Friday 1 May 2020

Review Spesifikasi serta Harga All New Yamaha R15 2020


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
All New Yamaha R15 2020

All New Yamaha R15 menjadi salah satu motor sport kelas 150 cc dari Yamaha, semenjak kehadirannya pertama kali di Indonesia memang sudah disambut hangat oleh konsumen setianya. Pada tahun 2020, pabrikan berlambang garpu tala ini melakukan regenerasi terhadap Yamaha R15 dengan nama All New Yamaha R15. Motor ini menawarkan spesifikasi mesin lebih canggih dan didukung teknologi terkini yang menjadikannya sebagai salah satu motor sport 150cc terbaik di Indonesia.
Kehadiran All New Yamaha R15 2020 yang berasal dari pabrikan garpu tala yang dikenal dengan performa mesinnya yang garang pun disambut baik dengan laris manisnya motor ini di pasaran, apalagi harga All New Yamaha R15 2020 terbilang menarik dengan penampilannya yang sporty.
All New Yamaha R15 2020 memang sangat berbeda sekali dari generasi sebelumnya, perbedaan dapat dilihat dari sektor desain tampilannya. Dimana untuk All New Yamaha R15 2020 memiliki tampilan yang lebih keren dan sporty, perubahan jelas juga terjadi pada bagian depannya serta bagian bodi sampingnya. Untuk bagian belakang juga lebih keren dari generasi sebelumnya.


Sudah ada 3 generasi Yamaha R15. Motor ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2008 dengan mengusung mesin 149.8cc. Sedangkan untuk generasi kedua mulai di pasarkan di Indonesia pada April 2014. Yamaha R15 V2 langsung diproduksi di Indonesia, sehingga motor ini langsung head-to-head melawan Honda CBR150R yang terlebih dahulu dipasarkan di tanah air.
Yamaha R15 generasi kedua langsung sukses besar dan mampu menarik minat konsumen motor sport Indonesia dikarenakan desainnya yang sporty dan sudah menggunakan rangka deltabox. Ciri khas lainnya adalah memiliki lampu belakang yang terinspirasi dari Yamaha R6 dan dibuat meruncing serta berteknologi LED. Sedangkan untuk bagian depan memiliki lampu ganda berukuran besar yang masih bohlam biasa.
Spesifikasi Yamaha R15 V2 mengusung mesin 150cc SOHC berpendingin cairan yang sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 16.59 PS pada 8.500 rpm dan mampu memuntahkan torsi puncak sebesar 14.5 Nm pada 7.500 rpm. Saat pertama kali diluncurkan pada 2014 harga Yamaha R15 V2 di Indonesia cuma Rp. 28 Juta (OTR Jakarta). Selain itu, Yamaha juga meluncurkan R15 Ohlins Special Edition pada tahun 2016 dengan harga Rp. 32.8 Juta.
Sejarah panjang Yamaha R15 di Indonesia membuktikan bahwa motor sport 150cc ini mampu bersaing melawan semua kompetitornya. Yamaha selalu berinovasi dalam menghadirkan motor sport terbaik yang mampu berakselerasi dengan cepat dan nyaman dikendarai. Sebagai buktinya adalah lahirnya Yamaha R15 generasi ketiga pada tahun 2017 yang mengusung spesifikasi dan fitur lebih canggih.
Harga Yamaha R15 V3 pun meningkat drastis. Begitu pula dengan performanya yang meningkat secara signifikan berkat mesin baru yang jauh lebih bertenaga dibandingkan R15 V2. Desainnya juga berubah total dengan mengadopsi DNA Yamaha R-Series terbaru, seperti R1 dan R6.
Yamaha R15 generasi ketiga diluncurkan secara eksklusif di Sentul International Circuit pada 23 Januari 2017. Motor ini langsung menggoda pecinta otomotif dengan menawarkan desain baru dan kapasitas mesin lebih besar. Performanya sudah pasti lebih bertenaga dan menawarkan beragam fitur baru yang tak dimiliki kompetitornya, seperti suspensi Upside Down, Assist and Slipper Clutch, dan masih banyak lagi lainnya.



All New Yamaha R15 2020 menjadi sepeda motor full fairing yang dijagokan pabrikan di kelas 150 cc. Tentunya pesaing dari motor ini cukup banyak. Namun ada beberapa kelebihan dari motor ini yang bisa menjadi nilai plus. Dan pastinya bisa memikat para calon konsumen.
Yamaha memang merilis R15 dengan membawa beberapa perubahan yang signifikan yang tentunya akan memberi nilai lebih dibandingkan dengan para pesaingnya di kelas motor sport ringan di Indonesia. Hal itu pun berakibat pada kenaikan harga R15 yang tentu saja tersaa naik dari tahun ke tahun.
Pada saat peluncurannya saja Yamaha Indonesia sampai memboyong kedua rider MotoGP dari tim Yamaha yaitu Valentino Rossi dan Maverick Vinales di Sirkuit Internasional Sentul. Contoh lainnya adalah harga R15 yang makin 'fit' dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA) sehingga membuat mesin dapat menghasilkan tenaga besar dengan tetap menjaga efisiensi bahan bakar.


All New Yamaha R15 2020 menggunakan sistem pembakaran Fuel Injection yang membuat konsumsi bahan bakar semakin irit. Lalu ada pula Forged Piston dan Diasel Cylinder yang diklaim 3X lebih awet, 3X lebih kuat, dan 3X lebih ringan. Kemudian untuk transmisinya, tersedia transmisi manual dengan pola 6 perpindahan gigi.
Yamaha sudah melengkapi motor ini dengan beragam fitur canggih dan mesin bertenaga besar yang menjadikannya sanggup berakselerasi hingga melebihi 145 km/jam. Alhasil motor ini sangat cocok bagi penggila kecepatan.

All New Yamaha R15 2020 yang memiliki julukan Baby R6 ini pun hadir dengan tampilan desain yang lebih tajam dan tegas. Tentunya hal tersebut membuktikan bahwa julukan Baby R6 tidak hanya sebatas julukan tapi juga mampu memenuhi ekspektasi para pecintanya. Tampaknya Yamaha benar-benar all-out dalam menghadirkan R15 di pasar Indonesia dengan benar-benar merombak motor ini dari luar dan dalam.

Tampilan sporty dan elegan memang sudah menjadi ciri khas All New Yamaha R15 2020. Hal ini dikarenakan adanya DNA R-Series pada desain motor All New Yamaha R15 2020. Perlu diketahui juga bahwa desain ini merupakan desain yang sering digunakan untuk motor super sport dengan ciri khas desain bodi yang meruncing, sehingga aura balap sangat terasa pada motor ini. Body belakang yang dibuat meruncing dan ramping akan semakin meningkatkan sisi aerodinamis motor ini.


Sementara itu untuk speedometer yang dibekalkan pada All New Yamaha R15 2020 ini juga lebih keren. Karena telah menggunakan full digital. Bahkan sudah dilengkapi dengan shift timing, sehingga akan sangat mudah untuk mengontrol keadaan motor saat mengendarainya. All New Yamaha R15 2020 sudah dilengkapi juga dengan lampu Hazard, sehingga kita tidak perlu untuk menambahkannya sendiri.
Lampu hazard merupakan lampu penanda kondisi darurat atau bahaya ini tentunya akan sangat berguna bagi pengendara pada saat-saat mereka mengalami sesuatu dengan motornya atau rombongannya saat touring.
All New Yamaha R15 2020 sudah dibekali  fitur canggih. Hal ini terlihat pada panel instrument yang telah menggunakan penel LCD utuh tanpa ada analog lagi. Tercatat ada 20 informasi yang tersaji pada panelnya, yaitu; putaran mesin, kecepatan , odometer, tripmeter, kecepatan rata-rata, konsumsi bahan bakar rata-rata, konsumsi bahan bakar instan, dan sebagainya. Yang menarik lagi adalah fitur ini merupakan adopsi dari R6. Dan fungsinya sendiri yang paling keren adalah memberikan panduan kapan perpindahan gigi harus dilakukan oleh pengendara. Ada indikator yang memberikan informasi, yaitu kedipan lampu yang mudah terlihat oleh pengendara.
All New Yamaha R15 2020 dibekali dengan fitur Shift Timing Light yang akan memberitahu Anda kapan waktu yang tepat untuk menaikkan gigi saat sedang berkendara tanpa takut untuk melebihi limiter RPM saat akan menaikkan gigi.


Yang lebih keren lagi dari All New Yamaha R15 2020, Yamaha membekalinya dengan suspensi depan Up Side Down. Dimana suspensi tersebut dikenal memiliki kualitas sangat oke, sehingga handling kendaraan pun akan lebih sempurna, lebih stabil dan tampilannya akan semakin keren.

Motor besutan terbaru dari Yamaha ini memang hadir dengan membawa wajah baru dan lebih segar. Pada bagian depannya, Yamaha mendesainnya dengan isnpirasi dari R-Series. Sehingga tampilan  All New Yamaha R15 2020 seperti motor sport dengan kapasitas besar. Bahkan untuk desain headlampnya juga sangat keren dan sudah dilengkapi dengan lampu LED yang dibuat lebih pipih dan ditengah-tengahnya tersedia Airscoop sebagai pemanis. Headlamp berteknologi LED ini akan memancarkan cahaya lebih terang dan lebih hemat energi.


Bagian belakang All New Yamaha R15 2020 juga sangat keren dan sangat berbeda dari generasi sebelumnya, untuk versi yang terbaru  ini memang terlihat lebih premium. Untuk lampu belakangnya sudah menggunakan lampu LED, sehingga akan menghasilkan cahaya yang sangat terang. lalu pada bodi sampinya terlihat lebih berotot dan sangat berkesan lebih premium dengan lekukan-lekukan yang sangat indah.

Untuk ukuran dimensi, All New Yamaha R15 2020 didesain akan sangat pas sekali untuk jenis motor sport. Motor besutan Yamaha ini memiliki dimensi yang berukuran 1990 X 725 X 1135 mm dengan jarak sumbur roda 1325 mm.
Bobot motor ini mencapai 137 kg, sehingga tergolong sangat ringan yang otomatis akan mengoptimalkan kemampuan akselerasi All New Yamaha R15 2020. Kemudian untuk tinggi tempat duduknya berukuran 815 mm dan jarak terendah ketanahnya mencapai 155 mm. Selain itu, tersedia pula tangki bahan bakar dengan kapasitas 11 Liter.
Mengadopsi teknologi Total Balance Philosophy, membuat distribusi berat pada All New Yamaha R15 2020 menjadi seimbang atau 50:50 antara bagian depan dan belakangnya.

Sebagai motor sport tentu All New Yamaha R15 2020 mempunyai spesifikasi yang tidak bisa dianggap remeh. Mulai dari desain hingga bagian dalam (mesin) sangat mumpuni. Terlebih lagi dengan mesin 155cc motor ini bisa melaju sangat kencang, makin terasa nuansa sport.
Untuk segi performa dapur pacu dari All New Yamaha R15 2020 memang sudah tidak perlu untuk diragukan kembali akan kemampuannya, sudah pasti akan sangat power full. Karena Yamaha sudah membekalinya dengan mesin yang didukung dengan teknologi terbaru dari Yamaha yakni Variable Valves Actuation (VVA). Berbekal mesin bertipe Liquid Cooled 4-Stroke, SOHC, 4 Valve dengan kapsitas mesin 155.1 cc.
Mesin All New Yamaha R15 2020 mampu menghasilkan tenaga maximum yang mencapai 14,2 kW pada putaran mesin 10000 rpm, sedangkan untuk torsi maximumnya mencapai 14,7 Nm pada putaran mesin 8500rpm. Performa tersebut juga didukung dengan sistem bahan bakar Fuel Injection, sehingga mesin akan bekerja dengan sempurna, serta konsumsi bahan bakarnya akan lebih irit.


Mesin All New Yamaha R15 2020 tidak hanya membawa kapasitas yang lebih besar namun juga ukuran piston yang lebih besar yaitu 58mm dan panjang stroke 58,7mm. Peletakan dome piston di All New Yamaha R15 2020 juga mengalami perubahan dengan menganut desain asimetris yang memungkinkan mesin menghasilkan tenaga yang besar walau berada di putaran tinggi.
All New Yamaha R15 2020 dibekali fitur Variable Valve Actuation (VVA) yang dihadirkan untuk mengatasi masalah power yang tidak merata pada perputaran mesin yang rendah, sedang, dan tinggi. Dengan hadirnya VVA ini maka mesin All New Yamaha R15 2020 mampu menghasilkan power yang merata di semua putaran serta akan menjaga efisiensi bahan bakar.
Sistem penyuplai bahan bakar injeksi pada All New Yamaha R15 2020 tidak luput dari perhatian pabrikan dalam meningkatkan performa motor ini. Ukuran throttle body yang sebelumnya hanya 28mm meningkat menjadi 30mm didukung dengan injector 10 hole.

All New Yamaha R15 2020 juga dibekali fitur Assist and Slipper Clutch yang memudahkan kita untuk mengoperasikan kopling motor. Assist membuat operasi kopling menjadi lebih ringan serta Slipper membuat perpindahan gigi menjadi lebih halus baik saat menaikkan atau menurunkan gigi dengan meminimalisir efek back torque.

All New Yamaha R15 2020 sudah dibekali denga tipe rangka Deltabox yang dijamin sangat kuat dan kokoh. Inilah salah satu faktor yang membuat harga All New Yamaha R15 lebih mahal, lalu dipadukan dengan suspensi telekopik dengan tipe Up Side Down, yang mana tipe suspensi tersebut akan sangat mudah untuk handling dan juga sangat stabil sekali. Sementara itu untuk bagian belakangnya menggunakan Link Monoshock, suspensi monoshock ini dipadukan dengan swing arm alumunium yang kokoh.
Suspensi depan Upside Down pada All New Yamaha R15 2020 dipadukan dengan stang underyoke, setang model clip-on atau yang lebih dikenal dengan nama setang jepit menjadikan posisi berkendara lebih menunduk ini telah dirancang ulang untuk menjaga kenyamanan berkendara jarak dekat ataupun jarak jauh.
Hadirnya Suspensi Upside-Down membuat suspensi yang ada di All New Yamaha R15 2020 lebih stabil ketika berkendara pelan maupun saat akan diajak berakselerasi. Diameter suspensi yang mencapai 37mm ini mampu mengimbangi power yang meningkat dari mesin All New Yamaha R15 2020.


Untuk menghentikan laju motor yang sangat cepat ini, Yamaha sudah membekalinya dengan sistem pengereman bertipe Disc brake untuk bagian depan dan juga belakangnya. Kedua tipe pengereman tersebut dapat diandalkan, karena mampu bekerja dengan sempurna. Sedangkan untuk ban yang dibawakan oleh All New Yamaha R15 2020 sudah menggunakan ban tubeles dengan ukuran 100/80-17M/C 52P untuk bagian depan dan belakang berukuran 140/70-17M/C 66S. Kedua ban tersebut membalut velg ring 17″ yang memiliki desain sporty dan menyajikan kestabilan berkendara yang optimal.

Persaingan motor kelas 150 cc memang sangat ketat sekali, bahkan tidak hanya segmen motor sport saja, untuk mator naked bike dan matic juga sama ketatnya. Hal tersebut terbukti dengan adanya beberapa produsen ternama yang menghadirkan tiga segmen tersebut dengan menawarkan banyak sekali keunggulan pada fitur yang dibawakannya. All New Yamaha R15 2020 dibandrol pada kisaran kisaran Rp. 36,075,000,-
Motor besuta Yamaha ini pun mengalami persaingan yang sangat ketat sekali, sebab pabrikan Honda juga sudah mengadirkan motor sport kelas 150 cc yang bernama Honda CBR150R. Keduanya memang memiliki banyak sekali kelebihan yang sudah ditawarkannya, namun motor besutan dari Yamaha lebih unggul. Karena untuk suspensi depannya sudah menggunakan UP Side Down, selain itu juga terdapat cukup banyak pilihan warnanya yaitu Racing Blue, Racing Yelow dan Racing Black dan terdapat satu lagi varian MotoGP Movistar Livery.
Pastinya motor generasi terbaru dari Yamaha ini akan menjadi masalah yang besar bagi Honda maupun juga Suzuki. Dimana keduanya juga menghadirkan motor sport kelas 150 cc, namun semua itu berbalik dari setiap user. Karena akan berbeda-beda pilihan atau sudah percaya dengan salah satu produsen yang ada saat ini. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk kalian semuanya. Salam Otomotif.

pasang iklan disini




loading...