Saturday 24 August 2019

Berbagi Tips : Cara Memakai Maskara yang Perlu Anda Ketahui


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Cara Memakai Maskara yang Perlu Anda Ketahui

Berbicara tentang make-up, rasanya belum lengkap jika tidak membahas tentang riasan mata. Mulai dari eyeshadow, eyeliner, eyebrow product, hingga maskara pasti menjadi produk yang wajib dipakai ketika melakukan make-up bagian mata. Make-up memang menjadi prioritas sehari-hari bagi para perempuan untuk menunjang penampilan mereka agar terlihat tetap cantik. Dengan adanya make-up, tentunya rasa percaya diri akan semakin meningkat.

Dalam aplikasi make-up kaum wanita memiliki pilihan sendiri untuk menonjolkan bagian wajah yang paling dianggap menarik. Dan, bagian mata seringkali menjadi fokus riasan untuk membentuk wajah terlihat lebih menarik. Riasan mata terdiri dari alis, kelopak mata, hingga bulu mata. Pemilihan warna yang tepat juga akan mampu membuat mata menjadi lebih hidup. Sebagian besar orang boleh setuju bahwa kecantikan terpancar dari dalam diri. Walau demikian, mengenakan riasan juga bukan sesuatu yang salah. "Inner beauty is great but a little mascara never hurts." Kata aktris cantik Audrey Hepburn. Oleh karena itu, bukanlah suatu hal yang salah bagi seorang wanita untuk memakai maskara dalam mempercantik tampilan mata.

Ketika riasan bulu mata terlihat lentik dan panjang, maka akan membuat orang lebih fokus pada mata dibandingkan dengan kekurangan yang ada pada wajah Anda. Dalam merias area mata jangan sampai bulu mata Anda membuat penampilan menjadi berkurang. Penggunaan maskara dapat membuat bulu mata Anda menjadi lentik dan panjang sehingga terlihat semakin indah.

Sepasang mata bisa menyampaikan berjuta hal. Mulai dari perasaan Anda hingga apa yang sedang Anda pikirkan. Aktris cantik Audrey Hepburn bahkan menyebut mata sebagai bagian tubuh yang memperlihatkan kecantikan kaum hawa. “The beauty of a woman must be seen from in her eyes, because that is the doorway to her heart, the place where love resides,” demikian bunyi kutipan Hepburn yang terkenal mengenai mata dan kecantikan. Tampil sempurna dengan make-up sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh wanita. Sebuah treatment diperlukan untuk dapat menonjolkan kelebihan wajah sehingga make-up terlihat sempurna. Tidak mengherankan apabila mata menjadi salah satu bagian tubuh yang paling diperhatikan, khususnya bagi orang yang suka berdandan atau hobi bereksperimen dengan kosmetik.


Peralatan make-up adalah hal yang penting bagi kaum wanita. Dengan menggunakannya, mereka dapat membuat penampilannya menjadi lebih cantik sekaligus menambah rasa percaya diri. Make-up adalah senjata bagi setiap wanita untuk bisa tampil semakin sempurna. Termasuk juga maskara, dengan memakai maskara, seorang wanita bisa merias bulu mata mereka menjadi lebih lentik yang tentu saja dapat membuat wajah terlihat menjadi lebih cantik. Maskara merupakan make-up yang dibutuhkan untuk menciptakan bulu mata yang lentik sempurna.

Maskara merupakan salah satu produk kosmetik andalan yang tentunya tidak boleh tertinggal keberadaannya di dalam tas kosmetik. Maskara sudah menjadi produk kecantikan yang sangat populer, menggunakan maskara merupakan salah satu cara tercepat untuk memperoleh bulu mata yang lentik dan tebal. Maskara merupakan sebuah produk kecantikan yang berperan seperti alat sulap untuk menjadikan mata terlihat lebih atraktif. Sebuah beauty item yang dapat menjadikan mata terlihat lebih indah. Maskara memiliki peran dalam mempercantik mata karena dapat mempertebal, memanjangkan, sekaligus melengkungkan bulu mata. Collins English Dictionary mendefinisikan maskara sebagai "zat kosmetik untuk mempergelap, memperpanjang, mengeritingkan, mewarnai, dan mempertebal bulu mata, yang dipakai dengan sebuah sikat atau kuas".


Maskara bisa menjadikan tampilan bulu mata menjadi terlihat lebih tebal, panjang, dan indah, apalagi jika disertai dengan rutinitas perawatan bulu mata yang baik, menjadikan bulu mata semakin lentik dan indah. Di iringi pula perusahaan kosmetik yang kini semakin mengembangkan produk maskara yang memang masih diandalkan sebagai produk make-up utama untuk menyulap penampilan secara instan, khususnya untuk area mata.

Pada era 4000 tahun sebelum masehi, ketika kohl dan ointments digunakan untuk menggelapkan bulu mata dan alis serta untuk melindungi mata dari sinar yang menyengat. Pada jaman tersebut, bukan hanya wanita yang menggunakan maskara tetapi juga para pria pun melakukan hal yang sama.

Orang-orang Mesir kuno memainkan peranan penting dalam sejarah maskara. Pada 3400-30 BC, orang Mesir menggunakan tulang dan gading sebagai aplikator maskara, dan campuran kotoran buaya, air dan madu sebagai maskara pertama yang dibuat. Campuran tersebut telah digunakan sebagai eyeliner dan maskara. Karena mata dipercaya sebagai jendela jiwa, mereka meyembunyikan mata untuk mencegah roh gaib dan energi yang buruk.

Zaman kuno juga menunjukan Cleopatra memiliki pengaruh besar dalam penggunaan maskara dan body painting hingga menyebar secara luas, baik untuk perlindungan, perayaan, peperangan dan kematian.

Meskipun orang-orang Mesir diketahui sebagai era pertama yang diketahui menggunakan maskara. Namun, maskara baru mulai terkenal ketika memasuki era Victorian (Ratu Inggris, 1837 – 1901) pada tahun 1830-an ketika produk pembuatan bulu mata mulai marak. Wanita Victorian saat itu telah terkenal sangat formal dan terelaborasi, mereka menghabiskan banyak waktu untuk berpakaian dan mempercantik diri.

Eugene Rimmel merupakan salah satu pencipta maskara yang tidak beracun pada abad ke-19. Penemuan terjadi Pada 1917, Eugene Rimmel membuat kemasan maskara pertama yang dibuat dari campuran petroleum dan abu batu-bara hitam, sejarah maskara dimulai dari maskara padat (cake mascara). Kata maskara sendiri diambi dari bahasa Italia maschera yang berarti topeng. Tapi di beberapa negara, kata “rimmel” ternyata masih diartikan sebagai maskara, “rimmel” menjadi sebuah nama household dan menjadi nama dari maskara itu sendiri seperti dalam bahasa Portugis, Turki, atau Romania.

Pengaruh dan promosi konstan dari berbagai aktris film pada 1930-an, 40-an dan 50-an membuat maskara dapat diterima secara sosial dalam berbagai situasi dan menjadi bagian penting pada tiap gaya berpakaian, hingga terciptanya produk maskara dengan kemasan tube dan kuas yang muncul sekitar tahun 1957 yang dipopulerkan oleh Helena Rubinstein. Maskara modern dipromosikan serta dipasarkan hingga mendapatkan popularitas (1870-1965). Ia menjadi revolusioner yang telah mengubah formula maskara dan kemasannya. Dari awal mulanya maskara berbentuk padat (cake mascara) menjadi berwujud lotion (based cream) yang kemudian disertai sikat dan menjadi tube.


Saat ini bulu mata lentik menjadi tren sendiri, orang lebih bebas dalam mengkreasikan bentuk bulu mata sesuai dengan keinginan, produk maskara pun memiliki formula yang lebih beragam, begitu pula dengan varian warna maskara yang semakin berinovasi. Warna hitam akan cocok untuk semua orang tetapi bisa terlihat keras pada orang yang berkulit terang. Orang berambut pirang dan berkulit terang harus memilih warna cokelat di siang hari dan hitam untuk malam hari. Warna-warna maskara oranye atau prem dapat membuat mata biru meletup, seperti halnya maskara biru. Maskara ungu terlihat bagus diaplikasikan pada orang bermata cokelat. Meskipun demikian, banyak orang yang masih meremehkan ketika memakai maskara.

Produk maskara diciptakan dengan keunggulan masing-masing. Ada yang mengklaim bisa membuat bulu mata bertambah lentik, lebih bervolume hingga membuatnya jadi lebih panjang. Namun, hasil akhir pemakaian maskara bergantung juga pada seberapa hebat kemampuan pemakainya. Produk maskara dengan formulasi unggulan, akan menggumpal jika diaplikasikan dengan asal-asalan.

Memakai maskara secara benar dan efektif akan membuat mata Anda terlihat lebih ekspresif atau lebih dramatis karena bulu mata terlihat panjang, bervolume, dan tebal. Untuk itulah Anda harus mempelajari trik cara memakai maskara supaya terlihat tebal. Jangan sampai penggunaan maskara malah merusak tampilan make-up Anda karena terlihat menggumpal, rontok, atau malah mencoreng dan luntur. Tapi panduan di bawah ini akan membuat Anda untuk tidak sembarangan lagi ketika mengaplikasikannya.

Menyisir bulu mata
Layaknya rambut, bulu mata juga perlu disisir karena seringkali saat Anda tidur atau tidak sadar menggosok area mata, rambut pada bulu mata menjadi berantakan dan tak terarah. Karena itulah, menyisir terlebih dulu bulu mata dengan kuas berbentuk sikat atau sisir sangat dianjurkan.



Cara lainnya adalah dengan menyikat menggunakan sikat gigi, lebih baik lagi jika Anda menggunakan sikat gigi balita, tindakan tersebut dilakukan jika Anda tidak memiliki sisir khusus untuk bulu mata.

Tahu memulai darimana
Hal yang paling mendasar sebelum memakai maskara adalah selalu jepit bulu mata Anda kurang lebih 10-15 detik, tindakan ini bertujuan supaya membuat bulu mata Anda lentik. Jika Anda tidak memiliki penjepit bulu mata, bisa menggunakan sendok dan letakkan sendok di belakang bulu matamu, posisikan bagian belakang sendok menghadap luar saat menggunakannya. Kemudian tekan bulu mata pada sendok selama kurang lebih 10-15 detik.


Untuk efek melentikkan yang maksimal, hangatkan penjepit bulu mata Anda menggunakan blow dryer. Namun Anda harus cermat menentukan suhunya jangan sampai terlalu panas, memanaskan penjepit bulu mata dengan suhu ringan juga akan bermanfaat untuk meningkatkan volume bulu mata.

Bulu mata adalah rambut tipis yang mudah rapuh, maka lakukanlah tindakan menjepit bulu mata dalam sekali jepitan dan lepaskan segera. Bulu mata yang melengkung akan membuat mata terlihat lebih lebar dan lebih cerah.

Poles primer pada bulu mata
Ada maskara yang dilengkapi dengan formula untuk memberikan volume lebih pada bulu mata dengan dua kuas dalam satu tabung. Namun, jika tidak memiliki maskara seperti itu, Anda dapat mengaplikasikan coat gel transparan yang biasa diaplikasikan baik untuk bulu mata atau pun alis.


Anda juga bisa mengikuti trik ratu kosmetik Hollywood, Kim Kardashian, yang menggunakan concealer mata sebagai primer untuk maskara. Poleskan concealer mata mulai dari ujung luar mata ke bagian dalam, serta dari pangkal tangkai rambut menuju ujung bulu mata. Kim menyarankan agar menggunakan sikat bulu mata yang bersih untuk meratakan produk, lalu tunggu sampai benar-benar meresap barulah kemudian Anda dapat mengaplikasikan cairan maskara pada bulu mata.

Eyelash primer ataupun concealer akan dapat menciptakan efek dramatis pada riasan bulu mata. Gunakan eyelash primer atau concealer setelah Anda memakai penjepit bulu mata dan sebelum menggunakan maskara untuk mendapatkan hasil aplikasi maskara yang lebih sempurna.

Mengetahui tujuan yang di inginkan
Ketika memakai maskara, ketahuilah bahwa terdapat bermacam-macam brand maskara yang memberikan berbagai macam efek pada bulu mata kamu. Jenis-jenis maskara antara lain curling (memperlentik), lengthening (memanjangkan), volume (mempertebal), dan waterproof (tahan air). Jenis maskara yang paling umum digunakan adalah untuk membuat bulu mata tampak tebal (volume). Maskara yang bertujuan untuk  menebalkan tidak hanya membuat bulu mata Anda lebih bervolume, namun juga memberikan kesan panjang pada bulu mata, memilih maskara waterproof juga menjadikan Anda tidak perlu takut maskara luntur ketika menangis ataupun saat musim hujan. Maskara waterproof juga dihadirkan untuk memenuhi gaya hidup Anda, apalagi jika Anda merupakan wanita yang banyak beraktivitas di luar ruangan atau seharian.


Membeli maskara memang haruslah disesuaikan dengan bulu mata dan bentuk mata Anda. Jika Anda memiliki bulu mata yang panjang namun lurus, maka Anda memerlukan produk maskara yang berfungsi untuk melentikan bulu mata saja. Namun jika bulu mata yang Anda miliki pendek dan cenderung turun, maka sangat disarankan memilih produk masakara yang dikhususkan mampu memberikan efek bulu mata tampak lebih panjang.

Juliyati, Sales and Development Manager Benefit Indonesia, salah satu brand kosmetika menuturkan, bulu mata panjang namun lurus minimal perlu maskara yang berfungsi melentikkan bulu mata. Bahkan, saat ini sudah terdapat brand kosmetik yang menyediakan varian maskara berteknologi melentikkan bulu mata (curling mascara) tanpa perlu penjepit bulu mata. Bagi perempuan pemilik bbulu mata pendek dan turun, disarankan memilih maskara yang memberikan efek memanjangkan bulu mata (lengthening mascara). Maskara pelentik dapat diterapkan setelahnya sehingga menghasilkan efek riasan yang tidak hanya tampak lebih panjang, namun juga lentik. "Para wanita kebanyakan ingin bulu matanya lentik karena kelihatan cantik dan flirting banget kalau dilihat dari depan," kata Juliyati yang ditemui usai acara peluncuran produk terbaru Benefit, Roller Lash Mascara di Artotel, Jakarta Pusat. Sementara itu, Juliyati juga menambahkan, bagi perempuan yang telah dianugerahi bulu mata yang panjang dan lentik, maskara dengan formula penambah volume (volumizing mascara) dapat digunakan supaya menghasilkan efek riasan mata yang terlihat lebih hidup.

Lengthening mascara berfungsi menaikkan dan membuat panjang bulu mata jika diterapkan dengan tepat, Juliyati mengatakan "Cara penggunaannya harus di-zigzag kemudian diangkat dengan ujung sikatnya," katanya. Ia juga menambahkan tips lainnya, "biasanya untuk mata yang kecil, kelopak mata harus diangkat dulu, bisa pakai cotton bud atau jari tangan. Lalu usapkan maskara dari akar bulu mata.".


Riasan pada bulu mata bagian bawah mudah untuk luntur karena sering terkena air mata dan menempel pada kulit area bawah mata. Untuk menghindari hal tersebut Anda dapat menggunakan maskara dengan formulasi waterproof supaya tidak mudah luntur dan mengotori bagian bawah mata. Menggunakan maskara jenis waterproof juga akan membuat bulu mata lebih tebal dan panjang.

Memulai dengan tepat
Cara untuk mendapatkan bulu mata yang bervolume dengan baik adalah dengan mengaplikasikan maskara pada bulu mata bagian bawah terlebih dahulu, kemudian terapkan maskara pada bulu mata bagian atas ke arah luar sebanyak tiga kali. Kemudian ke arah dalam sebanyak tiga kali. Lalu, gunakan ujung maskara ke setiap bulu mata bagian atas. Aplikasikan maskara mulai dari pangkal bulu mata dengan gerakan zig zag hingga ke ujung bulu mata. Tindakan ini berguna untuk menciptakan efek bulu mata terlihat lebih tebal dan bervolume. Pastikan pula tidak ada gumpalan krim yang menempel pada sikat aplikator maskara ketika mengeluarkan sikat maskara supaya gumpalan tidak berpindah dan menempel di bulu mata.


Menerapkan maskara pada bulu mata bagian bawah juga merupakan tindakan yang penting! Meskipun memoleskan maskara pada bulu mata bagian bawah lebih sulit. Hal tersebut dikarenakan bulu pada bagian bawah cenderung lebih tipis dan turun, sehingga saat mengaplikasikannya mudah berantakan. Memulaskan maskara pada bulu mata bagian bawah akan menyeimbangkan tampilan make-up mata Anda.

Apabila maskara dipakai terlalu sedikit hasilnya akan kurang jelas bahkan tidak terlihat. Namun sebaliknya, apabila terlalu banyak maka akan memberikan efek mata panda yang akan membuat mata terlihat lebih tua. Oleh sebab itu, perempuan harus belajar mengeluarkan maskara dari tabungnya dengan takaran yang tepat agar efek yang diinginkan dapat tercipta.

Memulaskan maskara secara bertahap akan dapat membuat bulu mata lebih lentik. Jika Anda merasa memulas bulu mata dengan dua lapisan sudah cukup, maka tidak perlu lagi Anda menambah lapisan maskara lagi. Nina menyarankan untuk memberikan jeda pada setiap pengaplikasian maskara. "Daripada memulaskan maskara terburu-buru, aku memulasnya tipis-tipis sebelum berangkat kerja. Kemudian memulaskan maskara lagi saat berangkat kerja, dan pulasan terakhir saat duduk di meja kerja. Tidak masalah untuk melakukan hal itu agar riasan wajah lebih segar dan cerah," kata Nina Leykind, co-founder dari brand kecantikan Eyeko.


Memang sangat tidak disarankan mengoleskan maskara secara berulang kali. Apabil lapisan maskara pada bulu mata terlalu banyak, hal tersebut bisa mengakibatkan kesulitan saat menyisir bulu mata dan yang lebih parah riasan maskara akan menggumpal.

Gerakan menarik bulu mata dengan kuas akan membuat bulu mata lebih panjang, sedangkan gerakan zig zag cenderung menambah volumenya supaya lebih terlihat tebal. Jika bulu mata Anda termasuk berjenis tebal Anda cukup menggoyangkan sedikit kuas maskara pada akar bulu mata, kemudian tarik langsung melewati bulu mata. Teknik ini juga akan menciptakan efek bulu mata lentik.

Jangan terburu buru dalam memakai maskara yang baru saja dibeli, karena formula masakara yang baru cenderung masih basah dan sehingga memiliki potensi membuat gumpalan pada bulu mata ketika pemakaian pertama. Sapukan gagang maskara pada tissu ataupun kain yang berteskstur lembut untuk mengurangi cairan maskara yang berlebih yang biasanya menggumpal pada ujung sikat maskara. Kemudian, aplikasikan pada bulu mata Anda sehingga tidak terjadi efek plumpy ataupun menggumpal.


Aplikasikan maskara setelah Anda memakai eyeshadow dan eyeliner. Mengombinasikan maskara dengan eyeliner secara tipis akan memberi efek riasan terlihat minimalis namun maksimal. Meskipun demikian, Juliyati menuturkan penggunaan eyeliner juga dapat disesuaikan untuk tampilan lain yang Anda inginkan. "Bisa pakai eyeliner yang tebal sesuai dengan ukuran kelopak mata lalu diberikan wing di ujungnya. Itu supaya ada kesan seksi dan glamour," katanya. Saat Anda mengaplikasikan eyeshadow dan make-up mata yang lain, terutama yang bertekstur bubuk, biasanya akan ada sebagian yang berjatuhan ke bulu mata dan menggganggu penampilan maskara Anda, terutama bila Anda menggunakan eyeshadow berwarna cerah. Selesaikan make-up mata tersebut terlebih dahulu dan terapkan  maskara sebagai finsihing touch.

Jangan biarkan maskara menumpuk
Tumpukan maskara pada bulu mata dapat membuat bulu mata saling menempel. Namun, Anda dapat mengatasinya dengan cara mencelupkan sedikit ujung sikat maskara yang bersih ke dalam cairan pembersih rias mata lalu gulirkan pada bulu mata yang saling menempel.


Mengaplikasikan beberapa jenis maskara secara bertahap untuk mendapatkan hasil yang di inginkan juga dapat Anda coba. Terutama bagi Anda yang memiliki bulu mata pendek dan lurus. Pakailah maskara yang menambah panjang dan volume terlebih dahulu, kemudian lanjutkan dengan maskara yang melentikkan. Sesuaikan pula jenis sikat maskara dengan efek yang Anda inginkan.

Untuk jenis mata lebar, gunakan maskara dengan bulu sikat super tipis. Fungsinya adalah untuk mengaplikasikan produk maskara pada bulu mata setipis mungkin sehingga terlihat alami dan tidak berlebihan. Dan jika Anda adalah pemilik mata sipit, sebagai solusinya, Anda dapat memiilih produk maskara dengan bulu sikat yang tebal sehingga bisa mengaplikasikan cairan maskara dengan maksimal. Anda juga bisa menambahkan bulu mata palsu di bagian tengah mata sehingga mata berkesan lebih lebar.

Tundukkan pandangan
Saat mengulaskan maskara, jangan melihat lurus ke kaca, Tundukkan pandangan sedikit ke bawah supaya Anda dapat lebih mudah mengakses semua bagian bulu mata.


Menundukkan pandangan saat mengaplikasikan maskara juga akan mencegah cairan yang masih basah menyentuh kelopak mata Anda.

Atasi maskara menggumpal
Hindari memompa maskara tiap kali Anda membuka kemasannya. Hal ini menyebabkan udara masuk ke dalam maskara sehingga formulanya dapat mengering lebih cepat. Tentunya Anda tidak menginginkan produk maskara Anda cepat menggumpal. Memompa maskara justru membuka peluang bakteri masuk. Mengaduk produk maskara juga dapat membuat udara masuk ke dalam cairan maskara dan membuat celah sehingga mengakibatkan maskara cepat kering. Untuk mencegah hal tersebut, lebih baik Anda membuka tutup maskara lalu raih cairan dengan posisi tangkai kuas mencungkil ke dalam atau Anda dapat menggunakan cara ringkas lainnya yaitu dengan mengocok tabung maskara saat tutup masih terhubung rapat agar cairan menempel maksimal pada kuas aplikator.


Namun, jika maskara Anda menggumpal, Anda dapat meneteskan obat tetes mata sebanyak 10 tetes ke produk maskara Anda, tutup rapat produk maskara kemudian kocok. Jika Anda tidak memiliki obat tetes mata, coba siram kuas maskara Anda dengan air hangat.

Merendam produk maskara dengan air hangat juga dapat Anda lakukan, caranya; tutuplah botol maskara dan masukan ke dalam air hangat. Hal ini dimaksudkan untuk membuat formula maskara mencair dan tidak menggumpal serta memudahkan saat dipakai. Pastikan Anda menutup kemasan maskara dengan rapat.

Jika ketika digunakan maskara Anda masih menggumpal, Anda bisa menggunakan sikat gigi bekas untuk meratakannya. Menyisir bulu mata menggunakan brush bersih setelah mengaplikasikan maskara juga bertujuan supaya riasan memberikan efek seperti bulu mata yang natural. Tindakan tersebut juga akan mengambil maskara yang berlebih pada bulu mata sehingga meminimalisir maskara yang luntur atau fall-out.

Cegah maskara menempel di lipatan mata
Bila Anda amati, ada wanita yang memiliki mata tanpa lipatan mata. Akhirnya, mata jadi berkesan mengantuk dan sayu. Sebagai cara mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan bulu mata palsu, atau jenis maskara yang menebalkan sekaligus memanjangkan. Anda juga bisa menambahkan isolasi lipatan mata.


Jika Anda ingin mencegah maskara menempel pada lipatan mata ketika diaplikasikan, gunakan bantuan kartu ketika menerapkan produk maskara ke bulu mata. Letakkan kartu di belakang bulu mata, kemudian aplikasikan maskara ke bulu mata bagian atas supaya pengaplikasian semakin maksimal.

Tidak semua aplikator maskara cocok untuk semua mata. Jika Anda memiliki mata kecil atau tanpa kelopak mata, gunakan sikat maskara berukuran kecil untuk menjangkau seluruh bulu mata. "Kunci utamanya adalah bagaimana kuas tersebut bisa menjangkau hingga bagian terbawah bulu mata. Jika mata Anda kecil, gunakan kuas maskara yang bervolume dan memiliki bentuk padat," kata Nina Leykind, co-founder dari brand kecantikan asal Inggris, Eyeko, memberi penjelasan.

Mata kecil akan membuat bagian dari wajah menjadi terlihat besar. Menggunakan bantuan isolasi mata untuk menciptakan mata lebar dengan tarikan dari atas dan bawah dapat Anda lakukan. Kemudian, aplikasikan maskara dengan sikat kecil.

Penggunaan eye shield saat mengaplikasikan maskara pada bulu mata bagian bawah dapat menghasilkan riasan yang terlihat rapi, Anda dapat mencoba menerapkan trik tersebut, menggunakan pelindung mata juga akan mencegah maskara mengenai bagian bawah mata. Anda dapat memanfaatkan barang-barang di sekitar Anda semisal sendok, kartu nama, ataupun tisu. Dengan cara tersebut dijamin tidak akan ada lagi maskara yang menepel pada bulu mata bagian bawah.

Maksimalkan volume pada bulu mata
Sebuah trik yang digunakan oleh para penata rias untuk membuat bulu mata pop adalah mengoleskan satu maskara memanjang, lalu diikuti oleh satu polesan maskara penebalan.


Posisi mengaplikasikan sikat aplikator juga berpengaruh besar pada hasil akhir. Jika Anda menginginkan tampilan tebal dan bervolume, pegang sikat maskara secara horizontal agar tiap helai bulu mata tersapu bagian tengah kuas. Untuk tampilan natural, posisikan sikat maskara Anda secara vertikal dan fokus pada ujung kuas untuk memoles bulu mata satu persatu. Aplikasikan maskara mulai dari ujung luar mata hingga ke bagian dalam.


Untuk memaksimalkan volume yang telah diaplikasikan pada maskara Anda, ulaskan bedak bayi ataupun bedak tabur pada maskara untuk mendapatkan volume yang sangat maksimal pada bulu mata Anda. Bubuhkan bedak dengan kuas aplikator lalu lakukan tap pada tangan untuk mengurangi bubuk berlebih, selanjutnya poles ke bulu mata yang telah dikenakan maskara kemudian terapkan maskara kembali. Untuk lebih memudahkan, Anda bisa menggunakan kapas lidi untuk bulu mata sebagai aplikator bedak. Selalu aplikasikan maskara diakhir proses untuk menyapu bubuk yang menempel pada bulu mata Anda.

Jangan terlalu sering memakai maskara anti air
Banyak para wanita menginginkan efek maskara pada bulu matanya tahan lama sehingga memilih maskara anti air (waterproof mascara). Namun, maskara jenis ini tidak baik untuk digunakan terlalu sering, karena memberikan efek samping yang dapat mengganggu kesehatan area sekitar mata.


Maskara waterproof umumnya memiliki karakteristik lebih sulit dibersihkan dibanding maskara biasa. Jika Anda kurang menyeluruh saat membersihkannya, maskara ini dapat meninggalkan residu dan menyebabkan bulu mata rontok. Pastikan Anda menggunakan eye make-up remover dengan formulasi bahan yang lembut. "Maskara waterproof itu formulanya cukup harsh untuk mata. Pada saat kita membersihkannya, kita put pressure. Itu enggak bagus untuk mata," tutur Daisy Utami, Brand Manager Benefit Indonesia.

Sebuah tips bagi Anda, ketika ingin memakai maskara waterproof supaya tahan luntur pada acara tertentu, aplikasikan maskara biasa yang non waterproof sebagai base, kemudian lapisi dengan maskara waterproof. Hal ini akan membuat maskara lebih mudah untuk dibersihkan, Anda juga perlu memilih pembersih (remover) khusus maskara yang tepat. "Remover bisa ditaruh di kapas lalu diusap saja. Atau jika hanya ingin membersihkan maskaranya saja, taruh di cotton bud lalu usapkan di bulu matanya," kata Juliyati. Ia menambahkan untuk tidak mengucek area mata karena merupakan daerah yang sensitif, tindakan tersebut juga memungkinkan menjadi penyebab iritasi.


Penjelasan diatas merupakan panduan cara memakai maskara yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan tampilan bulu mata.Karena itulah, jangan sembarangan dalam mengaplikasikan produk maskara karena pemakaian yang tepat dapat meningkatkan penampilan Anda.

Tampil cantik itu penting, namun sebaiknya perhatikan juga cara Anda membersihkan make-up. Untuk acara sehari-hari gunakan make-up yang ringan sehingga Anda tidak perlu terlalu repot membersihkan wajah setiap kali usai menggunakan make-up. Untuk merawat bulu mata, Anda bisa mengoleskan sedikit minyak kelapa atau minyak zaitun. Dan, jika terjadi masalah terhadap kesehatan yang mengganggu Anda, sebaiknya langsung menghubungi dokter atau ahli yang bisa membantu. Perlu di ingat, mata adalah area yang super sensitif. Tanpa anjuran dokter mata atau pemakaian yang terawasi, sebuah kesalahan dalam make-up dapat membawa bahaya bagi kedua mata Anda.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...