Saturday 24 August 2019

Berbagi Tips : Cara Memilih Jenis Sikat Maskara Sesuai Bentuk Bulu Mata


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Cara Memilih Jenis Sikat Maskara Sesuai Bentuk Bulu Mata

Berbicara tentang make-up, rasanya belum lengkap jika tidak membahas tentang riasan mata. Mulai dari eyeshadow, eyeliner, eyebrow product, hingga maskara pasti menjadi produk yang wajib dipakai ketika melakukan make-up bagian mata. Make-up memang menjadi prioritas sehari-hari bagi para perempuan untuk menunjang penampilan mereka agar terlihat tetap cantik. Dengan adanya make-up, tentunya rasa percaya diri akan semakin meningkat.

Dalam aplikasi make-up kaum wanita memiliki pilihan sendiri untuk menonjolkan bagian wajah yang paling dianggap menarik. Dan, bagian mata seringkali menjadi fokus riasan untuk membentuk wajah terlihat lebih menarik. Riasan mata terdiri dari alis, kelopak mata, hingga bulu mata. Pemilihan warna yang tepat juga akan mampu membuat mata menjadi lebih hidup. Sebagian besar orang boleh setuju bahwa kecantikan terpancar dari dalam diri. Walau demikian, mengenakan riasan juga bukan sesuatu yang salah. "Inner beauty is great but a little mascara never hurts." Kata aktris cantik Audrey Hepburn. Oleh karena itu, bukanlah suatu hal yang salah bagi seorang wanita untuk memakai maskara dalam mempercantik tampilan mata.

Sepasang mata bisa menyampaikan berjuta hal. Mulai dari perasaan Anda hingga apa yang sedang Anda pikirkan. Aktris cantik Audrey Hepburn bahkan menyebut mata sebagai bagian tubuh yang memperlihatkan kecantikan kaum hawa. “The beauty of a woman must be seen from in her eyes, because that is the doorway to her heart, the place where love resides,” demikian bunyi kutipan Hepburn yang terkenal mengenai mata dan kecantikan. Tampil sempurna dengan make-up sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh wanita. Sebuah treatment diperlukan untuk dapat menonjolkan kelebihan wajah sehingga make-up terlihat sempurna. Tidak mengherankan apabila mata menjadi salah satu bagian tubuh yang paling diperhatikan, khususnya bagi orang yang suka berdandan atau hobi bereksperimen dengan kosmetik.


Peralatan make-up adalah hal yang penting bagi kaum wanita. Dengan menggunakannya, mereka dapat membuat penampilannya menjadi lebih cantik sekaligus menambah rasa percaya diri. Make-up adalah senjata bagi setiap wanita untuk bisa tampil semakin sempurna. Termasuk juga maskara, dengan memakai maskara, seorang wanita bisa merias bulu mata mereka menjadi lebih lentik yang tentu saja dapat membuat wajah terlihat menjadi lebih cantik. Maskara merupakan make-up yang dibutuhkan untuk menciptakan bulu mata yang lentik sempurna.

Maskara merupakan salah satu produk kosmetik andalan yang tentunya tidak boleh tertinggal keberadaannya di dalam tas kosmetik. Maskara sudah menjadi produk kecantikan yang sangat populer, menggunakan maskara merupakan salah satu cara tercepat untuk memperoleh bulu mata yang lentik dan tebal. Maskara merupakan sebuah produk kecantikan yang berperan seperti alat sulap untuk menjadikan mata terlihat lebih atraktif. Sebuah beauty item yang dapat menjadikan mata terlihat lebih indah. Maskara memiliki peran dalam mempercantik mata karena dapat mempertebal, memanjangkan, sekaligus melengkungkan bulu mata. Collins English Dictionary mendefinisikan maskara sebagai "zat kosmetik untuk mempergelap, memperpanjang, mengeritingkan, mewarnai, dan mempertebal bulu mata, yang dipakai dengan sebuah sikat atau kuas".


Maskara bisa menjadikan tampilan bulu mata menjadi terlihat lebih tebal, panjang, dan indah, apalagi jika disertai dengan rutinitas perawatan bulu mata yang baik, menjadikan bulu mata semakin lentik dan indah. Di iringi pula perusahaan kosmetik yang kini semakin mengembangkan produk maskara yang memang masih diandalkan sebagai produk make-up utama untuk menyulap penampilan secara instan, khususnya untuk area mata.

Pada era 4000 tahun sebelum masehi, ketika kohl dan ointments digunakan untuk menggelapkan bulu mata dan alis serta untuk melindungi mata dari sinar yang menyengat. Pada jaman tersebut, bukan hanya wanita yang menggunakan maskara tetapi juga para pria pun melakukan hal yang sama.

Orang-orang Mesir kuno memainkan peranan penting dalam sejarah maskara. Pada 3400-30 BC, orang Mesir menggunakan tulang dan gading sebagai aplikator maskara, dan campuran kotoran buaya, air dan madu sebagai maskara pertama yang dibuat. Campuran tersebut telah digunakan sebagai eyeliner dan maskara. Karena mata dipercaya sebagai jendela jiwa, mereka meyembunyikan mata untuk mencegah roh gaib dan energi yang buruk.

Zaman kuno juga menunjukan Cleopatra memiliki pengaruh besar dalam penggunaan maskara dan body painting hingga menyebar secara luas, baik untuk perlindungan, perayaan, peperangan dan kematian.

Meskipun orang-orang Mesir diketahui sebagai era pertama yang diketahui menggunakan maskara. Namun, maskara baru mulai terkenal ketika memasuki era Victorian (Ratu Inggris, 1837 – 1901) pada tahun 1830-an ketika produk pembuatan bulu mata mulai marak. Wanita Victorian saat itu telah terkenal sangat formal dan terelaborasi, mereka menghabiskan banyak waktu untuk berpakaian dan mempercantik diri.

Eugene Rimmel merupakan salah satu pencipta maskara yang tidak beracun pada abad ke-19. Penemuan terjadi Pada 1917, Eugene Rimmel membuat kemasan maskara pertama yang dibuat dari campuran petroleum dan abu batu-bara hitam, sejarah maskara dimulai dari maskara padat (cake mascara). Kata maskara sendiri diambi dari bahasa Italia maschera yang berarti topeng. Tapi di beberapa negara, kata “rimmel” ternyata masih diartikan sebagai maskara, “rimmel” menjadi sebuah nama household dan menjadi nama dari maskara itu sendiri seperti dalam bahasa Portugis, Turki, atau Romania.

Pengaruh dan promosi konstan dari berbagai aktris film pada 1930-an, 40-an dan 50-an membuat maskara dapat diterima secara sosial dalam berbagai situasi dan menjadi bagian penting pada tiap gaya berpakaian, hingga terciptanya produk maskara dengan kemasan tube dan kuas yang muncul sekitar tahun 1957 yang dipopulerkan oleh Helena Rubinstein. Maskara modern dipromosikan serta dipasarkan hingga mendapatkan popularitas (1870-1965). Ia menjadi revolusioner yang telah mengubah formula maskara dan kemasannya. Dari awal mulanya maskara berbentuk padat (cake mascara) menjadi berwujud lotion (based cream) yang kemudian disertai sikat dan menjadi tube.


Saat ini bulu mata lentik menjadi tren sendiri, orang lebih bebas dalam mengkreasikan bentuk bulu mata sesuai dengan keinginan, produk maskara pun memiliki formula yang lebih beragam, begitu pula dengan varian warna maskara yang semakin berinovasi. Maskara menjadi salah satu produk makeup yang sering digunakan wanita untuk mempercantik mata. Di pasaran Anda akan dapat menemukan banyak sekali jenis maskara. Namun, perlu untuk di ingat, janganlah membeli poroduk maskara secara sembarangan. Sangat disarankan untuk memilih produk maskara yang sesuai dengan bentuk bulu mata Anda. Hal ini bertujuan supaya hasil riasan dapat tampak maksimal.

Untuk mendapatkan hasil bulu mata yang cantik, Anda dituntut memilih maskara yang bagus dan tepat. Tanpa maskara yang sesuai, maka Anda tidak akan bisa mendapatkan hasil bulu mata lentik idaman. Sekilas maskara yang dijual di pasaran terlihat sama, dimulai dari label formula tahan air, efek memanjangkan hingga menebalkan. Dengan banyaknya pilihan produk maskara, cukup sulit untuk menentukan mana yang akan cocok untuk Anda pakai. Selain memperhatikan fungsinya, perhatikan juga jenis sikat maskara sebagai aplikatornya. Jenis sikat maskara akan mempengaruhi hasil akhir riasan bulu mata. Sehingga sangat perlu memilih jenis sikat maskara yang sesuai dengan jenis bulu mata Anda.

Menurut pakar kosmetik Sarah Vickery, PhD. formula maskara terbaik bukanlah satu-satunya hal penting yang perlu untuk Anda pertimbangkan. Anda bisa membandingkan maskara dengan formula yang sama tapi memiliki bentuk sikat yang berbeda akan memberikan hasil riasan yang jauh berbeda.Karena itulah, bentuk sikat aplikator maskara juga memiliki peran penting. Artinya, jika digabungkan antara formula yang bagus dan sikat yang sesuai maka Anda akan mendapatkan riasan bulu mata idaman.


Jika anda tipe perias cepat, penggunaan sikat aplikator yang dapat menampung banyak volume maskara dalam sekali ambil merupakan sebuah pilihan yang tepat. Sehingga dengan beberapa olesan saja akan mampu menutupi seluruh bulu mata dengan baik. Pakar kosmetik Sarah Vickery, PhD. menyarankan untuk menggunakan sikat maskara tradisional, daripada sikat plastik model baru. Sebab tipe sikat tradisional akan mengangkut banyak maskara dan bisa menutupi bulu mata hingga ke pangkalnya. Jika Anda menggunakan sikat maskara bermaterial plastik, pilihlah yang mempunyai batang berukuran besar sehingga dapat menampung isi maskara lebih banyak. Aplikator maskara berbahan plastik dapat mendistribusikan produk secara merata dengan cepat. Sementara jika Anda cukup perfeksionis dengan tampilan bulu mata, pilih maskara dengan aplikator yang ujungnya runcing. Dan, di bawah ini merupakan penjelasan mengenai apa saja bentuk bulu mata dan cara memilih produk maskara yang sesuai.

Bulu mata lurus
Bulu mata yang lurus membuat Anda harus mengaplikasikan maskara secara berulang karena membuat bulu mata menjadi lentik, namun sayangnya, cara ini justru dapat membuat maskara terlihat menggumpal. Bagi Anda yang memiliki bulu mata jenis ini, memiliki ciri khas panjang dan cenderung lurus ke arah bawah. Anda perlu memilih produk maskara yang mampu ‘mengangkat’ sekaligus melentikkan setiap helai bulu mata.


Bulu mata yang lurus dapat disempurnakan dengan maskara yang memberi hasil curly atau melentikkan. Produk maskara yang direkomendasikan adalah maskara yang memiliki sikat aplikator berbentuk sedikit melengkung. Bulu sikatnya akan dapat menjangkau setiap bulu mata, dengan sikat aplikator jenis tersebut, tentunya dapat membantu melentikkan, volumizing, Anda juga dapat menjatuhkan pilihan pada jenis maskara waterproof supaya riasan bertahan lebih lama. Fokuskan maskara pada bagian atas bulu mata untuk memberikan efek keriting yang maksimal. Sebelum menggunakan maskara, Anda juga disarankan untuk menggunakan pelentik bulu mata.

Memilih tipe maskara dengan sikat berbentuk spiral juga dapat Anda coba, jenis sikat tersebut akan bekerja lebih baik dibandingkan sikat tipe lurus. Desain sikat berbentuk spiral memang ditujukan untuk memberikan efek menebalkan dan curly dengan maksimal.

Bulu mata renggang
Jika Anda adalah pemilik bulu mata yang tumbuh dengan panjang tidak sama dan renggang, memilih produk maskara yang memiliki formula volumizing yang ‘merapatkan’ sela bulu mata merupakan sebuah solusi terbaik.


Maskara dengan formula ganda yang dapat memberikan efek tebal akan sangat membantu Anda. Kemudian aplikasikan maskara dengan sikat berbentuk bola (spherical wands) yang akan berfungsi memberikan efek bulu mata lebih lebat.


Dengan bantuan sikat aplikator berbentuk bola, maka Anda dapat mengoleskan maskara dari pangkal hingga ke ujung bulu mata serta mengolesi seluruh bulu mata secara detail satu per satu. “Anda dapat menjangkau bagian kecil dan membentuk sudut luar mata untuk menciptakan efek cat-eye,” kata Direktur Glamsquad Kelli J. Bartlett.


Maskara dengan sikat aplikator berbentuk jam pasir dengan bulu sikat yang lebat juga dapat memberikan volume dan efek bulu mata lebih panjang. Aplikator jenis ini dapat mendistribusikan produk maskara dengan baik dari akar sampai ujung bulu mata.

Namun sebelum menggunakan maskara, Anda disarankan untuk menggunakan produk primer khusus bulu mata, yang akan membantu memberikan efek tebal dan menutrisi setiap helainya.

Bulu mata pendek
Untuk pemilik bulu mata pendek sebaiknya memilih sikat maskara yang tebal dan bulat. Jenis kuas tersebut dapat digunakan untuk mewarnai setiap helai bulu mata dan melapisi bulu mata dengan lebih baik. Produk maskara yang mempunyai efek memanjangkan akan sangat diperlukan oleh pemilik bulu mata pendek.


Untuk mendapatkan hasil bulu mata yang terlihat lebih panjang dan tebal, tanpa harus meluber karena bulu mata Anda yang tergolong pendek, Anda juga dapat mencoba memilih tipe maskara yang memiliki sikat aplikator tipis. Sikat aplikator maskara yang tipis dengan bulu rapat akan dapat mengoleskan cairan maskara dengan baik pada setiap lembar bulu mata. Tipe ini memang didesain khusus untuk menyesuaikan ukuran bulu mata yang pendek. Anda juga akan dimudahkan berkat sikat tipisnya yang mampu menjangkau setiap helai bulu mata dengan lebih baik. Oleskan dari pangkal hingga ke ujung. Produk maskara dengan sikat aplikator ini juga akan sempurna untuk diaplikasikan pada area bulu mata bawah.

Sikat maskara yang panjang dan memiliki bulu yang pendek juga dapat digunakan oleh pemilik bulu mata pendek. Sikat maskara dengan bulu yang cenderung kecil akan memudahkan memulaskan produk maskara dan mencegah cairan maskara meluber. Tampilan bulu mata yang terlihat panjang pun akan bisa Anda dapatkan. Direktur Glamsquad Kelli J. Bartlett  pun memberi saran “Aplikator yang ramping dan panjang dapat memberikan cakupan maskara pada mata dengan maksimal. Selain memberikan efek alami, dapat memberikan tampilan yang lebih glamor,” katanya.

Bulu mata tipis
Bulu mata tipis tidak memerlukan maskara dengan sikat melengkung. Untuk mendapatkan bulu mata yang panjang dan tebal, Anda harus memilih sikat maskara dengan ujung membulat dan panjang yang mampu menambah volume serta melentikkan bulu mata. Sapukan maskara secara perlahan dengan arah horizontal dimulai dari garis bulu mata lalu ke atas.


Make-up artist Jenny Patinkin pun menyarankan agar Anda fokus pada pengaplikasikan di bagian bawah untuk membuatnya terlihat bervolume. Maskara mampu memberi volume umumnya memiliki sikat yang agak panjang dan tebal, sikat aplikator yang memiliki jumlah bulu banyak dan rapat akan mampu memulas cairan maskara pada bulu mata dengan sempurna. Hasilnya, bulu mata Anda akan terlihat lebih tebal dan bervolume.

Jika anda mempunyai bulu mata yang tipis dan lemah, maka Anda juga disarankan untuk menggunakan sikat tradisional yang terpilin atau sikat bermaterial plastik dengan ukuran besar dan lebar. Sikat yang lebar dan memiliki bulu halus akan memberikan hasil bulu mata yang tebal pula.

Bulu mata bertumpuk
Untuk bentuk bulu mata bertumpuk, Anda perlu memilih produk maskara yang memiliki sikat aplikator kecil dan rapat untuk menyisir helainya satu persatu sekaligus mengangkatnya supaya lebih lentik.


Bulu mata jenis ini memang terjadi secara alami. Sikat aplikator maskara dengan ukuran kecil dan rapat diharapkan mampu menggulung bulu mata untuk menghasilkan riasan yang lebih lentik.

Bulu mata lebat
Pemilik bulu mata lebat mungkin hanya perlu produk maskara yang dapat ekstra memanjangkan.


Maskara dengan sikat aplikator pendek dan jarang-jarang bisa Anda coba gunakan. "Sikat maskara secara merata ke bulu mata namun jangan menggoyangkan maskara di bagian akar," kata make-up artist Jenny Patinkin.

Bulu mata lentik
Memang terasa beruntung jika Anda memiliki jenis bulu mata yang sudah lentik. Namun, tidak ada salahnya untuk merapihkan bulu mata dan membuatnya semakin tebal dengan mengaplikasikan maskara dengan tipe sikat yang paling tepat.


Maskara dengan tipe sikat aplikator yang melengkung sangat cocok untuk Anda miliki. Tipe ini sangat mudah dan nyaman untuk Anda aplikasikan karena sudah mengikuti lekukan alami bentuk mata Anda. Sikat bulu mata yang melengkung juga akan mampu mengangkat bulu mata dari ujung satu ke ujung lainnya dengan baik. Efek bulu mata yang tebal pun akan secara instan Anda dapatkan.

Jika Anda yang tidak suka tampil dengan make-up mencolok serta menginginkan tampilan lentik yang natural, pilihlah produk maskara dengan sikat membulat yang klasik,sikat aplikator jenis tersebut akan dapat memberikan efek tampilan natural namun tetap berkesan, fokuskan juga pengaplikasian pada bulu mata bagian bawah.


Maskara dengan sikat berbentuk spiral dapat Anda gunakan untuk menciptakan riasan bulu mata yang lentik maksimal serta presisi, karena sikat aplikator tersebut akan dapat membuat efek mata terlihat lebih besar dan terbuka serta mampu menjangkau dan melapisi seluruh bagian bulu mata secara presisi.

Bulu mata tipis dan panjang
Jika bulu mata Anda tipis dan panjang, Sebaiknya memilih produk maskara yang melentikkan dan memberikan volume. Ketika menggunakannya, Anda sebaiknya mengulangi beberapa kali lapisan untuk memberikan efek volume.


Produk maskara yang memiliki bentuk sikat dengan ujung mengecil akan mampu memberikan efek menebalkan bulu mata, sehingga sangat cocok untuk Anda coba. Lapisi bulu mata dengan pulasan tipis yang diaplikasikan bertahap. Gunakan maskara yang memberikan efek memanjangkan pada lapisan kedua. Aplikasikan lapisan pertama di bagian akar, biarkanlah mengering sebelum Anda menambahkan lapisan yang kedua.

Bulu mata tipis dan pendek
Jika Anda memiliki bulu mata yang tipis dan pendek, sebaiknya memilih produk maskara yang memberikan efek memanjangkan dan memberikan volume dengan bentuk kuas melengkung supaya mempermudah jangkauan lapisan maskara dengan satu kali sapuan saja.


Tampilan bulu mata yang lebih dramatis bisa Anda dapatkan dengan menggunakan sikat maskara yang panjang dengan bulu padat. Sikat aplikator yang memiliki banyak bulu akan dapat melapisi setiap helai bulu mata sehingga menciptakan tampilan yang lebih bervolume sekaligus panjang.


Memilih produk maskara dengan sikat berukuran besar dengan bulu sikat yang banyak akan memberikan efek memanjangkan bulu mata, Anda dapat mengaplikasikan dengan dua kali pulasan. Aplikasikan lapisan pertama hanya di bagian akar bulu mata, lalu pulaskan maskara sekali lagi dari akar hingga ujung.

Bulu mata tebal dan panjang
Tidak seperti pemilik bulu mata yang lain, pemilik bulu mata yang tebal dan panjang dapat memakai jenis maskara apa pun. Yang perlu diperhatikan dalam memilih produk maskara yang memiliki kemampuan memberikan volume, sebaiknya cukup oleskan sekali sapuan untuk menghindari riasan yang terlihat berat dan pembentukan gumpalan.


Produk maskara yang disertai aplikator berbentuk sisir sikat lurus (straight wands) akan membantu Anda merapikan bulu mata sehingga tidak ada sisa gumpalan maskara yang tertinggal.


Namun, jika bulu mata Anda termasuk tipe keriting terdapat tips khusus yang dapat Anda terapkan, Direktur Glamsquad Kelli J. Bartlett menjelaskan, “Aplikator maskara yang tebal dan besar sangat baik digunakan bulu mata yang keriting dan tebal,”. Karena jenis sikat maskara tersebut akan memberi tampilan mata Anda terlihat besar dan meregangkan bulu mata yang melengkung.

Bulu mata tebal dan pendek
Untuk Anda yang memiliki bulu mata tebal dan pendek, sebaiknya gunakan maskara yang dapat melentikkan (curl up) dan memanjangkan (lengthen). Jangan memilih produk maskara yang memberikan volume, karena dapat membuat mata terlihat berat.


Produk maskara dengan sikat aplikator berbentuk sisir yang pendek menjadi pilihan tepat karena akan memberi efek memanjangkan. Lapisi sedikit bagian pada akar bulu mata, lalu fokuslah mengaplikasikan maskara pada ujung bulu mata. Biarkan sampai benar-benar mengering sebelum mengaplikasikan lapisan kedua.

Bulu mata bagian bawah kadang sulit untuk dijangkau dengan sempurna. Memilih sikat aplikator maskara yang memiliki bentuk kecil merupakan solusi untuk menjangkau hingga bulu-bulu terkecil. Make-up artist Jenny Patinkin menganjurkan agar Anda menghilangkan maskara berlebih di ujung sikat sebelum mengaplikasikan dan memakainya dengan gerakan vertikal.


Tampil cantik itu penting, namun sebaiknya perhatikan juga cara Anda membersihkan make-up. Untuk acara sehari-hari gunakan make-up yang ringan sehingga Anda tidak perlu terlalu repot membersihkan wajah setiap kali usai menggunakan make-up. Untuk merawat bulu mata, Anda bisa mengoleskan sedikit minyak kelapa atau minyak zaitun. Dan, jika terjadi masalah terhadap kesehatan yang mengganggu Anda, sebaiknya langsung menghubungi dokter atau ahli yang bisa membantu. Perlu di ingat, mata adalah area yang super sensitif. Tanpa anjuran dokter mata atau pemakaian yang terawasi, sebuah kesalahan dalam make-up dapat membawa bahaya bagi kedua mata Anda.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...