Sunday 16 December 2018

Berbagi Tips: Rutinitas Sederhana Perawatan Kaki di Rumah


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
                   Rutinitas Sederhana Perawatan Kaki di Rumah

Kaki adalah salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi penting dan mempunyai tugas yang berat dalam keseharian kita. Tidak hanya berjalan, berlari, dan melompat, kaki bahkan harus rela menyangga tubuh kita ketika harus berdiri selama berjam-jam.

Seperti anggota tubuh lainnya, kaki juga layak mendapatkan perhatian ekstra. Jika rambut secara berkala mendapat perawatan creambath, kaki juga layak dimanjakan dengan pedikur untuk membersihkan kuku dan sel-sel kulit mati di sekitar kaki. Kaki yang sehat dan indah pasti akan menambah rasa percaya diri dan siap membawa tubuh kita ke manapun pergi.

Perawatan kaki cukup penting bagi kesehatan dan kecantikan setiap wanita secara keseluruhan. Mulai dari kuku hingga tumit kaki pun membutuhkan perawatan yang ekstra agar sedap dipandang dan terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan.


Mungkin karena kesibukan dan sering ditutup sepatu, kecantikan kaki sering terabaikan. Tanpa disadari kemudian muncul masalah, mulai dari kaki bau, kulit tumit sangat kering, pecah-pecah sampai penebalan di bagian tertentu kulit kaki yang sering disebut kapalan atau callus dalam bahasa kedokteran. Tak perlu harus ke salon untuk melakukan perawatan kaki. Setiap kali ingin memanjakan diri, Anda bisa menciptakan suasana layaknya perawatan pedicure spa di rumah.

Merawat kaki, sebenarnya tidak susah dan dapat dilakukan sehari-hari, saat mandi.

Berikut ini adalah beberapa langkah (Tips) yang dapat dilakukan untuk perawatan kaki ala spa di rumah:

Melunakkan kulit kaki


Tuang air ke dalam baki dengan kehangatan sesuai keinginan. Rendam kaki selama 3-5 menit. Proses ini berfungsi untuk menyegarkan dan merevitalisasi kaki Anda, menjaganya nyaman dan terhidrasi. Perawatan ini akan melembutkan kulit mati pada kaki. Untuk merendam kaki Anda dapat juga menambahkan produk yang dikhususkan untuk mengembalikan kesegaran, rasa nyaman, sejuk dan melembabkan.

Pengelupasan kulit kaki


Gosok kaki dengan menggunakan produk penggosok kaki yang berkualitas secara perlahan untuk mengangkat sel kulit mati secara efisien sehingga menjadikan kulit terasa halus dan lembut. Mulailah pada kulit yang keras disekitar tumit dan secara bertahap pindah ke jari kaki dengan gerakan memutar yang lembut. Bersihkan kaki selama 2-3 menit, kemudian bilas kaki dan keringkan dengan handuk.

Kulit yang mengeras, kasar dan kehitaman yang terdapat di tumit dan lutut, dapat juga dihilangkan dengan menggosoknya menggunakan produk scrub khusus. Kaki juga mengumpulkan sel-sel kulit mati, namun selama ini kita cenderung tidak melakukan apa-apa untuk mengatasinya. Jadi mulai sekarang rutinlah melakukan scrubbing kaki. Anda dapat menggunakan scrub yang dibeli di toko atau bahkan Anda dapat membuatnya sendiri di rumah.

Menggosok kaki akan meluruhkan kotoran dan lapisan kulit yang sudah mati. Sehingga tumit dan lutut menjadi lebih bersih. Selain perawatan kaki sehari-hari, Anda juga dapat memanjakan bagian tersebut dengan perawatan rutin mingguan.

Setelah membersihkan kaki Anda dari kulit mati yang menempal, rendamlah kembali kaki ke dalam air hangat serta lakukan pijatan pada kaki selam 4 – 5 menit.

Memotong kuku kaki


Anda juga dapat melakukan pembersihan sisa-sisa cat kuku jika Anda menghendainya. Kuku dapat dirapikan dengan menggunakan gunting. Kuku kaki yang panjang juga rentan patah. Jika Anda ingin menjaga keindahan dan kesehatan jemari kaki, pastikan kuku kaki dipotong pendek. Pastikan Anda selalu memotong kuku kaki Anda secara teratur. Jika Anda tidak melakukannya, hal itu bisa menjadi sangat tidak higienis terutama jika Anda seringkali menggunakan sepatu kets atau sepatu tertutup.

Membersihkan bulu kaki


Bila Anda memiliki masalah dengan bulu kaki, maka dapat diatasi dengan cara mencukur atau mencabut. Pencabutan bulu kaki bisa dilakukan dengan lilin dan Shave krim.

Pencabutan dengan lilin, akan mencabut bulu kaki sampai ke akarnya, sehingga menghambat pertumbuhan rambut selama 4 sampai 6 minggu. Sementara bila menggunakan shave krim, akan tercabut pada bagian atasnya saja, namun hanya mampu menghambat pertumbuhan selama 2 sampai 3 minggu.


Cara pencabutan dengan lilin:
-Pertama bersihkan bagian kaki yang ingin dibersihkan.
-Oleskan dengan krim pelembab.
-Cairkan lilin lalu dinginkan sampai pada kekentalan madu. Lalu oleskan pada bagian kaki yang akan di cabut secara merata.
-Tekan-tekan, lilin tersebut, kemudian angkat dengan gerakan cepat.
-Sebaiknya, bila mengerjakan pencabutan dengan lilin ini, dilakukan secara bertahap. Kerjakan sebelah kaki terlebih dahulu, baru kemudian sebelah kaki berikutnya.
-Setelah pencabutan selesai, bersihkan kaki dengan air hangat.


Cara pencabutan dengan Shave krim:
-Bersihkan kaki dengan air hangat, kemudian keringkan.
-Oleskan shave krim secara merata, lalu angkat menggunakan pisau cukur.
-Setelah selesai, jangan lupa mengoleskan krim yang diformulasikan untuk digunakan setelah bercukur.

Melembabkan kulit kaki


Setelah dibersihkan dengan baik, oleskan lotion pada kaki agar tetap lembab. Lotion yang mengandung banyak pelembab dan vitamin E bisa menjadi nutrisi baik bagi kaki yang baru saja mengalami peeling. Gunakan lotion segera setelah mengeringkan kaki agar nutrisinya mudah meresap dan kelembaban alami kaki bisa terkunci.

Anda juga dapat menggunakan masker perawatan kaki yang intensif untuk mengatasi kekeringan dan menyegarkan kaki Anda. Lumuri bagian kaki dari pergelangan sampai kuku hingga merata, lalu bungkus kaki dengan handuk selama 5-7 menit. Setelah itu baru hapus krim atau masker kaki.

Terkadang banyak orang yang menghindari menggunakan tabir surya pada kaki mereka hanya karena malas ataupun takut membuang-buang tabir surya karena digunakan pada kaki. Apa pun alasannya, penggunaan tabir surya juga penting untuk perawatan kaki Anda.

Perawatan kutikula


Oleskan balsam atau krim kutikula pada kuku kaki Anda dan diamkan selama semalaman. Di pagi hari, kutikula akan melunak dan akan lebih mudah untuk didorong kembali.

Gunakan alas kaki


Sementara, jangan biarkan kaki Anda tanpa sandal atau kaus kaki. Gunakan alas kaki untuk meminimalisir kontak dengan lantai dingin atau tanah kasar. Seminggu kemudian, Anda bisa melihat perubahannya.

Kaki adalah salah satu bagian dari tubuh yang tidak memiliki kelenjar minyak. Karenanya perlu untuk melakukan perawatan khusus area kaki secara teratur untuk menjaga kaki agar tetap bersih, sehat, terhindar dari dehidrasi (kekeringan), kasar dan pecah-pecah.

Perawatan kaki tidaklah memerlukan banyak biaya dan waktu. Anda dapat menghemat biaya salon ataupun spa secara keseluruhan dengan melakukan perawatan kaki di rumah dan dapat melakukannya sesering yang Anda inginkan, guna mendapatkan kaki yang indah dan lembut. Jadi pastikan Anda memiliki waktu untuk memanjakan kaki Anda.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...