Wednesday 1 April 2020

Cantik Sehat : Penjelasan Tentang Serum Kosmetika


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Penjelasan Tentang Serum Kosmetika

Serum wajah merupakan salah satu produk kosmetika yang paling esensial dari rangkaian perawatan wajah. Cairan serum mengandung banyak konsentrat yang bermanfaat untuk menutrisi dan melembapkan kulit. Beauty item ini sudah menjadi barang yang wajib digunakan saat melakukan perawatan wajah.
Belum banyaknya orang yang menganggap bahwa serum merupakan beauty item yang wajib dimiliki, mungkin karena belum memahami manfaat dari sebuah produk serum. Sebenarnya, jika Anda rutin menggunakan serum, pelembab,  face lotion, dan lain-lainnya tidak terlalu diperlukan lagi, karena serum telah mencakup seluruhnya. Sebab, serum wajah memiliki tingkat kelembaban lebih tinggi daripada pelembab wajah.
Hal ini dikarenakan serum dapat lebih cepat diserap kulit daripada krim pelembab biasa. Komposisi serum pun lebih ringan daripada pelembab biasa, sehingga tidak akan menumpuk di pori-pori.
Dilansir dari rochellebeautycenter, serum merupakan zat cair yg formulanya terdiri atas asam amino, air, dan emulasi (air di dalam minyak atau minyak di dalam air). Secara umum, serum mengandung beragam formula pendukung sehingga dapat meresap ke lapisan terdalam kulit.  Molekul dari formula zat tersebut merupakan partikel kecil dan cara kerjanya jauh lebih tinggi 10 kali lipat dari krim wajah biasa. Karena itulah, wajar apabila harga serum biasanya relatif mahal.
Serum memiliki konsentrasi tinggi bahan aktif seperti antioksidan, vitamin, pencerah kulit, peptida, hidrator, atau exfoliator. Karena formulanya ini, serum umumnya akan menembus dan diserap kulit lebih baik dari pelembab. Serum dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit tertentu seperti bintik hitam, garis-garis halus, atau kulit kering.
Penggunaan serum memiliki beragam manfaat bagi wajah, antara lain; mengencangkan struktur kulit, melembapkan, menyamarkan kerutan, mencegah penuaan dini serta menghaluskan dan mencerahkan warna kulit. Ukuran botol serum umumnya berukuran jauh lebih kecil dari pelembap wajah biasa. Bahan aktif dalam komposisi serum memiliki peran besar dalam menentukan perbedaan ukuran antara sebuah serum wajah dengan pelembap wajah pada umumnya. Serum jelas berbeda dengan lotion. Perbedaan terbesar antara keduanya adalah formulasi yang ada dan tidak ada di keduanya.


Serum wajah secara umum tidak mengandung bahan-bahan pelembap oklusif (kedap udara), seperti petrolatum atau mineral oil yang melindungi air dari penguapan. Serum juga mengandung lebih sedikit pelumas dan pengental, seperti kacang atau minyak biji-bijian. Dan, sebagian produk serum wajah berbahan dasar air dan menghilangkan unsur minyak yang dapat menyumbat pori dan menyebabkan jerawat. Bagi pemilik kulit berminyak, serum sangat cocok digunakan untuk mengatasi kulit wajah yang berminyak. Serum ini menyediakan segala kebaikan demi kulit sehat tanpa campur tangan minyak, yang umum ditemukan pada pelembap wajah.

Produk serum akan mampu digunakan untuk memberikan perawatan spesifik pada area yang bermasalah akibat pecahnya pembuluh kapiler, noda hitam, dan masalah kulit lainnya, tanpa harus mencemaskan minyak berlebih.
Jika Anda memiliki masalah kulit yang benar-benar ingin Anda perbaiki, seperti noda hitam akibat penuaan dini, atau keriput dan garis halus, menambahkan serum pada ritual kecantikan harian Anda dapat membantu meningkatkan penampilan kulit Anda. Selain itu, jika kulit Anda sangat berminyak, serum dapat memberikan cukup dorongan kelembapan tanpa harus menggunakan pelembab lagi.


Serum mengandung bahan ascorbic acid atau pun vitamin C sehingga mudah teroksidasi ketika terkena udara. Semakin lama kerja serum akan semakin kurang efektif setelah botol dibuka. Karena itulah Anda sangat dianjurkan untuk segera menghabiskan prduk serum setelah dibuka. Secara umum masa efektif serum berkisar enam bulan. Namun, kini telah banyak bahan yang dimodifikasi untuk mempertahankan keawetan tanpa mengurangi khasiat serum. Setidaknya serum akan tetap dalam kondisi baik dalam enam bulan, produk serum juga sangat dianjurkan untuk disimpan di tempat sejuk dan kering.

Meskipun serum wajah memiliki harga yang relatif mahal, namun mampu memberikan bentuk perawatan wajah yang dapat menyelesaikan berbagai permasalahan kulit yang cukup kompleks. Dibawah ini merupakan tiga manfaat utama dari sebuah produk serum, yaitu:
-Mengontrol produksi minyak pada wajah
Serum dapat dugunakan untuk mengontrol produksi minyak pada wajah. Formulanya yang oil-free menjadikan produk serum wajah menjadi item perawatan yang sangat cocok diterapkan untuk kulit berminyak. Meskipun begitu, terdapat juga serum wajah yang diformulasikan untuk jenis kulit lainnya.
Anda bisa memilih produk serum wajah yang memiliki klaim baik untuk semua jenis kulit. Selain itu, untuk pemilik kulit kering dan sensitif, disarankan untuk mengaplikasikan produk serum setelah ±15 menit sehabis membersihkan wajah, kemudian baru diperbolehkan mengaplikasikan serum ke wajah. Tindakan ini bertujuan untuk dapat menyerap formulasi serum secara perlahan pada kulit dalam keadaan kering.
-Mencegah gejala penuaan
Manfaat serum wajah yang satu ini bisa dikatakan sebagai manfaat serum wajah yang paling populer. Paparan sinar UV dan radikal bebas sangat perpotensi untuk menimbulkan gejala penuaan lebih cepat. Tugas dari serum adalah menangkal radikal bebas dan juga memberi nutrisi pada kulit supaya tidak muncul gejala-gejala penuaan seperti dark spot ataupun keriput di wajah. Anda pun tidak perlu khawatir lagi jika harus beraktivitas di bawah paparan sinar matahari.
-Mencerahkan kulit serta menyamarkan noda hitam
Masalah kecerahan kulit dan juga noda hitam pada wajah juga dapat meresahkan para wanita. Kandungan antioksidan dan vitamin dalam serum akan dapat membantu memperbaiki kulit dari kedua masalah tersebut. Kulit yang ternutrisi dengan baik akan terlihat lebih sehat dan akan beregenerasi dengan baik juga.


Cara untuk mengaplikasikan serum pada wajah adalah secukupnya saja. Pengaplikasiannya hanya butuh satu atau dua tetes serum untuk mendapatkan khasiatnya. Dan, jangan lupa untuk mengaplikasikan serum pada bagian leher. Aplikasikan serum pada permukaan kulit yang bermasalah dua kali sehari-pagi dan malam. Serum tidak akan bekerja efektif jika Anda berlebihan atau salah dalam menggunakannya.
Melakukan proses pembersihan wajah adalah salah satu tahapan pertama dalam menggunakan serum. Cuci muka seperti biasa, bilas dengan air hangat, dan lap dengan handuk bersih. Penggunaan air hangat dalam membersihkan wajah sangat efektif karena akan membuka pori-pori wajah sehingga kotoran akan lebih mudah keluar. Tunggu sekitar satu menit sebelum melanjutkan ke langkah perawatan berikutnya.
Bersihkan wajah dengan toner untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati yang membandel, penggunaan toner juga ditujukan untuk menyeimbangkan pH kulit. Tunggu 1-2 menit sampai kulit dalam keadaan masih lembap, namun tidak terlalu basah dari toner. Segera aplikasikan serum. Kulit lembap akan lebih mudah menyerap produk daripada dalam kondisi kering. Aplikasikan toner dengan pijatan telapak tangan terbuka, bukan dengan jari supaya serum lebih efisien melepaskan bahan-bahan aktifnya ke dalam kulit. Tunggu 2-3 menit. Jika meninggalkan residu lengket atau berminyak di kulit, tandanya produk serum tersebut tidak bekerja dengan baik. Setelah itu, baru lanjutkan rutinitas perawatan wajah lanjutan seperti krim mata, tabir surya, dan/atau pelembap.
Hangatkan pelembap dengan kedua tangan Anda untuk mengaktifkan bahan-bahannya, kemudian pijat dengan gerakan ke atas, dimulai dari bagian tengah wajah menuju garis rambut-tempat kelenjar getah bening-untuk mendorong proses detoksifikasi.
Proses menggunakan serum yang benar ini akan dapat membantu Anda untuk mendapatkan manfaat maksimal dari serum.


Selain mengetahui manfaat dari sebuah produk serum wajah, tentunya Anda juga harus mengetahui apa saja efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan serum wajah. Perlu diketahui bahwa efek samping ini tidak selalu terjadi, semuanya bergantung pada kondisi kulit masing-masing dan produk yang Anda gunakan. Dan, berikut ini adalah efek samping serum yang perlu Anda waspadai.
-Iritasi
Serum wajah dapat menimbulkan iritasi. Efek samping ini biasanya muncul pada pemilik kulit sensitif dan kulit berjerawat. Hal ini terjadi akibat bahan aktif serum yang lebih kuat dibandingkan dengan pelembab wajah atau krim wajah lainnya. Karena itulah, jika kulit Anda termasuk jens kulit sensitif atau berjerawat, sebaiknya Anda menghindari penggunaan serum terlebih dulu, kecuali Anda menggunakan serum wajah khusus untuk perawatan wajah sensitif dan berjerawat.
-Berubah menjadi prooksidan
Serum wajah yang seharusnya menjadi antioksidan, bisa menjadi prooksidan yang merupakan kebalikan dari antioksidan. Jika antioksidan berguna untuk merawat kulit, dapat dipastikan bahwa prooksidan memiliki efek sebaliknya yaitu merusak kulit.
Hal ini bisa terjadi pada serum vitamin C, ketika mengaplikasikan serum vitamin C pada kulit, vitamin C bisa bereaksi dengan senyawa lainnya dan menciptakan senyawa baru yang menghasilkan efek prooksidan.
-Menyebabkan takifilaksis
Takifilaksis adalah keadaan dimana respon kita menurun terhadap pemberian obat yang sudah berulang dengan dosis yang sama. Hal ini bisa terjadi pada Anda yang menggunakan serum Anti penuaan di usia muda. Umumnya serum wajah, seperti serum vitamin C, bermanfaat untuk memicu pertumbuhan kolagen. Padahal pada usia 20-30 tahun, kulit kita masih bisa memproduksi kolagen sendiri.
Ketika sudah menginjak usia yang sudah lebih tua dimana prosuksi kolagen alami kulit sudah jauh berkurang, tentunya dosis serum yang sama tidak akan lagi memberikan efek yang sama pada wajah Anda.


Setiap perawatan wajah tentunya selalu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, begitu juga dengan serum. Sebenarnya serum bisa dikatakan sebagai produk perawatan wajah yang relatif aman, tapi tetap perlu perhatian dalam penggunaannya. Dan, hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam memilih produk serum wajah adalah menyesuaikannya dengan kebutuhan kulit Anda. Lebih baik menghindari produk serum untuk perawatan penuaan, ketika usia Anda masih sangat muda. Selain itu, jika Anda memiliki masalah kelainan kulit, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu pada dokter tentang penggunaan produk serum.
Serum wajah yang memiliki bahan aktif yang cukup kuat mengharuskan Anda untuk teliti ketika memilih produk serum wajah. Pastikan serum tidak mengandung bahan-bahan yang mungkin akan memberikan efek buruk jika diaplikasikan ke kulit dalam jangka waktu yang panjang.


Dalam memilih produk kosmetik yang ditawarkan di pasaran, Anda juga harus memastikan jaminan keamanannya, dikarenakan adanya sejumlah kosmetik KW yang beredar dan tidak memiliki label dari BPOM, produk kosmetika tersebut justru dapat berbahaya karena bisa saja mengandung bahan kimia yang seharusnya bukan diperuntukkan bagi kulit manusia. Pastikan bahwa produk kosmetika yang Anda pilih merupakan produk yang sudah terdaftar di DepKes RI serta terdapat label BPOM yang menandakan bahwa produk kosmetika tersebut sudah diuji keamanannya. Brand kosmetik yang bervariasi dan harga yang super terjangkau belum tentu aman tanpa kedua label tersebut, produk kosmetik yang tidak teruji akan dapat berbahaya bagi kesehatan kulit penggunanya.
Melakukan pengecekan bahan yang tertera pada label yang tertempel di kemasan sebuah produk kosmetik sangatlah perlu untuk dilakukan. Karena, adanya produk kosmetik dengan kandungan merkuri dan hidroquinon yang menjanjikan kulit lebih cerah.Kedua bahan tersebut dapat Anda cek terlebih dahulu apakah terdapat pada kosmetik yang ingin Anda beli. Jika sudah memiliki label BPOM dan telah terdaftar di DepKes, produk kosmetika tersebut terbukti jauh lebih aman dan tidak mengandung bahan-bahan berbahaya sehingga tidak akan berpengaruh buruk bagi kulit Anda.
Dalam membeli produk kosmetik, Anda juga wajib menjaga kesehatan kulit dengan memakai kosmetika secara benar sesuai kebutuhan dan jenis kulit yang Anda miliki. Dan, jika terjadi masalah terhadap kesehatan yang mengganggu Anda, sebaiknya langsung menghubungi dokter atau ahli yang bisa membantu.



pasang iklan disini




loading...