Thursday 14 March 2019

Cantik Sehat: Penggunaan Phenoxyethanol dalam Kosmetika – Penjelasan serta Manfaatnya


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Penggunaan Phenoxyethanol dalam Kosmetika

Phenoxyethanol adalah pengawet yang digunakan dalam banyak produk kosmetik dan perawatan pribadi. Secara kimiawi, Phenoxyethanol dikenal sebagai glikol eter, atau dengan kata lain pelarut. CosmeticsInfo.org menggambarkan fenoksietanol sebagai "cairan berminyak, sedikit lengket dengan aroma mawar yang samar."

Phenoxyethanol adalah pengawet sintetis yang diproduksi menggunakan proses kompleks di mana fenol diperlakukan dengan etilen oksida. Fenol adalah padatan kristal putih agak bersifat asam yang dapat diperoleh dari sumber alami atau kimia. Etilen oksida, juga dikenal sebagai asam karbol, adalah gas atau cairan tidak berwarna yang dianggap karsinogenik. Dikombinasikan selama pembuatan, dua bahan kimia diklaim oleh beberapa orang untuk membentuk pengawet sintetis aman dan tidak beracun.

Phenoxyethanol stabil hingga suhu 85 °C (185 °F) dan memiliki aktivitas bermanfaat dari pH 3 hingga 10. Phenoxyethanol larut dalam sebagian besar minyak. Bahan ini juga larut dalam air 0,5-2,67 gram per 100 gram air, serta larut dengan propilen glikol dan gliserin.


Phenoxyethanol dapat dipecah menjadi etilen, fenil, eter, dan glikol. Bahan kimia ini dikenal dengan beberapa nama lain termasuk Phenoxytol, Phenoxethol, Rose ether, Phenyle cellosolve, dan Ethylene glycol monophenyl ether. Selama tes produk dermatologis, selain sifat pengawet, Phenoxyethanol ditemukan memiliki sifat fiksatif yang mengunci wewangian dalam parfum dan sabun agar tetap terjaga untuk durasi yang lebih lama saat diterapkan.

Suatu produk yang mengandung ataupun berbahan dasar air rentan terhadap jamur, perubahan warna, serta bau tidak sedap yang disebabkan oleh bakteri dan jamur yang ada secara alami di lingkungan. Ketika kosmetik digunakan, mereka bersentuhan dengan kulit dan aplikator yang menghubungi kulit, sehingga berpotensi memaparkan produk ke mikro-organisme tersebut. Produk perawatan kulit yang Anda gunakan mungkin terlihat baik-baik saja tetapi sebenarnya bisa dipenuhi oleh bakteri atau jamur yang berbahaya bagi kesehatan Anda dan bayi Anda. Pengawet seperti Phenoxyethanol ditambahkan ke suatu produk untuk memerangi pertumbuhan bakteri dan jamur berbahaya. Phenoxyethanol akan melawan bakteri ketika damasukkan ke dalam formulasi suatu produk perawatan kulit dan mencegah terciptanya perkembang-biakan yang potensial untuk mikro-organisme berbahaya.


Banyak produk kosmetik mengandung Phenoxyethanol. Bahan ini memang sering digunakan sebagai bahan pengawet atau penstabil bersama formula lain yang mungkin memburuk, rusak, atau menjadi kurang efektif terlalu cepat. Phenoxyethanol juga digunakan dalam industri selain kosmetika, termasuk dalam vaksin dan tekstil. Bahan ini juga digunakan pada pengkondisi kain, bakterisida, tinta, penolak serangga, pewarna, antiseptik, vaksin, resin, dan jeli spermisida. Penting untuk dipahami bahwa ini adalah bahan sekunder dalam sebagian besar produk perawatan kulit, dan tidak dimaksudkan untuk mengobati kondisi khusus atau masalah kulit.

Ada beberapa kegunaan tambahan untuk Phenoxyethanol selain sebagai perawatan kulit. Misalnya, Phenoxyethanol ditambahkan ke beberapa bahan makanan guna menjaga kesegaran untuk jangka waktu yang lebih lama. Bahan kimia organik ini dianggap sebagai penyangga biologis yang lebih cocok dibandingkan dengan natrium azida, karena tingkat toksisitas Phenoxyethanol kurang signifikan dibandingkan dengan natrium azida.

Dalam kondisi tertentu, produk yang tidak diawetkan dengan baik dapat terkontaminasi oleh mikro-organisme yang tidak diinginkan, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti iritasi atau infeksi. Produk yang terkontaminasi oleh mikro-organisme juga dapat berdampak negatif terhadap kinerja, penampilan, rasa, serta aroma produk tersebut. Pengawet seperti Phenoxyethanol membantu mencegah masalah seperti itu.


Phenoxyethanol telah digunakan dengan aman sejak tahun 1950-an sebagai pengawet dalam kosmetik dan produk perawatan pribadi. Bahan ini terbukti sangat efektif dalam mencegah pertumbuhan jamur, bakteri, dan ragi yang dapat menyebabkan produk rusak, seperti halnya bahan pengawet yang digunakan pada makanan. Penggunaan bahan pengawet pada kosmetika juga akan meningkatkan umur simpan dan keamanan produk.

Anda dapat menemukan fenoksietanol sebagai bahan dalam berbagai macam produk kosmetik dan kebersihan. Termasuk parfum, lipstik, sabun, pembersih tangan,dll. Bahkan, bahan ini juga telah digunakan dalam pembuatan produk krim puting merek Mommy Bliss. Pada 2008, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) menyebutnya sebagai tidak aman untuk bayi yang menyusui, karena kekhawatiran tentang bagaimana hal itu mempengaruhi sistem saraf pusat mereka. FDA juga memberikan peringatan kepada ibu menyusui tentang penggunaan Phenoxyethanol pada krim puting susu, dan menyatakan bahwa Phenoxyethanol dapat menyebabkan muntah, diare, dehidrasi, dan masalah sistem saraf pusat pada bayi. Komisi Eropa tentang bahan-bahan kosmetik juga menetapkan bahwa Phenoxyethanol beracun jika diterapkan pada bibir atau di sekitar mulut. Hal tersebut haruslah menjadi pertimbangan ketika Anda menggunakan suatu produk yang mengandung Phenoxyethanol dan sering diaplikasikan pada bibir atau di sekitar mulut. Lembar Data Keselamatan Bahan (MSDS) mengatakan bahwa Phenoxyethanol berbahaya jika tertelan, terhirup, atau diserap melalui kulit dan dapat menyebabkan kerusakan reproduksi. Phenoxyethanol juga diyakini menyebabkan kerusakan pada sel-sel otak dan sistem saraf pusat bila digunakan dalam jumlah besar. Beberapa kemungkinan efek samping lain dari penggunaan bahan kimia termasuk iritasi kulit, reaksi alergi, kanker, radang di paru-paru dan mata, dermatitis, dan reaksi kulit yang parah pada orang yang berurusan dengan Eksim. Jika Anda akan menggunakan produk dengan Phenoxyethanol, pastikan untuk mengawasi reaksi kulit yang tidak terduga, dan tanyakan dokter kulit Anda apakah bahan kimia tersebut dapat memperburuk masalah kulit yang sudah Anda miliki.

Dalam parfum, wewangian, sabun, dan pembersih, phenoxyethanol berfungsi sebagai stabilisator. Bahan ini juga digunakan sebagai anti-bakteri dan/atau pengawet untuk mencegah produk kehilangan potensi atau merusak.

Phenoxyethano bekerja dalam berbagai formula dan rentang pH, memiliki aktivitas spektrum luas terhadap banyak patogen yang tidak ingin Anda gandakan dalam produk perawatan kulit Anda, stabil, dan kompatibel dengan banyak pengawet lain yang digunakan dalam kosmetik.


Ketika dikombinasikan dengan bahan kimia lain, beberapa bukti menunjukkan bahwa Phenoxyethanol efektif dalam mengurangi jerawat. Satu studi 2008 pada 30 subjek manusia dengan jerawat inflamasi menunjukkan bahwa setelah enam minggu aplikasi dua kali sehari, lebih dari setengah dari subjek melihat peningkatan 50% dalam penanggulangan jumlah jerawat mereka.

Phenoxyethanol dihasilkan oleh hidroksietilasi fenol ( sintesis Williamson ), misalnya, dengan adanya alkali-logam hidroksida atau borohidrida alkali-logam. Phenoxyethanol efektif terhadap bakteri gram negatif dan gram positif, serta ragi Candida albicans. Bahan ini merupakan pengawet sintetis yang banyak digunakan dan telah memiliki persetujuan global untuk digunakan dalam semua produk kosmetik dalam konsentrasi hingga 1%. Phenoxyethanol sering dijumpai dalam jumlah yang bahkan lebih rendah, seperti ketika dikombinasikan dengan formulasi bahan lain. Dalam hal ini, jumlah Phenoxyethanol yang memiliki konsentrasi lebih rendah dapat sama efektifnya dengan jumlah maksimum yang disetujui.

FDA saat ini memungkinkan penggunaan Phenoxyethanol dalam kosmetik, dan sebagai bahan tambahan makanan tidak langsung. Panel ahli dari The Cosmetic Ingredient Review (CIR ) pertama kali meninjau semua data yang tersedia tentang bahan kimia ini pada tahun 1990. Mereka menganggapnya aman ketika diterapkan secara topikal dalam konsentrasi 1% atau lebih rendah. Pada tahun 2007, panel meninjau data yang baru tersedia, kemudian mengkonfirmasi keputusan sebelumnya bahwa aman bagi orang dewasa untuk menggunakan secara topikal dalam konsentrasi yang sangat rendah.


Komisi Eropa untuk Kesehatan dan Keamanan Pangan juga memberikan penilaian pada Phenoxyethanol peringkat "aman" bila digunakan dalam kosmetik dengan konsentrasi 1% atau kurang. Namun, laporan ini mencatat bahwa menggunakan beberapa produk yang semuanya mengandung dosis rendah dapat menyebabkan paparan berlebih. Jepang juga membatasi penggunaan Phenoxyethanol pada kosmetik untuk konsentrasi 1% . Autorisasi File ANSM diteruskan ke para ahli Eropa yang menyimpulkan, pada bulan Maret 2016, bahwa semuanya baik-baik saja!. Dalam kata-kata mereka, "fenoksietanol aman pada konsentrasi maksimum yang berlaku saat ini, dan untuk semua konsumen, tanpa memandang usia mereka". Yang berarti: bahkan untuk bayi, meskipun ada peringatan dari Badan Prancis.Karena itulah, status pengaturan Phenoxyethanol tidak berubah dan bahan ini akan tetap diizinkan dalam kosmetik hingga 1% dari formula.

Fenoksethanol diketahui menyebabkan reaksi tipe alergi kulit pada beberapa orang. Beberapa berpendapat bahwa reaksi buruk ini adalah hasil dari alergi pada subjek uji. Yang lain berpendapat bahwa itu hanyalah iritasi kulit yang mempengaruhi orang yang berbeda pada tingkat yang berbeda. Beberapa penelitian menunjukkan manusia dan hewan dapat mengalami iritasi kulit, ruam, eksim, gatal-gatal. Dalam satu penelitian pada subjek manusia, bahan kimia ini menyebabkan gatal-gatal dan anafilaksis (reaksi alergi yang berpotensi mengancam jiwa) pada pasien yang menggunakan produk kulit topikal dengan bahan tersebut. Padahal, anafilaksis dari Phenoxyethanol ini sangat jarang. Kasus diatas hanyalah contoh dari banyak insiden serupa dari Phenoxyethanol yang menyebabkan iritasi dan ruam pada manusia. Tetapi frekuensi dari gejala-gejala ini sangat rendah jika dibandingkan dengan seberapa sering orang terpapar tanpa efek samping yang mencolok. Dan mereka umumnya dianggap disebabkan oleh alergi.

Phenoxyethanol telah menjadi bahan perawatan kulit baru yang didemonstrasikan oleh berbagai perusahaan kosmetik dan situs pemasaran ritel/alami. Produsen yang ingin menghindari penggunaan paraben, yang baru-baru ini kehilangan minat di antara konsumen yang sadar kesehatan, mungkin akan memilih formula Phenoxyethanol dalam produk mereka sebagai pengganti. Paraben dinilai kurang efektif dalam produk perawatan kulit karena penelitian menunjukkan bahwa paraben dapat mengganggu endokrin, meskipun paraben tidak memiliki sifat demikian ketika bahan tersebut menyerap ke dalam kulit.

Fenoksethanol diduga menyebabkan kerusakan sistem saraf pusat pada bayi yang terpapar. Namun, tidak ada risiko signifikan yang diketahui bagi ibu, atau orang dewasa sehat lainnya tanpa alergi. Anda disarankan unutk menghindari bahan Phenoxyethanol jika Anda alergi terhadapnya, hamil, menyusui serta mempertimbangkan menggunakan pada anak di bawah 3 tahun. Risiko lebih besar daripada kemungkinan manfaat dalam kasus-kasus tersebut. Namun, jika Anda orang dewasa yang sehat tanpa riwayat alergi kulit, kemungkinan Anda tidak perlu khawatir tentang paparan melalui kosmetik di bawah konsentrasi 1%. Bagaimanapun juga, Anda harus tetap mewaspadai dalam melapisi terlalu banyak produk yang mengandung bahan ini pada satu waktu, karena dapat menumpuk dan menjadi residu.


Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa dibandingkan dengan penggunaan bahan pengawet kosmetika lainnya, kejadian reaksi alergi atau peka terhadap Phenoxyethanol seperti yang digunakan dalam kosmetik jarang terjadi. Tetapi kenyataannya adalah semua bahan pengawet, bahkan yang alami sekalipun, memiliki risiko jika diaplikasikan pada kulit sensitif. Hal tersebut dialami karena pengawet jenis apa pun yang digunakan dalam aplikasi formula kosmetik dimaksudkan untuk membunuh jamur ataupun bakteri, serta sesuatu yang dapat berdampak negatif pada kulit. Namun, guna menjadikan suatu bahan pengawet alami menjadi efektif, bahan tersebut harus digunakan dalam jumlah yang jauh lebih tinggi daripada pengawet sintetis, biasanya hingga 10%. Jumlah yang lebih tinggi ini dapat menimbulkan iritasi dan masalah kepekaan untuk kulit. Meskipun Phenoxyethanol yang digunakan dalam produk perawatan kulit adalah jenis pengawet sintetis, tetapi bahan kimia ini terjadi secara alami dalam teh hijau, seperti halnya paraben yang muncul secara alami dalam buah beri dan makanan alami lainnya. Secara komersial, Phenoxyethanol merupakan bahan kimia yang "identik dengan alam" serta diproduksi secara sintetis dan telah menjadi semakin populer selama beberapa tahun terakhir karena kekhawatiran konsumen yang telah dikemukakan tentang paraben dan bahaya potensial dari penggunaan paraben.

Munculnya Phenoxyethanol sebagai pengawet kimia utama terjadi ketika laporan penelitian menyatakan bahaya menggunakan pengawet parabenmencuat kepermukaan. Banyak produsen menemukan Phenoxyethanol sebagai alternatif yang cocok untuk paraben karena mudah diperoleh dan juga murah. Sifat anestesi dari Phenoxyethanol memungkinkan pengurangan sensasi sementara ketika diterapkan pada daerah yang menyakitkan dan juga dapat bertindak sebagai desinfektan ringan. Namun saat ini telah banyak pula merek yang menggantikan Phenoxyethanol dengan koktail pengawet yang lebih alami, termasuk fermentasi seperti lactobacillus dan akar lobak, dan bahkan ethylhexyglycerin.


Phenoxyethanol digunakan oleh beberapa perusahaan sebagai alternatif  "aman" untuk pengganti formula yang mencakup paraben dan pengawet pelepas formaldehida. Keduanya adalah kelas bahan kimia dengan memiliki bukti risiko kesehatan potensial yang dapat memiliki kemampuan untuk mempengaruhi Anda. Phenoxyethanol juga nyaman karena tidak bereaksi dengan bahan-bahan lain seperti udara, ataupun cahaya sehingga membuatnya menjadi pengawet yang sangat efektif. Terlebih lagi, Phenoxyethanol telah masuk dalam Buku Pegangan Bahan Kimia Hijau dan juga Perawatan Tubuh Premium Whole Foods dan telah disetujui. Dan, standar mereka, yang dikembangkan oleh tim ilmuwan selama bertahun-tahun, adalah beberapa standar ketat yang tersedia.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...