Thursday 19 December 2019

Berbagai ragam Manfaat Daun Mulberry (Morus alba L.) untuk Kesehatan


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Berbagai ragam Manfaat Daun Mulberry (Morus alba L.) untuk Kesehatan


Di Indonesia, sudah tidak terhitung betapa banyak tanaman herbal yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh.

Tanaman mulberry atau murbei tidak hanya dapat dinikmati bagian buahnya saja yang memiliki citarasa asam manis menyegarkan serta kaya manfaat untuk kesehatan. Bagian daun dari tanaman ini juga memiliki manfaat yang tidak kalah penting. Meskipun selama ini daun mulberry lebih dikenal sebagai makanan ulat sutra namun ramuan dari daun mulberry telah lama dikenal dan digunakan secara turun-temurun sebagai langkah pengobatan untuk mendukung kesehatan dan mengatasi berbagai penyakit secara alami.

Murbei sering disebut juga dengan nama babasaran. Dalam bahasa Inggris murbei disebut sebagai kelompok mulberry. Tumbuhan ini tergolong ke dalam keluarga Moraceae. Murbei termasuk kelompok tumbuhan perdu menahun. Daunnya mirip daun bunga sepatu. Cabang dan rantingnya tidak berduri. Tetapi, beberapa orang sering tertukar mengidentifikasi murbei sebagai arbei atau arben.

Murbei (Morus alba) merupakan tanaman asli dari daerah utara cina namun sekarang telah dibudidaya di berbagai tempat baik daerah dengan iklim subtropis maupun tropis. Tumbuhan murbei kadang ditemukan tumbuh liar. Menurut Dalimartha (2002) bahwasanya tinggi pohon tumbuhan ini maksimal 9 m, percabangan banyak, cabang muda berambut halus, daun tunggal, letak berseling, dan bertangkai yang panjangnya 1 - 4 cm. Helai daun tumbuhan murbei bulat telur sampai berbentuk jantung, ujung meruncing, pangkal tumpul, tepi bergigi, pertulangan menyirip agak menonjol, permukaan atas dan bawah kasar, panjang 2,5 - 20 cm, lebar 1,5 - 12 cm, dan berwarnanya hijau. Bunga tanaman murbei majemuk bentuk tandan, keluar dari ketiak daun, mahkota berbentuk taju, warnanya putih. Dalam satu pohon tanaman murbei terdapat bunga jantan, bunga betina dan bunga sempurna yang terpisah. Murbei berbunga sepanjang tahun. Buahnya banyak berupa buah buni, berair dan rasanya enak, buah muda berwarna hijau, setelah masak jadi hitam (Dalimartha, 2002). Tanaman ini tergolong tanaman yang cepat tumbuh, berumur pendek dan memiliki tinggi hingga 10-20 m. Daunnya selalu gugur di musim gugur serta selalu hijau di daerah beriklim tropis. Murbei dapat tumbuh baik pada ketinggian lebih dari 100 mdpl dan cukup matahari. Tumbuhan ini telah banyak dibudidayakan dan menyukai daerah- daerah yang cukup basah seperti lereng gunung, tetapi pada tanah yang berdrainase baik (Dalimartha, 2002).


Di beberapa negara kawasan Afrika dan Asia Timur, dimana tanaman murbei lebih banyak ditemukan, daun murbei ini lazim dimanfaatkan sebagai tanaman pakan ternak. Tidak hanya untuk ulat sutra, tetapi juga untuk pakan sapi, kerbau hingga unggas. Ini karena terbukti pemberian pakan dengan daun murbei memberikan manfaat terhada stamina, ketahanan tubuh dan pembentukan massa otot dari hewan ternak.

Spesies Morus alba variestas 'Pendula', dikenal sebagai tanaman hias yang populer di Amerika Serikat. Negara Paman Sam itu juga mengembangkan jenis mulberry yang tidak berbuah, untuk produksi ulat sutra. Sejak lama buah murbei dimanfaatkan sebagai obat tradisional di Tiongkok, di antaranya sebagai penangkal tumbuhnya uban, tonikum bagi darah, obat susah buang air besar, dan obat diabetes. Kulit pohon secara tradisional dimanfaatkan untuk obat batuk, asma, obat bengkak, memperlancar buang air kecil, obat demam, sakit kepala, mata lelah. Cancer Chemoprevention Research Center Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, melalui tulisan Nanda Resa Pratama dan Ari Widiyantoro, mengutip Hariana (2008), menyebutkan selain bermanfaat dalam memproduksi sutra, secara empiris masyarakat telah memanfaatkan murbei sebagai obat tradisional untuk flu, malaria, hipertensi, asma, obat hipertensi, palpitasi, diabetes, insomnia, vertigo, anemia, hepatitis, dan diabetes melitus.

Murbei dikenal dengan nama umum sebagai besaran (Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali), kertu (Sumatera Utara), gertu (sulawesi), kitaoc (Sumatera Selatan), kitau (Lampung), moerbei (Belanda), mulberri (Inggris), gelsa (Italia), Murles (Prancis) (Sunanto, 1997). Perbanyakan tanaman murbei dilakukan dengan stek batang dan okulasi. Spesies mulberry diklasifikasikan berdasarkan struktur bunga, buah, daun dan cabang (Samsijah, 1992). Beberapa spesies dari mulberry diantaranya; Morus alba, Morus multicaulis, Morus nigra, Morus macroura, Morus cathayana, Morus indica, Morus canva, Morus Khunpai, Morus husan, Morus lembang (BPPT, 2005).


Tabel Komposisi Nutrien Lima Jenis Daun Mulberry (%)

Daun yang berasal dari tanaman murbei ini teksturnya kasar dengan bagian pinggir daun yang tajam. Murbei mengandung banyak senyawa kimia seperti ecdysterone, inokosterone, lupeol, β-sitosterol, rutin, moracetin, scopoletin, benzaldehida, eugenol, linalol, benzyl alkohol, butylamine, aseton, kholine dan quercetin. Pada bagian ranting terdapat tanin dan vitamin A serta pada bagian buah terdapat cyanidin, isoquercetin, sakarida, asam linoleat, asam stearat, serta karoten. Selain itu, pada bagian daun juga terdapat kaempferol-3-O-beta-D-glucopyranoside,kaempferol-3-O-(6″-O-acetyl)-beta-D-glucopyranoside, quercetin-3-O-(6″-O-acetyl)-beta-D-glucopyranoside, quercetin-3-O-beta-D-glucopyranoside,kaempferol-3-O-alpha-L-rhamnopyranosyl-beta-D-glucopyranoside,quercetin-3-O-alpha-L-rhamnopyranosyl-beta-D-glucopyranoside, quercetin-3-O-beta-D-glucopyranosyl-beta-D-glucopyranoside, dan quercetin-3,7-di-O-beta-D-glucopyranoside (Kim et al,. 2000). Dengan beragam kandungan bermanfaat ini, konsumsi atau penggunaan ramuan daun mulberry akan mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan. Semua kandungan senyawa tersebut akan membantu Anda dalam mencegah berbagai jenis penyakit. Tidak mengherankan jika daun ini dijadikan daun herbal karena mengandung cukup banyak senyawa sehat.

Tumbuhan murbei (morus alba l.) kaya akan kandungan kimia seperti alkaloida, flavonoida, dan polifenol yang diketahui sangat bermanfaat bagi kesehatan. Dalam farmakologi Cina dan pengobatan tradisional lain disebutkan bahwa tanaman ini memiliki manfaat sebagai antiinflamasi, diuretic, anti demam, anti hipertensi, dan antidiabetik (Sayuti, 2010). Daun murbei mengandung quersetin dan anthosianin. Kedua macam senyawa tersebut termasuk dalam kelompok glikosida flavonoid. Glikosida flavonoid merupakan senyawa fenol yang berperan sebagai koagulator protein (Dwidjoseputro, 1994). Gugus fenol dapat berikatan dengan membrane sel bakteri pada ikatan hidrogennya, sehingga menyebabkan perubahan struktur protein. Perubahan struktur protein membran sel dapat mengakibatkan semipermiabilitas membran sel terganggu, sehingga metabolisme seluler terganggu dan mengakibatkan kematian sel (Pelczar and Chan, 2005). Berikut beberapa manfaat daun mulberry yang penting untuk diketahui:

Mengatasi demam
Daun murbei sangatlah alami dan tidak akan memberikan efek samping jika digunakan dengan benar, terutama untuk anak Anda yang mengalami panas demam.
Jika biasanya Anda menggunakan obat-obatan seperti manfaat obat neuralgin dan manfaat parasetamol untuk mengatasi demam pada anggota keluarga, maka Anda dapat mencoba menggunakan ramuan dari daun mulberry yang tentunya lebih ekonomis dan jauh dari efek samping. Daun ini diketahui bermanfaat untuk menurunkan suhu tubuh agar kembali normal.

Mengatasi insomnia
Khasiat daun murbei juga mampu mengatasi kesulitan saat tidur. Istilah lain dari penyakit ini yaitu insomnia. Kandungan senyawa alaminya mampu membuat Anda rileks dan menjaga pola tidur Anda menjadi lebih teratur dan juga nyaman.
Jika Anda termasuk pengidap insomnia yang memiliki masalah sulit tidur maka konsumsi ramuan daun mulberry dapat Anda coba. Kandungan senyawa-senyawa penting pada daun ini dapat membantu mengatasi masalah sulit tidur, sehingga Anda dapat beristirahat dengan baik dan berkualitas.

Baik untuk kesehatan mata
Karena mengandung vitamin A dan beta karoten, sudah pasti daun murbei sangat baik bagi kesehatan mata Anda. Terutama di era serba digital seperti sekarang ini, masalah kesehatan mata tentu saja masalah serius yang harus dijaga dengan baik. Menjaga kesehatan mata tentu saja akan membuat pandangan tentang dunia menjadi lebih indah dan bermakna.
Daun murbei sangat berkhasiat untuk mencegah kerusakan dan mengatasi kerusakan ringan pada retina, lensa dan sistem saraf mata.

Mencegah diabetes
Menurut sumber The American Journal of Chinese Medicine pada 2012 daun murbei mengandung sejumlah gallic acid atau asam galik yang dapat bekerja menurunkan kadar glukosa dalam darah. Dalam riset lain yang dijurnalkan dalam Diabetic Care 2007 disampaikan hasil riset terhadap pasien diabetes tipe 2 yang terbukti bisa mengatasi kecenderungan tubuh untuk menambah kadar glukosa darah pasca mengkonsumsi sukrosa murni. Dalam jurnal yang sama juga disimpulkan bahwa rutin minum secangkir kecil teh daun murbei setiap hari dapat mencegah seseorang mengalami kenaikan kadar glukosa yang memicu diabetes.
Diabetes melitus merupakan suatu kelompok penyakit metabolik dengan karakteristik hiperglikemia yang terjadi karena kelainan sekresi insulin, kerja insulin, atau kedua-duanya yang berhubungan dengan kerusakan jangka panjang, disfungsi, atau kegagalan beberapa organ tubuh (Yuriska, 2009). Penyakit ini sangat berbahaya karena belum ada obatnya hingga saat ini. Karena sangat berbahayanya, penyakit diabetes ini menjadi penyebab kematian nomor 6 dari seluruh kematian pada semua kelompok umur (Kementerian Kesehatan RI, 2012).
Diabetes Mellitus merupakan penyakit berbahaya yang ditandai dengan berbagai gejala seperti poliuria yang menyebabkan kehilangan natrium dan air dalam jumlah yang besar pada urine, polidipsia yang menyebabkan rasa haus sehingga banyak minum, polifagia yang menyebabkan nafsu makan bertambah karena kekurangan karbohidrat dalam sel-sel tubuh, Glikosuria yang menyebabkan urin mengandung glukosa dan ketonuria yang menyebabkan asam lemak dan keton dalam darah dan urin menumpuk (Sloane, 2004). Penyebab diabetes mellitus tidak diketahui sepenuhnya, tetapi faktor genetik, obesitas, penyakit autoimun, virus, faktor lingkungan, ekonomi, dan faktor budaya, semuanya dapat mempengaruhi (Sloane, 2004).
Anda yang punya masalah dengan gula darah bisa mencoba teh daun murbei. Teh ini merupakan herbal medicine yang berkhasiat menurunkan kadar gula darah penderita diabetes mellitus. Peneliti IPB dan PPTK juga berupaya mengembangkan teh daun murbei, sebagai bagian dari upaya pengembangan ekonomi peternak ulat sutera. Dalam siaran pers IPB, Rabu (22/4/2015) Peneliti dari Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (Fema IPB) dan Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) Gambung Bandung yakni Clara M. Kusharto dan Dadan Rohdiana melakukan riset pada tanaman murbei yang melibatkan 40 pelaku budidaya ulat sutra. Selain itu ada juga 42 kelompok tani di desa sekitar teaching farm Sutera Alam yang mengembangkan ulat sutera yang sedang berupaya meningkatkan produktivitas agar industri sutera Indonesia dapat diperhitungkan di tingkat dunia. "Murbei merupakan pakan ulat sutera yang juga memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi by-product bagi para petani sutera. Selain itu, berdasarkan hasil-hasil penelitian, ditemukan bahwa daun murbei memiliki manfaat yakni berpotensi sebagai fitofarmaka atau herbal medicine," terang IPB dalam siaran persnya. IPB melibatkan masyarakat untuk melakukan pengemasan teh murbei. Dengan ini diharapkan produksi teh daun murbei dapat meningkatkan produktivitas masyarakat sekaligus income petani murbei untuk menjadi sebuah solusi bagi masalah rawan kemiskinan pada masyarakat.
Prosedur dan tahapan pengolahan daun murbei yang sederhana ialah dengan fermentasi teh melalui pelayuan daun teh, kemudian penggilingan dan proses oksimatis bertemunya total katekin dan enzim polifenol oksidase dengan bantuan oksigen, dilanjutkan dengan tahap pengeringan yang bertujuan untuk menghentikan proses oksimatis saat seluruh komponen kimia penting yang terkandung dalam daun teh telah terbentuk secara optimal.
Seperti yang disampaikan oleh pemandu di Rumah Sutera, Yayan, menurutnya daun murbei memiliki khasiat untuk mengobati penyakit diabetes. "Tanaman murbei ini semuanya bermanfaat, mulai dari buah, daun, hingga batangnya. Kalau daun, salah satunya untuk obat diabetes," kata Yayan kepada TribunnewsBogor. Rumah Sutera ini, berada di Jalan Raya Ciapus, Kelurahan Tamansari, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Mengkonsumsi daun mulberry akan bermanfaat untuk menjaga kestabilan kadar gula darah sehingga dapat mencegah timbulnya penyakit diabetes serta aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Daun sehat yang satu ini akan menjaga kadar gula di dalam darah Anda sehingga tidak naik secara drastis. Bagi Anda yang mempunyai gejala diabetes bisa mencoba untuk memanfaatkan daun ini.

Mengatasi keputihan
Khasiat daun murbei sangat bermanfaat bagi kaum wanita yang mempunyai masalah keputihan.
Daun murbei juga sangat baik digunakan untuk memelihara kesehatan organ intim wanita. Penggunaan daun ini dapat mencegah timbulnya keputihan yang berlebihan serta menghilangkan bau tidak sedap.

Memelihara kesehatan gigi dan tulang
Selain manfaat susu yang telah lama dikenal untuk mendukung kesehatan gigi dan tulang penggunaan daun mulberry juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Kandungan berbagai nutrisi dan senyawa penting pada daun ini akan membuat tulang dan gigi lebih sehat dan kuat.
Senyawa sehat yang ada di dalam daun murbei dapat membantu memadatkan tulang dan mencegah sakit gigi.

Menyehatkan jantung
Siapa sangka jika daun murbei juga ampuh dalam menyehatkan jantung Anda.
Jika Anda ingin memiliki jantung yang sehat maka mengkonsumsi daun mulberry merupakan salah satu yang disarankan disamping berbagai makanan sehat lainnya seperti ikan salmon untuk jantung dan manfaat alpukat untuk jantung.

Mencegah penyakit stroke
Penyakit stroke merupakan penyakit yang paling sering menyerang tubuh dengan kondisi jantung yang tidak sehat.
Ramuan daun mulberry juga dapat digunakan untuk mencegah timbulnya penyakit stroke yang dikenal sebagai penyakit serius yang harus ditangani dengan cepat dan tepat supaya tidak berakibat fatal.

Mencegah hipertensi
Penyakit hipertensi bisa Anda cegah sejak dini dengan menggunakan daun murbei. Daun yang satu ini merupakan daun alami yang akan melancarkan aliran darah serta mencegah kenaikan tekanan darah yang terlalu tinggi.
Selain karena memiliki khasiat mengatasi kolesterol, terbukti bahwa dalam daun dan buah murbei ditemukan kandungan resveratrol yang bekerja mestimulasi aliran darah sehingga sirkulasi darah akan kembali lancar. Tubuh akan menghantarkan nutrisi dan oksigen dengan lebih optimal, sehingga membantu mengaktifkan kembali sel-sel yang mengalami penurunan fungsi, memperbaiki fungsi organ dan memperbaiki kondisi kulit.
Mengkonsumsi daun mulberry secara teratur akan berdampak positif pada kelancaran aliran darah dalam tubuh sehingga Anda akan terhindar dari penyakit hipertensi.
Kandungan potasium dalam daun murbei cenderung cukup tinggi. Potasium sangat efektif dalam membantu memperbaiki komposisi darah dan mengembalikan tekanan darah kembali normal.

Anti-inflamasi
Manfaat daun mulberry juga dapat berperan sebagai anti-inflamasi atau anti peradangan sehingga dapat membantu mengatasi dan meredakan gejala-gejala peradangan seperti bengkak dan kemerahan pada kulit.
Menurut The Journal of Functional Foods tahun 2013, terbukti bahwa dalam daun mullberry atau murbei memang memiliki kandungan anti-inflamasi. Terbukti mengasup teh daun murbei akan mencegah iritasi kecil berkembang menjadi peradangan. Juga terbukti daun murbei akan membantu mengatasi peradangan pada jaringan, mempercepat perbaikan jaringan dan regenerasi sel. Kandungan flavonoid dan antosianinnya sangat efektif menstimulasi regenerasi sel.

Melancarkan buang air kecil
Daun mulberry diketahui juga memiliki sifat diuretik sehingga sangat baik dikonsumsi untuk membantu kelancaran buang air kecil.

Mempercepat penyembuhan luka
Jika anda mengalami luka dan sedang dalam tahap penyembuhan maka ramuan daun mulberry dapat dijadikan salah satu obat untuk mempercepat proses penyembuhannya.
Kondisi kulit yang sehat tentu saja akan menangkal beberapa penyakit kulit yang biasa menyerang. Luka, borok, bisul, dan lainnya adalah penyakit yang bisa diatasi dengan mudah dengan menggunakan daun murbei. Pengaplikasian dilakukan secara tipikal, cukup haluskan daun murbei dan oleskan pada permukaan kulit yang terkena luka dan penyakit.

Meningkatkan daya tahan tubuh
Kandungan zat besi, vitamin C dan sejumlah anti-oksidan yang dapat Anda jumpai dalam daun murbei akan bekerja membantu membersihkan tubuh dari radikal bebas, menghantarkan cukup oksigen ke sistem imunitas serta membantu menstimulasi fungsi imunitas dalam melawan serangan virus dan bakteri.
Menurut pengobatan cina kuno, teh daun murbei telah lama dikenal sebagai herbal berkhasiat. Daun murbei akan bekerja sebagai tonik anti flu, tonik untuk memperbaiki kondisi tubuh, meningkatkan metabolisme dan menjaga stamina.

Mengatasi anemia
Kandungan vitamin B dan zat besi dalam daun murbei cukup tinggi. Ini menyebabkan daun murbei dikenal secara umum sebagai salah satu terapi untuk mengatasi anemia. Manfaat kesehatan daun murbei lain adalah membantu meningkatkan kosentrasi dan menjaga stamina tubuh, karena kandungan vitamin B ternyata juga berperan besar dalam proses pembentukan energi.

Melancarkan produksi ASI
Ramuan daun mulberry baik dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui karena dapat membantu melancarkan produksi ASI sehingga bayinya mendapat asupan makanan dan minuman yang cukup.
Mengkonsumsi daun murbei akan membantu memperlancar produksi ASI, Memang terdapat banyak tumbuhan yang bisa merangsang produksi ASI, namun daun murbei merupakan pilihan yang wajib untuk dicoba.

Kaya antioksidan serta anti kanker
Daun mulberry juga mengandung antioksidan dalam jumlah cukup banyak sehingga dapat melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya dan penuaan dini.
Antioksidan merupakan senyawa yang dapat menghambat reaksi oksidasi atau suatu zat yang dapat menetralkan atau menangkap radikal bebas dan melindungi jaringan biologis dari kerusakan akibat radikal bebas (Algameta, 2009). Molekul-molekul antioksidan di dalam tubuh bertugas untuk melindungi sel-sel tubuh dan kompoonen tubuh lainya dari radikal bebas, baik yang berasal dari metabolisme tubuh ataupun yang berasal dari lingkungan. Antioksidan diduga juga dapat mencegah terjadinya kanker karena kemampuanya dalam menetralisi radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab kanker (Kumar and Kumar, 2009).
Dalam riset yang dijurnalkan dalam Evidence Based Complement Alternat Medicine tahun 2013 diungkap bahwa daun murbei memiliki kandungan anti-oksidan memadai untuk bekerja sebagai anti kanker. Kandungan antosianin, quercetin, polifenol, kaemferol dan methanolic acid terbukti bekerja dengan fungsi menghambat terjadinya kerusakan DNA dan kerusakan fungsi regenerasi sel yang bisa memicu terbentuknya sel kanker.
Ekstrak etanolik daun tanaman ini dilaporkan memiliki khasiat sebagai anti kanker secara in vitro karena memiliki kandungan fitokimia seperti quercetin dan anthosianin (Kim et al., 2000; Chen et al., 2006).
Quercetin dan antosianin merupakan zat yang terdapat dalam murbei (Morus alba L.) memiliki potensi sebagai agen kemopreventif. Jenis anthosianin yang memiliki efek sebagai agen kemopreventif ialah sianidin-3-O-glukosida. Secara in vitro, sianidin-3-O-glukosida diketahui mampu mereduksi invasi sel kanker paru-paru A549 serta dapat mereduksi motilitas sel (Chen et al., 2006) dan quercetin diketahui mampu menghambat pertumbuhan sel HL-60 secara significan serta dapat menginduksi differensiasi sel HL-60 untuk mengekspresikan antigen CD 66B dan CD 14 (Kim et al., 2000). Quersetin juga diketahui mampu menghambat perkembangan, adhesi dan migrasi dari sel HeLa serta mampu memicu terjadinya apoptosis pada kultur sel HeLa. Pada dosis 20-80 mikromol /l quersetin, proses inhibisi adhesi, migrasi dan invasi sel Hela meningkat 37-83% (Zhang, 2008). Selain itu, diketahui pula quercetin dapat meningkatkan efek penghambatan adhesi, invasi dan migrasi dari cisplatin pada kultur sel kanker leher rahim HeLa (Chen et al., 2005). Selain sebagai agen kemopreventif, Quercetin juga dilaporkan dapat berperan sebagai agen ko-kemoterapi. Berdasarkan penelitian Wang (2009) menunjukkan bahwa Quercetin dapat meningkatkan indeks terapi agen kemoterapi doxorubicin serta memiliki efek sebagai kardioprotektif dan hepatoprotective sehingga dapat menurunkan kemungkinan terjadinya efek samping yaitu cardiotoxic. Sehingga diketahui bahwa quercetin dapat dijadikan sebagai terapi pendamping pada kemopreventif.
Anthosianin dilaporkan mempunyai berbagai aktivitas biologik dan secara luas digunakan sebagai antioksidan. Anthosianin yang terdapat dalam Morus alba adalah sianidin 3-rutinosida dan sianidin 3-glukosida. Dalam pencarian senyawa antikanker, parameter sitotoksik menjadi ukuran untuk melihat aktivitasnya terhadap kanker.
Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa sianidin 3-rutinosida dan sianidin 3-glukosida secara signifikan mereduksi invasi pada sel A549, secara jelas juga mereduksi motilitas sel. Pada uji interaksi sel-matrik, dilaporkan sianidin 3-glukosida secara nyata mereduksi perlekatan sel-matrik tetapi sianidin 3-rutinosida tidak. Degradasi ekstraseluler matrik sangat penting pada invasi sel. Dilaporkan siandin 3-rutinosida dan sianidin 3-glukosida dapat secara baik mereduksi aktivitas u-PA dan menghambat aktivitas MMP-2 secara nyata.

Melancarkan pencernaan
Tidak hanya mengatasi berbagai penyakit, mengkonsumsi daun mulberry juga berpengaruh positif terhadap kelancaran pencernaan sehingga makanan dapat dicerna serta diserap dengan baik oleh tubuh dan sisanya juga dapat dibuang dengan lancar. Tubuh menjadi sehat dan terhindar dari berbagai gangguan pencernaan.

Mengobati panas dalam dan mengatasi sembelit
Daun murbei sangat efektif mampu mengobati gejala panas dalam sekaligus sembelit. Kondisi tubuh yang tidak sehat tentu saja akan membuat hari-hari Anda menjadi kontra produktif karena kondisi tubuh yang menurun. Dikonsumsi secara teratur, panas dalam dan sembelit yang Anda derita akan segera teratasi dengan mudah.

Mencegah kegemukan
Kandungan sehat yang alami di dalam daun murbei dapat menjaga berat badan Anda agar tetap stabil. Sehingga dapat disimpulkan bahwa daun sehat ini mampu mencegah Anda dari kegemukan dan penyakit akibat badan yang gemuk.

Membantu kerja ginjal
Meski dalam daun murbei ditemukan sejumlah kandungan potasium yang kerap menyebabkan terjadinya pembentukan endapan dalam ginjal, terbukti pula mengasup daun murbei juga bekerja mengurangi kadar residu protein dalam ginjal dan membantu menetralisir kadar racun dalam tubuh hingga meringankan tugas hati dan ginjal. Setidaknya demikian fakta yang diungkapkan dalam BioMed Research International tahun 2012.

Menurunkan kadar koleseterol jahat dalam tubuh
Jika Anda memiliki masalah dengan kadar kolesterol jahat yang terlalu tinggi maka konsumsi daun mulberry dapat menjadi pilihan yang tepat. Dengan rutin mengkonsumsi daun mulberry maka kadar kolesterol jahat dalam tubuh akan berkurang dan kesehatan tubuh anda terpelhara.
Kolesterol jahat dalam jumlah yang banyak di dalam tubuh dapat menimbulkan berbagai macam jenis penyakit.
Manfaat daun murbei memiliki kemampuan dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini dijurnalkan dalam BioMed Research International tahun 2013. Dalam riset ditemukan bahwa pemberikan asupan 280 gram bubuk daun murbei kering untuk 3 kali sehari selama 3 bulan, terbukti menurunkan kadar trigliserida dan LDL hingga lebih dari rata-rata 60%. Hal senada juga pernah dijurnal dalam The Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition tahun 2010. Dalam jurnal ini juga diungkap pencegahan kenaikan kadar kolesterol darah dengan mengasup 24 miligram bubuk daun mulberry tiap harinya atau mengasupnya sebagai teh.
Daun murbei dipercaya sangat mujarab mengatasi kolesterol. Kolesterol yang tinggi dan kadar gula merupakan suatu kondisi di mana seseorang bisa dengan mudah terjangkiti penyakit serius lainnya. Stroke, diabetes, darah tinggi, adalah beberapa penyakit serius yang biasanya akan mengintai.


Demikianlah artikel tentang manfaat daun mulberry untuk mendukung kesehatan tubuh yang penting untuk diketahui, dan menjadi alasan mengapa daun murbei atau teh daun murbei layak masuk ke dalam menu harian Anda. Meskipun demikian tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan pakar kesehatan profesional dalam mengkonsumsinya sehingga terdapat diagnosis yang tepat untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.



pasang iklan disini




loading...