Thursday 19 September 2019

Berbagi Tips : Faktor Penting dalam Kesuksesan Program Hamil Anak Laki-laki


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Faktor Penting dalam Kesuksesan Program Hamil Anak Laki-laki

Setiap orang tua pasti setuju, bahwa mempunyai anak yang sehat adalah hal utama. Meski memiliki anak merupakan anugerah, namun masih ada saja orang tua yang mencoba memilih jenis kelamin anak laki-laki atau perempuan.

Jika berbicara jenis kelamin anak, pasti setiap orang mempunyai keinginan masing-masing. Umumnya para suami lebih menginginkan punya anak laki-laki yang dapat menemani bermain. Sedangkan para istri biasanya lebih menginginkan anak perempuan yang nantinya dapat menjadi teman berbelanja atau bahkan mempercantik diri.

Di Indonesia sendiri memiliki anak laki-laki merupakan kebanggaan tersendiri. Suku Batak misalnya mereka wajib mendapat anak laki-laki agar keturunan dengan marga mereka dapat diteruskan. Beberapa suku lainnya juga dikenal sangat mengidolakan anak laki-laki sebagai momongan seperti suku lampung, padang, jawa dan masih banyak yang lainnya. Paras ganteng dan rupawan juga menjadi dambaan bagi setiap orang tua, karena dipercaya dengan paras tampan yang dimiliki anak laki-laki akan bisa memiliki masa depan yang lebih cerah. Beberapa pasangan bahkan melakukan program khusus untuk bisa memperoleh anak laki-laki. Mereka rela untuk merogoh kocek dengan mendatangi dan berkonsultasi dengan dokter dokter spesialis kandungan agar bisa memperoleh anak laki-laki. Walaupun sebenarnya segala sesuatunya baik laki laki ataupun perempuan merupakan pemberian Tuhan yang Maha Esa. Namun, sebagai manusia tentunya harus terus berusaha untuk dapat memperoleh keinginan tersebut.


Cara membuat anak laki-laki atau perempuan baik secara medis atau tradisional masih banyak dicari dan dilakukan. Banyak calon ayah yang ingin punya anak laki-laki supaya kelak bisa menjadi pemain bola sukses atau bahkan pemimpin negara yang dicintai rakyatnya. Tidak sedikit pula calon ibu yang memimpikan memiliki anak laki-laki tangguh yang bisa melindungi keluarganya saat ia dewasa nanti.

Pada setiap negara, ada beragam mitos atau kepercayaan yang diyakini dapat mendukung kehamilan dengan jenis kelamin yang diinginkan. Mulai dari posisi berhubungan seks atau jenis makanan tertentu. Namun, tetap disarankan untuk berhati-hati karena tidak semua hal tersebut dapat dibuktikan kebenarannya.

Spesialis Kandungan Dr Boyke Dian Nugraha membocorkan rahasia agar pasangan suami istri memiliki anak dengan jenis kelamin yang diinginkan. Menurut dia, penentu jenis kelamin anak ada sperma milik suami. Kalau sperma suami X kemungkinan memiliki anak perempuan terbuka lebar. Sementara yang ingin punya anak laki-laki, pastikan suami memiliki sperma Y.


Tidak ada cara pasti untuk bisa menentukan jenis kelamin bayi Anda secara alami. Peluang hamil anak perempuan maupun laki-laki adalah acak dan hampir sama persis untuk setiap kehamilan. Meskipun memang tidak bisa menjamin kesuksesan Anda, tetap tidak ada salahnya untuk sekadar mencoba sejumlah tips. Dan, siapa tahu Anda dan pasangan sukses melakukan program kehamilan untuk mendapatkan anak laki-laki.

Asupan nutrisi
Penelitian dari Proceedings of the Royal Society B tahun 2008 menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi lebih banyak kalori selama satu tahun sebelum mencoba hamil, terutama yang makan sereal saat sarapan dan makan makanan tinggi kalium, memiliki peluang yang lebih tinggi untuk bisa hamil dan memiliki anak laki-laki daripada calon ibu yang jarang sarapan dan mengonsumsi lebih sedikit kalori. Dengan mengkonsumsi kalori dalam jumlah yang cukup tentunya juga akan menjadi sumber tenaga sehingga badan tidak merasa lemas saat melakukan hubungan seksual, serta akan tetap dapat membuat badan segar usai berhubungan.


Sperma berkromoson jantan sangat halus serta membutuhkan lingkungan yang kaya nutrisi untuk bertahan hidup. Itu sebabnya, wanita yang mengonsumsi sereal dan diperkaya nutrisi memiliki kemungkinan lebih besar memiliki bayi laki-laki. Penelitian Universitas Missouri menunjukkan jika asupan kalori yang tinggi pada masa konsepsi dapat meningkatkan peluang mendapatkan bayi laki-laki dari 10 hingga 11 dari setiap 20 kelahiran.

Penelitian juga mengatakan para wanita yang mengonsumsi sarapan sehat dan 2.000 kalori setiap harinya ketika sedang dalam program mendapatkan anak laki-laki, kemungkinan besar akan berhasil. Pilihan makanan yang tinggi energi seperti, pisang, ikan dan sayuran, Dr Ava Cadell, seorang terapis cinta dan seks, memberi penjelasan bahwa makanan jenis tersebut dapat meningkatkan kemungkinan wanita untuk mengandung anak laki-laki. Peneliti dari Exeter University, Fiona Mathews, juga menyebutkan bahwa pisang kaya akan kalium dan natrium, sehingga baik dikonsumsi bagi pasutri yang sedang manjalani program hamil anak laki-laki. Meski demikian, para ahli belum bisa memastikan apakah asupan kalori atau kalium turut memengaruhi jenis kelamin anak yang dilahirkan.

Pisang memiliki dosis potasium yang tinggi dan mengonsumsinya merupakan sebuah cara untuk meningkatkan peluang dalam program kehamilan anak laki-laki. Kalium diketahui membantu sperma berkromoson laki-laki untuk bertahan di dalam rahim. Dianjurkan untuk mengonsumsi dua buah pisang setiap hari saat menjalani program hamil.

Ada pula teori terkait pengaruh tingkat asam basa (pH) makanan yang dikonsumsi dengan jenis kelamin bayi. Teori tersebut menyebutkan sering mengonsumsi makanan bersifat basa (pH tinggi) akan membuat peluang melahirkan bayi laki-laki lebih tinggi. Tetapi kembali lagi teori ini belum dapat dipastikan dengan fakta ilmiah yang akurat.

Kondisi asam tubuh perempuan dikatakan dapat membunuh sperma anak laki-laki. Sehingga menurut teori ini, menukar menu makanan harian Anda dengan makanan yang bersifat basa seperti jamur, jagung manis, roti, ikan, brokoli, paprika/cabe, alpukat, kacang almond, tahu, kelapa segar, kacang hijau, kacang panjang, bayam, hingga kale bisa meningkatkan peluang perempuan mengandung anak laki-laki.

Jamur mengandung Vitamin D dan kalium dalam jumlah besar membuatnya menjadi makanan sehat bagi pasangan yang menjalani program hamil anak laki-laki. Vitamin D adalah nutrisi penting yang dibutuhkan untuk kesehatan sperma yang baik.

Meningkatkan asupan natrium dan kalium dengan cara memperbanyak asupan makanan asin, daging merah, dan telur juga disarankan bagi mereka yang mencoba mengandung anak laki-laki. Mengonsumsi jenis makanan daging seperti daging sapi dipercaya dapat meningkatkan kemungkinan untuk memperoleh anak laki-laki. Pilih daging dengan bagian lemak yang sedikit. Konsumsi daging disarankan minimal 2 kali dalam satu minggu. Kandungan vitamin dan mineral yang terkandung dalam daging sapi dipercaya mampu membantu dalam proses pembuahan dan pembentukan jenis kelamin bayi laki-laki. Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak sodium dan potassium semisal stroberi juga sangat disarankan. Sumber makanan yang bersifat basa juga bisa Anda dapatkan dari sayuran hijau dan buah.

Untuk perempuan hindari atau kurangi beberapa produk yang mengandung susu seperti yoghurt, keju, cokelat dan makanan olahan serta bergula. Sedangkan untuk pria, disarankan sekitar 30 menit sebelum bercinta mengonsumsi minuman yang mengandung kafein. Ini karena kafein dipercaya dapat membuat gen laki-laki atau kromosom Y menjadi lebih aktif, sehingga nantinya sperma pembawa kromosom Y akan bisa mencapai indung telur lebih dahulu dan melakukan pembuahan dibanding kromosom X. Dalam bukunya yang berjudul How to Choose the Sex of Your Baby Dr. Shettles menyatakan bahwa, konsumsi kafein sebelum melakukan hubungan sex dapat meningkatkan performa sperma terutama kromosom Y yang merupakan gen pembawa jenis kelamin anak laki laki.

Jika pun pada akhirnya cara ini tidak berhasil membuat kehamilan anak laki-laki, setidaknya asupan gizi ini bisa menyehatkan tubuh Anda, yang bisa menjamin kesehatan Anda dan bayi nanti selama program kehamilan.

Pakaian yang nyaman
Karena faktanya kromosom pembentuk janin laki-laki ( Y ) tidak tahan dengan suhu panas, maka disarankan supaya suami memakai pakaian yang nyaman dan berbahan dingin. Supaya area gential dapat terjaga dengan suhu dingin sehingga sperma dari gen laki-laki tersebut dapat mampu bertahan hidup lebih lama.


Pemilihan jenis dan bahan celana dalam bagi pria juga menjadi salah satu faktor penting saat sedang menjalani program hamil anak laki-laki, celana dalam jenis boxer dapat dijadikan sebagai pilihan terbaik karena celana dalam boxer memberikan sirkulasi udara yang lebih baik pada area organ intim pria. Tidak ada tekanan berlebih sehingga kondisinya lebih rileks dan nyaman. Dengan sirkulasi udara yang lancar, bisa dipastikan produksi sperma akan terjaga dengan baik karena suhu udaranya tepat dan tidak panas.

Seperti diketahui, suhu panas tidak dianjurkan bagi area organ intim pria karena bisa mengganggu proses produksi sperma, diprediksi jika pria tidak memiliki kualitas sperma yang bagus akan mengakibatkan pergerakannya lebih lambat dan tidak mampu bertahan hidup lebih lama untuk mencapai sel telur.

Selain menggunakan celana dalam jenis boxer, pria juga sebaiknya tidak melakukan aktivitas-aktivitas tertentu yang bisa mengganggu suhu dan sirkulasi udara di area organ intim. Misalnya berendam di air hangat terlalu lama atau pun bekerja lama sambil memangku laptop. Anda juga dapat menggunakan bantuan pendinging ruangan untuk membuat kondisi suhu ruangan menjadi rendah.

Stres dan beban kerja
Saat calon ibu dalam kondisi stres tinggi, maka tubuh akan mengalami peningkatan hormon kortisol dan testosteron. Hal ini kemungkinan akan memengaruhi sel telur yang lebih mudah menerima sperma pembawa anak laki-laki.


Ada pula sebuah penelitian mengenai beban kerja dan polusi yang didapatkan seorang pria dapat memengaruhi jenis kelamin anaknya kelak. Semakin tinggi stres kerja atau polusi, maka akan lebih tinggi kemungkinan memiliki anak perempuan.

Frekuensi hubungan seks
Salah satu faktor yang menentukan dalam cara membuat anak laki-laki atau perempuan adalah intensitas hubungan seksual. Semakin sering suami-istri melakukan hubungan seks, maka kemungkinan memiliki anak laki-laki semakin tinggi. Sebab, sperma untuk anak laki-laki lebih ringan, dengan kepala lebih kecil, dan buntut lebih pendek akan lebih mudah berenang menuju sel telur.


Disarankan untuk menahan berhubungan seks selama 4-5 hari sebelum masa subur tiba. Dengan mengatur ritme aktifitas seks akan membuat kromosom Y bisa bergerak lebih cepat, selain itu akan memperbanyak jumlah kromosom Y didalam sperma. Dengan melakukan pengaturan ritme seksualitas tentunya akan memberi manfaat lain yang akan diperoleh salah satunya yaitu stamina tubuh akan menjadi optimal. Seperti yang kita tahu, bahwa aktifitas sex akan menguras kalori dalam jumlah banyak. Sehingga tentunya sangat dibutuhkan stamina yang optimal untuk dapat mencapai hasil yang baik.

Hubungan seks yang dilakukan secara berlebihan dapat mengakibatkan sistem saraf pada bagian tubuh bawah menjadi lemah dan tidak sensitif, kemudian pembuahan tidak dapat terjadi.

Waktu pembuahan
Hubungan seksual yang dilakukan saat mendekati masa subur memiliki kemungkinan menghasilkan anak laki-laki lebih besar, hal ini diperkuat oleh penelitian. Salah satu metode yang dikenal yaitu metode Shettles. Metode Shettles memberikan saran hubungan seksual dilakukan tepat pada masa subur jika ingin anak laki-laki.


Kemampuan renang sperma laki-laki lebih cepat dari sperma perempuan, namun memiliki daya umur lebih cepat mati dalam lingkungan vagina. Oleh karena itu Shettles menyarankan untuk melakukan hubungan intim sedekat mungkin dengan waktu ovulasi. Waktu terbaik adalah dengan menjadwalkan sesi bercinta bertepatan dengan hari ovulasi (tidak lebih awal dari 24 jam sebelum wanita akan berovulasi) hingga 12 jam setelah ovulasi.

Salah satu tips untuk mengetahui masa subur pada wanita, biasanya ovulasi wanita ditandai dengan produksi cairan yang meningkat pada miss V serta gairah bercinta yang lebih tinggi. Jika Anda atau pasangan anda merasakan tanda-tanda demikian ada baiknya untuk langsung melakukan hubungan badan, supaya keinginan Anda untuk dapat memperoleh anak laki-laki dapat segera terwujud.

Trik ini dikatakan dapat meningkatkan kemungkinan hamil anak laki-laki karena sperma berkromoson anak laki-laki akan mengungguli kecepatan sperma berkromoson perempuan dalam mencapai sel telur tanpa harus berlama-lama menunggu sel telur muncul. Jika Anda berhubungan seks beberapa hari sebelum ovulasi, maka sperma berkromoson laki-laki yang kurang tangguh daya hidupnya akan mati sehingga membuka kesempatan bagi lebih banyak sperma kromoson perempuan yang membuahi sel telur.

Posisi bercinta dengan penetrasi dalam
Jenis kelamin bayi ditentukan oleh kromosom X atau Y yang dibawa oleh masing-masing sperma ayah, sementara sel telur ibu selalu menyediakan kromosom X di dalam telur. Dengan demikian, pembuahan dengan kombinasi kromoson XX menghasilkan janin perempuan dan kromosom XY menghasilkan bayi laki-laki.


Menurut Dr. Landrum Shettles, MD, penulis How to Choose the Sex of Your Baby, penetrasi yang lebih dalam selama hubungan seksual adalah faktor penting bagi pasangan untuk bisa hamil serta menghasilkan janin anak laki-laki. Ini didasarkan oleh dua hal: Pertama, sperma laki-laki (kromosom Y) memiliki kecepatan renang yang lebih cepat daripada sperma perempuan (kromosom X), tapi memiliki “nyawa” yang lebih rentan dan singkat. Kedua, lingkungan vagina terluar dekat pintu masuk memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Beberapa bukti ilmiah menunjukkan bahwa sperma kromosom Y tidak bisa bertahan hidup di lingkungan asam.

Posisi seks yang memberikan sudut penetrasi yang dalam akan dapat mengurangi jarak yang harus ditempuh sperma anak laki untuk bisa berenang lebih cepat tanpa harus melewati bagian luar vagina yang bersifat asam. Anda dapat melakukan posisi seks doggy style, on the chair atau woman on top, diyakini posisi tersebut membantu sperma berenang lebih cepat untuk mencapai sel telur. Dengan jarak tempuh yang lebih singkat, sperma anak laki-laki bisa mengungguli kecepatan sperma X untuk mencapai sel telur.

Menjalani program kehamilan anak laki-laki dengan berhubungan seksual dalam posisi berdiri banyak dipercaya orang mampu memperbesar kemungkinan untuk mendapatkan keturunan laki-laki. Posisi ini akan membuat penetrasi saat berhubungan intim menjadi lebih dalam dan membuat sperma lebih dekat untuk mencapai sel telur dan membuat kehamilan. Selain itu, posisi laki laki di atas juga dipercaya akan memudahkan untuk terbentuknya janin laki-laki.

Posisi berhubungan seks dengan cara doggy style akan membuat penetrasi bisa dilakukan dengan lebih dalam dan ketika pria mendapatkan ejakulasi, maka sperma pun akan bisa lebih cepat mencapai sel telur. Pakar kesehatan menyebutkan jika sperma berkromosom pria ( Y ) cenderung lebih cepat bergerak namun memiliki usia yang jauh lebih pendek sehingga dengan memperpendek jarak sperma untuk berenang, diharapkan sperma dengan kromosom pria memiliki kemampuan lebih besar untuk membuahi sel telur.

Wanita perlu orgasme
Penting bagi calon ibu untuk orgasme ketika berhubungan seks supaya kehamilan berhasil mengandung anak laki-laki. Alasannya, orgasme yang dialami oleh calon ibu memicu produksi cairan vagina bersifat basa yang bisa membantu sperma kromosom Y bertahan hidup lebih lama dengan menciptakan lingkungan yang kurang bersahabat bagi sperma anak perempuan.


Mengupayakan supaya perempuan orgasme terlebih dahulu juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengondisikan pH di tubuh wanita. Orgasme wanita juga memudahkan gerak sperma menuju serviks. Jadi, ini sama saja seperti memfasilitasi sperma anak laki-laki untuk merebut satu-satunya kesempatan pembuahan sel telur, dr Frizar Irmansyah, SpOG, menjelaskan, bahwa teori orgasme wanita bisa mengubah tingkat pH di dalam vagina, sehingga bisa menguntungkan bagi sperma pembawa kromosom laki-laki ( Y ), yang meningkatkan peluang program hamil anak laki-laki, ini memang ada benarnya, namun jenis kelamin bayi tidak 100% ditentukan oleh orgasme wanita. Ketua Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia Jaya itu juga menambahkan, orgasme yang dialami wanita membuat vaginanya menjadi lebih basa, sehingga membuat sperma pembawa kromosom laki-laki ( Y ) lebih tahan lama, dan tingkat kesuksesan membuahi sel telur lebih tinggi.

Sementara itu, Dr. Andri Wanananda, MS, tidak menyepakati hal tersebut. Pakar seksologi dan dosen di Fakultas Kedokteran Universita Tarumanegara ini mengatakan, “Sampai saat ini, penelitian ilmiah medis tidak membuktikan bahwa siapa yang orgasme duluan menentukan jenis kelamin bayi.” Dr. Andri juga menambahkan, saat orgasme terjadi, ada hormon endorfin yang keluar dan bersifat relaksasi. Tapi hormon ini tidak memengaruhi proses genetik yang menentukan jenis kelamin bayi.

Orgasme pada dasarnya bukan merupakan hal yang wajib dialami setiap wanita untuk bisa mendapatkan anak laki-laki. Namun, dengan mencapai orgasme tentunya wanita akan mengalami kepuasan dan kesenangan batin. Untuk dapat memberikan sensasi kesenangan tersebut dapat dilakukan dengan menstimulasi daerah kewanitaaan. Supaya wanita bisa mencapai orgasme terlebih dahulu, hal tersebut akan bisa membuat daerah sekitar miss V menjadi basa. Suasana basa inilah yang akan membuat kromosom Y dapat bertahan lebih lama dan akhirnya  mencapai indung telur tanpa mengalami kerusakan. Untuk mencapai orgasme pada wanita, disarankan untuk melakukan terlebih dahulu foreplay didalam aktifitas seksualitas. Dengan melakukan foreplay tentunya akan bisa menciptakan suasana yang rileks dan menyenangkan.

Menaikkan massa otot
Hal ini juga dapat menjadi ikhtiar untuk mendapatkan anak laki-laki. Upaya menaikkan massa otot bisa turut menaikkan berat badan. Sebab saat berat badan turun, diyakini mengarah kepada lahirnya bayi perempuan.


Jadi saat sedang persiapan hamil, ada baiknya memilih olahraga yang fokus pada kekuatan tubuh, sehingga massa otot dapat meningkat.

Minum sirup obat batuk
Minum sirup obat batuk beberapa jam sebelum berhubungan intim diklaim dapat meningkatkan peluang perempuan untuk hamil anak laki-laki. Katanya, kandungan guaifenesin dalam obat batuk selain bekerja mengencerkan lendir hidung juga ampuh mengencerkan lendir serviks. Ini menjadikan kondisi dalam vagina lebih menguntungkan bagi sperma berkromoson laki-laki ( Y ) yang akan mampu berenang lebih gesit.


Namun bijaksanalah jika Anda ingin melakukan tips yang satu ini. Mengonsumsi obat sembarangan bila tidak diperlukan mungkin akan mendatangkan risiko efek samping tersendiri. Konsultasikan dengan dokter untuk lebih amannya.

Gunakan soda kue
Kromosom Y sangat menyukai kondisi yang basa. Sehingga untuk memperoleh anak laki laki kita harus mengkondisikan daerah sekitar miss V menjadi basa. Salah satu caranya adalah dengan cara membaluri derah vagina dengan soda kue. Teryata selain digunakan sebagai bahan pembuat kue, soda kue juga bisa menetralkan pH daerah kewanitaan dan mebuat kondisi sekitarnya menjadi basa. Namun, penggunaan soda kue disarankan tidak terlalu banyak, gunakan setengan sendok teh saja kemudian campur dan larutkan pada satu gayung air. Kemudian gunakan campuran air dan soda kue tadi untuk membasuh bagian organ kewanitaan perempuan. Biarkan 15 menit baru kemudian setelah itu Anda dapat melakukan hubungan seks.


"Untuk mendapatkan sperma X (kromoson perempuan), tentu sesuai dengan kondisi vagina si istri. Vagina istri haruslah dalam keadaan asam. Dan untuk anak laki-laki (kromoson Y), vagina harus basah," kata Dr Boyke Dian Nugraha. Ia juga memberikan tips mengenai penggunaan baking soda. "Cuci vagina menggunakan setengah sendok teh baking soda ditambah satu gelas air biar vagina basah," kata Boyke menambahkan.

Usia
Hamil anak laki laki ternyata bisa dipengaruhi oleh usia pasangan. Semakin tua pasangan maka kemungkinan untuk memiliki anak perempuan lebih tinggi.


Hal ini antara lain disebabkan pengaruh hormon pada wanita di atas usia 35 tahun. Selain itu, kualitas dan jumlah produksi sperma pada pria di atas 40 tahun juga bisa memengaruhi.

Ikut program bayi tabung
Satu-satunya cara untuk menjamin perempuan bisa hamil anak laki-laki adalah lewat fertilisasi in vitro alias bayi tabung. Yang perlu dipahami, program bayi tabung butuh biaya yang lumayan tinggi dan prosesnya juga cukup rumit. Cara ini juga pada umumnya hanya digunakan sebagai pilihan terakhir saat semua cara mencoba kehamilan tidak kunjung berhasil. Adopsi adalah cara lain yang dapat menjamin jenis kelamin anak jika Anda benar-benar ingin memiliki anak laki-laki.


Program bayi tabung sudah terbukti memiliki tingkat keberhasilan yang cukup baik dalam menentukan anak laki-laki atau perempuan. Konsultasikan ke dokter spesialis kandungan untuk informasi lebih lanjut mengenai kesuksesan program kehamilan serta penentuan jenis kelamin bayi.


Meski beberapa cara di atas diketahui memiliki hubungan dengan penentuan jenis kelamin anak laki-laki atau perempuan, namun fakta ilmiah mengenai kaitan pasti antara faktor-faktor tersebut dengan pembentukan jenis kelamin janin masih belum jelas. Oleh karena itu, jika anda telah berusaha jangan lupa berdoa dan memohon kepada sang pencipta supaya dikaruniai momongan anak laki-laki.

Hamil anak laki-laki atau perempuan sebenarnya sama saja. Yang paling penting adalah jaminan bahwa anak Anda bisa tumbuh sehat dan cerdas serta menjadi anak yang dapat Anda banggakan. Selamat mencoba dan semoga artikel ini dapat membantu.


*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...