Thursday 16 January 2020

Cantik Sehat : Berbagai Ragam Jenis Spons Make-up Serta Kegunaannya


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Berbagai Ragam Jenis Spons Make-up Serta Kegunaannya

Tren make up tidak hanya terbatas pada bagaimana cara mengaplikasikannya pada wajah. Tetapi juga berhubungan dengan alat-alat aplikator make up yang wajib digunakan. Spons merupakan sebuah jenis aplikator make up yang memiliki fungsi penting untuk mengaplikasikan alas make up, concealer ataupun foundation. Spons yang beredar di pasaran memiliki bentuk yang beragam, karena itulah Anda harus selektif memilih jenis spons yang tepat supaya menghasilkan riasan wajah yang tampak rapi.

Setiap perempuan pasti selalu membutuhkan spons untuk mengaplikasikan make up. Dengan spons, pengaplikasian make up akan lebih higienis, serta tampak flawless dan terlihat lebih merata.  Spons menjadi salah satu aplikator yang paling banyak digunakan untuk mengaplikasikan make up. Dengan menggunakan spons, make up yang diaplikasikan ke wajah juga menjadi lebih merata dibandingkan pengaplikasian menggunakan tangan. Saat ini spons make up sudah banyak dijual dan bisa dengan mudah ditemukan di hampir setiap toko kosmetik.


Seiring berjalannya waktu, bentuk spons pun semakin beragam mulai dari bulat, persegi, hingga dari tekstur yang lembut sampai yang kasar. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa dengan bentuk yang berbeda, spons memiliki kegunaan yang berbeda pula.

Ketika Anda ingin membeli spons make up, hendaknya Anda memastikan terlebih dahulu spons seperti apa yang Anda butuhkan, karena saat ini terdapat banyak bentuk spons sesuai dengan kegunaannya masing-masing.

Untuk lebih memahami jenis-jenis spons serta kegunaannya, simak penjelasannya dibawah ini.

Basic Beauty Blender
Beauty blender cukup populer sebagai barang wajib bagi seseorang yang menginginkan tampilan riasan sempurna. Sebenarnya, beautyblender sendiri adalah merk dagang yang digunakan untuk salah satu make up sponge. Spons jenis ini sangat digemari karena bentuknya yang unik serta nyaman digunakan untuk meratakan make up yang memiliki tekstur cair, gel, ataupun cream. Cara penggunaannya juga cukup mudah. Anda hanya perlu membasahi sedikit spons beauty blender sebelum menggunakannya untuk meratakan make up di wajah Anda.


Sponge jenis ini memang paling terkenal dan disebut-sebut sebagai sponge terbaik. Memiliki bentuk seperti telur dengan bagian cembung di bawah. Sebuah produk yang menjadi favorit banyak beauty influencer dan para make up artist karena mampu membuat foundation menempel dengan sempurna dengan hasil akhir yang terlihat natural. Ujungnya yang meruncing, menjadikan Anda lebih mudah mengaplikasikan concealer pada area yang sulit dijangkau. Struktur dari permukaan spons ini tidak akan menyerap concealer Anda dengan sia-sia.
Selain foundation, Anda juga bisa mengaplikasikan bedak, concealer, bahkan skin care menggunakan beauty blender.


Spons ini memang wajib dimiliki jika Anda menginginkan pengaplikasian foundation dan concealer yang lebih merata. Selain itu, spons ini juga akan membantu menciptakan coverage yang lebih baik saat Anda mengaplikasikan foundation. Menciptakan hasil riasan yang akan tampak lebih sempurna dan flawless.

Concealer Blender
Spons yang satu ini memiliki bentuk yang mirip dengan bentuk beauty blender pada umumnya. Hanya saja bagian tengah beauty blender jenis ini dibuat cekung kedalam untuk memudahkan saat kita memegangnya. Sesuai dengan namanya, beauty blender ini digunakan untuk mengaplikasikan concealer pada wajah. Selain itu bentuknya yang unik juga memudahkan untuk meratakan concealer di bagian yang sulit dijangkau seperti di bawah mata atau di pinggir hidung.


Bagian sponge yang membulat di bawah berfungsi untuk mangaplikasikan foundation supaya memberikan hasil akhir riasan yang tampak lebih natural, sedangkan bagian tajamnya dipakai untuk menyempurnakan make up secara mendetail.
Jenis spons ini dapat meratakan foundation dan concealer di wajah, dengan menggunakan jenis spons ini, hasil make up Anda akan tampak halus dan sempurna. Anda juga akan bisa membentuk contour dan highlight dengan mudah menggunakan jenis spons ini.

Foundation Blender
Jenis spons ini juga memiliki bentuk yang mirip dengan beauty blender pada umumnya. Spons ini memiliki bagian yang pipih, bentuknya yang menyerupai telur dan sedikit slim di bagian tengahnya akan nyaman sekali digunakan saat Anda malakukan dabbing dan blending foundation. Ujungnya yang mengecil juga berfungsi supaya foundation Anda bisa merata, dimana bagian ini berguna untuk meratakan foundation di bagian-bagian yang sulit dijangkau seperti area hidung atau sekitar mata.


Spons ini juga terkenal dengan sebutan complexion sponge dan merupakan saingan beauty blender, karena kualitasnya yang mirip tetapi memiliki harga yang lebih terjangkau.
Berbentuk seperti telur namun memiliki ujung yang rata. Bagian yang membulat digunakan untuk mengaplikasikan foundation dan bagian yang rata serta bisa digunakan untuk contouring.

Contouring Blender
Contouring blender memiliki bentuk yang pipih dan rata serta memang dikhususkan untuk melakukan teknik contouring pada wajah. Untuk pengaplikasiannya, contouring blender ini biasanya digunakan dengan gerakan melingkar. Penggunaan contouring blender ini konon bisa mempermudah Anda dalam melakukan teknik contouring yang sulit untuk dilakukan.


Contouring adalah sebuah beauty secret untuk memberi definisi pada wajah dan supaya penampilan wajah tidak terlihat flat serta lebih berdimensi. Teknik contouring tidaklah semudah yang dilihat dalam tutorial. Anda perlu memperhatikan aplikator yang Anda gunakan.
Sponge ini dibuat dengan tujuan untuk mempermudah proses contouring dan highlighting. Aplikator ini, memiliki bentuk yang sedikit lebih tebal dan lebih besar dibandingkan powder sponge. Selain itu, aplikator berbentuk oval ini akan cocok untuk mengaplikasikan produk yang berbentuk cream ataupun liquid.

Powder Sponge
Powder sponge atau biasa kita kenal dengan spons bedak biasanya terdapat dalam kemasan bedak yang kita beli. Spons bedak umumnya memiliki dua bentuk, yaitu bentuk persegi panjang dan lingkaran. Spons bedak ini digunakan untuk pengaplikasian bedak baik padat maupun tabur.


Jenis spons ini juga biasa disebut dengan cotton powder puff, berguna untuk menciptakan sebuah hasil riasan yang mulus sempurna. Teksturnya yang lembut dan halus karena dibuat dengan serat kapas organik. Spons jenis ini cukup murah dan mudah untuk didapatkan, serta sangat cocok untuk kulit yang sensitif. Powder sponge ini mampu meratakan dan menutupi area kulit secara luas dengan cepat.
Gunakan spons dengan cara menepuknya secara perlahan ke area wajah. Jangan menyapukan spons ke wajah karena foundation bisa ikut terseret dan tidak menempel rata. Melakukan tindakan menyapukan spons akan menjadikan hasil riasan Anda Akan tampak terlalu tebal dan tidak natural.

Cosmetic Sponge
Umumnya, terdapat dua jenis cosmetic sponge yaitu yang berbentuk lingkaran dan persegi panjang. Spons ini dapat digunakan baik dalam keadaan kering maupun dalam keadaan basah dan bisa digunakan untuk memulaskan foundation cair atau bedak padat.


Spons jenis ini dapat menciptakan tampilan bedak yang menyatu dengan foundation, sehingga riasan tidak terlihat terlalu tebal. Cosmetic sponge atau spons kosmetik memiliki tekstur yang lembut dengan pori-pori kecil.
Anda dapat menggunakan spons jenis ini dengan cara menepu pelan ke wajah Anda sehingga bedak dapat menempel secara merata.

Compact Powder Sponge
Jenis spons ini dapat digunakan untuk mengaplikasikan bedak two way cake. Ciri-cirinya adalah teksturnya lembut dengan pori-pori yang sangat kecil, hampir menyerupai cosmetic sponge. Spons ini memiliki selipan berbahan kain untuk menyelipkan jari saat digunakan.


Gunakan jenis spons ini dengan cara menepuk pelan ke wajah. Pori-pori spons dapat menyerap air. Jika terkena compact powder, bedak akan berubah menjadi seperti foundation dan dapat meratakan tekstur riasan pada wajah Anda. Compact powder sponge ini dapat dengan mudah ditemui dalam wadah BB cushion, karena memang sponge jenis ini juga akan cocok digunakan untuk foundation cair.

Wedges Sponge
Berbeda dengan jenis spons kebanyakan, spons wedges memiliki bentuk yang bersudut.


Spons jenis ini dinilai baik untuk mengaplikasikan bb cream ataupun untuk melakukan shading di hidung atau tulang pipi.

Triangle Sponge
Sponge berbentuk segitiga ini sudah lama digunakan oleh berbagai pecinta make up. Dan, biasanya Anda akan mendapatkan beberapa sponge dalam satu kemasan. Sponge ini hadir dalam jumlah yang banyak di dalam satu kemasan karena memang ditujukan untuk sekali pemakaian.


Umumnya orang menggunakan sponge segitiga ini ketika melakukan traveling karena ukurannya yang kecil. Make up artist juga sering memakainya karena bisa langsung dibuang untuk menjaga kehigienisan, sehingga mereka dapat menggunakan sponge baru pada setiap klien.
Salah satu keunggulan dari jenis spons ini adalah tidak menyerap make up sehingga tidak akan ada produk make up yang terbuang sia-sia. Potongannya yang berbentuk segitiga akan membantu Anda dalam mengaplikasikan faoundation atau concealer pada daerah yang sulit dijangkau seperti hidung atau area sekitar mata.

Diamond Sponge
Tahun 2019, sponge berbentuk berlian ini juga menghebohkan Instagram dan banyak dicoba oleh beauty influencer. Bentuk ujungnya yang kecil dan lancip akan memiliki peran yang bagus untuk digunakan dalam mengaplikasikan concealer pada noda-noda di wajah. Bagian sampingnya bisa dipakai untuk foundation dan contouring.


Ujungnya yang kecil sangat bagus untuk mengaplikasikan foundation dan concealer pada area pipi. Spons ini juga dapat merias area dahi dan memberikan kontur pada tulang hidung.

Mini Sponge
Memiliki bentuk seperti beauty blender tapi dengan ukuran yang jauh lebih kecil. Sponge ini cocok untuk mengaplikasikan cream blush dan concealer.


Mini sponge ini dipakai untuk menjangkau area dan sudut-sudut yang sulit dijangkau sponge ukuran besar, misal di sudut mata dan hidung. Bagian lancipnya bisa meratakan bagian tersempit mata di dekat hidung. Bagian bundarnya digunakan untuk meratakan concealer di sekitar pipi.

Makeup Bullet
Makeup bullet atau yang juga disebut finger sponge bisa digunakan untuk melakukan blending make up dengan sangat baik.


Ujungnya berbentuk lancip dan desain spons yang bisa langsung diaplikasikan menggunakan jari, menjadikan spons jenis ini mampu memberikan hasil yang benar-benar presisi.

Cellulose Sponge
Spons jenis ini bukan digunakan untuk mengaplikasikan make up, melainkan untuk membersihkan wajah. Spons selulosa memiliki poi-pori yang besar dan berdaya serap tinggi. Teksturnya juga lebih halus daripada tisu, sehingga spons ini aman untuk digunakan dan tidak menyebabkan iritasi. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu menuangkan air dan sabun cuci muka pada spons, kemudian gunakanlah dengan gerakan melingkar pada wajah supaya sisa make up, kotoran dan sel kulit mati pada wajah Anda terangkat sempurna.


Jenis spons ini berfungsi seperti waslap yang dapat membantu mengangkat kotoran saat membersihkan kulit wajah. Sebuah produk spons yang umumnya terbuat dari wood fiber berbahan natural, berfungsi untuk menghapus make up dan membersihkan wajah hingga ke pori-pori. Menciptakan sebuah tampilan wajah yang akan tampak lebih halus dan cerah.

Spons Silikon
Sesuai namanya, spons ini terbuat dari silikon dan disebut-sebut dapat memberi hasil yang lebih merata daripada spons jenis lain. Selain itu spons silikon juga lebih mudah dibersihkan daripada spons lain yang bersifat menyerap cairan.


Pada awal kehadirannya yaitu tahun 2017, spons jenis ini membuat heboh dunia make up. Silicone sponge atau juga yang lebih dikenal dengan sebutan sili sponge. Jenis sponge ini diklaim bisa mengaplikasikan foundation dengan full coverage.
Gunakan jenis spons ini dengan gerakan memoles setelah mengaplikasikan beberapa totol foundation maupun concealer secukupnya ke wajah. Sili sponge memiliki bentuk yang menyerupai jelly. Kenyal dan tanpa pori-pori serta dengan tekstur permukaan yang licin.
Jenis silicone sponge dapat digunakan untuk mengaplikasikan foundation, concealer, maupun base make up lainnya.


Penting untuk diingat, make up sponge secara umum akan menyerap berbagai produk yang Anda pakai. Karena itulah, demi kesehatan dan kecantikan kulit Anda, serta untuk membuatnya dapat bertahan lebih lama, jangan lupa untuk seringkali mencuci hingga bersih make up sponge yang Anda gunakan. Dan yang tidak boleh Anda lupakan, ganti make up sponge Anda dengan yang baru jika bentuknya sudah tidak layak atau meninggalkan bau tidak sedap yang akan membuat tidak nyaman ketika dipakai.
Ketika melakukan make up Anda haruslah memperhatikan kondisi blender yang digunakan, jangan memakai blender saat kondisi kering. Ketika Anda memakainya dalam kondisi kering, hasil base akan terlihat berat dan Anda akan lebih susah untuk mengaplikasikannya. Sedikit membasahi blender akan mempermudah Anda dalam mengaplikasikan base dan memperoleh hasil yang Anda inginkan.
Sangat tidak disarankan melapisi permukaan blender dengan foundation atau semacamnya, karena tindakan ini dapat menjadikan foundation Anda justru tertumpuk terlalu banyak. Untuk menghindari hal ini, yang perlu Anda lakukan adalah menuangkan foundation di permukaan tanganmu atau wadah terlebih dahulu.
Demikianlah penjelasan tentang beberapa jenis spone make up, Anda memang tidak perlu memiliki semua jenis spons di atas, tetapi paling tidak Anda memiliki beberapa  jenis spons yang paling Anda butuhkan untuk memudahkan saat merias wajah. Jadi, pilihlah jenis spons yang sesuai dengan kebutuhan. Dan, setelah Anda memahami kegunaannya jangan sampai Anda salah pakai spons.



pasang iklan disini




loading...