Monday 14 October 2019

Cantik Sehat : Berbagai ragam Manfaat Masker Anggur untuk Kesehatan Kulit Wajah


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Berbagai ragam Manfaat Masker Anggur untuk Kesehatan Kulit Wajah

Berbagai jenis buah bisa Anda manfaatkan untuk dijadikan sebagai bahan alami perawatan kecantikan Anda. Karena buah-buahan memiliki banyak manfaat vitamin serta mineral yang dibutuhkan untuk kulit wajah Anda.

Buah anggur memang manjadi salah satu buah yang di gemari masyarakat Indonesia. Selain rasa asam manisnya yang khas, ukuran buahnya juga kecil, jadi lebih mudah dimakan. Anda juga tidak perlu ngupas kulitnya, apalagi sekarang sudah terdapat jenis anggur tanpa biji yang semakin bikin mudah dimakan.

Hampir setiap wanita pasti ingin memiliki kulit yang sehat serta lembut dan bercahaya. Namun, hal tersebut dirasa sangat mustahil karena kondisi kulit yang setiap hari selalu terpapar sinar matahari dan polusi udara saat beraktifitas di luar ruangan. Tidak hanya karena faktor eksternal tersebut, berbagai masalah kulit juga bisa timbul seiring bertambahnya usia yang menyebabkan kulit mulai kehilangan elastisitas dan kelembapannya.


Ada banyak faktor penyebab masalah pada kesehatan dan kecantikan kulit, mulai dari stres, makanan yang tidak sehat, gaya hidup tidak sehat, hingga radikal bebas. Tidak heran saat ini makin banyak orang yang beralih menggunakan bahan-bahan alami untuk menjaga dan mempertahankan kesehatan serta kecantikannya. Salah satu bahan alami yang baik untuk digunakan adalah buah, seperti anggur yang kaya antioksidan.

Manfaat buah anggur sudah terkenal sejak dahulu. Anggur biasa disantap begitu saja atau sebagai bahan resep masakan atau pun dijadikan sirup. Di wilayah Eropa sudah dibudidayakan anggur sekitar 6000 tahun yang lalu. Tanaman perdu ini, biasa hidup didaerah dangan intensitas yang cukup tinggi dengan curah hujan yang rendah. Sekitar 60 jenis varietas anggur, dikonsumsi oleh seluruh dunia.

Anggur memiliki kandungan zat gizi yang baik bagi tubuh. Setiap varietas anggur memiliki nilai gizi tersendiri, namun secara umum kandungan nutrisi anggur terdiri dari 70 persen air dan 20 persen zat gula, yang menjadikan buah anggur sangat baik untuk metabolisme tubuh.


Buah anggur yang kaya akan antioksidan seperti flavonoid, tanin serta resveratrol, serta mengandung vitamin C dan E, vitamin A, B1, B2, serat tinggi dan mineral ini selain memberikan manfaat untuk tubuh, juga bisa menjadi bahan masker wajah. Mulai dari masalah kulit kering, berminyak atau bahkan sensitif, masker dengan kandungan buah anggur alami diklaim dapat menjadi solusinya.

Terlepas dari banyaknya manfaat anggur untuk kesehatan, ternyata anggur juga bisa digunakan untuk perawatan kecantikan. Tidak dipungkiri lagi, dewasa ini semakin banyak produk kosmetik yang beredar dipasaran yang menarawarkan untuk merawat atau mengatasi masalah kecantikan. Bahkan berbagai teknologi pun sepertinya dengan mudah dapat kita lakukan demi mendapatkan penampilan yang cantik. Namun sebenarnya banyak obat alami yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan kecantikan alami. Mengkonsumsi berbagai sayuran dan buah buahan dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Buah anggur biasa disajikan dalam bentuk makanan, minuman atau camilan sehat, kini Anda bisa mengonsumsi anggur sebagai ritual kecantikan dengan dibuat menjadi masker untuk wajah. Sejumlah penelitian telah mengungkapkan bahwa buah anggur tidak hanya bisa dimakan tapi juga dapat digunakan sebagai masker, manfaat yang terkandung dalam buah anggur pun tidak kalah dengan perawatan kecantikan lainnya.


Buah anggur sudah sejak lama dikenal di berbagai negara. Saat ini anggur tidak hanya dikonsumsi sebagai buah saja, namun telah diolah ke dalam berbagai produk seperti selai, minuman beralkohol, kismis bahkan sirup. Dibalik ukurannya yang kecil, anggur mengandung berbagai nutrisi penting yang diperlukan tubuh, anggur mengandung beberapa vitamin, mineral, asam folat, elektrolit dan fitonutrien.

Buah anggur juga baik untuk digunakan sebagai olesan pada kulit (topikal). Karena memiliki kandungan antioksidan tinggi, anggur baik untuk kecantikan kulit karena bisa melawan efek penuaan dini yang terlihat dari kerut dan garis halus pada wajah. Antioksidan pada anggur membantu menstimulasi kolagen pada kulit dengan memberikan kekenyalan yang diperlukan oleh kulit. Untuk mendapatkan manfaat dari anggur ini, Anda cukup membuat masker dari buah anggur.

Penerapan ekstrak biji anggur pada kulit memberikan perlindungan terhadap radiasi ultraviolet yang berbahaya. Anggur bekerja sebagai tabir surya alami yang mampu membantu melindungi kulit dari radiasi UV.

Khasiat luar biasa yang dimiliki oleh buah anggur untuk kesehatan kulit wajah dikarenakan adanya berbagai kandungan nutrisi baik di dalamnya. Dan, dibawah ini merupakan khasiat penting dari masker buah anggur, diantaranya:

Menghilangkan flek hitam dan mencerahkan kulit
Noda hitam di wajah atau pigmentasi tidak merata dapat di atasi dengan melakukan perawatan menggunakan buah anggur, kandungan vitamin E pada anggur akan menangkal serangan radikal bebas yang dapat merusak jaringan kulit, serta dapat mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah.


Untuk membuat masker anggur guna mengatasi flek hitam pada kulit, caranya sangat mudah. Potong belah dua buah anggur lalu oleskan pada wajah yang telah di bersihkan sebelumnya. Diamkan selama kurang lebih 30 menit sampai cairan anggur di wajah terasa agak kering dan lembab. Pijat wajah secara lembut selama beberapa menit kemudian bilas wajah dengan air hangat.

Melembabkan kulit
Kulit kering dan kusam disebabkan karena kurangnya kadar air pada kulit. Buah anggur memiliki kadar air yang cukup tinggi dan bisa dijadikan untuk perawatan kulit kering dan kasar. Anda bisa mengkonsumsi buah anggur secara langsung untuk perawatan dari dalam ataupun dengan menggunakannya sebagai masker. Kandungan pada buah anggur akan menjaga kelembaban kulit sehingga terhindar dari masalah kulit kering dan kusam serta membuat kulit terasa lebih segar.


Cara membuat masker anggur untuk melembabkan kulit sangatlah mudah. Potong buah anggur menjadi dua bagian lalu oleskan pada seluruh permukaan wajah, diamkan selama 15 menit lalu, setelah itu bersihkan dengan air segar.

Mengencangkan kulit dan mencegah kulit keriput
Salah satu manfaat masker buah anggur adalah untuk mengurangi tanda penuaan, yaitu keriput di wajah hingga mengenyalkan kulit. Seperti diketahui, garis-garis halus di wajah bisa mengurangi nilai penampilan seseorang. Kondisi ini pun kerap terjadi pada area mata, garis senyum, dahi hingga leher.


Kandungan vitamin C pada buah anggur dapat meningkatkan kolagen secara alami, sehingga kekenyalan kulit akan terjaga dan membuat kulit menjadi lebih kencang kembali serta membantu mengatasi masalah kulit keriput. Anda bisa mengkonsumsi buah anggur secara langsung untuk perawatan dari dalam ataupun dengan menjadikan anggur sebagai masker wajah.


Anda dapat mengombinasikan buah anggur dengan paduan bahan alami lainnya untuk menghasilkan resep masker wajah yang lebih maksimal. Dibawah ini merupakan beberapa kombinasi masker buah anggur yang dapat Anda terapkan dengan mudah:

-Kombinasi masker buah anggur dengan putih telur untuk mengencangkan kulit
bahan yang diperlukan yaitu 1 butir telur ambil putihnya saja, 4-5 buah anggur, dan ½ sendok teh minyak biji anggur.


Campur ketiga bahan tersebut kemudian blender hingga teksturnya sedikit berbusa, kemudian aplikasikan masker pada seluruh area wajah hingga leher dan diamkan 30 menit. Lalu bilas dengan air, masker wajah ini akan memberikan efek wajah bersih dan membantu mengencilkan pori-pori sehingga wajah terlihat lebih kencang.

-Kombinasi masker buah anggur dan oatmeal untuk anti aging
Oatmeal juga bisa menjadi pilihan bahan campuran untuk masker wajah dari anggur untuk menciptakan tampilan wajah yang terlihat segar dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini pada wajah.


Bahan yang dibutuhkan adalah 4-5 anggur yang sudah disimpan dalam freezer selama ±5-10 menit, 1 sendok teh lemon yang sudah diperas, 1 sendok teh madu, dan 1 sendok makan oatmeal kemudian blender hingga lembut.

Madu digunakan agar dapat mempermudah masker anggur ini ketika digunakan pada kulit wajah Anda. selain itu, penggunaan madu juga bermanfaat untuk melembutkan kulit dan juga sebagai anti-bakteri. Madu membantu untuk memberikan kulit yang cerah dan bersinar. Bahan ini mampu membantu untuk menjaga kulit tetap lembab dan terhidrasi untuk jangka waktu yang lama.

Oleskan masker wajah ini ke seluruh area wajah hingga leher secara merata, lalu diamkan selama ±20 menit kemudian bilas dengan air hangat. Lanjutkan dengan membersihkan wajah Anda menggunakan handuk lembut yang sebelumnya telah direndam air hangat. Kemudian pada tahap akhir Anda bisa mengaplikasikan produk toner pada wajah.

-Kombinasi masker buah anggur dan yoghurt untuk melembapkan wajah
Asam laktat dalam yoghurt mampu membantu mencegah garis-garis halus dan kerutan pada kulit. Bahan ini membantu untuk melarutkan sel-sel kulit mati dan mengencangkan pori-pori. Yoghurt juga mengandung antioksidan kuat yang dapat mencegah radikal bebas yang merusak kulit Anda.


Yogurt menjadi bahan tambahan untuk masker wajah yang melembapkan saat Anda sedang mengalami kulit yang kering hingga bersisik, cobalah mengaplikasikan masker wajah dari kombinasi buah anggur ini satu hingga dua kali dalam seminggu.

Bahan yang dibutuhkan yaitu 5 buah anggur, 2 sendok teh yoghurt tanpa rasa, 1 sendok teh madu, dan ½ sendok teh lemon yang sudah di peras, kemudian blender hingga bahan masker menjadi lembut.

Aplikasikan masker ke seluruh area wajah hingga leher, diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan tepuk lembut dengan handuk kering. Gunakan masker wajah ini seminggu dua kali untuk hasil yang maksimal.

-Kombinasi masker buah anggur dan stroberi untuk mengatasi kulit kusam dan kering
Jika Anda memiliki jenis kulit yang kusam dan kering, maka kombinasi masker yang satu ini cocok untuk Anda buat di rumah. Hal ini karena anggur dan stroberi sama-sama memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan dan sangat bermanfaat untuk kulit. Asam salisilat dalam buah stroberi dan asam alpha hydroxy dalam buah anggur akan memberikan dampak yang sangat baik untuk kulit wajah Anda.


Caranya, haluskan buah anggur dan stroberi, kemudian tempatkan dalam sebuah mangkuk, aplikasikan masker pada area wajah Anda dengan menggunakan kuas. Diamkan selama ±15 menit, kemudian bilas dengan air dingin untuk membuat wajah lebih fresh dan lembap.

Tidak hanya anggur saja yang memiliki kandungan baik untuk wajah, namun stroberi juga memilikinya. Di antaranya seperti menghilangkan pembengkakkan di bawah mata, menghaluskan kulit serta mencerahkan wajah yang kusam akibat aktivitas di luar rumah.

-Kombinasi masker buah anggur dan teh untuk kulit berminyak
Atasi kulit berminyak dengan masker anggur yang telah dicampurkan dengan teh hijau. Tambahkan pula 1 sendok teh air mawar dan 1 sendok teh jus lemon di dalamnya, kemudian oleskan masker tersebut ke area wajah Anda.


Biarkan selama ±10-12 menit, lalu bilas dengan air hangat, lakukan perawatan masker wajah ini setiap tiga kali dalam seminggu untuk memberikan hasil yang maksimal.

-Kombinasi masker buah anggur dan tomat untuk mencegah penuaan dini
Campuran tomat dan anggur memiliki potensi untuk melawan kerutan, garis-garis halus dan bintik hitam. yang Anda butuhkan adalah satu buah tomat dan 8 buah anggur yang telah diblender hingga halus.


Kemudian, pulaskan campuran tersebut ke area wajah Anda, dan diamkan selama ±15 menit lalu bilas dengan air dingin.

-Kombinasi masker buah anggur dan apel untuk menghilangkan jerawat
Anggur dan apel merupakan dua buah yang memiliki kandungan tinggi antioksidan. Dimana, kandungan tersebut sangat baik untuk tubuh dan wajah Anda. Untuk membuat masker anggur dan apel bukanlah hal yang sulit. Pertama-tama, irislah hingga tipis buah apel dan anggur. Campurkan kedua buah tersebut lalu haluskan.


Setelah itu, usapkanlah kedua buah tersebut pada area wajah Anda dan diamkan hingga meresap. Apel dan anggur dapat bermanfaat untuk menghilangkan jerawat, membuat kulit menjadi lebih halus serta lembut.

-Kombinasi masker buah anggur dan kiwi untuk mencerahkan kulit
Perpaduan antara buah kiwi dan anggur sangatlah baik untuk Anda. Kiwi merupakan salah satu buah yang memiliki banyak kandungan bermanfaat di dalamnya. Di antaranya seperti antioksidan, Vitamin K, C dan E. Sementara biji hitam pada buah kiwi memiliki kandungan omega 3 yang juga akan memberikan manfaat positif untuk kulit Anda.


Untuk membuat masker anggur dan kiwi, pertama-tama tumbuklah anggur dan kiwi hingga halus. Setelah itu campurkanlah dengan yogurt dan oleskanlah pada wajah Anda hingga merata. Diamkan selama ±20 menit dan bilas hingga bersih dengan air hangat.

Kiwi memiliki manfaat yang sangat baik untuk kulit wajah. Di antaranya melembabkan, mencerahkan kulit, melembutkan, mengecilkan pori-pori wajah dan merawat kulit kering.


Itulah beberapa manfaat buah anggur untuk perawatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Meski ukurannya kecil namun khasiatnya benar-benar luar biasa. Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi kita.


*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini. 


pasang iklan disini




loading...