Monday 27 April 2020

Review Spesifikasi serta Harga Yamaha Fino 2020, Semakin Elegan


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Spesifikasi serta Harga Yamaha Fino 2020

Yamaha Indonesia mengelontorkan berbagai produk baru di awal tahun 2020. Meskipun hanya facelift atau minor change pada sisi exterior alias tampilan luar, namun hal tersebut semakin mampu menarik minat konsumen untuk membeli motor dari pabrikan Yamaha tersebut.
Yamaha sudah beralih dari mesin 110cc menjadi 125cc. Sudah tidak ada lagi motor Yamaha terbaru yang mengusung mesin 110cc, karena semuanya digantikan mesin 125cc dan 150cc.
Sukses bersama beberapa seri motor matiknya di pasar Indonesia, Yamaha kini semakin gencar dalam menghadirkan seri motor matik terbarunya yang mana setelah Yamaha Mio Fini, Mio J dan Mio GT kalin ini keluarga baru dari generasi matik Yamaha kedatangan satu lagi yakni Yamaha Fino. Motor yang satu ini merupakan salah satu tipe motor matik yang di hadirkan dengan tampilan dan gaya yang klasik namun tetap memberikan tunggangan yang nyaman dan enak ketika dikendarai.

Yamaha Fino tersedia dalam tiga varian yang terdiri dari, Fino Sporty, Fino Premium, dan Fino Grande. Ketiganya sama-sama dibanderol dibawah 20 Juta Rupiah, sehingga bisa menjadi alternatif selain Honda Scoopy. Terlebih motor Yamaha Fino memiliki spesifikasi mesin lebih tinggi, yakni berkapasitas 125cc.
Terdapat 5 warna baru yang ditawarkan oleh Yamaha Fino 2020 untuk meramaikan pasar otomotif Indonesia. Dan, dari kelima warna tersebut terbagi atas 2 tipe yakni Premium dan Grande. Sementara warna tipe Sporty masih seperti Yamaha Fino 2019. Hal ini dibenarkan oleh Yordan Satriadi, Deputy GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). “Melalui Yamaha Fino yang cocok untuk semua kalangan khusunya anak muda yang aktif serta ingin menjadi trendsetter,” kata Yordan Satriadi melalui keterangan resminya.
Dengan tagline baru “Istimewakan Dirimu”, skutik retro ini masih fokus menyasar kaum feminim dari beragam background yang mewakili semua karakter style wanita, mulai dari Professional, Hijab, Edgy (tomboy), Girlie, Casual. Secara desain motor ini juga dibangun cukup universal, sehingga masih cocok juga untuk dikendarai oleh kaum maskulin.
Dalam segi harga, Yamaha tidak mengalami kenaikan meski produknya tampil lebih fresh. Berikut detail harga untuk masing-masing tipe berdasarkan OTR Jakarta.
Yamaha Fino Sporty        Rp 18,580,000
Yamaha Fino Premium  Rp 18,580,000
Yamaha Fino Grande      Rp 19,740,000
Harga tersebut dapat berubah, karena sewaktu waktu dapat mengalami kenaikan tanpa pemberitahuan sebelumnya.


Langkah Yamaha merilis varian baru skutik retro ini cukup strategis, apalagi dengan bekalan mesin baru dan penambahan fitur. Satu hal yang jelas, dengan Yamaha Fino 125 Blue Core ini, pabrikan siap mengganggu dominasi Honda Scoopy yang saat ini terus bertengger di tangga teratas segmen matic bernuansa klasik terlaris Indonesia. Apalagi secara kubikasi mesin, Fino 125 Blue Core masih di atas Honda Scoopy. Begitupun soal harga. Jika kita bandingkan untuk harga Yamaha Fino 125 Blue Core juga lebih kompetitif. Namun yang jelas, antara kedua motor ini memiliki penggemarnya sendiri-sendiri. Kedatangan Fino 125 Blue Core juga berhasil menyajikan nuansa baru di kancah pasar motor matic Indonesia.

Untuk Yamaha Fino Sporty dan Premium, perbedaan hanya terletak pada tema warna saja. Sedangkan Fino Grande dihadirkan dengan mengusung fitur yang lebih canggih dan modern sebab sudah dibekali dengan lampu depan LED, Stop Start System dan AKS (Advance Key System) yang berfungsi menutup lubang anak kunci dengan mekanisme mangnet.
Untuk sektor mesin, tidak ada perbedaan seputar desain, fitur apalagi spesifikasi. Karena Yamaha Fino 2020 ini hanya berubah warnanya saja. Dan, halini sudah menjadi kebiasaan pabrikan untuk selalu memberikan penyegaran produk di awal tahun.


Meskipun terlihat cukup unik dengan desainnya yang klasik, namun Yamaha Fino tetap menjadi incaran para pemuda yang sedang mencari motor karena didesain dengan warna yang cerah sert corak variasi yang menarik. Apalagi harga motor ini juga bisa di katakan cukup terjangkau untuk masyarakat Indonesia sehingga tidak heran jika Yamaha Fino kini jauh lebih banyak di minati masyarakat yang sedang mencari motor matik dengan harga terjangkau namun juga mempunyai spesifikasi yang cukup berkualitas.
Yamaha Fino sudah menggunakan teknologi terbaru yamaha, dimana dengan adanya teknologi injeksi akan memungkinkan motor matik ini untuk bisa menghemat pemakaian bahan bakar sebanyak mungkin namun tetap mengadirkan performa mesin yang tangguh. Kemudahan yang akan dirasakan ketika menggunakan motor ini juga benar-benar membuat setiap pengendaranya akan merasa nyaman.


Meski memiliki kapasitas mesin yang besar, nyatanya penjualan Yamaha Fino 125 Blue Core masih kalah dari Honda Scoopy eSP. Karena itulah pabrikan Yamaha merilis varian baru dengan fitur yang lebih canggih dan memiliki desain klasik yang diharapkan mampu mengalahkan Honda Scoopy eSP.
Hadir dengan format desain yang berbeda dari motor matik pada umumnya, Yamaha Fino benar-benar menampilkan sisi lain dari sebuah karya seni di industri motor matik. Bentuk body-nya yang tidak terlalau besar serta dengan tersedianya banyak pilihan warna membuat motor matik yang satu ini menjadi salah satu motor idaman untuk anak muda saat ini. Masuk dalam kategori motor 125 cc, Yamaha Fino ini juga mempunyai bentuk speedometer yang cukup unik.


Secara kasat mata, Yamaha Fino 125 hadir dengan garis body dan striping yang lebih berani dan modern. Pabrikan Yamaha memberikan design headlamp yang memiliki tampilan dengan sudut yang lebih berani, didukung dengan lampu sein yang memiliki bentuk eclipse yang semakin menegaskan kesan klasik dan modern.


Desain stang kemudi, speedometer dan spion motor ini mendukung tema klasik. Yamaha Fino 125 Blue Core tetap mengusung panel speedometer model bulat dengan bingkai warna cerah. Setiap instrumen pada dashboard motor ini juga dirancang dengan model atraktif dan tetap fashionable. Untuk penempatan indikator juga tertata rapi dan pastinya tetap informatif dengan tambahan panel secara terpisah di sisi kiri sebagai panel indikator bahan bakar bensin. Pabrikan Yamaha berhasil memberikan permainan detail dan perubahan wana menjadi lebih atraktif pada motor ini. Alhasil speedometer yang menjadi bagian dari spesifikasi Yamaha Fino 125 Blue Core terlihat lebih bergaya dan sekilas sedikit berbeda namun tetap user friendly.
Pada bagian body belakang, Yamaha Fino terlihat lebih ramping dengan lekukan S-Shape yang lebih tegas. Kesan retro modern pada Yamaha Fino 125 Blue Core juga semakin terlihat dengan model spion bulat beraksen krom, dengan stoplamp merah delima yang kian menambah kecantikan dari skutik klasik ini.
Saat duduk di atas jok Yamaha Fino dan merasakan posisi berkendara, Yamaha Fino memberikan kenyamanan yang lebih dibandingkan motor matic Yamaha di kelas yang sama. Meski secara desain memiliki perbedaan besar dengan varian Yamaha MIO, posisi stang kemudi yang lebih tinggi membuat pengendara lebih santai dan tidak mudah lelah ketika berkendara dalam jarak tempuh yang jauh dan lama.


Didesain dengan bentuk yang membulat serta tampilan lampu depan yang khas motor jaman dahulu menjadikan motor ini cukup menarik dari segala sisi. Apalagi dengan diletakannya lampu sein depan yang berdekatan dengan lampu utama juga membuat kesan mewah tersaji pada motor ini, melihat garis besar desain yang ditawarkan oleh spesifikasi Yamaha Fino 125 Blue Core ini memang terlihat jika motor ini menawarkan nilai fashion yang lebih kepada penggunanya. Hal itu bisa dibuktikan dengan desain bodynya yang cukup cantik dan berkelas.
Hadir sebagai motor bersegmen matic, pastinya spesifikasi Yamaha Fino 125 Blue Core juga memiliki tingkat mobilitas yang baik untuk digunakan sebagai kendaraan harian. Motor ini memiliki desain kompak dan cukup nyaman dikendarai oleh bikers dengan postur tubuh orang Indonesia. Hal ini bisa dilihat secara dimensional, dimana Fino 125 Blue Core memiliki ukuran 1.870 x 700 x 1.066 mm (P x L x T). Berkat dimensinya yang cukup kompak tersebut, menjadikan Yamaha Fino 125 Blue Core bisa diandalkan sebagai kendaraan sehari-hari.
Motor ini juga siap menawarkan riding position yang nyaman saat dilajukan di aspal perkotaan. Untuk ground clearance yang dimilikinya cukup pendek atau sekitar 135 mm saja, sehingga secara habitat Yamaha Fino 125 Blue Core akan cocok digunakan untuk bermanuver di jalanan aspal perkotaan. Namun yang jelas, untuk handling yang dihadirkan pada spesifikasi Yamaha Fino 125 Blue Core ini cukup nyaman dan asyik untuk diajak “stop and go” dalam kondisi kemacetan.
Yamaha Fino masih nyaman dikendarai oleh orang yang memiliki tinggi lebih dari 170 cm untuk Anda. Meski hanya memiliki ketinggian 1.066 mm, motor ini memiliki ruang kaki yang lebih luas sehingga memberikan kaki Anda keleluasaan bergerak dan mengatur posisi berkendara. Ruang kaki yang lebar juga akan memungkinkan Anda untuk dapat membawa barang lebih banyak.
Walaupun harga Yamaha Fino cukup terjangkau, pabrikan tetap memberikan kapasitas tangki bahan bakar hingga 4,2 liter dengan jarak terendah ketanah Yamaha buat hanya 135 mm sehingga tetap aman ketika berkedara di jalan yang tidak rata.

Yamah Fino 125 mengusung mesin berkubikasi 125 cc bersistem injeksi yang mengusung teknologi Blue Core milik Yamaha. Mesin yang disematkan pada Yamaha Fino 125 ini merupakan mesin yang sama dengan yang disematkan pada Mio M3. Namun, pembaharuan yang dilakukan oleh pabrikan Yamaha menjadikan mesin Yamaha Fino terasa lebih baik dan askelerasi yang dihasilkan lebih responsif dibanding pendahulunya.
Mesin Yamaha Fino bertipe SOHC dan diracik dengan konfigurasi Bore 52,4 mm x Stroke 57,4 mm. Kemudian untuk rasio kompresinya 9,5 : 1. Mesin tersebut sangat responsif dan dioptimalkan sistem pendingin udara (Air Cooled) yang menjadikan suhu mesin selalu stabil. Untuk menghidupkan mesin juga disediakan dua pilihan starter yang terdiri dari electric dan kick starter.
Keunggulan lain dari mesin Fino 125 ini adalah teknologi Blue Core yang disematkan, teknologi ini menjadikan performa motor matic ini lebih memuaskan dan pihak Yamaha sendiri mengklaim bahwa Fino 125 memiliki durabilitas tinggi karena teknologi Blue Core. Pada pengujian internal Yamaha didapati hasil dengan teknologi Blue Core ini Yamaha Fino mampu menempuh lebih dari 40 km untuk setiap liter bahan bakar. Dengan kapasitas tangki bahan bakar sebanyak 4,2 liter memungkin Anda untuk menempuh jarak hampir 200 km untuk setiap kali pengisian bahan bakar full tank. Fitur Eco Indicator yang terdapat pada Yamaha Fino juga akan membantu Anda dalam mengawasi pola konsumsi bahan bakar kendaraan Anda sesuai dengan gaya berkendara Anda.
Meski memiliki konsumsi bahan bakar yang tergolong irit, namun mesin pada Fino 125 Blue Core ini tetap mampu menghasilkan performa maksimal karena didukung kinerja mesin yang rendah gesekan sehingga bisa mengurangi kehilangan tenaga berlebih. Selain itu, lewat teknologi Blue Core, suhu mesin pada Yamaha Fino 125 Blue Core juga lebih stabil dibanding generasi sebelumnya.


Sektor kaki-kaki dan suspensi pada Yamaha Fino tidak memiliki perbedaan dan pada dasarnya identik dengan sistem suspensi dan kaki yang diusung Yamah Mio. Pada sisi suspensi, pada bagian depan Yamaha menyematkan suspensi dengan tipe teleskopik, sedangkan pada bagian belakang mengusung suspensi dengan tipe swing arm dan mono shock. Alhasil dengan hadirnya dua suspensi tersebut, Yamaha Fino 125 Blue Core ini terasa nyaman digunakan untuk berboncengan ataupun single riding.
Yamaha Fino 125 Blue Core didukung dengan kerangka berjenis tulang punggung, menjadikan motor ini kokoh dalam menahan beban sekaligus stabil di jalanan.
Yamaha Fino 125 menyusung velg cast wheel berukuran 14 inci untuk bagian depan dan ban belakang. Keduanya dilapisi dengan ban tubeless berukuran 80/80-14M/C 43P untuk bagian depan, dan ban berukuran 100/70-14M/C 51P. Sektor ban yang diusung Yamaha Fino memberikan perbedaan besar pada saat handling dibandingkan dengan Yamaha Mio, pemakaian ban tubeless memberikan Anda kestabilan saat melakukan manuver di jalanan. Selain itu, dengan ukurannya yang besar ban motor ini memiliki daya cengkram yang baik pada permukaan aspal.
Pada sisi sistem pengereman, tidak ada pembaharuan berarti untuk sektor ini dibandingkan dengan Yamaha Mio, untuk bagian depan. Pabrikan Yamaha membekali Fino 125 dengan sistem pengereman disc brake berkaliper piston tunggal, sedangkan pada bagian belakang masih menggunakan sistem tromol.


Yamaha menyematkan bagasi tipe U-Box pada bagian depan di bawah stang kemudi yang memudahkan Anda menyimpan barang bawaan yang tidak terlalu besar dimensinya tanpa harus membuka bagasi utama. Sedangkan untuk bagasi utama motor ini juga terbilang spesial karena memiliki ruang penyimpanan seluas 8 liter yang mampu menampung helm dan jaket Anda.

Yamaha Fino memiliki teknologi Advance Key System untuk segi keamanannya serta fitur Answer Back seperti yang diusung Honda Vario. Teknologi ini akan memudahkan Anda untuk menemukan lokasi tepatnya kendaraan Anda ketika berada di tempat parkir, saat Anda menekan tombol yang terdapat pada kunci Anda maka akan mengaktifkan sinyal lampu dan suara pada motor Anda.

Yamaha Fino Sporty
Untuk warna dan stripping, pada tipe Fino Sporty Anda akan disuguhi kesan sporty yang berasal dari perpaduan warna yang eye-catchy pada bagian body serta didukung dengan stripping bertuliskan angka 125 dengan design retro khas nomor start balapan pada jaman dahulu. Selain itu, stripping ini akan mengingatkan kita dengan Herby, mobil balap VW klasik yang ada dalam film.
“Yamaha selalu berorientasi meningkatkan kepuasan konsumen dari setiap kalangan. Yamaha mengajak para konsumen untuk terus semangat dalam mengukir karya dan prestasi. Istimewakan dirimu untuk menghasilkan karya dan prestasi terbaik!”  kata Yordan Satriadi.
Yamaha Fino dengan desain retro dan fashionable merupakan salah satu bentuk jawaban dari Yamaha untuk mendukung gaya anak muda masa kini yang ingin mengekspresikan diri di bidang fashion dengan gaya sendiri, hangout dan ingin menjadi trendsetter.
Yamaha Fino Sporty masih menggunakan bohlam standar dengan desain “Diamond Cut Lens” yang terlihat mirip kilauan berlian.

Yamaha Fino Sporty Retro Green

Yamaha Fino Sporty Classic Blue

Yamaha Fino Sporty Vintage Red

Harga Yamaha Fino tipe Sporty sama persis dengan tipe Premium. Perbedaan keduanya adalah desain dan warna stripingnya yang terlihat lebih sporty. Sedangkan untuk bodinya sama-sama memiliki ukuran panjang 1.870 mm, lebar 700 mm, dan tinggi 1.066 mm. Bodi Yamaha Fino tergolong sangat ramping, sehingga mudah dikendalikan untuk bermanuver. Yamaha menggunakan konsep desain “S-Shape” yang membuat bodi belakangnya membentuk huruf “S”. Alhasil tampilan luar motor ini terlihat lebih elegan dan stylish.


Sama seperti Fino Grande dan Fino Premium, motor matic murah ini juga menggunakan ban tubeless dengan tapak lebar di kedua rodanya. Selain itu, tersedia pula fitur Smart Stand Side Switch dan Smart Lock System yang membuat motor ini terasa semakin canggih. 

Yamaha Fino Premium
PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menghadirkan paduan warna baru pada Yamaha Fino Premium. Untuk Yamaha Fino Premium terdapat 3 (tiga) varian warna, yaitu Brown, White, dan Black yang sekaligus menjadi Hero Bike.

Yamaha Fino Premium Black Espresso

Yamaha Fino Premium White Latte

Yamaha Fino Premium Caramel Brown

Semua tipe Yamaha Fino telah menggunakan ban tubeless dengan tapak lebar yang akan meningkatkan kenyamanan dan kestabilan dalam berkendara. Mesinnya juga sama-sama 125cc, dan supaya kinerja mesin semakin responsif serta tetap hemat bahan bakar, maka Yamaha melengkapinya dengan sistem pembakaran Fuel Injection dan teknologi Blue Core. Selain itu, tersedia pula fitur ECO Indicator yang akan menjadi panduan untuk berkendara secara hemat bahan bakar.
Yamaha Fino Premium menggunakan lampu biasa. Walaupun begitu, lampu depannya memiliki desain “Diamond Cut Lens” yang akan menampilkan kilauan bagaikan berlian.
Yamaha merancang Fino supaya cocok untuk pengendara wanita. Oleh karena itulah bodinya terlihat ramping dan memiliki bobot yang ringan. Selain itu, tersedia pula jok empuk setinggi 745 mm.
Warna varian Yamaha Fino Premium terinspirasi dari wanita karir, tampil simple namun tetap elegan saat berkendara dalam sehari-hari. Pabrikan Yamaha memberikan varian warna motor ini dengan sentuhan warna-warna yang lebih kalem semisal White Latte, Black Espresso dan Caramel Brown yang identik dengan motor-motor klasik.

Yamaha Fino Grande
Motor matik ini memang dihadirkan dengan tampilan desain yang lebih segar untuk bersaing dengan Honda Scoopy. Selain itu, kehadiran dari motor matik terbaru ini pun diharapkan akan mampu menarik para konsumen yang ingin merasakan sensasi skutik bergaya klasik. Tidak hanya itu saja, Yamaha Fino Grande yang memiliki mesin berkapasitas 125 cc ini pun merupakan salah satu skutik andalan Yamaha dengan banderol harga yang cukup terjangkau. Sehingga, tidak heran jika motor matik besutan pabrik berlogo garpu tala ini menjadi salah satu pilihan utama para konsumen di Indonesia.


Meski dihadirkan sebagai skutik yang dibanderol dengan harga cukup terjangkau, namun spesifikasi yang dibawa Yamaha Fino Grande tidak bisa dianggap murahan. Sebab, motor matik ini dibekali dengan komponen mesin yang cukup tangguh dan lengkap dengan fitur-fitur terbarunya. Pada sektor tampilan terbarunya pun juga sangat menggoda di mana pabrikan Yamaha mendesain Fino Grande ini dengan mengusung konsep retro yang simple namun tampak begitu elegan pada setiap sisi bodinya. Tentu saja hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para calon konsumen.
Beberapa fitur canggih pun disematkan pada Yamaha Fino Grande besutan Yamaha ini untuk mendukung spesifikasi yang ada didalamnya.
Jika dilihat dari sisi eksterior bodinya, motor matik besutan pabrik asal Negeri Sakura ini tampak memiliki bodi yang cukup mungil namun cukup pas untuk dikendarai. Bodinya yang mungil dan cukup slim tersebut tidak lepas dari struktur rangka dimensi pembentuknya. Yamaha telah membekali motor matik Yamaha Fino Grande ini dengan rangka Underbone (tulang punggung) yang cukup kuat dan ringan sehingga akan mempermudah pengguna dalam mengendarai motor matik ini.


Yamaha Fino Grande menawarkan desain lampu LED yang mampu memberikan penerangan secara maksimal ketika berkendara di malam hari. Head lamp berteknologi LED pada Yamaha Fino Grande tersebut akan mampu memberikan pencahayaan yang lebih terang sehingga pengemudi akan lebih jelas melihat medan jalan di depan ketika melewati jalan yang minim penerangan. Selain itu, tersedia pula lampu sein yang didesain dengan bentuk eclipse yang akan membuat tampilannya semakin keren.


Selain itu, Fino Grande juga memiliki desain jok lebih berkelas. Motor ini mengandalkan jok Double Seat yang empuk sehingga akan memberikan kenyamanan maksimal kepada si pengemudi maupun penumpangnya ketika berkendara. Bahkan, dengan adanya Double Seat tersebut, tentunya akan semakin membuatnya terlihat lebih berkelas. Kemudian, ada pula emblem “Mio Fino Grande” yang menghiasi bodi bagian samping kanan dan kiri. Di sisi lain, di bawah jok dari Yamaha Fino Grande ini juga disediakan bagasi Megabox seluas 8.7 liter yang akan cukup mampu untuk memuat barang lebih banyak guna menunjang aktivitas setiap pengguna. Varian warna Yamaha Fino Grande terinspirasi dari wanita yang ingin tetap tampil elegan, berkelas, dan eksklusif saat berkendara.
Yamaha Fino Grande mengusung desain S Shape yang dipadukan dengan bodi ramping dengan setuhan gaya yang terlihat elegan. Bodi Yamaha Fino Grande juga terlehat lebih mewah, sehingga semua mata akan terpana melihatnya. Adapun untuk dimensi bodinya memiliki ukuran panjang 1.870 mm, lebar 700 mm, dan ketinggian 1.066 mm. Kemudian untuk bobotnya seberat 98 kg ketika tangki bahan bakar terisi penuh dengan BBM sebanyak 4.2 liter.

Yamaha Fino Grande Matte Blue

Yamaha Fino Grande Matte Red

Body Yamaha Fino Grande memakai finshing matte, sehingga warnanya terlihat lebih kalem dan terkesan lebih eksotis. Pada sektor belakangnya, Yamaha juga telah melengkapinya dengan stop lamp menarik di mana pada sisi samping kanan kirinya terdapat lampu sein yang didesain menyipit sehingga mampu memperlihatkan tampilan yang lebih menarik.
Motor ini memiliki tinggi jok berukuran 745 mm dan memiliki jarak sumbu roda berukuran 1260 mm. Jadi bisa dikatakan, desain Yamaha Fino Grande sangat ideal dan cocok bagi pengendara wanita. Tampilan eksterior dari spesifikasi Yamaha Fino Grande ini memang memperlihatkan gaya desain retro yang tampak mewah dan elegan pada setiap sisi bodinya.
Yamaha Fino Grande dirancang secara khusus bagi kaum hawa yang menginginkan sepeda motor stylish dengan desain mewah dan elegan. Motor ini didukung mesin SOHC berkapasitas 125cc yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 9.52 PS pada 8.000 RPM. Sedangkan torsi yang mampu dikeluarkannya mencapai 9.6 Nm pada 5.500 rpm. Tenaga dan torsi yang besar tersebut tidak lepas dari adanya penerapan teknologi Fuel Injection yang berpadu dengan Forged and Diasil Cylinder. Sehingga Yamaha Fino bisa berakselerasi dengan sangat cepat. Selain itu, tersedia pula teknologi Blue Core yang membuat konsumsi bahan bakar semakin Efisien dan performa mesin semakin bertenaga.
Yamaha Fino Grande mengadopsi sisten transmisi V-belt automatic. Kemudian untuk rangkanya memakai rangka Underbone dengan suspensi depan teleskopik serta suspensi belakang unit swing. Sedangkan untuk bagian pengereman, Yamaha Fino Grande memakai rem depan cakram dan rem belakang tromol yang dipadukan dengan fitur Smart Lock System untuk mengunci rem pada saat berhenti di tanjakan ataupun turunan.


Harga Yamaha Fino Grande cukup terjangkau dan bisa bersaing melawan motor matic sekelasnya. Walaupun begitu, motor ini tetap dibekali beragam fitur canggih yang siap memanjakan pengendaranya, seperti fitur ECO Indicator yang berguna untuk mengingatkan pengendara Fino Grande agar berkendara lebih irit. Lampu indicator tersebut akan berwarna biru ketika pengendaranya melaju pada kecepatan stabil dan konstan pada kecepatan 20-60 km/jam. Apabila lebih dari itu, maka pemakaian bahan bakar akan lebih boros.


Motor ini juga dibekali dengan fitur Stop and Start System yang akan mematikan mesin secara otomatis ketika berhenti lebih dari lima detik. Lalu kita hanya perlu menarik tugas gas, maka mesin otomatis akan hidup, sehingga berkendara semakin irit dan lebih efisien. Tak hanya itu, Fino 125 Grande juga dilengkapi fitur Advance Key System yang bisa dimanfaatkan mencari lokasi motor ketika parkir. Sistem penguncian tersebut juga bisa digunakan untuk membuka bagasi ketika kita menekannya lebih lama.
Oleh pabrikan, motor ini diharapkan mampu bersaing melawan Honda Scoopy Esp, dan motor ini bisa menjadi solusi bagi konsumen yang mencari motor berdesain klasik dengan performa mesin terbaik. Harga Yamaha Fino Grande juga tergolong terjangkau, karena harganya dibanderol dibawah 20 Juta Rupiah.


Itulah 3 tipe Yamaha Fino yang dipasarkan di Indonesia. Apapun pilihan Anda, semua motor matic Yamaha tersebut sama-sama memiliki mesin 125cc yang lebih bertenaga dibandingkan Honda Scoopy. Sebagai perbandingan, Honda Scoopy memilili mesin 110cc yang bisa mengeluarkan tenaga sebesar 9.1 PS pada 7.500 rpm dan torsi maksimal sebesar 9.4 Nm pada 6.000 rpm. Sedangkan untuk Yamaha Fino mampu mengeluarkan tenaga sebesar 9.52 PS pada 8.000 rpm dan torsi mencapai 9.6 Nm pada 5.500 rpm.
Selisih harga Yamaha Fino ini tidak lepas dari pemakaian lampu led dan fitur Stop and Start System yang hanya dimiliki Fino Grande. Jadi apabila Anda memiliki uang lebih banyak, sangat disarankan untuk membeli varian Grande yang dibekali fitur lebih lengkap.
Demikian pembahasan mengenai Spesifikasi dan Harga Yamaha Fino 2020, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menentukan motor baru Anda. Salam Otomotif.

pasang iklan disini




loading...