Monday 15 January 2018

Manfaat dan Fungsi Unsur Hara Mikro Besi (Fe) Untuk Tanaman


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
                Manfaat dan Fungsi Unsur Hara Mikro Besi (Fe) Untuk Tanaman

Besi (Fe) merupakan salah satu unsur hara mikro tanaman. Tanaman menyerap besi dalam bentuk ion Fe3+, tetapi lebih banyak diserap dalam bentuk ion Fe2+. Besi juga dapat diserap dalam bentuk garam-garam kompleks organik (chelate) dan dapat juga diserap oleh daun dalam bentuk Fe sulfat. Fe adalah salah satu unsur immobile.

Zat besi (Fe) terdapat dalam beberapa enzim seperti:
-Catalase
-Peroksidase
-Prinodic hidrogenase
-Cytochrom oxidase

Zat besi penting dalam pembentukan hijau daun (klorofil), pembentukan karbohidrat, lemak, protein, dan enzim. Jika dalam tanaman terjadi kekurangan mangan (Mn) dan kalium (K) atau kelebihan sulfat (S), akan mengakibatkan pergerakan Fero terhambat dan Fero tidak sampai ke daun meskipun pengisapan Fe dalam tanah berlangsung terus.

Tanah yang banyak mengandung zat besi yaitu khlorit dan biotit. Tersedianya zat besi dalam tanah secara berlebihan, misalnya karena pemupukan dengan Fe yang overdosis, dapat menyebabkan keracunan pada tanaman. Sebagai pupuk, Fe dipakai dalam bentuk larutan yang disemprotkan melalui daun atau dalam bentuk bubuk yang diinjeksikan pada tanah.

Fungsi Besi (Fe) bagi tanaman:
-Membentuk klorofil
-Diperlukan dalam fotosintesis
-Berperan dalam mengaktifkan berbagai enzim

Gejala Kekurangan Besi (Fe) pada tanaman:
-Menghambat pertumbuhan klorofil

Gejala defisiensi Fe tampak pada daun muda, mula-mula tidak secara bersamaan berwarna hijau muda pucat atau hijau kekuningan, sedangkan tulang daun serta jaringannya tidak mati. Kemudian tulang daun terjadi klorosis, yang tadinya hijau menjadi kuning dan ada pula yang menjadi putih. Jika terjadi pada musim kemarau, daun-daun muda banyak yang menjadi kering dan berjatuhan.





*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...