjang yang dirancang khusus, dilengkapi dengan lubang untuk ikat pinggang, kantung, kancing pengencang, dan lining namun memiliki potongan pendek.


Pada awal produksinya, celana jenis ini menggunakan kain dari bahan flannel wol, dan sekarang umumnya dibuaat dari kain sintetis campuran.


Itulah ragam model celana pendek pria yang populer serta masih dapat ditemukan hingga saat ini. Jika Anda mulai bosan dengan koleksi celana panjang yang membuat penampilan terlihat super formal mungkin beberapa alternatif celana pendek di atas bisa Anda jadikan gaya fashion berikutnya karena tidak selamanya celana pendek dikenakan hanya di rumah saja jika Anda mengetahui cara yang benar memadukannya, pemaduan yang tepat mulai dari atasan, sepatu dan aksesoris lain, akan menjadikan Anda tetap bisa tampil keren hanya dengan bercelana pendek serta mengubah kesan serius menjadi pria yang lebih santai tanpa meninggalkan kesan keren. Selamat mencoba!



pasang iklan disini




loading...