Friday 6 March 2020

Berbagi Tips: Panduan Membeli Motor Bekas Secara Online Supaya Tidak Tertipu


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Panduan Membeli Motor Bekas Secara Online Supaya Tidak Tertipu

Memiliki sebuah kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil, menjadi impian bagi sebagian besar orang. Kendaraan kini sudah menjadi semacam kebutuhan bagi banyak orang. Dan, Bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar, kemacetan serta kepadatan kendaraan sudah seperti makanan sehari-hari. Tingkat mobilitas yang tinggi, akhirnya membuat mereka mencari jenis transportasi yang murah dan fleksibel. Tidak hanya itu saja, sepeda motor menjadi pilihan karena pertimbangan utama yaitu; konsumsi bahan bakar. Beragam alasan ini yang membuat banyak orang semakin melirik penggunaan sepeda motor. Alat transportasi harian yang mudah dipergunakan, cukup irit dalam konsumsi bahan bakar, dan sangat fleksibel ketika mengatasi kemacetan, dibandingkan dengan mobil, kini semakin banyak orang yang sudah mulai memertimbangkan untuk membeli sepeda motor sebagai alat transportasi alternatif mereka.

Sepeda motor menjadi pilihan yang paling banyak dicari masyrakat. Hal ini dikarenakan kendaraan jenis ini dianggap alat transportasi yang ekonomis, baik di kota maupun desa. Selain urusan mobilitas, sepeda motor juga dianggap lebih efektif dan efisien. Karena, mampu melibas jalanan macet, uang untuk ongkos membeli bahan bakar lebih tergolong irit. Namun seperti diketahui, untuk memiliki sepeda motor tidak harus baru dari dealer. Sebab, bagi mereka yang memiliki budget terbatas, motor bekas akan menjadi alternatif.

Setiap tahun terdapat lebih dari 10 model sepeda motor baru meluncur di Indonesia. Hal ini dimanfaatkan oleh beberapa konsumen untuk mengganti tunggangan mereka. Otomatis imbas dari pergantian motor terjadi pada banyaknya stok motor bekas pakai. Sama seperti model baru, penjualan motor bekas juga didominasi merek dan model tertentu. Menurut Agung Iskandar, Marketing dan CTx Director OLX Indonesia, Honda merupakan merek sepeda motor yang banyak dicari konsumen secara online. "Motor paling banyak dicari masih di segmen matik. Nomor satu itu masih Honda diikuti Yamaha lalu Suzuki, Kawasaki menyusul," kata Agung. Saat disinggung tentang model, Agung menegaskan Vario dan Beat masih menjadi primadona penjualan motor bekas di situs jual beli online OLX. "Vario dan Beat itu masih dua yang di atas. Kalau NMax fenomenanya beda. Kelasnya juga beda. Jadi jumlahnya juga beda. Tapi memang NMax termasuk yang paling banyak peminatnya," kata Agung. Dan, Khusus model sport, Agung menegaskan Kawasaki Ninja masih menjadi idola. "Memang kalau motor bekas di kelas 250 kan pertama kali itu Ninja, keduanya kalau enggak salah R25. Lalu untuk motor besar Harley Davidson," katanya.

Internet kini juga sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Internet pun kini tidak hanya digunakan sebagai alat untuk memermudah pekerjaan, tetapi sudah marak digunakan banyak orang sebagai alat transaksi jual beli. Tidak hanya sekedar alat jual beli kebutuhan sehari-hari, tapi juga saat mencari kendaraan bermotor.

Namun tidak bisa dipungkiri, dengan semakin banyaknya para penjual motor bekas yang ada sekarang ini membuat kita juga harus pintar dan jeli ketika ingin beli motor bekas. Karena tidak sedikit oknum yang menjalani bisnis jual beli motor bekas dari hasil kejahatan hanya demi meraup keuntung sendiri.

Membeli motor bekas dengan cara online seperti halnya membeli kucing dalam karung. Barang dan penjualnya tidak terlihat serta memberikan potensi pembeli untuk buntung. Lalu, bagaimana cara menghindarinya?  Menurut Anto, pegawai Mega Motor, Pondok Labu hal pertama yang harus dilakukan adalah mengecek harganya. "Cek harga mas, berapa pasaran motor yang mas incar di pasaran, kalau mas menemukan motor yang selisihnya lumayan jauh, patut dicurigai," ujar Anto, Pegawai Mega Motor saat bertemu GridOto.com. Kemudian, setelah dirasa cocok dan menemukan motor yang pas di lapak jual beli motor bekas online, jangan lupa untuk cek kondisi motor langsung. "Cek motor langsung ini meliputi kelengkapan motor seperti bodi ada yang baret nggak, kondisi mesin dan surat-suratnya lengkap atau enggak," Kata Anto. Dan, ketika sedang mengecek langsung, usahakan membawa teman yang mengerti motor yang akan dibeli atau mekanik kepercayaan kita. "Agar kalau kondisinya rusak parah bisa dibatalin atau ada kerusakan ringan sudah bisa dihitung biayanya," tambah Anto. Setelah semua cocok baik dari surat-surat dan kondisi motornya, barulah kemudian membuat perjanjian mengenai pembayaran.

Namun, jika menurut Anda cara-cara di atas terlalu merepotkan, Anto menyarankan untuk membeli motor bekas milik showroom yang dipasarkan melalui lapak jual beli online. "Kalau gak mau repot cek sana sini, ngurus macem-macem, bisa juga mencari motor bekas memang milik showroom yang dipasarkan di online. Biasanya kalau mau COD atau cash on delivery sudah lengkap semua mulai dari bengkel klaim sampe ngurus surat-suratnya," kata Anto.

Meningkatnya permintaan sepeda motor, menjadikan para penjual berusaha menjaring pembeli sebanyak-banyaknya. Bermacam cara dilakukan, mulai dari pemberian bonus hingga kemudahan pembelian. Oleh karena itu, para konsumen diharapkan bisa jeli sebelum melakukan transaksi pembelian.


Seiring berkembanganya era digitalisasi, proses jual beli pun sekarang semakin mudah. Tidak terkecuali barang bernilai tinggi seperti motor. Jika dulu motor bekas hanya dijual di showroom, sekarang motor bekas juga dijajakan melalui platform media sosial serta situs e-commerce.

Banyak orang yang kini sudah mulai melirik transaksi secara online melalui internet. Selain mudah dan fleksibel, transaksi secara online pun dikatakan sangat praktis dibandingkan dengan metode konvensional. Dalam melakukan pembelian secara online, banyak kemudahan yang didapatkan. Namun, faktor keamanan tetap harus menjadi perhatian utama. Sebab, cukup banyak pelaku penipuan berkedok jual beli motor bekas yang memanfaatkan kecanggihan internet dan calon pembeli yang masih awam.

Dunia internet memang berkembang sangat cepat, khususnya pada segi jual beli online, hampir segala macam barang bisa Anda beli hanya dengan membuka internet di komputer atau bahkan hanya melalui smartphone. Mulai dari barang murah hingga barang mahal bisa Anda dapatkan, namun dari kemudahan yang kita dapatkan disitu juga banyak penipuan yang bisa menghampiri kita kapan saja, kasus yang sangat sering terjadi dan dapat merugikan kita hingga puluhan juta rupiah adalah penipuan jual beli kendaraan, baik motor maupun mobil. Bagi Anda yang tertarik membeli motor bekas melalui platform online, wajib hati-hati. Terdapat beberapa hal yang patut diperhatikan sebelum melakukan transaksi pembelian sepeda motor secara online. Dan, berikut ini merupakan beberapa tips jitu dalam membeli sepeda motor secara online.


Cari informasi mengenai website dan penjual
Sebelum memutuskan untuk membeli motor di sebuah website atau marketplace online, pastikan situs atau marketplace tersebut terpercaya. Jangan mudah tergoda dengan iklan yang muncul di Google atau Facebook. Lakukan cek terlebih dahulu apakah ada testimonial dari orang yang pernah membeli apakah banyak buruknya atau baiknya, apakah mereka memiliki profil yang jelas, cek sosial medianya apakah aktif atau tidak, dan memiliki alamat kantor yang jelas. Cek juga berita terkait situs tersebut di Google, semakin Anda teliti, semakin kecil juga kemungkinan Anda akan tertipu.
Pastikan situs tempat Anda melakukan pembelian secara online tersebut memiliki Customer Service, Pengelola, atau pun orang yang mudah dihubungi layaknya asisten pribadi. Sehingga Anda bisa mengetahui dengan pasti proses pembelian motor Anda jika mengalami kendala setelah melakukan pembelian di tempat tersebut.
Ketika kita hendak melakukan transaksi pembelian secara online, hal pertama yang harus diperhatikan adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai penjual. Informasi yang didapatkan mengenai penjual, mulai dari nama pemilik, nama diler, hingga jenis dan jumlah barang yang diperdagangkan patut untuk diketahui oleh calon pembeli.
Tempat penjualan yang baik adalah tempat yang memiliki pelayanan yang baik. Bagi situs online sangat penting untuk memiliki pelayanan yang ramah dan baik pada calon konsumennya. Hal ini untuk meyakinkan orang-orang bahwa membeli motor secara online juga sama baiknya dengan membeli motor dengan datang ke dealer. Penting untuk Customer Service situs online memiliki kemampuan dalam meyakinkan calon konsumennya supaya pembeli merasa nyaman dan aman. Tempat belanja online yang baik biasanya memiliki CS yang selalu sabar dalam menghadapi pertanyaan dari calon konsumennya sampai berhasil terjadinya transaksi.
Memilih penjual yang benar ketika akan membeli motor bekas menjadi tips gampang-gampang susah. Karena seperti yang telah dijelaskan diatas, tidak sedikit penjual nakal yang hanya bertujuan untuk mencari keuntungan pribadi. Jadi sebelum Anda beli motor bekas, sangat dianjurkan untuk mencari terlebih dahulu informasi tentang penjual motor bekas yang sudah memiliki reputasi baik atau bisa lewat teman yang memiliki koneksi ke para penjual motor bekas.
Jika penjual motor mengaku polisi, tentara, atau pengusaha sukses, Anda perlu berhati-hati dan harus teliti, biasanya penipu melakukan hal tersebut agar lebih meyakinkan pembeli. Jangan langsung percaya begitu saja.
Untuk lebih meyakinkan, suruhlah penjual untuk memfoto motor tersebut bersama dirinya yang sedang membawa KTP, foto harus jelas dan KTP dapat terbaca dengan baik. Mintai juga foto dirinya yang sedang membawa BPKB, STNK, KTP dan surat lain yang dibutuhkan. Dan, semua berkas tersebut harus dapat terbaca dengan jelas.
Mencari tahu identitas dan riwayat si penjual juga sangat disarankan. Kepala Marketing Antara Motor, Dwi Aryanto memberi nasihat “Lihatlah rating dari diler atau pelapak tersebut. Kalau jualannya di OLX, bisa lihat sudah berapa lama dia jualan motor. Kemudian bisa dilihat juga indikator bintangnya. Karena kepuasan pelanggan bisa terlihat dari situ," kata Dwi, saat bertemu detikcom, di Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Cari informasi mengenai sepeda motor yang ingin dibeli
Setelah mengetahui seluk-beluk mengenai calon penjual, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah mencari tahu mengenai sepeda motor yang diinginkan. Informasi mengenai sepeda motor yang diinginkan, baik motor baru atau bekas, kini bisa didapatkan secara mudah. Biasanya, calon penjual sudah memasukkan data-data mengenai sepeda motor yang akan dijual seperti jenis, tahun pembuatan, fitur-fitur yang ada, hingga spesifikasinya.
Anda memang harus memastikan terlebih dahulu tipe motor yang ingin anda beli. Hal ini untuk menghemat waktu Anda dalam mencari motor bekas yang akan di beli. Motor bekas dari berbagai jenis, seperti motor bebek, motor sport, atau motor trail pun bisa Anda temui secara online.
Untuk mengetahui harga pasaran motor bekas yang diincar, Anda bisa mencari informasi dengan cara melakukan survey kecil-kecilan di situs jual beli online atau bertanya ke forum jual beli motor bekas di media sosial. Kepala Marketing Antara Motor, Dwi Aryanto juga memberi penjelasan “Intinya jangan tergiur tawaran harga di bawah standar. Contoh Honda BeAT 2019 harga pasarannya masih di angka Rp 12,5 juta, Rp 12,7 juta, sampai Rp 13,5 juta. Misalnya ada yang menawarkan di harga Rp 8 juta Rp 7 juta. Itu jangan tergiur. Itu biasanya kedok penipuan atau unitnya memang tidak bagus," kata Dwi.

Cari informasi mengenai metode pembayaran
Setelah mendapatkan semua informasi mengenai calon penjual dan sepeda motor yang diinginkan, informasi selanjutnya yang harus didapatkan adalah mengenai metode pembayaran jika terjadi transaksi jual beli. Metode pembayaran bisa berupa tunai atau kredit. Jika mengajukan pembayaran secara kredit, ada beberapa hal yang patut diperhatikan, seperti besarnya uang muka, jangka waktu pembayaran, suku bunga kredit, hingga klaim asuransi.
Melakukan pengecekan harga sesuai dengan yang ada pada gambar sangat penting untuk Anda lakukan ketika melakukan transaksi secara online. Karena harga motor sering berganti-ganti, kadang tiap minggu atau bulanan. Jika situs online tersebut memiliki CS yang mudah dihubungi, Anda bisa bertanya langsung untuk mengkonfirmasi kebenaran harga maupun diskon yang tertera. Pada saat akan checkout keranjang belanjaan, pastikan juga harga yang tercantum telah benar.
Jika Anda melakukan pembayaran secara online melalui media website, pastikan situs tersebut memiliki metode transaksi yang aman. Pada saat akan membayar, lihatlah nomor rekening bank yang dituju. Tempat jual beli online yang baik adalah memiliki nomor rekening bank yang sesuai nama situsnya atau menggunakan nama perusahaan. Jika menggunakan nama perorangan, sebaiknya lakukan konfirmasi dengan CS tempat Anda membeli.
Meminta kejelasan berapa dan bagaimana biaya yang harus dibayar sangatlah perlu untuk dilakukan, jangan sampai ditengah-tengah negoisasi, penjual meminta uang untuk syarat pengiriman motor, hal semacam ini haruslah dijelaskan sejak awal, jika terpaksa ada biaya tambahan, Anda bisa melunasinya jika barang sudah sampai ditangan, dan biaya tersebut harus jelas alokasinya.


Melakukan transaksi pembelian secara online memang memermudah calon pembeli untuk mendapatkan kendaraan yang diinginkan. Meskipun begitu, metode konvensional ketika hendak membeli sepeda motor, di mana calon penjual dan pembeli saling bertemu, tetap harus dilakukan. Hal ini untuk menjamin sepeda motor yang diidamkan memang sesuai dengan informasi yang didapatkan. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan usai mendapatkan informasi mengenai sepeda motor yang diinginkan.

Datangi lokasi lapak penjualan
Apabila semua informasi terkait dengan jual beli sepeda motor secara online sudah didapatkan, maka hal selanjutnya adalah mendatangi lokasi lapak yang bersangkutan. Meskipun informasi yang didapatkan dari internet sudah valid. Namun, tetap saja harus mendatangi diler yang menjual sepeda motor yang diinginkan. Hal ini dilakukan untuk memastikan kalau calon penjual memang benar ada dan tidak fiktif. Selain itu juga untuk memastikan jika sepeda motor yang akan dijual memang tersedia.
Jika penjual berlokasi dekat dengan kita atau bisa kita jangkau, sangat dianjurkan kepada Anda untuk langsung menemui dan melihat motor yang ingin dibeli dan melakukan transaksi ditempat. Hal ini untuk mengurangi resiko penipuan, karena sering sekali penipuan terjadi jika barang yang dijual berada jauh dari pembeli dan diharuskan kirim melalui kargo. “Jadi observasi langsung ke lapangan. Dicek, sesuai deskripsi di iklan nggak," kata Dwi memberi penjelasan. Intinya, kendati membeli melalui skema online, pengecekan langsung terhadap unit motor wajib dilakukan. Jadi jangan sekali-kali men-transfer uang pembelian sebelum mengecek kondisi motornya.
Dan, jika penjual berada ditempat yang tidak memungkinkan untuk Anda datangi secara langsung atau berbeda pulau dengan kita, sebaiknya Anda lebih berhati-hati. Sangat disarankan kepada Anda untuk mencari orang yang benar-benar bisa dipercaya seperti saudara atau teman untuk menemui penjual, mengecek kendaraan dan melakukan transaksi, supaya lebih meyakinkan.
Mendatangi lokasi penjual untuk mengecek kondisi fisik motor bekas yang ingin Anda beli memang sangat disarankan saat Anda bertransaksi secara online ataupun offline. Beberapa bagian fisik motor yang harus anda cek antara lain, kondisi bodi, spion, baut, dan lain sebagainya. Usahakan anda mencari motor bekas yang seluruh bagiannya masih parts original.

Ajak teman yang mengerti tentang sepeda motor
Mengajak teman yang lebih mengenal mengenai sepeda motor tidak ada salahnya, karena sudut pandang orang kedua memang dibutuhkan. Apabila calon pembeli memang tidak mengerti sama sekali mengenai sepeda motor, pendapat dari rekan yang lebih memahami mengenai sepeda motor sangat penting. Dari situ, calon pembeli bisa mendapatkan informasi secara lebih detail.


Jika calon pembeli sudah puas dengan informasi yang didapatkan, baik melalui internet atau pun melalui penjual secara langsung, maka transaksi jual beli bisa langsung dilakukan. Jika penjualan dilakukan secara tunai, maka yang patut diperhatikan hanyalah masalah kelengkapan berkas. Namun, jika calon pembeli ingin melakukan transaksi pembelian secara kredit, maka ada beberapa hal yang patut dilakukan sebelum terjadinya transaksi jual beli. Antara lai, yaitu :

Menentukan lembaga penyalur kredit
Ketika sudah terjadi kesepakatan untuk melakukan pembelian sepeda motor secara kredit, maka yang patut menjadi perhatian utamanya adalah menentukan lembaga penyalur kredit. Dari sini, bisa diketahui besarnya uang muka yang harus dibayarkan, besaran bunga, dan juga jangka waktu kredit yang dibutuhkan. Namun, calon pembeli juga harus jeli menentukan lembaga kredit yang kredibel dan terpercaya.

Lengkapi persyaratan pengajuan kredit
Apabila sudah menentukan lembaga penyalur kredit, hal berikutnya adalah melengkapi persyaratan untuk pengajuan kredit pembelian sepeda motor. Kelengkapan persyaratan dibutuhkan untuk menentukan seberapa cepat respon lembaga pembiayaan untuk kredit sepeda motor yang diajukan. Jika semua hal tersebut sudah dilakukan, maka calon pembeli tinggal menunggu kedatangan sepeda motor yang diidamkan.

Tidak dapat dipungkiri, teknologi internet memang mempermudah mereka yang ingin melakukan transaksi jual beli kendaraan, baik mobil maupun sepeda motor. Segala macam informasi bisa didapatkan oleh calon pembeli sebelum melakukan transaksi. Meskipun demikian, segi keamanan ketika melakukan transaksi secara online, haruslah dilakukan. Kehati-hatian tetap harus dilakukan, sebab kerugian bisa menimpa salah satu atau pun kedua belah pihak.

pasang iklan disini




loading...