Friday 9 March 2018

Berbagai Manfaat Daun Kemuning bagi Kesehatan


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
        Berbagai Manfaat Daun Kemuning bagi Kesehatan


Kemuning adalah tanaman pagar yang mempunyai nama lain  Murraya paniculata mempunyai peran penting dalam pengobatan tradisional keluarga indonesia. Kemuning merupakan tumbuhan tropis yang tinggi nya kurang lebih mencapai 7 meter, dan tumbuhan ini berbunga hingga sepanjang tahun.

Tanaman ini mudah sekali untuk dijumpai karena memiliki wangi yang khas. Wangi tersebut ternyata berasal dari bunga kemuningnya yang berjenis majemuk dan berwarna putih tulang dengan bentuk tandannya. Kemuning banyak ditemukan di kawasan semak belukar sebagai tanaman liar. Daun kemuning berwarna hijau pekat dengan bentuk bulat dengan ujung daun yang runcing.

Kemuning mempunyai daun serupa dengan daun jeruk, Hanya saja daun kemuning sedikit lebih kecil dibandingkan daun jeruk umum nya. Tanaman ini sering digunakan sebagai tanaman hias atau tanaman pagar, karena kemuning mempunyai bunga yang harum, panjang, putih, dan sekilas mirip dengan bunga melati, kemuning mempunyai buah  yang berwarna merah sampai orange jika sudah matang.


Bunga kemuning juga sering dijadikan sebagai bonsai, sehingga dapat dipandang keindahannya. Habitat tanaman ini adalah hutan atau semak, di mana tinggi pohonnya dapat mencapai tujuh meter. Namun kecantikan bunga kemuning telah menyita perhatian bagi banyak orang, sehingga bunga ini sering terlihat di pot-pot yang indah.

Bunga kemuning merupakan tanaman tropis yang sarat dengan manfaat kesehatan dan kecantikan. Adanya sejumlah zat kimia di dalam daun dan akarnya, membuat tumbuhan ini layak digolongkan ke dalam tanaman obat-obatan. Dalam pengobatan, daun kemuning dapat digunakan untuk mengatasi penyakit eksim, keputihan, kolesterol tinggi, dll. Kemuning juga memiliki manfaat untuk kecantikan seperti penurun berat badan, dan penghalus kulit.

Daun kemuning sudah sangat dikenal sebagai daun herbal dalam pengobatan tradisional. Daun kemuning mengandung beberapa senyawa baik, yaitu eugenol, careen-3, geraniol, paniculatin, tanin, bisabolene, cadine, dan masih banyak lagi. Anda bisa menghaluskannya atau merebusnya dan meminum air rebusannya. Untuk khasiat terbaik Anda bisa mencampurnya dengan bahan herbal lainnya.

Kandungan kimia yang terdapat pada daun kemuning cadinene, methyl-anthranilate, bisabolene, P-earyophyllene, geraniol, carene-3, eugenol, citronellol, methyl-salicylate, s-guaiazulene, osthole, paniculatin, tanin, dan coumurrayin.

Daun kemuning mempunyai rasa pedas, pahit, dan bersifat hangat.


Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat daun kemuning, berikut ini rincian serta penjelasan tentang beberapa kegunaan daun kemuning untuk kesehatan Anda.

Pelangsing badan
Khasiat daun kemuning yang pertama yaitu sebagai daun yang mampu menjadi bahan herbal dalam melangsingkan badan. Daun ini bisa menjaga berat badan Anda dan membantu menyukseskan program diet Anda.

Untuk para wanita khusus nya yang bingung menurunkan berat badan. Anda dapat mengambil beberapa daun kemuning, cuci bersih daun kemuning tersebut. Jika sudah di cuci kemudian dipotong hingga beberapa bagian, lalu rebus dengan 3 gelas air. Rebus hingga menjadi 1 ½  sampai 2 gelas, saring air rebusan tersebut dan bagi menjadi 3 bagian. Diminum pagi, siang, dan malam. Lakukan secara rutin jika ingin hasil yang maksimal.

Mengatasi peradangan
Khasiat daun kemuning juga baik untuk Anda yang sering mengalami radang. Kandungan alami dalam daun yang satu ini sangat ampuh untuk mengobati berbagai jenis peradangan, baik itu radang pada kulit maupun organ dalam tubuh.

Obat infeksi saluran kencing
Khasiat daun kemuning yang selanjutnya yaitu bisa menjadi obat yang mengatasi infeksi saluran kencing. Daun ini mempunyai senyawa yang ampuh untuk membersihkan saluran kencing dan mencegah penyakit pada saluran kencing.

Cuci dan rebus 35 gr daun kemuning bersama 3 gelas air. Biarkan mendidih dan airnya menyusut separuhnya. Setelah airnya menjadi dingin kemudian disaring dan diminum di pagi, siang, dan malam hari, masing-masing ½ gelas.

Pelancar haid
Khasiat daun kemuning untu wanita yaitu sebagai daun yang melancarkan haid. Haid yang tidak teratur setiap bulannya merupakan tanda-tanda dari kesehatan tubuh yang terganggu. Anda disarankan untuk menggunakan daun ini tanpa efek samping.

Banyak wanita mengalami menstruasi yang kurang lancar. Cobalah menggunakan ramuan alami untuk mengatasi masalah kesehatan ini. Ambil ½ genggam daun pacar kuku (Lawsonia inermis), 1 jari rimpang temulawak, dan ½ genggam daun kemuning. Cuci semua bahan, kemudian diiris-iris. Rebus dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa segelas saja. Saring dan minum airnya setalah dingin di pagi dan malam hari, dengan takaran ½ gelas.

Menurunkan kolesterol tinggi
Selain mengatur pola makan yang seimbang, kadar kolesterol yang tinggi dapat dikurangi dengan minum ramuan alami.

Khasiat daun kemuning untuk tubuh juga ampuh untuk menurunkan kolesterol. Daun yang satu ini akan dengan aktif membuang kolesterol jahat di dalam tubuh Anda sehingga kadar kolestorol yang ada di dalam tubuh tidak terlalu tinggi.

Mengatasi batu ginjal
Penyakit yang dapat diatasi dengan daun kemuning adalah batu ginjal. Daun ini mempunyai beberapa zat yang ampuh untuk mengobati batu ginjal serta melindungi ginjal Anda dari penyakit lainnya yang menyerang.

Untuk meluruhkan batu ginjal, haluskan 30 gram daun kemuning ke dalam blender yang berisi 150 ml air. Setelah disaring, airnya segera diminum sampai habis. Lakukan cara ini dengan rutin setiap hari.

Obat eksim
Daun kemuning juga bagus untuk dijadikan sebagai obat eksim. Kombinasi senyawa yang pas dalam daun ini menjadikannya ampuh dan baik untuk digunakan sebagai obat melawan penyakit eksim yang menyerang tubuh Anda.

Kemuning Untuk Meredakan sakit gigi
Tidak hanya mengganggu aktivitas sehari-hari, sakit gigi juga dapat merusak suasana hati. Untuk mengobati sakit gigi secara alami, anda dapat menggunakan bunga kemuning.

Caranya, gores kulit batang kemuning untuk mendapatkan minyaknya. Panaskan minyak alami ini dengan api kecil selama beberapa saat. Teteskan minyak ini pada gigi yang berlubang dan gusi yang bengkak. Setelah itu baru ke dokter gigi untuk penanganan selanjutnya.

Anti penuaan dini
Pencegahan penuaan dini tidak perlu mahal dan merepotkan. Anda bisa menggunakan berbagai macam daun alami yang ada disekitar Anda, termasuk daun kemuning. Senyawa di dalam daun ini bermanfaat untuk membuat Anda tampil lebih awet muda.

Mengobati keputihan pada wanita
Keputihan merupakan salah satu hal yang patut untuk dikhawatirkan karena hal tersebut adalah suatu tanda bahwa tubuh Anda tidaklah sehat. Bagi wanita yang sering keputihan bisa mencoba menggunakan khasiat daun kemuning untuk mengatasinya.

Obat radang otak
Peradangan serius pada organ tubuh seperti otak ternyata bisa diatasi oleh daun kemuning. Daun wangi ini akan meredakan peradangan yang menyerang tubuh Anda. Selain itu, otak Anda juga bisa menjadi lebih kuat dan sehat.

Mengobati bisul
Nyeri akibat bisul tentu sangat menyiksa. Untuk mengatasinya Anda dapat menggunakan akar kemuning yang kering sebanyak kurang lebih 30 gram, cuci dan potong potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa sepertinganya. setelah dingin, saring lalu minum dua kali sehari dan masing masing ½ gelas.

Meredakan nyeri akibat rematik
Untuk menghilangkan nyeri karena gejala rematik, cobalah cara alami. Potong-potong akar tanaman tembelekan (Lantana camara) dan akar kemuning. Siapkan juga 3 pasang kaki ayam. Setelah semua bahan dicuci, potong-potong ketiganya. Semua bahan direndam dalam mangkuk aluminium berisi air, masukkan ke dalam panci berisi air. Rebus hingga mendidih selama beberapa menit. Minum airnya selagi hangat.

Meredakan memar
Giling daun kemuning dan daun kaca piring, kemudian rebus dengan air selama beberapa menit. Tempelkan ramuan ini pada kulit yang memar.

Melembutkan kulit
Kulit anda kasar dan kusam? Gunakan bunga kemuning. Caranya, tumbuk 30 gram daun kemuning, setelah dicuci dengan air mengalir. Campur dengan segelas air bersih, aduk dengan merata. Terapkan pada kulit anda sebelum tidur malam, sebagai lulur.

Selain manfaat dan khasiat yang diterangkan diatas daun kemuning masih memiliki manfaat lainnya yaitu sebagai:

Obat tukak pada lambung

Mengatasi penyakit hepatitis B

Mengatasi keseleo

Menyembuhkan luka


Itulah berbagai manfaat dari daun kemuning untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dan salam sehat.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...