Saturday 9 December 2017

Penjelasan serta Berbagai Manfaat Niacinamide Untuk Kesehatan Kulit


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
                                  Niacinamide Untuk Kulit Putih



Jika kulit Anda cenderung berjerawat tetapi juga tergolong kering, Anda pasti sering dilanda dilema dalam memilih perawatan kulit yang tepat. Pelembap yang terlalu rich malah akan memicu kelenjar minyak untuk berproduksi, tapi jika kulit nggak diberi ‘minum,’ proses penuaan pun akan berjalan lebih cepat. Yuk, kita coba berkenalan dengan ‘niacinamide,’ bahan yang bisa melembabkan kulit tanpa memicu kelenjar minyak berproduksi secara abnormal, tetapi juga dapat meredakan peradangan akibat jerawat.


Apakah Anda pernah mendengar tentang senyawa niacinamide? Kandungan ini sering ditemukan dalam produk-produk skincare yang diformulasikan untuk melembabkan dan memutihkan. Baik itu krim wajah, masker pemutih wajah, sunblock pemutih wajah, serum pemutih wajah, moisturizer ataupun eye serum. Nah, sebenarnya apa sih niacinamide ini? Darimana asalnya dan apakah kegunaannya? Ataukan ada efek sampingnya? Berikut ulasan lengkapnya.

Niacinamide, biasa disebut sebagai Nicotinic Acid, adalah vitamin B3 yang terkandung di beberapa jenis makanan, seperti ayam, salmon, tuna, dan sayuran hijau. Tubuh manusia membutuhkan niacinamide ini untuk kesehatan otak, sistem pencernaan, dan sistem saraf manusia. Selain itu, niacinamide juga bagus untuk kesehatan kulit. Mengutip dari OSKIA Skincare, niacinamide mulai digunakan pada abad ke-20 untuk mengobati pellagra, penyakit kulit yang diakibatkan oleh kekurangan vitamin B3 yang menyebabkan kulit menjadi radang, kering, dan bahkan mengelupas. Sekarang, niacinamide mulai sering digunakan sebagai bahan produk skincare karena beragam kegunaannya untuk kulit, terutama untuk kulit berjerawat.
Nama “niacinamide” belakangan ini ramai diperbincangkan oleh para beauty enthusiast. Konon dikarenakan ragam manfaatnya yang bagus untuk merevitalisasi kulit wajah dan mengurangi keluhan pada kulit berminyak dan berjerawat.

Niacinamide atau dikenal juga dengan nama Nicotinamide merupakan bentuk vitamin B3, yang juga menjadi nutrisi penting dan diperlukan oleh tubuh. Sistem pencernaan, sistem saraf, dan fungsi kerja otak bergantung pada Niacin ini.

Niacin alami bisa kamu dapatkan pada daging merah, ayam, ikan seperti salmon dan tuna, sayuran hijau, tomat, dan lainnya. Namun, bagi kulit wajah kita yang bermasalah dibutuhkan tambahan Niacin dari luar untuk membantu mengurangi keluhan yang ada.

Niacinamide adalah bahan yang dapat mendorong komunikasi antar sel sehingga memberikan banyak manfaat untuk kulit yang mulai menua. Niacinamide dapat meningkatkan elastisitas kulit dan menebalkan‘tembok pertahanan kulit. Penggunaan niacinamide secara topikal atau dioleskan, dapat meningkatkan produksi ceramide, yaitu lapisan lemak yang melindungi kulit dari bakteri dan mempertahankan kelembabannya. Seperti kolesterol (not the bad one) dan asam lemak, ceramide ‘membangun’ dinding yang mencegah hilangnya ‘air’ dari kulit. Singkat kata, menambah produksi ceramide yang berkurang seiring bertambahnya umur atau akibat penggunaan produk yang ‘keras,’ artinya sama saja menjaga kulit tetap kenyal dan lembab. Bahkan teori yang sama dapat diaplikasikan untuk perawatan rambut, sehingga niacinamide pun kerap ditemui dalam berbagai produk perawatan dan penataan rambut.

Niacinamide, Apa dan Darimana Asalnya?
Niamicide adalah senyawa yang seringkali dijumpai dalam produk perawatan kulit wajah maupun rambut. Niamicide memiliki sifat mudah terserap pori dan dialirkan melalui pembuluh darah. Oleh karena itu, pemakaian teratur produk yang mengandung niamicide umumnya membuat kulit wajah terlihat cerah, bebas jerawat, dan awet muda.

Niacinamide merupakan salah satu bentuk dari vitamin B3. Biasa juga dikenal sebagai nicotinic acid atau nicotinamide. Senyawa ini secara alami ditemukan pada berbagai jenis makanan, seperti beras putih, daging ayam, daging merah, sayuran hijau, kacang-kacangan, ikan tuna, ikan salmon, alpukat, dan masih banyak lainnya. Dalam industri kecantikan, niacinamide sering dimanfaatkan sebagai bahan aktif untuk produk perawatan wajah. Fungsinya sangat banyak, yakni:
Meningkatkan kelembaban
untuk cara mencerahkan wajah
Menjaga keutuhan elastisitas wajah
Menghilangkan bintik hitam di wajah
Mengontrol kelebihan minyak di wajah
Mengatasi masalah jerawat
Merevitalisasi kulit sehingga tampak lebih sehat
Mencegah tanda-tanda penuaan dini

Niacinamide memiliki reputasi bagus dalam berbagai jurnal penelitian sebagai bahan yang meredakan peradangan yang terjadi pada kulit, mengurangi produksi sebum, sekaligus memudarkan hiperpigmentasi pada kulit. Jadi, tak hanya mengurangi kemerahan pada jerawat, niacinamide juga membantu memulihkan kondisi kulit pasca jerawat seperti memudarkan acne scar, mencerahkan, serta meratakan warna kulit.

Cara Kerja Niacinamide
Niacinamide adalah vitamin yang mudah larut dalam air dan tidak diproduksi secara alami oleh tubuh kita, makanya biasanya didapatkan dalam bentuk suplemen makanan. Kandungan Niacinamide ini dapat membantu memperbaiki DNA yang rusak, meminimalisir efek sinar matahari yang berbahaya bagi kulit yang otomatis ampuh untuk menumpas pigmentasi, keriput sampai discolourations pada kulit.

Setelah mengetahui lebih mendalam tentang niacinamide, tentunya Anda jadi bertanya-tanya bagaimana sih cara kerja senyawa ini? Kenapa khasiatnya begitu banyak? Nah, disini akan kami jelaskan tentang reaksi niacinamide terhadap sel-sel kulit wajah.

Merangsag Produksi Ceramide
Jadi, saat Anda mengoleskan produk yang mengandung niacinamide pada wajah. Maka senyawa niacinamide akan merangsang produksi ceramide. Yakni suatu lapisan lipid yang berperan dalam menjaga kadar air dalam kulit dan melindungi wajah dari infeksi bakteri. Apabila lapisan ceramide terbentuk optimal maka kulit pun juga tampak lebih lembab, kenyal dan elastis. Perlu Anda tahu bahwa seiring bertambahnya usia maka lapisan ceramide cenderung menurun. Sehingga wajah pun rentan keriput. Pemakaian skincare dengan kandungan niacinamide memang penting guna mencegah terjadinya penuaan dini.

Memperlambat Pigmentasi
Selain meningkatkan kelembaban wajah, niacinamide juga bekerja dalam menghambat produksi melanin berlebihan. Setiap orang pasti memiliki melanin di lapisan kulitnya. Ada yang kadarnya banyak dan adapula yang sedikit. Nah, melanin ini bisa saja muncul ke lapisan epidermis kulit apabila terpapar sinar UV terus-menerus  atau mungkin sebab efek hormonal. Sehingga akibatnya kulit mengalami penggelapan. Senyawa niacinamide memiliki kemampuan menghambat proses hiperpigmentasi. Caranya dengan memblokir interaksi antara sel keratinocyte (sel pada laipisan kulit epidermis) dengan sel melanocyte (sel yang mengandung melanin). Dengan demikian, proses ini bisa menjadi tips agar wajah putih sebab pigmentasi berjalan lebih lambat.

Fakta Seputar Niacinamide yang Harus Diperhatikan
Niacinamide dianggap sebagai bahan perawatan kecantikan yang minim efek samping.

Cara kerja niacinamide berbeda dari kebanyakan bahan pemutih lainnya. Niacinamide tidak menghambat produksi enzim tirosinase. Melainkan hanya memblokir jalan sel-sel melanosit ke permukaan epidermis.

Kandungan maksimal niacinamide dalam produk perawatan wajah tidak boleh melebihi 10%.

Niacinamide tidak disarankan digunakan berbarengan dengan vitamin C. Sebab vitamin C dapat mengacaukan kerja dari niacinamide. Sehingga Anda tidak akan mendapatkan manfaatnya.

Niacinamide tidak selalu menjadi bahan utama. Beberapa kosmetik ada yang menjadikannya hanya sebagai bahan tambahan. Anda bisa memperhatikan ingredientnya. Umumnya bila kadar niacinamide tersebut tinggi, maka senyawa ini ditulis di urutan pertama.

Niacinamide mampu mengontrol produksi sebum dan mengatasi jerawat pada wajah.

Niacinamide lebih sering dimanfaatkan untuk produk serum dibandingkan moiturizer.


Kegunaan Niacinamide Untuk Kulit Wajah

Meningkatkan Kelembaban Wajah
Apabila Anda memiliki masalah kulit kering, maka disarankan menggunakan produk yang mengandung niacinamide. Sebagaimana yang telah dijelaskan diatas, niacinamide mampu meningkatkan produksi ceramide (lapisan lipid) pada kulit epidermis. Sehingga lapisan kulit menjadi lebih terlindungi, terhidrasi dengan baik dan terjaga kelembabannya. Meskipun Anda punya tipe kulit berminyak tetap tidak masalah jika Anda menggunakan produk yang mengandung niacinamide. Sebab senyawa ini mampu mngontrol produksi sebum. Sehingga wajah Anda juga akan menjadi lembab tetapi tidak terlalu berminyak.

Meningkatkan Kinerja Kelenjar Epidermis
Sel-sel kulit akan bekerja maksimal jika kondisi kelenjar lipid epidermis berfungsi optimal. Kelenjar lipid dalam kulit bekerja untuk menahan kelembaban, menjaga hidrasi kulit dalam waktu yang lama, dan melindungi kulit dari bahaya polusi lingkungan. Niacinamide dapat membantu meningkatkan produksi ceramide, salah satu komponen penting yang diperlukan kelenjar lipid, untuk menjaga kekuatan kulit dan mencegah terjadinya trans epidermal water loss atau hilangnya kelembaban kulit.

Ketika Anda beraktivitas diluar ruangan dan sering terpapar asap kendaraan bermotor maupun sinar ultraviolet matahari, ada kemungkinan kulit akan kehilangan elastisitasnya, sehingga kulit cepat terlihat kusam.

Hal ini bisa diminimalisir dengan Niacinamide, karena senyawa ini bermanfaat dalam menghidrasi kulit dan dengan pemakaian teratur, kulit akan terhindar dari trans epidermal water loss.

Melindungi Wajah dari Infeksi
Kulit wajah yang kurang diperhatikan kebersihannya biasanya rentan terserang infeksi mikroorganisme, baik itu bakteri ataupun jamur. Kondisi ini menimbulkan berbagai masalah kulit. Misalnya saja jerawat, panu, eksim dan sebagainya. Pemakaian niacinamide bisa memberikan perlindungan ganda pada kulit dengan cara meningkatkan produksi ceramide. Perlu Anda tahu bahwa ceramide ini berperan dalam melindungi wajah dari mikroba. Sehingga apabila lapisan ceramide terbentuk optimal maka kulit juga semakin terjadi dari infeksi.

Melindungi Kulit dari Paparan Sinar UV
Kulit yang sering terpapar sinar UV dapat menyebabkan kerusakan kulit dan mengaktifkan radikal bebas serta memicu produksi sel pigmen yang berlebih. Inilah yang menyebabkan munculnya melanin/ noda hitam di permukaan kulit. Salah satu fungsi lain niacinamide adalah dapat melindungi kulit dari panasnya paparan sinar UV matahari.

Mencerahkan Wajah
Fungsi dari niacinamide berikutnya sudah pasti membantu mencerahkan wajah. Senyawa ini bekerja dalam menghambat pigmentasi kulit. Selain itu juga bertindak sebagai antioksidan yang melindungi wajah dari efek berbahaya radikal bebas. Dengan pemakaian secara rutin, perlahan kulit akan menjadi cerah dan bersih. Umumnya efek penggunaan niacinamide terlihat kira-kira 4 minggu setelah pemakaian.

Mengurangi Hiperpigmentasi Kulit
Seperti sudah dijelaskan di atas, paparan sinar UV dapat memicu produksi melanin yang menyebabkan timbulnya noda hitam di permukaan kulit dan membekas (hiperpigmentasi). Noda hitam ini sering menjadi keluhan banyak wanita karena sulit dihilangkan. Niacinamide dapat membantu pigmentasi tersebut dengan memperlambat perpindahan melanin menuju lapisan permukaan kulit. Jika kamu selama ini bingung mencari kandungan yang tepat yang dapat menghilangkan noda hitam, kamu perlu mencoba produk perawatan berbahan niacinamide.

Ketika Anda ingin memiliki kulit yang selalu terlihat sehat dan cerah, Anda bisa menggunakan kosmetik yang mengandung niacinamide, karena komponen tersebut akan mencegah munculnya noda hitam pada kulit.
Peristiwa hiperpegmentasi yang umumnya terjadi karena pengaruh sinar ultraviolet matahari bisa dicegah dengan memperlambat laju melanin di permukaan kulit.

Mengatasi Flek Hitam
Kegunaan niacinamide selanjutnya adalah mengatasi flek hitam. Niacinamide mampu menghambat produksi melanin berlebihan. Sehingga masalah noda hitam dan wajah kusam pun bisa teratasi. Niacinamide juga mengatasi masalah warna kulit yang tidak merata. Apabila Anda adalah tipe orang yang selalu beraktivitas di luar ruangan maka sebaiknya gunakan produk yang mengandung niacinamide.

Bagi seorang wanita, kulit yang memiliki warna tidak merata atau kusam karena bekas jerawat akan mengurangi rasa percaya diri dan karena inilah kosmetik dengan kandungan niacinamide diperlukan.

Dengan adanya komponen niacinamide, kinerja kelenjar lipid akan dimaksimalkan begitupula regenerasi sel untuk pembentukan sel kulit baru.

Meminimalisir Garis Halus dan Kerutan Di Wajah
Niacinamide juga dapat mendorong produk kolagen. Sudah umum diketahui bahwa kolagen dalam kulit sangat penting karena berfungsi untuk menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit. Kolagen dan elastin baru dapat terbentuk akibat fungsi kelenjar lipid yang membaik dan bekerja optimal.

Mengontrol Minyak Berlebihan
Kulit wajah memproduksi sebum adalah sesuatu yang wajar. Ini berguna untuk menjaga kelembaban wajah agar tetap normal. Namun apabila kelenjar minyak menghasilkan sebum berlebihan maka kondisi tersebut bisa memicu berbagai masalah. Misalnya saja jerawat dan wajah kusam. Niacinamide dapat mengontrol kelebihan sebum pada wajah dengan cara mengoptimalkan produksi ceramide. Dengan demikian kulit akan tetap sehat, tidak kering dan juga tidak terlalu berminyak.

Sudah banyak diberitakan bahwa sering mencuci muka untuk kulit berminyak bukanlah solusi yang baik. Salah-salah kulit malah menjadi dehidrasi dan justru membuat kelenjar minyak semakin aktif berproduksi. Efek niacinamide yang memperbaiki kelenjar lipid dapat mendorong terkontrolnya kinerja kelenjar minyak pada kulit wajah. Jadi, bagi kamu yang ingin mengontrol minyak berlebih di wajah dapat mulai mencoba memasukkan niacinamide dalam rutinitas perawatanmu.

Pemakaian kosmetik yang mengandung niacinamide akan membantu mengontrol produksi minyak berlebih dengan mengatur kinerja kelenjar minyak.

Dengan pemakaian teratur, niacinamide yang masuk kedalam pembuluh darah akan membuat kulit tetap terlihat lembab dan cerah.

Memperbaiki Kulit Kusam dan Pucat
Aktivitas sehari-hari yang membuat kulit sering terpapar polusi dapat menyebabkan kondisi kulit yang stress dan membuat warna kulit kusam dan pucat. Niacinamide juga dapat bekerja sebagai antioksidan dengan kelebihan dapat mengurangi efek buruk polutan dan membuat kulit mengembalikan cahaya alaminya.

Membantu Mengatasi Jerawat dan Bekasnya
Jerawat sangat rentan dialami oleh para wanita, khususnya remaja yang baru mengalami pubersitas. Pada saat tersebut, kondisi hormonal tubuh tidak seimbang. Sehingga akibatnya wajah jadi gampang jerawatan. Selain itu, jerawat juga bisa disebabkan oleh efek paparan polusi dan pemakaian kosmetik yang tidak cocok dengan kulit. Nah, untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa mencoa menggunakan produk yang mengandung niacinamide. Senyawa ini mampu menghilangkan jerawat berserta bekasnya.

Niacinamide membantu memperkuat pertahanan lapisan kulit yang paling luar. Karena kemampuan tersebut, vitamin B3 ini dapat mengencangkan kulit dan mempunyai sifat anti-inflammatory yang bagus untuk menghilangkan kemerahan yang disebabkan oleh jerawat dan meredakan jerawat yang meradang. Untuk yang memiliki kulit berminyak, jangan khawatir. Karena niacinamide menjaga pertahanan kulit dan membuat produksi minyak jadi semakin terkendali. Pori-pori akan menjadi lebih bersih karena tidak tersumbat minyak yang berlebih. Selain itu, niacinamide juga menjaga kelembapan kulit karena vitamin B3 ini meningkatkan produksi ceramide, kandungan yang mengunci kadar air pada kulit. Untuk yang memiliki banyak luka bekas jerawat, niacinamide juga bisa membantu pudarkan acne scar dan memperbaiki warna kulit yang tidak merata. Hal ini dapat terjadi karena niacinamide membantu memperlambat proses pemindahan melanin ke lapisan terluar kulit. Overall, bagi yang kulitnya berjerawat, produk skincare yang mengandung niacinamide patut dicoba. Kemampuannya untuk mengontrol produksi minyak dan kelembapan kulit cocok untuk tipe kulit mana saja. Kulit yang berminyak tidak akan menjadi kering, dan kulit yang kering tidak akan menjadi berminyak.

Pemakaian niacinamide secara teratur dapat membantu meningkatkan struktur kulit sehingga akan mengurangi noda bekas jerawat, kemerahan, dan sensistifitas kulit yang disebabkan oleh polusi lingkungan karena berkurangnya fungsi kerja kelenjar lipid.

Mencegah Tanda-Tanda Penuaan Dini
Sebab fungsi utamanya adalah melembabkan wajah. Maka bisa dikatakan niacinamide ini juga berguna untuk mengatasi tanda-tanda penuaan dini serta sebagai sebagai tips awet muda dan cantik.  Niacinamide meningkatkan produksi ceramide, menjaga kadar air pada wajah. Sehingga kulit menjadi lembab, kenyal dan tidak mudah berkeriput.

Setiap wanita yang sudah memasuki masa menopouse tentu merasa tidak percaya diri ketika kerutan atau garis halus di wajah mulai muncul. Oleh karena itu, pemakaian niamicide sangat efektif untuk mendorong produksi kolagen.

Ketika kolagen terdistribusi di sel melanosit dalam jumlah yang cukup, kulit akan selalu terlihat kenyal dan elastis. Dengan begitu, resiko penuaan dini seeprti muncul kerutan bisa diminimalisir.

Mendorong Kekebalan Kulit
Seperti dilansir dari The Beauty Issue, di dalam kulit kita sebenarnya ada sekelompok sel yang bernama sel Langerhans. Sel ini bertanggungjawab dalam memberikan perlindungan dan memperbaiki mekanisme kulit. Namun, jika kulit kita sering terpapar sinar matahari, sel ini justru akan “bersembunyi” dan tidak menjalankan tugasnya dengan baik. Akibatnya kulit kita malah rentan terhadap invasi mikroba dan kehilangan pertahanan terhadap aktivitas prakanker.

Dengan adanya tambahan kandungan Niacinamide dari luar akan membantu meningkatkan kekebalan kulit kita terhadap mikroba dari luar tersebut.

Mencegah Peradangan Kulit
Pada beberapa wanita, ada kemungkinan kulit langsung memerah atau terlihat kusam ketika terjadi peradangan. Hal tersebut bisa diminimalisir oleh niacinamide yang mempercepat pemasukan nutrisi regenerasi sel kedalam melanosit.

Meningkatkan Imunitas Sel Kulit
Ketika beraktivitas diluar ruangan, kulit mudah terpapar radiasi sinar matahari dan ketika kulit kehilangan perlindungan, kulit manusia akan mudah terkena penyakit seperti kanker kulit.

Komponen niacinamide yang terkandung dalam kosmetik membantu meningkatkan kekebalan sel melanosit dan membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat atau resiko penyakit lainnya.

Tips Penggunaan Kosmetik Berbahan Niacinamide
Dengan beragam manfaat niacinamide untuk kulit wajah diatas, Anda bisa mendukungnya dengan melakukan beragam hal berikut:

Mengatur penggunaan kosmetik yang mengandung niacinamide yang dioleskan secara tipis di kulit dan mengkombinasikannya dengan masker alami sebelum pemakaian.

Masker alami yang bisa dikombinasikan umumnya yang terbuat dari bahan tomat, pepaya, atau pisang.

Menggunakan serum setidaknya 30 menit sebelum aplikasi kosmetik yang mengandung niacinamide, tanpa mencampurkan keduanya untuk memperoleh kulit wajah yang terlihat segar dan awet muda.

Menggunakan produk kecantikan yang mengandung niacinamide di sore hari bisa dilakukan setelah membersihkan wajah dengan memakai sabun wajah (facial Cleanser).

Efek Samping Niacinamide Untuk Kulit Wajah

Niacinamide merupakan salah satu senyawa yang aman digunakan untuk kulit. Faktor risiko dari penggunaan niacinamide cukup rendah. Kecuali kulit Anda memang sensitif atau memiliki masalah tertentu.




*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...