Tuesday 5 May 2020

Cantik Sehat : Manfaat Penggunaan Toner Wajah Dalam Rangkaian Skin Care


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Manfaat Penggunaan Toner Wajah Dalam Rangkaian Skin Care

Kulit wajah yang sehat tentu menjadi dambaan semua orang, baik perempuan maupun laki - laki. Untuk memiliki wajah yang mulus dan bersih diperlukan perawatan pada wajah secara tepat. Oleh sebab itu, sangat penting untuk merawat kulit wajah dengan benar. Banyak orang saat ini yang mulai memperhatikan kondisi kulitnya dan mulai menggunakan serangkaian produk perawatan kulit. Skin care atau perawatan kulit sendiri adalah produk-produk yang digunakan khusus untuk merawat kulit.
Dan, banyaknya kosmetik yang hadir di pasaran membuat orang terkadang menjadi bingung apa tujuan dari setiap produk. Seperti halnya toner, mungkin tidak sedikit orang yang masih bertanya-tanya mengenai fungsi toner dalam ritual kecantikan kulit wajah.
Membersihkan kulit wajah dengan sabun wajah saja tidak cukup. Supaya semua kotoran dan minyak di kulit wajah terangkat sempurna, diperlukan rangkaian perawatan yang salah satunya adalah toner.

Menurut Dr. Cynthia Jayanto, Toner adalah bagian dari rangkaian perawatan dan kecantikan kulit dengan bahan dasar solution atau cairan yang mengandung kandungan tertentu yang disesuaikan dengan kondisi kulit. Fungsi utama Toner untuk kulit wajah adalah untuk mengangkat sisa-sisa kotoran di wajah yang belum terangkat setelah mencuci muka dengan sabun. Setelah menggunakan Toner, kulit wajah akan terasa segar, serta produksi minyak pada kulit wajah akan lebih terkontrol. Selain itu, masih banyak lagi manfat dari toner yang akan didapatkan dan rasakan pada kulit wajah saat menggunakannya.


Toner dikenal sebagai produk perawatan kulit yang fungsinya untuk mengangkat sisa kotoran dari kulit wajah. Sebuah produk kosmetik yang wajib ada dalam rangkaian skin care. Penggunaan toner akan menghasilkan sensasi segar di wajah. Toner yang juga dikenal dengan nama astringent, namun clarifieratau water refiner ini ternyata tidak hanya berguna untuk membersihkan kulit, tetapi juga memiliki beragam fungsi lain bagi kesehatan kulit. “Tidak hanya membersihkan residu seperti minyak dan sisa makeup pada wajah, tapi juga menenangkan, memperbaiki, dan menghaluskan kulit dengan mengurangi tampilan bintik hitam serta meminimalisir kemerahan dan peradangan,” kata dermatologist dr. Joel Schlessinger. Selain itu toner juga bisa mempersiapkan kulit Anda sebelum memakai serum dan perawatan anti-aging. Tujuannya supaya kandungan dari bahan-bahan tersebut lebih maksimal terserap ke kulit wajah.

Toner wajah pada dasarnya adalah langkah perawatan kulit di sela-sela skincare. Biasanya, toner digunakan setelah Anda mencuci wajah dan sebelum Anda menggunakan serum atau pelembap. Salah satu perlengkapan perawatan wajah ini juga bekerja untuk menyingkirkan minyak berlebih dan kotoran membandel.
Toner juga digunakan untuk menyeimbangkan pH kulit setelah melakukan proses pembersihan wajah dengan sabun ataupun produk cleanser yang lain. Dan, seiring berjalan waktu, toner memiliki banyak varian dengan kandungan dan manfaat berbeda-beda. Sekarang, banyak toner yang berbasis air, sehingga sedikit yang menggunakan alkohol.
Dalam 10-Step Korean Skin Care Routine, penggunaan Toner merupakan salah satu step di dalamnya. Tak hanya menjadi salah satu step terpenting dalam 10-Step Korean Skin Care Routine, Toner juga sempat menjadi produk yang booming di Korea berkat adanya tren 7-Skin Method.


Secara umum, Toner merupakan cairan berbasis air dengan konsistensi mirip seperti cuka. Produk kosmetik ini mengandung bahan aktif yang mampu untuk membantu mengatasi berbagai masalah kulit wajah yang lebih spesifik. Dalam rangakain skin care, toner adalah bagian dari skin care yang digunakan setelah membersihkan dan mencuci wajah menggunakan cleansing water atau juga facial wash. “Toner penting untuk mengangkat sisa pembersih, make up, sel-sel kulit mati, dan debu tersisa dan tidak berhasil dibersihkan oleh wajah pembersih. Fungsinya mirip pembilasan pada pencucian baju. Setelah pencucian baju, tentu butuh dibilas kan?” kata Dawna Sanderson, Franschise Training Manager The Body Shop Asia Tenggara.
Cairan yang berbasis air ini mengandung bahan aktif yang dapat membantu mengatasi masalah-masalah kulit. Tidak hanya membantu menghilangkan kotoran seperti minyak dan sisa make up. Penggunaan toner juga bisa membantu menenangkan, memperbaiki, dan menghaluskan permukaan kulit. Toner sering digunakan pada bagian kulit wajah dan pada kulit secara keseluruhan atau skin toner. Produk kosmetika ini biasa digunakan setelah membersihkan wajah dengan pembersih atau sabun pencuci muka. Bisa dikatakan bahwa toner adalah tahap kedua dari membersihkan wajah yang artinya toner mampu membersihkan berbagai kotoran wajah yang tidak bisa dibersihkan oleh cleansing water dan juga facial wash. Dan, secara umum produk kosmetika ini memang bekerja untuk membersihkan wajah. Dr. Alicia Zalka, dermatolog dari Yale, juga menyatakan bahwa produk Toner dapat membantu penyerapan produk skin care lainnya, untuk memberikan hasil penetrasi lebih cepat. Namun, hal ini hanya berlaku untuk kulit lembap, karena kulit lembap dapat menyerap produk topikal lebih baik dari kulit kering.

Toner merupakan produk perawatan kulit yang digunakan pada wajah dengan menggunakan kapas. Teksturnya encer, berbahan lembut, dan tidak iritatif, sehingga cukup aman digunakan untuk membersihkan wajah. Produk skin care ini memiliki beragam fungsi, tergantung pada kandungan dan komposisinya. Beberapa fungsi toner untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah antara lain :

Membersikan kulit lebih maksimal
Secara umum terdapat dua jenis Toner yaitu exfoliating toner dan juga hydrating toner. Membersihkan wajah dengan lebih maksimal adalah kegunaan dari exfoliating toner yang memang bertugas untuk mengangkat sisa-sel kulit mati yang ada di wajah. Secara umum exfoliating toner memiliki kandungan eksfoliator di dalamnya (salicylic acid, glycolic acid, lactic acid) yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati sekaligus membersihkan pori-pori, sehingga membuat tampilan kulit lebih bersih dan cerah.


Pada saat mencuci muka menggunakan sabun, wajah tidak akan 100% bersih dan terbebas dari debu, kotoran ataupun kuman. Pasti masih akan terdapat kotoran-kotoran wajah yang belum terangkat oleh sabun cuci muka. Disinilah Toner berperan penting untuk membersihkan wajah, supaya tidak ada lagi sisa kotoran yang masih belum terangkat pada wajah. Jadi, Toner merupakan langkah selanjutnya dalam membersihkan wajah setelah mencuci muka.
Toner akan mengangkat semua residu yang tersisa di wajah, membantu membersihkan sisa kotoran, minyak, dan makeup yang tidak terangkat saat menggunakan susu pembersih atau sabun pada saat proses cleansing. Jika kulit lebih bersih tentunya kulit juga akan terhindar dari masalah kulit seperti kulit kering, komedo, hingga jerawat.

Melembapkan dan menutrisi kulit
Perlu Anda ketahui bahwa kulit yang terhidrasi dengan baik akan dapat terhindar dari berbagai masalah kulit seperti tanda-tanda penuaan. Kulit yang terhidrasi dengan baik juga akan dapat menyerap poduk kosmetik dengan lebih baik. Berbagai produk toner juga mengandung vitamin dan bahan lainnya yang mampu menutrisi kulit Anda.


Beberapa Toner merupakan humektan, yang berarti produk ini mampu membantu mengikat kelembaban pada kulit. Untuk mengembalikan kelembapan kulit, oleskan toner secara merata setelah mencuci muka. Fungsi toner untuk melembapkan kulit bisa didapatkan dari toner yang mengandung formulasi asam amino, mineral oil, atau hyaluronic acid.
Toner juga dapat mencegah hilangnya air dan mengunci kelembapan pada permukaan kulit. Fungsi toner yang satu ini penting untuk menjaga kesehatan semua jenis kulit wajah, terutama kulit wajah yang kering, produk kosmetika ini dapat membantu memenuhi kecukupan asupan air yang dibutuhkan kulit. Hal ini sangat penting untuk menjaga elastisitas, kehalusan, hingga keremajaan kulit secara keseluruhan.
Hydrating toner, merupakan sebuah produk Toner yang dapat memberikan kelembapan ekstra pada kulit Anda. Tentunya hal ini akan sangat membantu jika Anda memiliki jenis kulit kering atau sedang mengalami masalah kulit kering.
Karena memiliki peran dalam menjaga kelembapan kulit menjadikan Toner sangat bagus untuk digunakan saat Anda bepergian. Contohnya seperti udara dalam penerbangan yang membuat kulit Anda mengering. Penggunaan toner dengan kapas akan mampu membersihkan kulit dan melembabkannya.
Dengan kondisi kulit yang terhidrasi maka kulit akan terjaga tingkat elastisitasnya, kehalusan, kelembaban dan menciptakan penampilan yang tampak lebih muda. Hidrasi kulit yang tepat akan mampu mengurangi tanda-tanda penuaan kulit dan memberikan dasar yang efektif untuk aplikasi makeup sehari-hari.
Bahkan, kini banyak produk Toner wajah yang juga menyediakan vitamin dan nutrisi kulit penting lainnya untuk menjaga kulit Anda untuk tetap sehat serta seimbang.

Mengecilkan pori-pori
Pori-pori wajah yang terlalu besar bisa memicu berbagai masalah kulit. Salah satunya seperti produksi minyak berlebih dan juga bersarangnya berbagai sisa kotoran di wajah yang bisa menyumbat pori-pori.


Pori-pori yang besar juga memudahkan masuknya banyak kotoran, minyak, dan racun ke kulit dan menyebabkan iritasi dan infeksi.
Produksi minyak berlebih dan juga tersumbatnya pori-pori biasanya menjadi salah satu faktor pemicu terbesar dari munculnya komedo dan jerawat.
Fungsi toner adalah untuk mengecilkan dan mengencangkan porit-pori, serta memungkinkan lebih sedikit minyak dan racun untuk mengendap di kulit. Selain dapat terhindar dari berbagai masalah kulit, pori-pori yang lebih kecil juga membuat kulit yang terkesan lebih sehat dan segar.
Hasil akhirnya penggunaan Toner dapat memberikan penampilan wajah yang lebih segar, lebih bersih, dan tidak terlalu berminyak sekaligus mencegah jerawat.

Sebagai  lapisan perlindungan
Toner dapat membantu menutup pori-pori dan mengencangkan celah sel setelah pembersihan. Selain itu, juga dapat mengurangi penetrasi kotoran dan kontaminan lingkungan ke dalam kulit.


Kondisi kulit yang lembap juga meminimalkan resiko terhadap kerusakan, artinya tingkat proteksi kulit menjadi lebih tinggi dan terhindar dari masalah. Bahkan, produk kosmetik ini bisa melindungi dan menghilangkan klorin serta mineral yang ada pada air ledeng.

Mengatasi jerawat
Meski berukuran kecil, munculnya jerawat di wajah bisa sangat mengganggu. Selain menyebabkan rasa sakit, jerawat di wajah juga bisa mengganggu penampilan dan membuat pemiliknya tidak percaya diri.


Toner dapat mengatasi jerawat jika penggunaannya diiringi dengan produk untuk mengatasi jerawat, produk ini memang terkenal karena dapat menghilangkan minyak berlebih yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan komedo.
Kondisi permasalahan jerawat yang tergolong ringan dapat diredakan dengan pemakaian toner yang mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida. Toner dengan kandungan tersebut dapat membersihkan pori-pori dan mencegah timbulnya jerawat dan komedo. “Kini toner diciptakan dengan kualitas tinggi dan dibuat dengan bahan yang sama dengan produk perawatan wajah lainnya,” kata Joel Schlessinger.

Menghilangkan bekas jerawat
Toner yang mengandung asam glikolat dapat memudarkan noda hitam ringan bekas jerawat. Namun untuk bekas jerawat yang berat atau bahkan berlubang, penggunaan produk perawatan kulit saja tidak cukup. Untuk memudarkan bekas jerawat yang tergolong berat, dibutuhkan penanganan khusus dari dokter kulit.


Dermatologist dr. Joel Schlessinger juga menjelaskan bahwa beberapa toner bagus untuk merawat kulit berjerawat karena mengandung bahan-bahan yang dapat mengeksfoliasi sel kulit mati seperti amino fruit acid atau glicolyc acid. Ada pula toner yang dibuat untuk jenis kulit sensitif dengan kandungan air khusus yang dapat menenangkan kulit.

Menyegarkan kulit
Toner juga dapat digunakan sebagai pengganti cleanser kulit ketika keadaan kulit Anda sedang berminyak atau kotor. Toner akan membuat kulit Anda direvitalisasi bahkan ketika Anda sedang bepergian.


Cukup oleskan Toner ke wajah dengan kapas dan gunakan secukupnya. Produk kosmetika ini dikenal mampu menyegarkan tekstur kulit dan membuatnya halus serta tetap cantik. Karena kulit wajah yang segar akan membuat seseorang lebih tampil percaya diri dan siap dalam melakukan aktivitas yang lainnya.
Saat ini, berbagai produk Toner yang ditawarkan pun dilengkapi dengan berbagai aroma yang menenangkan sehingga selain rasa segar yang didapat, Anda pun juga bisa merasa rileks dengan aroma pilihan.

Menghilangkan minyak di kulit
Saat pH kulit wajah tidak seimbang, maka secara alami kulit akan berusaha mengembalikannya dengan memproduksi minyak di wajah. Inilah yang membuat wajah menjadi berminyak dan tampak lelah.


Dan, bukan sebuah rahasia juga bahwa seseorang akan menghasilkan keringat yang lebih banyak selama melakukan aktivitas di bawah paparan sinar matahari yang terik. Hal ini dapat membuat kulit gelisah dan menyebabkan lebih banyak jerawat. Itulah mengapa penting untuk mengambil langkah ekstra dalam pembersihan kulit Anda dengan toner.
Jenis toner yang tergolong astringent dapat mengurangi minyak atau sebum pada permukaan kulit wajah. Toner jenis ini juga dapat mengurangi kilap, sehingga membuat riasan wajah lebih awet.

Mengurangi rambut yang tumbuh
Toner yang mengandung asam glikolat atau asam alfa hidroksi lainnya dapat membantu mencegah rambut tumbuh dari dalam.


Karena itulah, produk Toner juga membantu dalam perawatan bulu pada kulit.

Detoksifikasi
Saat beraktivitas, kulit wajah akan dihadapkan oleh berbagai polusi seperti asap, debu, dan polusi lainnya yang sangat berbahaya untuk kulit karena mengandung bahan-bahan kimia yang bersifat racun bagi kulit. Tanpa disadari, zat-zat berbahaya tersebut telah menempel sepanjang hari pada wajah yang dapat merusak kesehatan kulit wajah.


Banyak racun yang mempengaruhi kesehatan dan penampilan kulit Anda. Biasanya berasal dari bahan kimia buatan industri. Toner wajah berfungsi untuk menghilangkan racun lingkungan seperti asap, kabut asap dan residu kimiawi lainnya dari kulit, supaya zat-zat tersebut tidak terus-menerus menempel di permukaan kulit dan mengendap hingga masuk ke lapisan kulit terdalam.
Dan manfaat jangka panjangnya termasuk jerawat yang lebih sedikit, bekas jerawat yang membandel dan kerutan yang berkurang.

Menyeimbangkan pH kulit
Ini merupakan manfaat yang sejak dari dulu sudah dikenal. Toner digunakan untuk mengembalikan keseimbangan pH pada kulit.


Setiap orang memiliki pH kulit yang berbeda-beda, baik rendah ataupun tinggi. Namun pada dasarnya rata-rata kulit wajah manusia bersifat masam dan tingkat keasaman kulit (pH) dapat berubah akibat pengaruh produksi minyak, polusi, make up, atau produk kecantikan yang mengandung alkohol. Jenis toner tertentu dapat menyeimbangkan tingkat keasaman kulit di pH 5 - 5,5, sesuai pH alami kulit.
Sebenarnya, pH netral adalah 7. Semakin kecil nilai pH maka semakin asam, dan semakin tinggi nilai pH maka semakin basa.
Toner terbukti mampu digunakan sebagai pH balancing atau menyeimbangkan pH kulit. Kulit memiliki pH alami kurang lebih 5 - 5,5 yang artinya cenderung asam, angka ini dapat berubah saat Anda mencuci muka dengan face wash yang umumnya memiliki pH tinggi. Tingkat keasaman pada kulit juga bisa ternganggu akibat debu, polusi, sinar UV, dan radikal bebas lainnya. Dan, tugas toner adalah untuk dapat mengembalikan pH kulit pada pH alaminya.
Seimbangnya kadar pH kulit berperan dalam membuat penampilan wajah yang lebih cerah dan halus. Perlu untuk Anda ketahui, kulit dengan pH tidak seimbang akan cenderung kering dan juga rentan terhadap iritasi kulit.

Mempersiapkan kulit untuk perawatan selanjutnya serta memaksimalkannya
Penggunaan toner biasanya dilanjutkan dengan rangkaian skin care lainnya semisal; serum. Penyerapan produk seperti serum akan lebih maksimal jika kulit sudah dipersiapkan dengan baik.


Berbagai formula yang dihadirkan oleh sebuak produk Toner juga dapat memiliki manfaat khusus tertentu, seperti eucalyptus yang dapat menenangkan, asam hyaluronic dan natrium PCA yang dapat mengontrol minyak dan melembapkan, ekstrak ginseng yang dapat merangsang sirkulasi darah, witch hazel yang dapat menghancurkan bakteri penyebab jerawat, atau ekstrak buah elderberry yang dapat memberikan manfaat anti-oksidan.
Seperti yang dikatakan Charlotte Cho, co-founder Soko Glam dan aesthetician, kulit Anda dapat diibaratkan seperti spons kering. Jika Anda mengaplikasikan krim pada spons kering, krim tersebut tidak akan terserap, namun jika Anda membasahi spons, makan krim tersebut akan lebih mudah terserap.
Fungsi toner yang membersihkan dan menghidrasi kulit akan sangat membantu kulit supaya lebih siap untuk menerima skin care setelahnya yang Anda aplikasikan (essence, serum, moisturizer), sehingga dapat bekerja lebih maksimal.


Itulah ragam manfaat dari Toner untuk kulit Anda. Toner merupakan suatu rezim yang termasuk penting di dalam jajaran perawatan wajah. Jika Anda ingin mendapatkan kulit impian, pastikan untuk memasukkan produk kosmetik ini dalam daftar skin care Anda.
Toner dapat dijadikan sebagai perawatan wajah essensial yang digunakan sehari-hari bersamaan dengan skincare lainnya. Dan ingat, gunakanlah toner secara rutin, untuk memperoleh hasil yang maksimal dan memuaskan. Janganlah Anda merasa malas untuk mengaplikasikan Toner ke dalam jajaran skincare. Karena dengan memakai toner secara rutin, kulit akan menjadi lebih sehat dan terawat, sehingga dapat memperbaiki penampilan dan lebih percaya diri.
Selain menggunakan skincare dan toner pada kulit, Anda juga bisa menjaga kesehatan kulit dengan mengonsumsi makanan sehat. Ada beberapa jenis makanan yang sudah dikenal baik untuk kesehatan kulit seperti buah-buahan dan sayuran. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen tambahan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.



pasang iklan disini




loading...