Monday 4 June 2018

Berbagai ragam Manfaat Kopi bagi Kulit serta Kecantikan


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
     Berbagai ragam Manfaat Kopi bagi Kulit serta Kecantikan


Kopi merupakan salah satu minuman yang sangat populer di masyarakat. Minuman ini banyak disukai oleh berbagai kalangan baik pria, wanita, remaja, dan orang tua. Kopi biasanya dikonsumsi dengan tujuan untuk menghilangkan rasa kantuk dan menyegarkan pikiran. Disamping itu, kopi adalah minuman yang bisa menjadi teman di kala santai dan berkumpul dengan teman-teman.

Kopi yang selama ini dikenal sebagai salah satu jenis minuman, ternyata bisa digunakan untuk perawatan kulit. Seperti kita tahu, kopi ini merupakan minuman dari hasil seduhan biji kopi yang disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk kopi. Pada umumnya kopi terbagi dalam 4 jenis, yaitu kopi arabika, kopi robusta, kopi liberika, dan kopi excelsa. Kopi yang dianggap sebagai minuman penghilang rasa kantuk karena mengandung kafein ini, memang dikenal memiliki rasa dan aroma yang khas. Tetapi kopi juga dikenal baik untuk kesehatan tubuh, seperti untuk mengatasi penyakit kanker, diabetes, batu empedu,dan penyakit jantung.

Meminum kopi adalah minuman yang berupaya untuk membangkitkan tenaga dan mood anda sepanjang hari. Kopi memiliki banyak manfaat, tidak hanya terbatas sebagai minuman pengusir rasa mengantuk saja.
Kandungan kafein di dalamnya dikatakan mampu untuk membuang sel kulit yang mati dan merawat keradangan kulit.  Kopi juga mengandungi Vitamin E yang bertindak untuk menganjalkan kembali kulit yang kendur dan menghaluskan kulit. penduduk di India dikatakan menggunakan kopi sebagai lulur badan untuk menghilangkan rasa lenguh dan juga sebagai ramuan untuk melangsingkan badan.

Kandungan Zat Dalam Kopi
Kopi memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk kulit. Tentunya Anda juga ingin tahu apa saja kandungan yang ada di dalam kopi ini sehingga dapat member banyak manfaat untuk tubuh. Kandungan yang ada di dalam kopi adalah :

Kafein – kopi sebagai minuman berkafein memang sudah banyak diketahui secara umum. Kafein di dalam kopi ini yang memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tetapi juga bisa menyebabkan ketergantungan bila dikonsumsi secara berlebihan. Kafein dalam kopi bekerja sebagai vasodilator yang membuat pembuluh darah menyempit dan menyebabkan wajah yang kencang.

Air – air atau H2O sebagai bagian dari senyawa kimia kopi saat proses pengeringan biji kopi.

Ethyphenol – zat ini yang memberikan aroma khusus pada kopi.

Quinic acid – zat ini yang menimbulkan rasa asam pada kopi dan tiap jenis kopi berbeda-beda kadarnya.

Dicaffeoylquinic acid – zat ini merupakan salah satu jenis antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

Dimethyl disulfide – merupakan senyawa jenis sulfur.

Acetylmethylcarbinol – zat ini membuat kopi menjadi terasa gurih di lidah.

Putrescine – merupakan zat yang dihasilkan oleh bakteri E-coli untuk pembusukan.

Trigonelline – zat ini memang membuat gigi para penikmat kopi menjadi agak hitam, tetapi zat ini juga dapat membuat gigi peminum kopi tidak cepat berlubang.

Niacin – senyawa ini memang bukan zat yang baik buat tubuh, karena dapat menyerap vitamin di dalam tubuh.

Kandungan lainnya yang terdapat dalam kopi yaitu polifenol dan flavonoid sebagai antioksidan. Selain itu, kopi mengandung zat besi, magnesium, potassium, mineral, alkaloid, lemak, asam organic, dan asam buah yang bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah.

Kemudian, kopi mempunyai kandungan asam klorogenat, trigoneline, asam alifatik atau asam karboksilat, protein, asam amino, mineral, glikosida, dan karbohidrat yang bermanfaat untuk menutrisi kulit terutama bagian wajah. Zat-zat tersebut ternyata terbukti ampuh untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kulit kering, kulit berminyak, kulit kusam, pori-pori membesar dan jerawat.

Selain bermanfaat untuk menyingkirkan rasa kantuk, ternyata kopi juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Banyak orang yang belum tahu bahwa kopi dapat dijadikan masker wajah. Tentu ini hal yang menguntungkan karena kopi memiliki harga yang relatif murah dan mudah didapatkan.

Siapa yang sangka kalau kopi ternyata juga berkhasiat untuk merawat kecantikan kulit wajah dan tubuh. Kopi yang digunakan untuk perawatan kulit ini bisa jenis kopi apa saja dan yang dipakai adalah air larutan kopi, bubuk kopinya atau bahkan ampas dari endapan air kopi yang telah diminum.

Kopi yang bisa digunakan bukanlah kopi sachet yang biasa dibeli di toko. Kopi yang dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan wajah adalah kopi murni sehingga hasil yang didapatkan akan maksimal.


Wanita adalah kaum yang sangat peduli akan penampilannya, bahkan mereka rela mengeluarkan banyak uang untuk perawatan tersebut. Tak tanggung-tanggung, mereka melakukan operasi hanya untuk mengubah penampilan menjadi apa yang mereka inginkan. Tapi tak jarang hal ini memberikan efek samping yang negatif. Oleh karena itu, penggunaan kopi adalah cara terbaik untuk mendapatkan kecantikan secara alami.

Berikut manfaat kopi untuk kulit wajah dan tubuh serta cara pemakaiannya :

Mengatasi jerawat
Aroma dan zat kafein pada kopi mampu mengurangi tingkat depresi dalam diri seseorang. Sedangkan, tingkat depresi yang tinggi adalah salah satu pemicu munculnya jerawat. Saraf akan terganggu sehingga keadaan diri menjadi gelisah, dan hormon androgen bekerja lebih cepat untuk memproduksi minyak alami pada kulit secara besar-besaran. Tak heran, saat dalam keadaan stress berlebihan, jerawat seringkali muncul dalam jumlah yang banyak sekaligus.

Kafein di dalam kopi mampu mempengaruhi otak untuk lebih santai dalam melawan gejala stres. Menurut penemuan dari Achieves of Internal Medicine, perempuan yang mengkonsumsi 1-2 cangkir kopi dalam sehari, 15% lebih aman dari munculnya tekanan stres berlebihan.

Masalah jerawat di wajah juga bisa diatasi dengan menggunakan ampas kopi sebagai scrub wajah. Dengan menggunakan ampas kopi akan membuat jerawat lebih cepat kering dan terhindar dari masalah peradangan jerawat. Caranya dengan membuat masker kopi atau scrub kopi.

Kandungan kafein dalam kopi mengandung zat anti-inflamasi yang bermanfaat untuk menyingkirkan bengkak dan kemerahan pada kulit wajah. Bahkan sebuah penelitian telah membuktikan bahwa kafein memiliki cara kerja yang sama dengan aspirin untuk meredakan inflamasi. Selain itu, banyak krim anti-inflamasi yang menambahkan kafein sebagai bahan dasarnya.

Penelitian dari Seoul National University menyebutkan, bahwa zat kafein pada kopi mengandung senyawa anti inflamasi. Senyawa ini dapat mencegah munculnya peradangan pada kulit. Termasuk diantaranya tidak memperparah kondisi jerawat ataupun luka yang sebelumnya sudah ada pada kulitmu.

Hasilnya sangat positif bagi kulit tanpa efek samping yang berbahaya. Oleh karena itu, manfaat kopi untuk wajah salah satunya adalah menghilangkan dan menyamarkan jerawat dan bekasnya. Tidak hanya itu, kopi dapat menghilangkan flek-fek hitam dan mengatasi masalah kulit lainnya.

Menghilangkan komedo
Selain jerawat, komedo juga menjadi masalah kecantikan wajah. Komedo biasanya muncul di sekitar hidung. Apabila komedo tidak segera dihilangkan, maka akan berubah menjadi komedo hitam dan pada akhirnya akan susah untuk dihilangkan. Masker kopi dapat mencegah adanya komedo bahkan masker kopi dapat menghilangkan komedo pada hidung.

Komedo di wajah bisa muncul akibat kandungan minyak yang berlebih dan kurang terjaganya kebersihan kulit wajah. Komedo yang berupa bintik-bintik hitam di area sekitar hidung ini bisa diatasi juga dengan menggunakan masker ampas kopi secara teratur.

Menyamarkan noda hitam bekas jerawat dan flek hitam
Tidak hanya menghilangkan jerawat, kopi juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat dan flek-flek hitam di wajah. Sebab kopi mampu menghilangkan sel-sel kulit mati. Anda bisa menggunakan ampas kopi sebagai masker wajah, atau menggunakan bubuk kopi.

Berkat fungsinya yang mampu mengangkat sel kulit mati, masker kopi juga bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat. Noda hitam yang merupakan sel kulit mati akan terangkat sedikit demi sedikit, yang pada akhirnya akan memudar dengan sendirinya. Untuk itu, tetap rawat kulitmu agar proses pembaharuan sel kulit tetap berjalan dengan lancar.

Mencerahkan kulit wajah
Seringnya terpapar sinar matahari, dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kusam. Anda bisa menggunakan kopi untuk mencerahkan kulit Anda, sebab kopi mengandung antioksidan yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati akibat radikal bebas.

Manfaat kopi untuk wajah adalah membuat wajah lebih cerah karena kandungan kafeinnya. Kafein mengandung anti-bakteri yang akan memberikan perlindungan pada kulit dari serangan virus, jamur, dan bakteri yang akan membuat kulit kusam. Kopi mengandung antioksidan dengan kadar yang tinggi sehingga dapat menangkal radikal bebas.

Sebuah studi di Amerika menyatakan bahwa kopi berada dalam urutan pertama sebagai sumber antioksidan bagi tubuh manusia. Senyawa antioksidan pada kopi diperoleh dari zat flavanoid, yang mampu menyumbang hampir 12 ml/dl antioksidan ke dalam sel kulit.

Penelitian tersebut juga menyebutkan, bahwa biji kopi yang telah dipanggang justru lebih berkhasiat sebagai antioksidan dibandingkan dengan biji kopi segar.

Jadi, baik akan dikonsumsi atau diolah menjadi masker, bubuk kopi murni yang sudah melalui proses pemanggangan jauh lebih baik. Zat antioksidan akan membuat sel kulit lebih kebal terhadap sinar matahari dan radikal bebas. Dengan begitu, kulit jadi lebih terlindungi dari berbagai masalah kulit.

Untuk mencerahkan kulit wajah menggunakan kopi, dapat dilakukan dengan ampas kopi atau bubuk kopi .
Scrub dari kopi akan mengangkat sel-sel kulit mati yang akan membuat wajah lebih cerah. Hasilnya akan terlihat jika anda menggunakan kopi sebagai perawatan secara teratur. Masker kopi akan membuat wajah anda lebih segar.

Mengecilkan pori-pori kulit wajah
Salah satu penyebab timbulnya jerawat dan komedo di wajah adalah karena tersumbatnya pori-pori oleh kotoran atau minyak yang berlebih. Dengan menggunakan masker kopi secara teratur, bisa membantu mengecilkan pori-pori kulit wajah sehingga tidak mudah berjerawat dan timbul komedo.

Dapat mengencangkan kulit wajah
Manfaat kopi untuk kulit juga bisa digunakan untuk mengencangkan kulit wajah Anda dan terbebas dari penuaan dini.

Menyegarkan kulit wajah
Kalau Anda ingin menikmati sensasi segar di wajah, tidak ada salahnya jika mencoba menggunakan es batu dari kopi.

Merevitalisasi kulit wajah
Manfaat kopi untuk wajah selanjutnya adalah merevitalisasi kulit wajah. Masker kopi bisa dimanfaatkan oleh anda yang mendambakan kulit sehat, bersih, cantik, dan awet muda. Kopi mengandung kafein yang berguna sebagai vasorestrictor yang dapat mengencangkan kulit dan mencegah keriput dan kerutan pada kulit.

Ampas kopi bermanfaat untuk mengencangkan kulit. Zat kafein yang tersimpan di dalamnya dapat mencegah gejala penuaan dini seperti keriput, flek hitam dan juga kulit mengendur. Bubuk kopi yang telah tercampur di dalam air juga dapat menjaga pH tubuh agar tetap normal, sehingga sel kulit wajah dan tubuh lebih kebal terhadap faktor penyebab penuaan dini, seperti sinar UV dan juga polusi.

Mengatasi wajah berminyak
Kulit berminyak tentunya akan mengundang banyak masalah. Sering masalah produksi minyak belebihan di wajah menyebabkan masalah kulit lainnya seperti jerawat dan komedo. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengendalikan produksi minyak berlebihan itu.

Ternyata salah satu manfaat kopi untuk wajah adalah membantu mengatasi masalah kulit beminyak. Seperti yang telah diketahui, kopi mengandung antioksidan yang akan menangkal radikal bebas penyebab kulit terlalu kering atau berminyak.

Mengangkat sel kulit mati
Penggunaan masker wajah dari bubuk kopi yang dicampur dengan putih telur dapat dimanfaatkan untuk mengangkat sel kulit mati. Ampas kopi yang dicampur dengan gula dapat dipakai di siku dan lutut kaki sebagai scrub. Selain dapat mengangkat sel kulit mati pada siku dan lutut kaki, ampas kopi ini juga dapat menjadikan kulit menjadi lebih halus.

Masker atau scrub bubuk kopi dapat mengangkat sel kulit mati. Hal ini dikarenakan pada bubuk kopi terdapat kandungan flavanoid yang berperan membantu produksi sel kulit baru.

Masker atau scrub bubuk kopi  juga dapat mengangkat sel kulit mati yang sudah mengendap lama di dalam kulit. Pada akhirnya, kulit mati akan terkikis sehingga akan muncul sel kulit baru yang lebih bersih dan sehat. Dengan begitu, kulit tentu akan terlihat lebih cerah dan lembut.

Memudarkan mata panda
Kafein yang terkandung di dalam kopi dipercaya dapat mengencangkan kulit dan menghilangkan sembab di mata.

Kandungan antioksidan dalam kopi bisa meningkatkan sirkulasi darah dan membantu mengurangi masalah kantung mata. Setelah membuat kopi, jangan buru-buru membuang ampas kopi. Sisihkan dan biarkan dingin. Aplikasikan ampas kopi di area bawah mata dan kelopak selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air dingin.

Melembabkan dan menghaluskan kulit
Kopi yang dipakai sebagai masker wajah atau scrub wajah secara teratur dapat membuat kulit Anda menjadi lembab dan halus.

Kopi dapat membersihkan kulit anda sekaligus membuat wajah lembab dan halus. Kopi memiliki tekstur berbentuk scrub yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati sehingga wajah lebih bersih dan halus. Kemudian, kopi dapat melembabkan kulit dan menyingkirkan kulit kering.

Kulit wajah yang kering dan tidak mendapatkan perawatan lama kelamaan akan menyebabkan wajah yang cepat tua dan kusam. Selain itu, kopi mengandung vitamin A dan vitamin E yang berperan untuk menghaluskan kulit.

Kandungan kafein yang ada dalam bahan alami kopi ternyata juga bisa membantu menghancurkan timbunan lemak yang berada di lapisan kulit. Manfaat ini dapat kamu rasakan setelah menggunakan masker atau lulur kopi selama beberapa menit.

Kandungan masker atau lulur kopi akan menutrisi kulitmu dengan baik. Seluruh kandungan mineral alami akan membuat kulitmu lebih sehat dan cantik secara alami.

Sebagai body massage
Kopi juga bisa dimanfaatkan untuk body massage, bahkan sudah ada beberapa tempat massage (tempat pemijatan) yang menggunakan kopi. Karena memang kopi yang dibalur di tubuh bisa memelihara kulit, menghaluskan kulit, melembabkan kulit dan bahkan mencegah keriput. Caranya dengan mencampur kopi dengan mentega. Setelah itu balurkan ke seluruh tubuh sambil melakukan pemijatan seperti biasa.

Mengurangi resiko kanker kulit
Kandungan kafein yang terkandung di dalam kopi ternyata dapat menghambat perkembangan enzim penyebab kanker kulit. Salah satu pemicu munculnya kanker kulit ini adalah akibat kulit sering terpapar oleh sinar ultra violet. Maka Anda dapat melindungi kulit dari pengaruh sinar ultra violet ini dengan menggunakan kopi. Caranya cukup mudah hanya dengan membalur kulit tubuh atau wajah Anda yang sering terpapar sinar matahari.

Menghilangkan selulit
Bahan yang terkandung dalam kopi juga baik untuk meminimalisir masalah selulit pada tubuh. Kopi berkhasiat mengencangkan kulit dan mengurangi, termasuk mengusir selulit.

Adanya selulit di tubuh membuat kulit menjadi terlihat tidak mulus. Karena selulit berupa garis-garis putih yang biasanya terdapat di paha, perut atau bahkan di bokong. Untuk mengatasi selulit ini Anda bisa menggunakan ampas kopi yang dicampur dengan minyak zaitun.

Menghilangkan bau di tangan
Setelah Anda memasak atau mengonsumsi ikan, biasanya akan meninggalkan bau amis atau bau rempah-rempah dari bumbunya. Bau amis atau bau bumbu seringkali meninggalkan bau yang menyengat dan sulit untuk dihilangkan. Untuk menghilangkan bau tersebut, Anda bisa menggunakan kopi.

Sebagai scrub kulit kepala
Tak hanya wajah dan tubuh, masker kopi juga bisa digunakan sebagai scrub kulit kepala. Langkah membuat masker kopi ini sangat sederhana. Cukup tuang beberapa sendok bubuk kopi secukupnya, aplikasikan pad akulit kepala seraya memijatnya dalam kondisi rambut basah selama dua menit. Bilas menggunakan sampo dan kondisioner. Trik ini membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan minyak berlebih pada kulit kepala.

Anggapan bahwa minum kopi dapat mengganggu kesehatan memang benar tapi juga tidak 100% benar. Karena kopi mempunyai manfaat baik juga untuk kesehatan tubuh. Tetapi ada baiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan, minimal cukup sehari sekali. Sedangkan bila kopi digunakan untuk perawatan kulit cenderung tidak memberikan efek samping untuk kulit, kecuali bila kulit ada masalah dengan alergi bahan tertentu. Efek samping masker kopi biasanya akan timbul bagi para pemilik kulit sensitif. Kulit sensitif akan sering merasakan gatal-gatal, kekeringan, dan iritasi. Namun, jika anda menggunakan pelembab ringan setelah pemakaian masker kopi, efek samping tersebut bisa ditangani.

Begitu banyak manfaat kopi yang bisa kamu pakai sebagai pelengkap perawatan wajahmu. Silahkan mencobanya dan temukan rahasia cantik alamimu sekarang juga.

Demikianlah informasi mengenai manfaat kopi untuk kecantikan. Jika anda menggunakan secara teratur, anda akan mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu, dengan tambahan madu, telur, dan minyak zaitun, akan memaksimalkan mafaat masker kopi tersebut.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...