Saturday 28 March 2020

Review Spesifikasi Toyota Limo


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
Review Spesifikasi Toyota Limo

Mungkin, Anda sudah tak asing lagi dengan mobil sedan yang bernama Toyota Limo. Sedan besutan Toyota ini memang sebelumnya merupakan mobil yang khusus dijual untuk perusahaan taksi di Indonesia saja. Toyota termasuk hebat karena telah menyasar sektor tersebut. Toyota Limo sendiri berada di harga yang cukup terjangkau sebagai salah satu mobil sedan. Bisa dikatakan, Toyota Limo adalah versi murah meriah dari Toyota Vios. Kini, Toyota Limo bisa dinikmati oleh banyak kalangan masyarakat dan sudah tidak diperuntukkan untuk sektor bisnis taksi saja.
Kini, Toyota telah menjual sedan Limo untuk konsumen pribadi dan tentunya sudah menggunakan plat hitam. Thoman Arjuna, divisi pemasaran AUTO 2000, tidak menampik mengenai adanya inovasi pemasaran Toyota Limo. “Benar, mobil ini (Limo) sudah dijual dan dapat dibeli oleh konsumen umum. Toyota Limo ini bukan bekas taksi, melainkan benar-benar baru dari dealer,” kata Thoman. Mobil ini juga disebut akan tersedia variasi warna seperti yang dimiliki Toyota Vios. pilihan warnanya ada putih, biru, merah, hitam dan silver. “Saat ini warna yang sudah tersedia adalah putih, bisa diganti tapi membutuhkan waktu kurang lebih tiga minggu,” kataThoman.
Selain itu, Toyota Limo ini juga disebut-sebut sebagai saudara kembar dari Toyota Vios yang sebelumnya telah diluncurkan sejak tahun 2003 silam mengingat kedua mobil ini memiliki banyak persamaan pada sisi tampilan desainnya dan mesin yang diusung. Namun, meskipun demikian, terdapat beberapa perbedaan di antara keduanya, salah satunya yaitu harga Toyota Limo. Karena, banderol untuk memboyong Limo ini diketahui jauh lebih murah daripada Toyota Vios sehingga sedan ini bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan alternatif bagi konsumen di Indonsia yang menginginkan sedan murah meriah.


Toyota Limo hanya dihadirkan dalam satu varian saja yakni Toyota Limo 1.5 L. Mobil ini dikemas dengan tipe mesin 2NR-FE yang berkapasitas 1.496 cc yang mampu meraih tenaga maksimum sebesar 6.000 Rpm dan torsi maksimum 4.200 Rpm. Untuk fitur hiburan, Toyota Limo menggunakan musik pada bagian dashboardnya sehingga penumpang dapat menikmati musik favoritnya selama menempuh perjalanan.

Spesifikasi dari Toyota Limo ini memang tidak jauh berbeda dengan Toyota Vios, terutama pada desain dan mesinnya. Hanya saja, terdapat beberapa fitur yang telah dihilangkan pada Limo ini untuk menekan harganya yang dibanderol lebih terjangkau. Untuk sisi desain, sedan besutan Toyota ini memiliki tampilan yang tajam dan mewah pada seluruh sisi luarnya. Mulai dari tampilan depan, samping, dan belakang Toyota Limo ini memiliki desain baru yang lebih fresh. Sehingga, cukup mampu menampilkan kesan sedan mewah. Sedangkan, pada sektor dapur pacunya, mobil ini mengandalkan mesin bertenaga 1.496cc yang siap memberikan tenaga mesin kuat dan tangguh. Bahkan, meski beberapa fitur telah dikurangi, namun Toyota Limo ini tetap masih dibekali dengan fitur keselamatan dan kenyamanan yang standar.

Eksterior
Meskipun sedan ini merupakan mobil yang awalnya dikhususkan untuk armada taksi namun Toyota tetap tidak sembrangan dalam mendesain tampilan eksterior dari spesifikasi Toyota Limo ini. Desain eksterior dari kembaran Toyota Vios ini tetap memiliki tampilan yang tajam dan mewah pada seluruh sisi luarnya.
Desain eksterior Toyota Limo tampil tegas sebagai mobil sedan dengan Front Grille berkonsep Trapezoidal Shape. Hal ini juga diperkuat dengan desain lampu depan yang berbentuk lebih sipit. Dengan segala spesifikasi tersebut, harga Toyota Limo terbilang cukup terjangkau dan mampu menjadi hal yang dipertimbangkan.
 Mulai dari tampilan fisik depan Limo generasi terbaru memiliki desain yang lebih fresh dengan lampu yang cukup besar, dimana pada desain fisik Toyota Limo tersebut dilengkapi dengan multi reflektor berlampu HID terlihat tegas serta dipadukan dengan bumper tipe Trapezoidal Shape yang dikombinasikan dengan grill radiator berwarna hitam yang terkesan menyambung dari lampu depan kedua sisinya membuat mobil ini nampak berukuran lebar, menghasilkan kesan mewah dan sporty. Desain bumper depan dari Toyota Limo terlihat cukup tajam dan mengisyaratkan simbol sebagai kendaraan sedan yang mewah.
Pada sisi samping Toyota Limo mengusung desain bodi yang sederhana dengan door outside handle berwarna hitam dan tanpa banyak lekukan seperti pada mobil sedan modern saat ini. Namun, dengan bentuk bodinya yang modern, membuat Toyota Limo ini tetap tampil memukau jika dilihat dari sisi samping.
Pada bagian belakang, Toyota juga menyematkan stop lamp yang mengusung kombinasi tipe Bulb sehingga memberikan pencahayaan lampu belakang yang cukup terang. Secara keseluruhan, spesifikasi Toyota Limo pada sektor eksterior cukup memukau meski didesain dengan gaya eksterior yang simple.

Interior
Sektor interior sedan besutan Toyota ini memiliki banyak perbedaan dengan Vios yang memang memiliki sisi interior yang mewah, salah satunya yaitu dengan tidak adanya beberapa fitur pada Toyota Limo, terutama pada sisi dashboardnya. Sedan dari pabrikan Toyota ini mendesain dashboardnya dengan sangat minim di mana pada combination meter di depan pengemudi tidak dilengkapi dengan Multi Information Display (MID). Namun, Anda jangan khawatir, desain dashboard masih terlihat eye catching dengan balutan warna hitam yang tegas.
Pada bagian setir diberikan sebuah logo Toyota yang mengkilat. Untuk bagian warna, setir ini berwarna hitam yang tentu saja memberikan penampakan yang standar bagi pengendaranya.
Sedangkan, pada bagian joknya masih mengandalkan pelapis jok yang berbahan vinyl. Hal ini wajar saja mengingat sejatinya mobil ini merupakan kendaraan taksi. Akan tetapi, untuk keleluasaan ruang kabin dari sisi interiornya ini, Toyota Limo mampu menampung setidaknya hingga 5 orang termasuk pengemudi dan penumpang seperti pada kapasitas yang dimiliki sedan pada umumnya. Selain itu, meski sektor interiornya tak semewah sedan pada umumnya, namun untuk menunjang keselamatan maka disediakan Airbag dan AC serta sabuk pengaman di dalam ruang kabin tersebut. Sehingga, secara keseluruhan bisa disimpulkan bahwa spesifikasi Toyota Limo pada sektor interiornya ini cukup minimalis dengan beberapa fitur standar.

Dimensi
Sebagai varian sedan standar, untuk sisi dimensinya tidak berbeda jauh dengan beberapa sedan pada umunya. Toyota Limo memiliki panjang 4.410 mm, lebar 1.700 mm, tinggi 1.475 mm dengan jarak poros rodanya mencapai 2.550 mm sehingga dengan melihat ukuran tersebut maka bisa diketahui bahwa dimensi dari Toyota Limo ini cukup standar untuk seukuran sedan modern masa kini. Namun, untuk ukuran ground clearance dan bobotnya sampai saat ini belum diketahui ukurannya. Yang jelas, sedan besutan Toyota ini merupakan mobil yang cocok digunakan di jalanan perkotaan dan kurang mendukung jika dikendarai di medan yang terjal. Namun, untuk urusan kenyamanan tidak perlu diragukan lagi. Toyota Limo ini sudah mengandalkan suspensi depan MacPherson Strut dan juga Torsion Beam pada suspensi belakangnya. Dengan disematkannya kedua suspensi tersebut maka tingkat kegoncangan ketika melewati jalanan berlubang atau tidak rata pun akan bisa diredam sehingga pengemudi dan penumpangnya tetap merasa nyaman.
Ruang bagasi pada Toyota Limo dapat menampung hingga dua koper berukurang sedang. Untuk keperluan ringan sehari-hari, ruang bagasi ini dapat dikatakan cukup. Namun untuk penggunaan besar seperti mengangkut sepeda gunung, kardus-kardus besar dan sebagainya, mobil ini kurang mumpuni.
Untuk velg yang diusung Toyota Limo ini menggunakan velg tipe standar yaitu model kaleng dengan tipe ban yang berukuran 185/60 R15. Sementara itu, untuk sistem pengereman mengandalkan tipe rem Disc pada bagian depan dan tipe rem Drum pada bagian belakang. Rem yang digunakan pada spesifikasi Toyota Limo ini belum dilengkapi dengan fitur ABS.

Mesin
Meski tampilan luar serta interiornya di desain minimalis, namun sektor dapur pacu dari Toyota Limo ini tak bisa dianggap remeh. Toyota telah membenamkan komponen mesin handal pada sektor dapur pacunya. Hal tersebut terbukti dengan disematkannya tipe mesin 2NR-FE 4 Silinder berteknologi DOHC Dual VVT-i yang memiliki kapasitas kubikasi hingga 1.496cc. Komponen mesin canggih pada Toyota Limo ini pun juga bakal mampu meletupkan tenaga yang gahar hingga 107 Ps pada putaran ke 6.000 rpm dan maksimum torsi hingga 14.4 Kgm per putaran 4.200 rpm. Tenaga tersebut nantinya akan disalurkan melalui sebuah sistem transmisi manual dengan 5 percepatan.
Dapur pacu dari Toyota Limo ini juga sudah dilengkapi dengan sistem suplay bahan bakar Port Injection yang membuat mobil ini menjadi lebih responsif dan irit serta tentunya lebih ramah lingkungan. Dengan mengetahui sektor dapur pacu dari spesifikasi Toyota Limo tersebut maka bisa disimpulkan bahwa sedan besutan Toyota ini akan mampu melaju dengan tenaga yang cukup kecang, tidak kalah dari para pesaingnya.

Fitur
Toyota Limo dilengkapi dengan beberapa fitur standar untuk menunjang keselamatan maupun kenyamanan si penumpang.
Untuk memudahkan pengemudi dalam mengontrol laju sedan ini dan juga untuk menghindari kecelakaan maka Toyota membenamkan rem cakram (Disc) pada roda bagian depan Toyota Limo dan rem tromol pada sektor belakangnya. Penumpang depan dan pengemudi juga sudah dilengkapi dengan dual Airbag yang siap melindungi penumpang depan maupun pengemudinya dari benturan keras ketika terjadi kecelakaan yang menghantam dari depan Toyota Limo ini. Tak hanya itu saja, fitur AC pun juga turut disematkan pada sisi interior dari ruang kabin mobil ini untuk mengatur kondisi udara supaya tetap sejuk. Sehingga, jika dilihat secara keseluruhan maka bisa diketahui bahwa spesifikasi Toyota Limo ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa fitur modern yang standar untuk menunjang keselamatan dan memberikan kenyamanan kepada pengemudi beserta penumpangnya.



Dengan harga Toyota Limo yang sebelumnya memang dikhususkan untuk kendaraan taksi, sedan ini menjadi sedan minimalis yang memberikan jawaban komplit bagi para konsumen yang mencari kendaraan sedan bergaya simple namun terkesan modern. Toyota Limo ini sanggup memberikan kenyamanan, kemewahan dan keamanan yang cukup maksimal serta dibekali mesin yang cukup handal. Bahkan dapat disandingkan dengan mobil premium di Indonesia.
Sesuai dengan segmentasinya sebagai sedan kelas menengah bawah yang minimalis, tentu menjadikan harga Toyota Limo ini terbilang cukup terjangkau untuk sekelas sedan. Diketahui bahwa angka yang dibanderolkan pada harga Toyota Limo ini dipatok sebesar Rp 233 jutaan. Harga tersebut dinilai cukup sesuai dengan spesifikasi yang dibawa sedan ini meskipun kisaran tersebut juga masih dikatakan cukup tinggi untuk para konsumen kalangan tertentu. Akan tetapi, secara kesluruhan jika melihat kembali dengan spesifikasi yang dibawa oleh Toyota Limo ini, maka harga tersebut memang pantas disematkan untuk memboyong sebuah sedan sekelas Limo ini. Bahkan jika dilihat dari sektor bodi yang menampilkan kesan cukup mewah serta terkesan premium harga Toyota Limo tersebut sangat sepadan.


Harga Toyota Limo di atas merupakan harga yang berstatus OTR untuk wilayah Jakarta. Harga tersebut akan berbeda dan cenderung sedikit lebih tinggi untuk beberapa daerah atau wilayah di luar Jakarta. Limo ini pun juga akan bersaing dengan Vios yang memiliki bentuk tampilan sama hanya saja mengusung fitur lebih lengkap. Tentu, persaingan tersebut akan semakin menarik. Semoga ulasan mengenai spesifikasi dan harga Toyota Limo tersebut dapat bermanfaat bagi Anda.

pasang iklan disini




loading...