Thursday 19 September 2019

Cantik Sehat : Penggunaan Isohexadecane dalam Produk Kosmetika


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Penggunaan Isohexadecane dalam Produk Kosmetika

Isohexadecane merupakan cairan bening yang tidak berwarna dan tidak berbau, memberikan emolien tinggi, serta memiliki tekstur yang kaya dan lembut, zat ini membantu melembutkan dan menghaluskan kulit tanpa adanya kesan berminyak. Memiliki sifat kemudahan penyebaran dan sifat pelembab, memberikan rasa tidak kering pada kulit dan memiliki rasa ringan, halus dengan karakteristik pembersihan yang sangat baik. Isohexadecane merupakan bahan pelarut yang juga sangat baik dipergunakan untuk menghapus riasan serta mengangkat kotoran pada wajah.

Isohexadecane umumnya dianggap aman. Zat ini adalah anggota dari molekul parafin atau alkana. Alkana adalah hidrokarbon jenuh asiklik, (yaitu molekul yang terdiri dari atom hidrogen dan karbon di mana semua ikatan karbon-karbon adalah tunggal.) Menurut Panel Pakar Peninjauan Bahan Kosmetik (CIR), alkilasi adalah kombinasi kimia dari dua molekul hidrokarbon ringan, untuk membentuk molekul yang lebih berat. Proses ini melibatkan reaksi butena dengan adanya katalis asam kuat, seperti asam sulfat atau hidrofluorat. Produk akhirnya adalah isoparaffin multibranch yang lebih berat (yaitu isohexadecane). Alkana tidak terlalu reaktif dan memiliki sedikit aktivitas biologis. Karena atom hidrogen dan karbon tersusun dalam struktur pohon, mereka berguna untuk menempelkan gugus fungsi molekul biologis yang lebih aktif.

Isohexadecane biasa dimanfaatkan sebagai pengental, agen pembersih, penambah tekstur pada produk kecantikan. Rumus molekul Isohexadecane adalah C16H34. Sebuah penelitian dalan Dermatitis Kontak yang dilakukan pada tahun 2014 menyebutkan bahwa zat ini tidak menyebabkan dermatitis kontak sehingga aman untuk digunakan pada produk kecantikan.

Dengan manfaat yang dapat membantu mengangkat kotoran pada wajah secara maksimal, maka Isohexadecane secara aktif umum diformulasikan dalam komposisi produk kosmetik. Zat emolien yang memiliki tingkat kemurnian tinggi, emolien iso-parafin dan pelarut yang umum digunakan dalam produk kosmetik dan produk kecantikan. Meskipun tidak berwarna dan tidak berbau, ia mampu menciptakan formula yang sangat kental, dengan teksturnya yang kaya, Isohexadecane meninggalkan rasa tidak berminyak, ringan dan lembut ketika diterapkan pada kulit. Zat ini paling sering ditemukan dalam jajaran produk perawatan matahari, produk bibir, deodoran dan antiperspiran serta penghapus make up.

Tidak ada langkah-langkah keamanan atau peringatan yang terkait dengan penggunaan Isohexadecane. Emolien iso-parafin ini merupakan hidrokarbon rantai bercabang. Dalam kosmetik dan produk perawatan pribadi, bahan Isoparaffin dapat digunakan dalam persiapan riasan mata, termasuk maskara, persiapan pemeliharaan, produk perawatan kulit, kosmetik warna, minyak mandi, krim foundation, dan perawatan rambut.

Fungsi Isohexadecane terutama sebagai pelarut dalam kosmetik dan produk perawatan pribadi, selain itu juga memiliki fungsi tambahan sebagai agen pengkondisi kulit. Isohexadecane memiliki 16 karbon serta telah ditentukan aman untuk digunakan dalam produk kosmetik, tergantung pada konsentrasi atau batasan penggunaan.

Sebagai agen pengkondisi kulit, Isohexadecane memiliki daya dalam melembutkan dan menghaluskan kulit tanpa meninggalkan residu berminyak berkat teksturnya yang kaya dan lembut. Teksturnya juga membuatnya menjadi pelarut yang sangat baik untuk digunakan dalam jajaran produk penghapus make up yang berfungsi untuk melarutkan dan menghilangkan semua jejak make up.

Produk dengan formulasi Isohexadecane akan sangat bagus diterapkan terutama untuk kulit berminyak. Sebagai penambah tekstur, Isohexadecane menciptakan formula yang sangat kental, meninggalkan rasa tidak berminyak, ringan dan lembut pada kulit, memberikan hasil seperti bubuk. Menurut pakar perawatan kulit Paula Begoun, "ukuran isohexadecane membuatnya tidak menembus terlalu jauh ke dalam kulit, sehingga bisa menjadi bahan yang baik untuk menyimpan bahan-bahan lain, seperti antioksidan tertentu, di permukaan kulit." Ini juga memungkinkan Isohexadecane membentuk penghalang dalam mempromosikan perlindungan pada permukaan kulit, menjaga kebaikan kondisi, semisal kelembaban dan nutrisi, mengunci serta menangkal hal-hal buruk, semisal iritasi dan polutan.

Menurut EWG, isohexadecane dinilai sebagai 1 pada skala 1 hingga 10, dengan 1 sebagai risiko kesehatan terendah dan 10 sebagai yang tertinggi. Food and Drug Administration (FDA) memungkinkan hidrokarbon minyak bumi isoparaffin sintetis untuk digunakan secara langsung dalam beberapa makanan. Sebagai contoh, senyawa-senyawa ini diizinkan dalam pelapisan pada buah-buahan dan sayuran. Keamanan isohexadecane, serta bahan isoparaffin lainnya, telah dinilai oleh Panel Pakar Peninjauan Bahan Kosmetik (CIR). Panel Pakar CIR mengevaluasi data ilmiah dan menyimpulkan bahwa bahan-bahan ini aman untuk digunakan dalam kosmetik.

Informasi ini dikumpulkan dari berbagai sumber dan tidak ada jaminan, tersurat maupun tersirat, yang berkaitan dengan keakuratan informasi yang dibuat. Pengguna menanggung semua tanggung jawab atas segala kerusakan atau cedera yang diakibatkan oleh penggunaan atau penyalahgunaan informasi ini.


*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...