Monday 18 February 2019

Cantik Sehat: Penggunaan Ethylhexyl Methoxycinnamate dalam Kosmetik – Manfaat serta Penjelasannya


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Penggunaan Ethylhexyl Methoxycinnamate dalam Kosmetik

Ethylhexyl Methoxycinnamate juga dikenal sebagai octyl methoxycinnamate. Senyawa ini merupakan senyawa cair yang mampu menyerap sinar UVB dan melindungi kulit terhadap radiasi sinar matahari yang membakar. Ethylhexyl Methoxycinnamate telah teruji selama beberapa dekade dan dinyatakan aman untuk digunakan secara luas dalam industri kosmetik maupun produk tabir surya.

Frekuensi berbeda dari sinar ultraviolet (UV) dapat menyebabkan berbagai jenis kerusakan pada kulit. Sinar UVB menyebabkan pembakaran dan kemerahan dialami dari terlalu banyak paparan sinar matahari yang tidak terlindungi. UVB mendorong kulit kita untuk menghasilkan melanin, pigmen yang memberi warna alami pada kulit. Ketika kulit mulai coklat itu adalah tanda kerusakan dan melanin diproduksi untuk melindungi kulit.

Sinar matahari membuat kita bahagia dan memungkinkan tubuh kita menghasilkan vitamin D. Meskipun begitu, sinar matahari harus dinikmati dalam jumlah yang cukup. Paparan berlebihan dapat menyebabkan kanker kulit dan penuaan dini.


Ethylhexyl Methoxycinnamate juga mampu melindungi kulit dari paparan sinar UVA. Bahan ini memberikan cakupan luas serta melindungi kulit dari efek kerusakan yang ditimbulkan oleh paparan sinar matahari. Paparan UVA menembus lapisan kulit yang sangat dalam dan berkaitan terhadap efek penuaan dini.

Sinar UV memiliki panjang gelombang lebih pendek daripada cahaya tampak. Lama paparan sinar UV dapat mengakibatkan efek kesehatan pada mata, kulit dan sistem kekebalan tubuh. Sinar UV merusak kolagen dan memberikan kontribusi untuk penuaan kulit. Ethylhexyl Methoxycinnamate atau Octinoxate dapat membantu melindungi terhadap kulit terbakar dan kerusakan kulit lain yang disebabkan oleh sinar UV dengan menyerap radiasi UV.

Ethylhexyl Methoxycinnamate berbentuk cairan transparan yang tidak larut dalam air. Ethylhexyl Methoxycinnamate sering dimanafaatkan sebagai bahan produk sunscreen. Ethylhexyl Methoxycinnamate mampu melindungi kulit dari sinar matahari dan bekerja dengan cara menyerap, memantulkan atau menyebarkan sinar UV. Di Amerika Serikat, produk ini diatur sebagai Over-the-Counter (OTC) obat-obatan.


Ethylhexyl Methoxycinnamate atau Octinoxate digunakan dalam produk yang diterapkan pada kulit untuk menyerap, memantulkan atau menyebarkan sinar UV. Bahan ini berfungsi untuk melindungi kulit dari sensasi terbakar akibat paparan sinar matahari serta efek yang buruk lainnya. Ethylhexyl Methoxycinnamate juga akan melindungi kosmetik dan produk perawatan pribadi dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV dan memungkinkan mereka untuk bertahan lebih lama dalam kondisi UV yang tinggi.

Ethylhexyl Methoxycinnamate (EHMC) atau Octinoxate adalah salah satu filter ultraviolet organik (UV) yang paling sering digunakan dalam produk tabir surya, bahan ini dikenal terutama karena perannya sebagai bahan aktif dalam produk tabir surya. Ethylhexyl Methoxycinnamate (EHMC) juga telah digunakan pada produk kosmetik rambut, kulit, kuku dan pewarna untuk melindungi substrat. Pada produk perawatan rambut  EHMC atau Octinoxate bermanfaat untuk mencegah rambut dari kerusakan akibat radiasi UVB, dan untuk membantu menstabilkan formulasi terhadap fotodegradasi.

Saat ini tidak ada standar seragam yang ditetapkan untuk menampilkan faktor perlindungan UVA, kecuali di Jepang. Mereka adalah negara pertama yang memiliki metode resmi, yang mulai berlaku pada tahun 1996. Ia menggunakan sukarelawan manusia untuk membuat kulit menjadi lebih gelap, atau Dark Pigmen Persistent. Efek yang terlihat dari UVA cukup halus, berlawanan dengan kemerahan yang disebabkan oleh UVB, oleh karena itu tidak mudah untuk diukur. Sejauh ini, UE hanya mengeluarkan pedoman yang mirip dengan Jepang.


The Food and Drug Administration (FDA) melakukan peninjauan OTC obat ethylhexyl metoksisinamat (juga disebut oktil metoksisinamat) dan menyetujui penggunaan bahan ini sebagai bahan aktif dalam produk tabir surya sampai dengan konsentrasi 7,5%. Ketika digunakan sebagai bahan aktif dalam produk tabir surya, bahan ini akan dicantumkan pada label sebagai Octinoxate. CIR juga telah melakukan evaluasi tangguhan terhadap bahan ini, penangguhan dari kajian ini adalah sesuai dengan ketentuan Prosedur CIR.

Ethylhexyl Methoxycinnamate (EHMC) atau Octinoxate merupakan filter anti-UV dan telah dievaluasi oleh Badan Prancis untuk Keamanan Produk Sanitasi (Afsaps) dan telah banyak digunakan dalam berbagai produk tabir surya, perawatan anti-penuaan bahkan kini juga telah diterapkan pada produk balsem bibir, shower-gel serta minyak perawatan tubuh.

Ethylhexyl Methoxycinnamate (EHMC) atau Octinoxate telah disahkan oleh peraturan Eropa hingga 10% dalam produk kosmetik berdasarkan rujukan yang dibuat pada tahun 2009 oleh Menteri Kesehatan Prancis tentang risiko yang disebabkan oleh bahan kosmetik yang beracun untuk reproduksi dan / atau pengganggu endokrin. Untuk mendukung pendapatnya, Afsapps telah menggunakan sebagai dasar dua pendapat yang telah dikeluarkan oleh Komite Pakar Ilmiah Eropa (sekarang SCCS), pada tahun 1996 dan 2001, serta data yang dipasok oleh industri kosmetik, terutama oleh Ingrecos (sebuah komite pemasok bahan baku yang digunakan dalam kosmetik) dan data ini ditemukan dalam literatur ilmiah serta dalam studi yang dilakukan oleh produsen. Pendapat tersebut mengarah pada kesimpulan bahwa penggunaan Ethylhexyl Methoxycinnamate telah dianggap aman oleh para ahli Eropa.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...