Saturday 16 May 2020

Review Spesifikasi serta Harga All New Honda BeAT 2020


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Review Spesifikasi serta Harga All New Honda BeAT 2020

Motor matic merupakan salah satu jenis motor paling laris di beberapa tahun belakangan ini, oleh karena itu banyak sekali pabrikan motor yang lebih fokus pada motor matic. Misalnya saja Honda, pabarikan asal Jepang tersebut telah meluncurkan beragam motor jenis matic. Dan, pada tahun 2020, PT Astra Honda Motor (AHM) kembali meluncurkan All New Honda BeAT secara resmi. Tentu kehadiran tipe matic paling laris di Indonesia saat ini, akan menjadi produk paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Karena, ada cukup banyak perbedaan dari versi terdahulu dengan versi terbarunya, bahkan terdapat varian terbarunya yaitu Honda BeAt Deluxe. Selain itu juga hadir versi terbaru dari Honda BeAT Street.

All New Honda BeAT 2020 telah resmi meluncur menggantikan model sebelumnya. Bertempat di JIExpo Kemayoran, Jakarta, All New Honda Beat 2020 resmi diperkenalkan ke publik pada Kamis 16 Januari 2020. Motor besutan Honda yang mendapat gelar sebagai skutik sejuta umat ini dibekali beberapa fitur baru guna mengincar pembeli pemula. “Sebagai skutik Honda terlaris di dunia, All New BeAT memiliki mesin dan rangka baru, serta desain, performa, dan fitur terbaru," kata Toshiyuki Inuma, Presiden Direktur Astra Honda Motor.
All New Honda BeAT 2020 series menawarkan balutan desain bodi baru yang compact serta penyematan beragam teknologi dan inovasi terbaru pada sisi fitur, rangka, dan mesin. President Director AHM Toshiyuki Inuma mengatakan, sejak diluncurkan pada 2008 hingga saat ini, lebih dari 17 juta unit Honda BeAT digunakan oleh masyarakat Indonesia berbagai usia. “Generasi terbarunya kini hadir dengan desain yang semakin compact dan stylish, didukung rangka baru eSAF yang lincah dan mudah dikendalikan, mesin berperforma tinggi, irit, serta dapat mengekspresikan keceriaan penggunanya,” kata Toshiyuki.


Mesin dan rangka baru. Itulah yang menjadi highlight pada motor matic terbaru PT Astra Honda Motor (AHM) selain dari desain dan fitur-fitur yang ditawarkan. Penambahan kata “All New” yang melekat memang membawa perubahan besar pada Honda BeAT series yang didalamnya dihuni varian Sporty, Deluxe dan Street ini. Wajar saja, sebab pada line up matic 110cc, pabrikan berlogo sayap mengepak tersebut punya Honda Genio yang hadir dengan standar baru di matic Honda. Utamanya adalah soal fitur dan spesifikasinya.
Rangka baru bernama eSAF (encahnced Smart Architecture Frame) yang dicangkokan pada All New Honda BeAT 2020 tersebut statusnya common part dari Honda Genio. Hal ini menjadikan Genio sebagai pembuka standar baru di kelas skutik low end 110cc Honda. Dan, kebijakan pabrikan semacam ini sudah lumrah terjadi, dimana dengan sharing platform/ common part antar produk, maka akan lebih efisien pada sisi waktu produksi dan biayanya.
All New Honda BeAT 2020 series memiliki konsep desain bodi yang sporty pada setiap sisinya sehingga terlihat compact . Panel meter All New Honda BeAT 2020 menggunakan fitur Combined Digital Panel Meter untuk memberi kesan lebih canggih dan membuat informasi lebih mudah terbaca. Panel ini menyajikan berbagai informasi termasuk penunjuk kecepatan, odometer, bahan bakar serta fitur indikator ECO. Fitur ECO Indicator yang dipakai All New Honda BeAT 2020 telah mengacu pada ECU, sehingga lebih presisi.
 All New Honda BeAT Street menggunakan Digital Panel Meter All New Honda BeAT 2020 series ditunjang dengan fitur Secure Key Shutter yang didampingi dengan tombol pembuka jok untuk memudahkan pengguna dalam membuka tutup jok motor.


Kesuksesan All New Honda BeAT 2020 tidak lepas dari segudang inovasi yang diberikan Honda. Salah satu inovasinya adalah perubahan desain yang kini menjadi lebih sporty dengan garis bodi lebih tegas dan desain bodi lebih ramping. Honda juga menyediakan beragam pilihan grafis dan warna. Sistem penguncian secure key shutter dengan pengamana bermagenet juga disematkan pada All New Honda BeAT 2020, sehingga melindungi pemilik dari pencurian sepeda motor.


All New Honda BeAT CBS 2020
Funk Red Black

Tecnho Blue White


Hard Rock Black

Dance White



All New Honda BeAT CBS-ISS 2020

Electro Blue

Garage Black

Fusion Magenta Black


All New Honda BeAT Deluxe 2020

Deluxe Silver

Deluxe Balck

Meski hadir varian paling baru, namun beberapa varian terdahulunya akan tetap dihadirkan sebagai pilihan bagi semua orang semisal Sporty CBS serta CBS-ISS. Tipe CBS membawa fitur yang cukup lengkap, harganya yang lebih murah dan performa dapur pacu tetap sama dengan beberapa varian dari CBS-ISS maupun varian Deluxe. Sedangkan untuk pilihan warna dari CBS terbilang cukup banyak pilihan, sedangkan untuk CBS-ISS hanya 3 pilihan warna dan untuk Deluxe hanya ada 2 warna saja. Dari beberapa pilihan warna tersebut, tidak mempengaruhi akan harga All New Honda BeAT 2020 disetiap tipenya.



Rangka (chasis)
AHM melakukan improvement dibagian ini dengan menyematkan rangka baru yang dinamakan eSAF (enhance Smart Architecture Frame) yang berbentuk pipih dan pembuataanya dengan sistem robotik.


Dengan teknologi eSAF, diklaim lebih ringan 8 persen dibanding rangka sebelumnya. Makoto Dohi, Asistant Chief Engineer Department 2, Product Development Division #1 Honda R and D Co Ltd, dalam presentasinya mengatakan, ada tiga keunggulan rangka eSAF, yaitu cocok, ringan, dan gesit. "Sasis lebih tahan dari defleksi (pembengkokan) saat dikendarai. Menghadirkan pengendalian yang lebih mudah, gesit, dan juga kompak waktu dikendarai," kata Makoto.
Sebelumnya, rangka sama sama backbone namun menggunakan pipa berbentuk bulat dan pembuatan masih dilakukan secara manual. Ada beberapa kelebihan rangka eSAF, antara lain ialah lebih ringan dan lebih rigid. Menurut AHM rangka jenis ini dapat meningkatkan stabilitas handling sehingga mudah dikendalikan dan nyaman saat dibawa bermanuver.


Rangka eSAF di All New Honda BeAT juga memiliki keunggulan pada segi kapasitas. Kini kapasitas tangki BBM naik menjadi 4,2 Liter dari sebelumnya hanya 4 Liter. Kemudian soal kapasitas bagasi juga lebih luas, pada versi baru 12 Liter. Sementara untuk BeAT sebelumnya hanya 11 Liter.
All New Honda BeAT 2020 sangat cocok sekali untuk harian, karena dengan kapasitas tangki bahan bakar yang lebih luas menjadikan pengguna tidak sering melakukan pengisian bahan bakar.

Dimensi
Karena menggunakan konstruksi rangka baru, maka dimensi dari All New Honda BeAT 2020 juga berubah. Motor ini memiliki ukuran Panjang, Lebar dan Tinggi berada di angka 1.877 x 669 x 1.074 mm. Angka tersebut lebih unggul di semua sektor baik Panjang, Lebar maupun Tinggi dibandingkan edisi BeAT yang lama.


Bodinya yang terlihat sangat ramping, semakin mudah diajak bermanuver dan berakselerasi. Terlebih bobot Honda Beat tergolong sangat ringan, yaitu seberat 89 kg untuk tipe CBS dan 90 kg untuk tipe CBS-ISS. Setiap sisinya terlihat sempurna dengan perubahan pada desian lampu depan dan lampu belakang yang dijamin lebih sporty dibandingkan generasi sebelumnya.
Untuk seat height (tinggi tempat duduk) memiliki ukuran 740mm, ditunjang dengan Step Floor yang luas dengan jarak sumbu roda di angka 1.256 mm. Dan, untuk jarak terendah ke tanah All New Honda BeAT 2020 memiliki ukuran 147 mm.
All New Honda BeAT 2020 memiliki bobot yang lebih ringan. Misalkan untuk tipe CBS-ISS ya, untuk yang baru 90 Kg, sementara yang lama lebih berat 3 Kg atau 93 Kg.

Mesin
All New Honda BeAT 110 cc 2020 membawa spek mesin yang sama dengan Honda Genio yakni mesin 1 silinder 4 stroke berkapasitas 109.5cc yang dihasilkan dari Bore x Stroke 47.0 x 63.1 mm. Sengaja dibuat seperti itu untuk meningkatkan konsumsi bahan bakar serta meningkatkan performa.


All New Honda BeAT 2020 series menggunakan generasi terbaru mesin berkelas 110cc SOHC dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI berteknologi eSP (enhanced Smart Power). Mesin terbaru ini juga memastikan hasil pembakaran yang ramah lingkungan dengan standar emisi Euro 3. Teknologi baru ini juga membuat mesin eSP lebih irit dalam penggunaan bahan bakar.
Tenaganya berada di angka 6.6 kW (9.0 PS) yang dicapai pada 7.500 RPM dengan torsi maksimum mencapai 9,3 Nm pada 5.500 RPM.
Motor besutan Honda ini masih mengandalkan 2 klep dan berpendingin udara, serta didukung pengabutan bahan bakar injeksi PGM-FI ESP dan ACG Starter.
Semakin meningkatnya performa dapur pacu dari motor matic andalan dari Honda, akan sangat memungkinkan jika laris dipasaran. Terlebih juga sudah didukung sistem suplai bahan bakar Injeksi (PGM-FI). Dengan berbekal teknologi tersebut, motor dijamim lebih irit konsumsi bahan bakar, lebih bertenaga dan pastinya akan sangat ramah lingkungan.
Berdasarkan tes internal AHM dengan metode ECE R40, didapat hasil konsumsi BBM All New Honda BeAT 2020 yang sangat irit yakni  60,6 km/liter dengan catatan fitur Idling Stop System (ISS) on. Dengan begitu mampu menempuh jarak 254,52 km dalam sekali pengisian bahan bakar.
All New Honda BeAT dengan varian CBS-ISS dilengkapi fitur ISS (Idling Stop System) untuk mematikan mesin secara otomatis saat motor berhenti dan menyala kembali saat tuas gas diputar Pada varian ini juga dibekali dengan teknologi terdepan yakni sensasi menghidupkan mesin motor dengan suara halus melalui teknologi ACG Starter.
Mesin All New Honda BeAT 2020 memiliki kapasitas oli 0,7 Liter. Kemudian untuk rasio kompresi juga mengalami kenaikan menjadi 10.0 : 1.
Pada sisi transmisi, All New Honda BeAT 2020 menggunakan tipe Otomatis, V-Matic dengan tipe kolping Otomatis, Sentrifugal, Tipe Kering. Sangat berbeda dengan beberapa matic Honda lainnya, karena matic ini masih dibekali dengan tipe starter elektrik dan kick starter. Sedangkan, Honda Variao 150, Honda PCX 150 dan Honda ADV 150 tidak membawa tipe starter kick starter.

Kaki-kaki
All New Honda BeAT 2020 menggunakan velg baru milik Honda Genio yakni CW (Cast Wheel) palang Y yang lebih keren dari segi estetika. Didukung ban jenis tubeless dengan ukuran depan 80/90-14 inchi belakag 90/90-14 inchi. Ban tubeless membuat pengendara motor lebih nyaman karena tidak khawatir ban bocor, terutama saat berkendara malam hari.


Menggunakan suspensi depan teleskopik dan belakang swing arm dengan suspensi tunggal. Kemudian rem depan cakram dijepit kaliper 1 piston dan belakang masih tromol. Semua tipe All New Honda BeAT 2020 sudah dibekali fitur Combi Brake System (CBS). Fitur ini berguna untuk menjaga keseimbangan pengereman roda depan dan belakang secara tepat, sehingga berkendara bisa lebih nyaman di semua kondisi jalan.
All New Honda BeAT 2020 dibekali pula dengan fitur Side Stand Switch dan Parking Brake Lock.

Kelistrikan
Kehadiran motor matic dari Honda memang menjadi senjata tempur terbaru yang dimiliki oleh PT Astra Honda Motor indonesia. Dengan berbekal tampilan lebih keren dari generasi sebelumnya, pada bagian depan telah hadir dengan membawalan lampu bertipe LED, sehingga pencahayaan akan lebih terang serta lebih jelas. Bentuk dari headlampnya tersambung dengan lampu sein, yang mana akan menghasilkan tampilan lebih sporty.


All New Honda BeAT 2020 juga banyak disebut sebagai BeAT LED. Dan, tidak salah memang, karena sistem pencahyaan lampu depan (Headlight) sudah menganut sistem LED. Selain terlihat canggih dan modern, lampu jenis ini juga memberikan pencahayaan yang lebih terang. Hanya saja punya kelemahan yakni tidak tembus kabut maupun hujan.
Untuk sisi baterai masih sama seperti sebelumnya, CBS memiliki kapasitas 12V 3Ah dan CBS-ISS (termasuk didalamnya Deluxe) memiliki kapasitas 12V 5Ah.  Begitu juga dengan sistem pengapian, menggunakan teknologi Full Transisterized dengan busi tipe NGK MR9C-9N/DENSO U27EPR9-N9.


Perbedaan spesifikasi All New Honda BeAT 2020 dibanding BeAT lama, berdampak pada sektor handling, performa dan konsumsi bahan bakar. Dan, kunci kontak All New Honda BeAT 2020 sudah terintegrasi dengan pembuka jok. Berbeda dari versi sebelumnya yang hanya memakai pengaman kunci magnetik.


Motor besutan Honda terbaru ini juga sudah dibekali dengan soket untuk cas dengan daya maksimal 12 W (12V 1A). Soket cas terletak bawah kunci kontak, tepatnya di laci bagian kanan. Namun, fitur ini hanya terdapat untuk BeAT tipe CBSS-ISS.
All New Honda BeAT 2020 hadir dalam dua tipe yakni CBS dan CBS-ISS dengan total 9 varian warna sesuai dengan tren anak muda saat ini. Untuk tipe CBS terdapat 4 pilihan warna yakni Dance White, Techno Blue White, Hard Rock Black, dan Funk Red Black yang dipasarkan dengan harga Rp16.450.000 (OTR Jakarta). Untuk tipe CBS-ISS hadir dengan 3 pilihan warna Garage Black, Electro Blue Black, dan Fusion Magenta Black yang dipasarkan dengan harga Rp17.150.000 (OTR Jakarta). Selain itu, model ini juga menawarkan tipe Deluxe series (CBS-ISS) dengan 2 pilihan warna lainnya yakni Deluxe Black dan Deluxe Silver yang dipadukan dengan 3D Emblem untuk memberikan kesan mewah dan dipasarkan dengan harga Rp.17.250.000 (OTR Jakarta). Sementara itu, All New Honda BeAT Street hadir dengan tipe CBS dalam 3 pilihan warna yakni Street Black, Street Silver, dan Street Black Silver. Model ini dipasarkan dengan harga Rp17.150.000 (OTR Jakarta).
Perbedaan dari varian CBS, CBS-ISS dan Deluxe terletak pada sektor fitur bawaannya saja. Dimana untuk tipe CBS tidak dilengkapi dengan Idling Stop System dan Power Charger. Sedangkan untuk bagian mesinnya, semua tipe dari All New Honda BeAT 2020 memiliki tipe mesin yang sama.


Setelah melihat review diatas, dapat ditarik kesimpulan jika All New Honda BeAT 2020 memang mengalami perubahan yang sangat mumpuni. Motor ini menjadi salah satu motor matic murah terbaik di Indonesia, yang menawarka mesin canggih yang telah teruji secara global, sektor dapur pacu yang memiliki tenaga lebih gahar dari sebelumnya serta harga sangat sepadan dengan semua fitur yang diusungnya. Semoga informasi diatas dapat menjadi referensi untuk memiliki salah satu tipe dari All New Honda BeAT 2020.

pasang iklan disini




loading...