Tuesday 26 February 2019

Berbagi Tips: Cara Memilih Tas Ransel yang Tepat


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Cara Memilih Tas Ransel yang Tepat

Beragam cara bisa dilakukan untuk menjadi lebih percaya diri. Selain adanya dorongan dari dalam diri tentang kemampuan kita, penampilan juga menjadi salah satu yang dapat menunjang kepercayaan diri kita.

Penampilan yang baik dapat terlihat dari pemilihan fashion yang kita gunakan seperti kecocokan pakaian kita dengan aktivitas yang dilakukan. Namun, penampilan tidak hanya berpusat pada pakaian saja. Aksesoris pendukung pun harus disesuaikan dengan aktivitas yang dilakukan.

Saat ini tas tidak hanya sekedar menjadi aksesoris fashion saja. Tas menjadi sebuah kebutuhan yang selalu bisa menyempurnakan dan banyak membantu kegiatan sehari-hari. Tas menjadi salah satu fashion item yang wajib dimiliki oleh setiap perempuan. Kaum urban juga menganggap tas sebagai aksesori penting yang keberadaannya sudah tidak bisa lagi dipandang sebelah mata. Namun, berbagai model dan jenis tas yang ditawarkan mungkin terkadang membuat Anda bingung, kapan waktu yang tepat untuk memakainya. Oleh karena itu, membutuhkan banyak pertimbangan untuk mendapatkan tas yang cocok dengan selera serta aktivitas keseharian.

Tas adalah tempat atau wadah yang digunakan saat Anda sedang bepergian. Namun selain berfungsi untuk membawa barang bawaan, tas juga memiliki fungsi sebagai penunjang penampilan Anda supaya tampil lebih trendy.


Tas adalah salah satu item wajib yang menjadi bagian hidup hampir semua orang. Dalam memilih tas, seseorang mempunyai pertimbangan sendiri mulai dari jenis tas, warna, model ataupun trend terkini. Bagi kalangan remaja yang tahu tentang fashion, dalam memilih tas perlu pertimbangan yang tepat supaya sesuai dengan busana serta acara.

Hampir setiap perjalanan Anda entah itu untuk ke kantor ataupun sekedar hangout selalu membawa tas, dan nyatanya item tas telah menjadi fashion item yang wajib untuk dimiliki, umumnya kaum hawa memang lebih rempong dalam membawa berbagai macam barang ketika akan pergi. Sehingga dituntut untuk harus menyiapkan tas dalam ukuran yang pas agar semua kebutuhan masuk ke dalamnya.

Tas menjadi salah satu kelengkapan fashion yang tidak dapat dipisahkan dari para wanita. Nyatanya, terdapat sebagian orang yang tidak suka membawa barang bawaan dengan tangan kosong serta cenderung tidak merasa nyaman untuk membawa telepon seluler dan dompet mereka hanya dengan meletakkannya di saku. Karena itulah sebagian orang lebih suka membawa barang bawaannya dengan tas, meskipun hanya berisi telepon seluler dan dompet saja. Namun ada juga sebagian orang yang selalu membawa banyak barang mulai dari perlengkapan make-up, hingga peralatan kuliah dan kerja, sehingga tas sangat diperlukan untuk membantu mereka.

Tas memang memiliki beraneka ragam jenis yang dibuat dengan ukuran dan fungsi yang berbeda-beda. Tak hanya untuk menyimpan barang saja, penggunaan tas yang sesuai juga bisa membuat Anda semakin bergaya dan menjadi semakin percaya diri.


Mendapatkan tas yang sesuai keinginan, memang sulit karena setiap orang memiliki alasan masing-masing dalam menentukan pilihannya. Ada yang lebih mengutamakan fungsi, mengikuti tren yang sedang populer, fanatisme terhadap suatu brand, atau hanya sekadar nyaman saat dikenakan.

Bagi sebagian orang, memilih tas tidak hanya berdasarkan besar dan kecilnya ukurannya, namun juga harus disesuaikan dengan style dan fashion mereka. Oleh karena itu banyak produk penyedia tas menyediakan berbagai pilihan jenis tas yang sangat cocok sesuai kebutuhan, mulai dari fungsi dan kegunaannya, hingga kebutuhan fashion.

Semakin banyaknya peminat tas membuat para produsen memproduksi beragam model tas untuk memenuhi permintaaan. Bahan yang digunakan untuk pembuatan tas pun sangat bervariasi, mulai dari kanvas, kulit, kain, hingga serat kayu dan rotan.

Aksesori produk juga selalu datang dalam berbagai ukuran, pola, bahan atau jenis yang tidak pernah ada habisnya, termasuk tas. Inilah sebabnya mengapa ketika Anda mencari tas yang tepat, terdapat serangkaian langkah yang perlu Anda ikuti dan beberapa aspek yang harus Anda fokuskan supaya tidak kewalahan dengan opsi-opsi yang beragam di pasar.


Tas ransel atau backpack adalah sejenis tas khusus yang memberikan keuntungan berbeda dari tas-tas lainnya. Tas ransel bisa membantu Anda menyimpan banyak barang, membebaskan lengan dan tangan saat dipakai, serta nyaman dan menopang tubuh manusia. Jadi, wajar saja kalau tas ransel menjadi pilihan tas populer untuk pria dan wanita segala usia dan digunakan dalam banyak situasi.

Tas ransel adalah kebutuhan penting bagi banyak orang, mulai dari pencinta aktivitas luar ruangan hingga karyawan kantor. Meskipun saat memikirkan tas ransel, hal pertama yang terbayang biasanya adalah pendaki atau seseorang di alam yang membawa tas kebesaran. Meskipun ukuran tas ransel ini wajar, sebenarnya ada banyak jenis tas ransel yang berbeda saat ini. Jadi, Anda bisa mencari jenis tas ransel yang sesuai dengan kebutuhan.

Tas ransel juga merupakan aksesori sederhana dengan satu tas besar yang menempel pada tubuh dengan tali atau strap di bahu dan digendong di punggung Anda. Meskipun sepertinya sederhana, ada banyak variasi, fitur, dan spesifikasi yang menjadikan tas ransel sebagai jenis tas paling serbaguna.

Sekarang banyak sekali beberapa tas ransel yang diproduksi dengan motif yang dirancang dengan tujuan agar terlihat fashionable oleh penggunanya. Apalagi jenis tas ransel sendiri juga sangat bervariasi. Ada yang digunakan untuk sekolah, kuliah, olahraga bahkan terdapat model Backpack dan Rucksack.

Meskipun tas ransel awalnya digunakan untuk mendaki dan berkemah, kini tas ransel bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari dengan berbagai penggunaan. Mayoritas pemilik tas ransel masih menggunakannya untuk aktivitas luar ruangan dan aktif. Tapi, perkembangan tas ransel selama bertahun-tahun membuat tampilan dan kegunaan tas ransel berbeda dengan model-model awalnya.


Tas backpack merupakan salah satu model tas yang banyak digunakan untuk berbagai keperluan atau kegiatan, mulai dari sekolah, kerja, atau bahkan travelling maupun jalan-jalan. Yang menjadikan seseorang tertarik akan tas ini dikarenakan modelnya yang simple serta memberikan rasa nyaman dan aman ketika digunakan.

Agar bisa bepergian dengan aman dan nyaman sambil membawa barang di tas ransel, Anda harus memperhatikan keamanan barang-barang berharga yang Anda bawa. Tas ransel adalah aksesori bermanfaat yang memungkinkan kita untuk bepergian dari satu tempat ke tempat yang lain tanpa membawa banyak barang di tangan dan memastikan barang kita tersimpan dengan baik.

Faktor-faktor penting lain yang harus Anda pertimbangkan dalam membeli tas ransel adalah segi kenyamanan, daya tahan, dan juga harga. Yang tidak kalah pentingnya, tampilan. Karena memiliki tas ransel laptop yang baik bukan berarti harus mengorbankan penampilan profesional.

Anda juga perlu memperhatikan fitur yang dimiliki tas ransel yang ingin Anda miliki seperti anti-theft, tahan air, dan cukup kuat untuk membawa beban barang Anda. Misalnya, untuk membawa laptop, buku dan catatan. Saat ini, tas ransel juga telah dilengkapi dengan fitur port pengisian USB yang bagus, sehingga memungkinkan Anda untuk mengisi daya ketika bepergian. Tidak semua tas ransel dibuat sama. Tas ransel memiliki sederet fitur yang masing-masing didesain untuk gaya hidup dan kebutuhan yang berbeda.


Namun untuk lebih mendapatkan rasa nyaman, tentu saja Anda perlu memilih model, ukuran dan juga jenis bahan yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan pemahaman yang benar tentang kegunaan tas ransel, kamu akan lebih menghargai tas ransel di lemarimu atau berniat untuk membeli tas ransel terbaru dan terbaik di pasaran. Dan untuk itu, Anda bisa melakukan beberapa panduan dibawah ini untuk memilih tas ransel/backpack yang sesuai.

Sesuaikan dengan kebutuhan Anda
Sebelum anda membeli backpack atau tas ransel, Anda harus terlebih dahulu mengetahui atau memastikan seperti apa tas yang dibutuhkan atau untuk apa tas digunakan serta jika digunakan untuk bepergian, Anda bisa memperkirakan seberapa lama Anda pergi. Karena dengan menentukan untuk apa tas itu digunakan, dan apa yang akan dibawa, maka Anda akan mudah memilih model, jenis dan ukuran dari tas yang sesuai dengan kebutuhan Anda.


Jika kegunaan tas hanya difungsikan untuk kegiatan sehari-hari maka Anda bisa memilih jenis tas dengan ukuran yang lebih kecil namun sesuai dengan isi yang akan Anda bawa. Untuk itu, tujuan utama penggunaan dari tas menjadi hal utama yang perlu diperhatikan dalam memilih tas backpack.

Untuk sebagian orang, memiliki banyak kompartemen yang berguna akan membantu agar barang tetap tertata rapi. Fitur ini sangat penting, terutama untuk mereka yang membawa banyak barang kecil dalam tas ransel seperti kabel, headphone, kalkulator, tablet, ponsel, kunci, paspor, laptop dan lainnya. Meskipun begitu, ada juga beberapa orang yang lebih menyukai tas ransel perjalanan minimalis dengan sedikit kompartemen. Memilih gaya tas ransel dengan jumlah kompartemen yang tepat dan fitur yang sesuai akan membantu Anda menata barang-barang sesuai keinginan.

Dibawah ini adalah beberapa jenis tas ransel sesuai dengan fungsinya:
-Tas ransel pendaki
Tas ransel kuat dan didesain untuk tahan terhadap kondisi-kondisi luar ruangan, baik super dingin maupun hujan. Tas ransel hiking biasanya lebih besar dari tas ransel lainnya karena digunakan untuk membawa banyak peralatan, sering kali juga digunakan untuk berkemah.

Tas ransel hiking memiliki banyak kompartemen untuk menyimpan semua barang dengan akses mudah dan terlindungi. Selain itu, tas ransel jenis ini harus nyaman karena akan dibawa sepanjang hari.

-Tas ransel laptop
Tas ransel laptop adalah gabungan dari dua hal: tas laptop dan tas ransel. Tas ransel ini memiliki ruang, kantung, atau kompartemen untuk menyimpan laptop Anda dan biasanya memiliki bantalan atau pelindung untuk mencegah kerusakan. Tas ransel laptop memiliki ruang-ruang untuk barang lain, tidak hanya untuk laptop, dan biasanya dipakai oleh profesional, mahasiswa, ataupun traveler.

-Tas ransel gym
Tas ransel gym biasanya lebih ringan dan kasual dari jenis tas ransel lainnya karena digunakan untuk membawa barang-barang lembut seperti handuk dan pakaian. Tas ransel gym menggunakan bahan breathable yang tahan bakteri akibat keringat yang menempel di pakaian dalam tas ransel. Tas ransel ini juga kadang tahan air untuk melindungi dari pakaian yang lembap atau keringat.

-Tas ransel anti-maling
Jenis tas ransel ini meliputi tas apa pun yang memiliki fitur anti-pencuri dan didesain untuk menjaga barang-barang Anda supaya tetap aman. Salah satu masalah tas ransel ini adalah akibat penempatannya, Anda tidak bisa melihat atau merasakan jika seseorang membuka atau merusak tas ransel.

Tas ransel anti-maling menggunakan pengaman seperti gembok, ritsleting tersembunyi, kantung rahasia, dan bahan yang tahan sayatan untuk mencegah pencurian.

-Tas ransel militer
Sesuai namanya, tas ransel ini adalah tas ransel militer yang didesain untuk dipakai oleh para tentara. Tas ransel militer kadang memiliki perlengkapan taktis seperti sabuk gesper yang bisa dilepas dengan cepat, panduan ski, dan ruang untuk senjata.

Tas ransel ini biasanya memiliki pola kamuflase dengan berbagai ukuran dan gaya. Beberapa orang memakai tas ransel kamuflase untuk bersantai karena terbuat dari bahan kanvas yang lebih ringan.

-Tas ransel dengan kegunaan khusus
Ada beragam tas ransel yang didesain untuk kegunaan tertentu, seperti tas ransel untuk perjalanan atau tas ransel pesepeda. Tas ransel jenis ini memiliki aksesori dan kompartemen khusus yang akan disesuaikan dengan pemilik mereka dan aktivitasnya. Biasanya, tas ransel ini tidak serbaguna seperti tas ransel biasa.

-Tas ransel sekolah
Tas ransel sekolah memiliki beragam bentuk dan ukuran dan cocok untuk dipakai anak TK hingga mahasiswa. Desain tas ransel ini cukup sederhana dan kadang memiliki tempat untuk laptop. Tapi, tas ransel ini biasanya lebih kasual dan ringan dibandingkan dengan jenis tas ransel lainnya.

Pilihlah model sesuai yang Anda inginkan
Dalam memilih tas ransel Anda juga harus memilih model yang memang sesuai dengan kebutuhan dan juga karakter. Jika Anda seorang cowok akan cocok jika menggunakan tas yang berwarna gelap dan kuat seperti hitam, coklat atau biru dengan model kotak. Jika Anda seorang cewek yang menyukai warna dan bunga. Maka, Anda dapat mencoba tas ransel yang memiliki corak bunga sebagai tas sehari-hari Anda.


Ada banyak pilihan tas ransel di pasaran dengan harga terjangkau serta banyak merek bagus yang memproduksi tas ransel kelas dunia dan awet selama bertahun-tahun asalkan Anda merawatnya. Jadi, meskipun anggaran terbatas, menemukan tas ransel dengan gaya yang tepat bukanlah suatu hal yang sulit.

Bentuk tas ransel biasanya persegi atau persegi panjang dengan sedikit perbedaan, tergantung fitur-fitur lainnya. Dan tentunya, tas ransel persegi panjang adalah bentuk terbaik untuk mengemas barang-barang secara efisien serta sebagai tempat menyimpan barang lain seperti laptop ataupun tablet dengan aman. Terdapat juga tas ransel yang memiliki bentuk lonjong dengan diameter yang nyaris sama dari atas sampai ke bawah. Di era sekarang telah banyak juga tas ransel yang memiliki bentuk melengkung, sehingga memberikan ruang antara punggung Anda dengan ransel. Ruang ini berfungsi sebagai sirkulasi udara yang dapat membuat punggung Anda bisa bernafas dengan cukup. Dan, bentuk tas ransel akan mempengaruhi pula cara memasukkan barang ke dalamnya.

Bentuk dan konstruksi tas ransel yang kuat juga sangat penting untuk mencegah barang Anda terbanting-banting saat berdesakan-desakan, terutama jika Anda sering bepergian. Carilah tas ransel yang kompartemen dan memiliki jahitan yang rapat. Kain tahan air, atau setidaknya memiliki penutup tas saat hujan, juga memberikan lapisan pertahanan dari cuaca buruk, terutama kalau Anda sering menggunakannya di luar ruangan atau Anda adalah traveler bisnis.


Tas ransel kini hadir dengan bermacam-macam gaya untuk menyesuaikan kebutuhan yang berbeda. Ada tas ransel kasual untuk siswa, ada juga tas ransel yang lebih elegan untuk profesional. Sebelum memilih desain, pertimbangkan apakah gaya tas ransel tersebut telah sesuai dengan gaya pribadi Anda atau tidak. Ingatlah, gaya tidak harus dikorbankan karena fitur. Banyak tas ransel saat ini didesain agar fashionable karena tidak seorang pun mau membeli tas ransel yang berguna namun tidak enak dilihat.

Pada tahun belakangan ini terdapat tas ransel yang dilengkapi dengan fitur roda yang dapat ditarik dan bukan diangkat dan jenis tas ransel inipun telah menjadi populer. Jenis tas ransel dengan fitur roda ini dapat menjadi pilihan yang baik untuk membawa barang-barang dengan bobot yang berat. Namun, perlu Anda ingat bahwa tas dengan roda akan lebih berat bahkan sebelum diisi karena terdapat tambahan kerangka, pegangan, serta rodanya. Jika tas ini untuk anak-anak, pastikan mereka dapat mengangkatnya karena bobot tas ransel jenis ini akan lebih berat dari tas ransel biasa. Tas ransel dengan roda akan lebih sulit untuk dipindahkan di tempat-tempat yang ramai seperti koridor yang sibuk saat acara pergantian kelas.Namun, tas ransel dengan roda akan sangat baik untuk membawa barang-barang yang berat seperti buku-buku pelajaran jika Anda tidak mau mengangkat atau menggendongnya di punggung Anda. Beberapa sekolah memiliki peraturan megenai tas beroda dan tidak memperbolehkan penggunaannya. Karena itulah periksalah sebelum membelinya.

Pemilihan warna tas ransel hendaknya lebih didasarkan pada keselamatan daripada kesukaan. Pilihlah warna ransel yang mudah terlihat. Penggunaan warna yang mudah terlihat ini bertujuan untuk memudahkan Anda untuk diketemukan ketika terjadi sesuatu hal. Hindari pula memilih ransel untuk travelling dengan warna yang mendekati warna alam, seperti warna hijau tua, coklat, hitam dan sejenisnya.


Model dan desain dari tas juga harus disesuaikan dengan berbagai faktor, yaitu usia, warna, dan juga selera si pemakai. Misalnya, jika Anda adalah seorang mahasiswa, janganlah membawa tas yang terlalu fullcolor dengan desain yang kekanakan. Ubahlah gaya tas Anda menjadi lebih dewasa dengan warna yang netral. Begitupun untuk mereka yang membawa tas ransel untuk bekerja, tas yang bisa dipilih sangat dianjurkan memiliki desain minimalis dengan warna yang gelap.

Pilih bahan yang berkualitas
Jangan lupa untuk memperhatikan kualitas bahan tas yang Anda pilih. Bahan akan menjadi dasar keawetan sebuah produk tas tersebut. Beragam bahan tas yang dapat Anda pertimbangkan sesuai kebutuhan. Misalnya, jika Anda butuh tas kuat dan berkesan elegan memilih tas dengan bahan canvas bisa jadi pilihan, pilihlah yang high quality canvas seperti daypack outdoor. Dan, jika Anda menginginkan tas kuat serta stylish maka Anda dapat memilih tas dari bahan dry denim. Warna tas denim yang unik akan mempunyai daya tarik tersendiri.


Tas ransel haruslah dapat melindungi dan menjaga barang saat Anda menjalani kehidupan sehari-hari. Inilah mengapa jangan berhemat ketika berurusan dengan kualitas. Hanya pengguna tas yang tahu dengan baik kualitas tas ransel mereka.

Dalam hal pemilihan bahan harus disesuaikan dengan kebutuhan dan aktifitas Anda. Jika aktifitas lebih banyak di area kontak air, maka usahakan memilih bahan yang tahan terhadap air. Jika membutuhkan tas ransel yang terkesan klasik dan tidak terlalu kasual, maka bahan kulit mungkin adalah pilihan terbaik. Pemilihna bahan kain juga dapat menjadi pilihan tepat karena mudah dicuci dan terasa nyaman saat digunakan.

Bahan yang berkualitas tentu saja akan menentukan pula harga dari tas backpack yang akan Anda keluarkan. Untuk bahan tas yang berkualitas tentu saja akan ada perbedaan harga yang cukup jauh.

Jika Anda memerlukan tas yang digunakan untuk travelling pilihlah yang terbuat dari jenis bahan polyester atau bahan waterproof yang dapat melindungi tas Anda dari air hujan dan sebagainya. Selain itu, bahan ini pun juga tidak mudah sobek sehingga tas akan lebih awet digunakan. Perhatikan pula kualitas jahitan dari tas yang digunakan supaya tas Anda awet dan kuat.

Model tas ransel zaman dahulu banya yang terbuat dari kanvas kapas, sehingga akan terasa ringan namun awet. Pada era sekarang ini, kita melihat semakin banyak bahan digunakan untuk membuat tas ransel. Beberapa bahan lebih bermanfaat untuk kegunaan tertentu dibandingkan bahan-bahan lainnya.

Dibawah ini adalah beberapa bahan yang dapat Anda jumpai ketika memilih produk tas ransel:
-Kain PVC
Ini adalah pilihan umum untuk tas ransel hiking dan berkemah karena didesain supaya tahan air, tahan lama, dan tahan api. Kain PVC kuat dan memiliki variasi berwarna-warni, sehingga memberikan sentuhan pribadi untuk pemakainya, bukan sekadar aksesori yang membosankan.

-Cordura
Dikenal sebagai salah satu bahan terkuat untuk tas ransel, banyak tas militer terbuat dari bahan ini. Cordura sering digunakan sebagai alas tas ransel karena sangat kuat, tetapi bahan ini bisa saja dipakai di mana saja. Bahan ini tahan gores dan tahan air, sehingga sangat bermanfaat.

-Nilon
Nilon biasanya dikombinasikan dengan lapisan khusus yang membuatnya tahan air. Jika tidak, bahan ini tidak berguna sebagai tas ransel. Tapi, saat dilapisi dengan bahan tahan air, kadang menyebabkan bahan nilon tersebut menjadi tidak breathable, sehingga cenderung ditumbuhi jamur jika tidak dirawat dengan baik.

-Nilon Rip Stop
Bahan ini adalah pilihan populer untuk tas ransel karena, sesuai namanya, bahan ini mampu mencegah robek. Jika Anda berada di luar ruangan dan tidak punya peralatan menjahit untuk menutup lubang, tas ransel berbahan nilon rip stop adalah pilihan terbaik untuk Anda.

-Kain Poliester
Kain ini membuat tas ransel tahan terhadap UV dan cocok untuk Anda yang sering membawa tas ransel ke luar ruangan. Meskipun bukan merupakan bahan yang ideal untuk tas ransel jika digunakan sebagai bahan mandiri, kain ini mampu mencegah kerusakan akibat matahari jika dikombinasikan dengan bahan kuat lainnya.

Hindari memilih bahan yang mudah robek serta mudah menyerap air, hal ini bisa Anda rasakan dengan meraba permukaannya. Pilih bahan dengan serat yang rapat dan licin, bahan seperti ini cukup untuk menahan pecikan air yang jatuh mengenai tas ransel. Bahan yang ringan juga akan membuat Anda tidak terlalu merasa lelah ketika harus menggendong tas ransel seharian.

Ukuran yang tepat
Jika Anda berencana akan untuk bepergian dalam jangka waktu yang lama, serta membawa barang dalam ukuran atau jumlah yang banyak, maka Anda tentunya membutuhkan jenis tas dengan ukuran yang besar.


Ukuran dari tas biasanya di hitung dalam bentuk liter dengan ukuran 20 liter sampai 80 liter bahkan lebih tergantung dari kebutuhan serta tujuan tas digunakan. Namun pastikan pula ukuran tersebut memang sesuai dengan kebutuhan Anda. Supaya Anda dapat membawanya dengan nyaman dan aman.

Anda harus mempertimbangkan ukuran dari barang-barang yang ingin disimpan dalam tas ransel saat memilih ukuran sebuah produk tas. Saat memilih tas ransel sesuaikan juga dengan gaya travelling Anda, karena setiap orang memiliki barang bawaan yang berbeda. Ada yang cukup dengan satu ransel untuk travelling selama seminggu, ada juga yang memerlukan satu ransel untuk travelling satu hari. Jangan sampai kenyamanan travelling Anda terganggu karena salah memilih ukuran ransel.

Jika Anda sering bepergian Anda membutuhkan tas ransel yang tidak berat dan memberikan tekanan pada bahu. Model tas ransel dengan fitur ergonomis seperti strap berbantal dan konstruksi tertimbang menambah kenyamanan, terutama saat membawa beban yang berat. Fitur lain yang mungkin ingin kamu pertimbangkan adalah strap pemindah beban, bentuk berkontur, atau penyeimbang.


Tas ransel bisa berupa tas sederhana seperti rucksack atau tas yang dibawa untuk ekspedisi kemah selama seminggu. Sehingga, memiliki ukuran dan bentuk yang beragam. Karena itulah, beberapa orang senang memiliki banyak tas ransel, sedangkan yang lain lebih suka salah satu jenis tas ransel. Semuanya tergantung pada individu dan situasinya.

Ukuran tas ransel biasanya diukur dalam satuan liter, mulai dari 25 liter hingga 75 liter. Untuk Anda yang menghabiskan beberapa minggu di luar ruangan, sekitar 55 liter adalah ukuran ideal. Anda bisa menambah atau mengurangi kapasitas, tergantung tujuan serta banyak barang yang dibutuhkan.

Rangka tas ransel cewek dan cowok memiliki bentuk serta ukuran yang berbeda. Mungkin sekilas akan terlihat sama. Namun, dampaknya akan terasa dalam jangka waktu lama. Cewek cenderung kurang cocok menggunakan tas ransel dengan rangka cowok karena memiliki torso yang relatif lebih pendek. Rangka tas ransel cowok cenderung lebih panjang sehingga menyulitkan cewek untuk mendongak karena tengkuknya akan terhalang rangka. Hal ini mungkin dianggap tidak penting, tetapi akan mengganggu Anda jika sering menggunakan tas ransel tersebut. Sebaliknya, cowok cenderung tidak bermasalah saat menggunakan tas ransel dengan rangka cewek, tapi ada kemungkinan rangka tersebut terlalu pendek dan kurang mendukung jumlah barang yang dibawa.

Memilih tas dengan jahitan yang kuat
Biasanya tas original sudah pasti mempunyai jahitan yang berkualitas. Tas dengan harga murah sering bermasalah pada jahitannya yang kerap copot saat membawa bahan berat.


Dan, hal itu sangat berbahaya jika Anda terbiasa membawa laptop dengan tas jahitan buruk, dapat berakibat fatal, copot ataupun terjatuh.

Perhatikan resleting ransel
Resleting memegang peranan penting dalam kemudahan Anda ketika memasukan dan mengeluarkan isi ransel. Dengan menggunakan tarikan, maka Anda akan tahu mana resleting yang berkualitas dan yang bukan. Pilihlah tas dengan kepala resleting yang bisa disisipkan gembok supaya lebih aman ketika Anda menitipkan tas ransel.


Resleting slek akan menjadi masalah umum pada tas, dan cukup sulit untuk memperhatikan bagus atau tidaknya resleting ketika masih baru. Indikasi utama adalah resleting yang tidak mudah tersendat oleh kain dibaliknya, jangan malu-malu untuk mengotak-atik resleting tas ransel sebelum Anda membelinya. Dan jika Anda harus membeli tas ransel secara online coba tanyakan kepada pembelinya bagaimana keadaan resletingnya bagus atau tidak, negosiasikan juga pemberian garansi terhadap produk yang dijual, karena jika resleting sampai slek, tentu akan membuat Anda menjadi bete.

Tas ransel klasik memiliki retsleting yang berawal dari bagian dasar satu sisi, melewati bagian atas, hingga ke bagian dasar sisi lainnya. Tas dengan ristleting penuh memberikan kemudahan dalam memasukkan dan mengeluarkan barang-barang yang besar atau beberapa barang sekaligus.

Ada beberapa jenis resleting yang cepat rusak maupun mudah tersendat oleh kain di baliknya. Cek apakah resleting tersebut lancar saat digunakan. Juga cek apakah mempunyai gigi resleting cukup rapi. Biasanya resleting dengan gigi-gigi yang memiliki ukuran tidak terlalu kecil lebih mampu untuk bertahan lama.

Fitur keamanan
Memilih tas ransel yang memiliki fitur keamanan sangatlah penting. Saat lelah karena bepergian, hal terakhir yang ingin Anda khawatirkan adalah pencopet atau pencuri. Saat ini, pencuri semakin pintar. Fitur-fitur anti-maling seperti ritsleting yang bisa dikunci, bahan anti-potong (cut proof), dan teknologi RFID akan sangat membantu melindungi barang-barang berharga milik Anda, dan memberikan keuntungan terpenting, yaitu ketenangan pikiran.


Saat ini banyak gaya tas ransel yang dilengkapi dengan fitur-fitur ekstra sehingga Akan sangat membantu membantu Anda. Fitur-fitur tambahan tersebut meliputi kantung berjaring di bagian luar untuk botol air minum, pengisi daya USB, ataupun strap reflektif.

Tas ransel adalah investasi terpenting. Dan jika Anda telah mendapatkan tas ransel yang sesuai dengan semua kebutuhan, Anda tidak perlu mengkhawatirkan kecelakaan atau kehilangan barang-barang yang Anda bawa.

Merk original jadikan prioritas
Jaman sekarang memang banyak barang KW/abal-abal, karena mungkin kemampuan daya beli masyarakat kita yang tidak bisa dipungkiri.


Bukan salah juga memakai produk KW karena seringkali harga barang original terlalu mahal.

Merawat tas ransel
Berapa pun harga tas ransel impian Anda. Namun, tas ransel bukanlah barang yang ingin Anda ganti dalam waktu dekat. Tas ransel yang kita miliki sangat sering digunakan dan beberapa jenis tas ransel bahkan menemani kita dalam setiap aktivitas luar ruangan. Jadi, kamu harus merawatnya supaya awet serta tahan lama. Tidak hanya membersihkan dan merawat, Anda juga harus berhati-hati saat memakainya untuk mencegah kerusakan sebelum waktunya.


Saat meletakkan sesuatu yang lembap atau basah ke dalam tas ransel, lebih baik Anda membungkusnya dengan bahan tahan air terlebih dulu. Bahkan, tas ransel yang terbuat dari bahan yang kuat seperti nilon bisa dengan mudah rusak disebabkan oleh air atau berjamur. Karena itulah, hindari meninggalkan barang-barang basah di dalam tas ransel. Jika tas ransel Anda basah, Anda dapat menjemurnya untuk mengeringkannya dengan angin dan jauhkan dari sinar matahari langsung hingga tas ransel Anda kering.

Setelah beberapa waktu, Anda mungkin ingin mencuci tas ransel untuk membersihkan dan membuatnya wangi serta segar kembali. Anda tidak boleh mencuci tas ransel di mesin cuci, apa pun petunjuk pencuciannya. Cara terbaik adalah mencuci tas ransel dengan tangan secara lembut dengan detergen ringan dan mengeringkan tas ransel Anda selama beberapa saat sebelum Anda gunakan kembali. Beberapa orang dengan mudah membuang tas ransel yang robek atau berlubang kecil. Tapi, masalah ini dapat dengan mudah ditambal. Anda hanya memerlukan peralatan menjahit untuk memperbaiki tas ransel. Banyak pendaki dan rombongan yang berkemah bahkan membawa peralatan menjahit sebagai antisipasi keadaan darurat seperti itu terjadi.


Seperti yang Anda tahu, tas ransel adalah tas paling serbaguna yang pernah dibuat. Jadi, menemukan tas ransel yang tepat untuk Anda memang membutuhkan waktu. Termasuk ketika Anda sedang mencari tas ransel dengan kegunaan khusus atau hanya menginginkan tas ransel serbaguna yang bisa dibawa dari pagi hingga malam.

Dan memang, menemukan tas ransel yang tepat bukanlah suatu perkara yang mudah, terutama dengan banyaknya fitur, bahan, dan spesifikasi yang ada saat ini. Manfaatkan waktu Anda untuk mencari tas ransel yang tepat dan jangan terburu-buru membeli karena bisa membuat Anda menyesal karena kegunaannya tidak sesuai dengan yang Anda harapkan.

Dengan tas ransel yang tepat di punggung, Anda akan siap menghadapi aktivitas apa pun dengan bergaya, nyaman, dan efisien.


Anatomi Tas Ransel
Desain tas ransel kadang sangat sederhana atau malah memiliki banyak bagian ekstra. Jadi, untuk mempelajari anatomi detail dari tas ransel, sebagai contoh disini akan menggunakan tas ransel hiking.


Inilah bagian-bagian yang akan Anda temukan pada tas ransel serta kegunaannya.
Tas
Tas adalah tempat Anda menyimpan barang-barang dan memiliki beragam ukuran serta bentuk. Beberapa tas memiliki beberapa kompartemen dan kantung di dalamnya atau hanya terdiri dari satu ruang besar. Ada ritsleting, gesper, dan kancing untuk menyimpan semua barang dengan aman di dalam.

Strap bahu
Kedua tali atau strap ini menempel di bahu Anda dan membantu membawa tas ransel supaya tetap menempel di tubuh. Strap bahu bisa tipis dan sederhana atau tebal dan memiliki bantalan, tergantung kebutuhan ergonomis dan beban yang dibawa.

Strap penstabil
Tali atau strap ini akan membantu menyesuaikan pusat gravitasi Anda saat menggendong tas dan sangat berguna untuk beban berat. Strap ini dapat dikencangkan atau dikendurkan, tergantung situasi, dan membantu pemakainya lebih stabil dan seimbang.

Strap pengangkut
Tali atau strap ini digunakan untuk mengangkat atau menurunkan tas menggunakan tali. Strap ini ideal saat Anda harus mendaki gunung atau tempat tinggi lainnya namun tidak bisa membawa tas di punggung Anda.

Strap pemampat
Saat tas tidak terlalu penuh, Anda bisa menggunakan strap pemampat untuk mengencangkan semuanya dan membuat barang-barang Anda lebih aman.

Strap dada
Tali atau strap ini digunakan untuk menghubungkan kedua strap bahu di bagian dada, sehingga tas menempel di tubuh Anda. Strap ini juga digunakan untuk mencegah strap bahu menarik bahu Anda ke belakang sehingga mempengaruhi postur tubuh Anda.

Letaknya mungkin agak aneh dan membuat Anda terlihat seperti lontong yang diikat kekencangan, tetapi sesungguhnya tali ini akan sangat membantu. Beban dari punggung akan didistribusikan ke pinggang dan dada jika tali tersebut dikancingkan dengan benar.

Perlu diperhatikan juga, tali pada tas ransel yang dirancang untuk cewek berbeda dengan ransel yang dirancang untuk cowok. Tali pada ransel cewek lebih berlekuk untuk menyesuaikan bentuk dada dan pinggang, sedangkan tali pada ransel cowok cenderung lurus.

Bantalan pinggang
Bantalan ini memberikan perlindungan ekstra untuk pinggang Anda dengan bantalan khusus yang bertopang pada punggung bagian bawah Anda.

Sabuk panggul
Tali atau strap lain yang digunakan untuk memindahkan beban ke panggul Anda untuk memberikan kestabilan dan keseimbangan yang lebih baik.


Anda memang sangat disarankan untuk memilih tas yang nyaman untuk anda gunakan. Baik dari segi ukuran, model ataupun jenis bahan yang digunakan supaya kegiatan Anda dapat berjalan dengan lancar serta menyenangkan. Perhatikan pula tas yang Anda gunakan terdapat bagian bantalan yang tebal sehingga ketika Anda membawa beban yang cukup berat, punggung Anda tidak merasa sakit.

Menggunakan tas ransel akan membebaskan kedua tangan Anda. Sehingga, Anda dapat lebih fokus pada hal lain. Dengan memiliki satu tas ransel saja bisa Anda gunakan untuk bekerja, sekolah, melakukan aktivitas di akhir pekan, mendaki, berkemah, bepergian, dan menjelajah. Dan, sebagian besar tas ransel saat ini didesain agar tahan cuaca serta kuat, sehingga Anda tidak perlu takut terhadap air yang akan masuk serta merusak barang berharga Anda.

Untuk melengkapi keamanan dan kenyamanan, Anda dapat memilih menggunakan tas dengan tambahan gembok atau alat pelindung tas lainnya sehingga tidak bisa di buka oleh orang lain ketika tas yang Anda bawa diwajibkan untuk masuk kedalam bagasi.


Kemungkinan masalah yang terjadi pada penggunaan tas ransel
Meskipun tas ransel telah terbukti sangat bermanfaat, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memakai tas ransel. Karena beberapa tas ransel yang berat serta tidak didesain dengan benar dapat menyebabkan orang mengalami cedera punggung, bahu, atau leher sementara bahkan permanen setelah beberapa lama memakai tas ransel.


Pemilihan produk tas ransel sangat penting karena berhubungan erat dengan kesehatan punggung. Memilih tas ransel secara asal-asalan, dapat menyebabkan sakit pada punggung Anda. Oleh karena itu, Anda harus memilih dan jika perlu berinvestasi, pada tas ransel yang baik. Tas ransel yang baik bukan berarti tas ransel yang memiliki harga mahal, namun yang terpenting adalah kualitasnya.

Hal diatas juga menjadi salah satu alasan mengapa produsen tas ransel kini lebih fokus pada fitur ergonomis yang mencegah masalah-masalah seperti diatas dan membuat model tas ransel lebih nyaman untuk digendong.

Orang-orang yang harus menggendong tas ransel dalam waktu yang lama, seperti pendaki dan rombongan yang berkemah, sangat terbantu dengan desain tas ransel yang ergonomis. Desain yang ergonomis mungkin juga akan membantu pengguna tas dalam mengurangi kelelahan mereka saat mendaki.

Pada tahun 2013, ada lebih dari 5.000 kasus cedera akibat tas ransel, yang harus dirawat di Amerika Serikat, sehingga masalah tersebut sangat penting untuk diperhatikan. Menggunakan salah satu aksesori serbaguna ini tidak membuat Anda membayangkan rasa sakit dan cedera. Tetapi, Anda bisa saja mengalaminya jika memakai tas ransel yang tidak sesuai, tidak didesain secara ergonomis, atau memiliki beban terlalu berat untuk tubuh Anda.


Sebagai aturan, Anda disarankan untuk tidak memakai tas ransel dengan berat lebih dari 25% berat tubuh Anda. Persentase ini menurun secara drastis untuk individu yang lebih muda dan tidak sehat secara fisik. Dan, dibawah ini merupakan beberapa efek jangka panjang dari membawa tas ransel yang berat atau memiliki desain buruk:
-Kemampuan bernapas berkurang akibat posisi dada yang tidak benar.
-Kerusakan tulang punggung dalam jangka waktu pendek dan panjang.
-Sakit kepala akibat leher yang tegang.
-Kejang otot dan sakit punggung selama dan setelah pemakaian.
Karakteristik tas ransel yang sedemikian rupa akan membuatnya menarik bahu kita dan mempengaruhi postur tubuh. Karena itulah, Anda harus membeli tas ransel dengan serius dan teliti. Saat berada di toko untuk membeli tas ransel baru, pastikan tas ransel memiliki fitur ergonomis yang tepat dan didesain dengan memperhatikan dukungan serta kenyamanan.

Jangan pernah menggendong dan membawa tas ransel hanya dengan satu bahu, meskipun menurut Anda hal yang demikian itu keren. Namun, hal tersebut bisa menyebabkan cedera serius pada bahu dan tulang punggung Anda karena beban yang tidak seimbang meskipun hanya sekali. Dan, saat Anda memakai tas ransel untuk pertama kali, luangkan waktu Anda untuk menyesuaikan strap bahu ke posisi yang tepat. Tas ransel harus digendong tinggi di punggung Anda dan strap bahu tidak boleh terlalu ketat di sekitar lengan.

Usahakan untuk menyeimbangkan beban saat membawa tas ransel Anda. Jika Anda menyadari tas ransel bergerak atau berayun dari satu sisi ke sisi lainnya saat Anda gunakan untuk berjalan, Anda harus mendistribusikan ulang beban. Ada beberapa tas ransel yang memiliki strap pengencang untuk mempermudah Anda. Anda juga disarankan untuk mempelajari cara mengemas ransel dengan efisien.


Manfaatkan strap tambahan pada tas ransel Anda seperti strap dada atau strap pinggang. Strap-strap tambahan tersebut didesain untuk menjaga tas supaya tetap stabil dan memberikan posisi menopang terbaik untuk tubuh Anda saat membawa beban berat.

Anak-anak tidak boleh membawa tas ransel dengan beban lebih dari 10 persen berat badan mereka, dan untuk dewasa, batasnya sekitar 25 persen. Jangan pernah membawa sesuatu yang terasa berat atau tidak nyaman karena bisa menyebabkan cedera serius.

Demikianlah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memilih tas ransel/backpack maupun sejenisnya, supaya tas yang Anda pilih lebih awet digunakan namun juga dapat memberikan rasa nyaman dan aman ketika Anda pakai.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...