Thursday 8 March 2018

Manfaat Polyunsaturated Fatty Acid Bagi Kesehatan


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
       Manfaat Polyunsaturated Fatty Acid Bagi Kesehatan


Polyunsaturated Fatty Acid merupakan lemak tak jenuh ganda. Lemak baik untuk tubuh yang terdiri atas lemak esensial omega 3 dan 6 yang baik untuk pembentukan sel dan otak pada anak.

polyunsaturated fatty acid, (PUFA) yang sering disebut juga asam lemak tak jenuh jamak adalah jenis lemak yang molekulnya tersusun atas rangkaian atom-atom karbon yang memiliki lebih dari satu ikatan ganda. Ikatan ganda ini menyebabkan molekul lemak ini tidak jenuh dengan atom hidrogen (masih bisa menambah atom hidrogen). Lemak tak  jenuh jamak biasanya dalam fasa cair pada temperatur kamar dan tetap cair saat didinginkan.

Pada dasarnya tubuh kita memerlukan lemak dalam jumlah tertentu. Selagi dalam batas wajar mengkonsumsi lemak tidak berbahaya bagi kesehatan. Lemak tak  jenuh jamak dianggap lebih bermanfaat daripada lemak jenuh dan lemak trans. Lemak tak jenuh jamak bisa membantu menurunkan angka kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan mengurangi resiko penyakit kardiovaskular terutama penyakit jantung dan stroke. Lemak tak jenuh jamak juga mengandung lemak esensial seperti omega-3 dan omega-6 yang sangat penting bagi tubuh tetapi tidak bisa dibuat oleh tubuh. Lemak omega-3 dan omega-6 bermanfaat bagi metabolisma, pertumbuhan, fungsi otak, dsb. Asam lemak Omega 3, maupun Asam lemak Omega 6 menjadi salah satu yang penting untuk dikonsumsi.

Asam lemak Omega-3 merupakan jenis lemak tak jenuh ganda yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh kita.  Jadi, Omega-3 dianggap penting sebagai asam lemak esensial.  Omega-3 sendiri terbentuk dari asam lemak Seperti  EPA (Eicosapentaenoic Acid), DHA (Docosahexaenoic Acid) dan ALA (A-linolenat).

Bila Anda rajin konsumsi Omega-3 setiap hari tanpa dosis berlebihan, banyak manfaat yang bisa diperoleh mulai dari membantu perkembangan otak dan memori anak-anak, mencegah penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol tinggi, menyehatkan mata, mengurangi depresi, bahkan bagi ibu hamil, Omega-3 bisa membuat bayi terlahir lebih sehat dan cerdas, juga meningkatkan kualitas air susu.

Omega-6 Tak jauh berbeda dengan Omega-3, Omega-6 juga lemak tak jenuh ganda yang tidak diproduksi tubuh.  Jenis asam lemak ini antara lain asam linoleat, gamma-linoleat dan asam arakidonat.

Omega-6 yang menyehatkan organ jantung menjadi penting bila ingin terhindar dari penyakit jantung. Dalam beberapa literatur disebutkan, asupan asam lemak  omega-6 juga harus diseimbangkan dengan asam lemak esensial lainnya yakni omega-3. Menurut para ahli, asam lemak omega-3 dan omega-6 memiliki fungsi yang saling berkaitan. Keduanya bekerja bersinergi memelihara kesehatan kulit, kuku, rambut, hormon, meringankan gejala asma, serta mencegah kerusakan sel pada pengidap kanker.

Lemak tak jenuh jamak lebih baik bagi kesehatan dari lemak  jenuh atau lemak trans. Lemak tak jenuh jamak bisa mencukupi kebutuhan lemak bagi tubuh dan mengurangi efek  negatif  terhadap kelebihan konsumsi lemak jenuh dan lemak trans. Kelebihan lemak jenuh dan lemak trans bisa menaikkan kolesterol LDL, sedangkan lemak tak jenuh jamak bisa membantu menurunkan kolesterol LDL.

Umumnya lemak yang terkandung dalam bahan makanan terdiri dari beberapa macam lemak. Contoh bahan makanan yang banyak mengandung lemak tak jenuh jamak adalah minyak sayur, (vegetable oil) seperti minyak kedelai, minyak jagung, minyak safflower, dan beberapa jenis ikan berlemak seperti salmon, makarel, herring, tuna, kakap, tenggiri dan trout. Selain itu bebrapa jenis kacang dan biji-bijian seperti kacang walnut dan biji bunga matahari juga banyak mengandung lemak tak jenuh jamak. Sumber lainnya terdapat pula pada tempe, tahu ,tauge dan alpukat.

Semua jenis lemak berkalori tinggi. Lemak tak jenuh jamak mengandung jumlah kalori yang sama dengan jenis lemak lainnya yaitu 9 kalori per gram.

Untuk orang sehat, direkomendasikan asupan lemak total (dari beberapa jenis lemak) tidak lebih dari 35% kebutuhan kalori harian. Dari jumlah yang direkomendasikan tersebut, semakin banyak lemak tak jenuh (tunggal maupun jamak) semakin baik.

American Heart Association (AHA) telah merekomendasikan bahwa seseorang harus memenuhi 5-10 persen kalori harian dari asam lemak omega-6.  Kebutuhan omega-6 bagi orang dewasa sehat adalah 1-3 gram/hari. Bila berlebihan, Anda akan mengalami perdarahan dan stroke hemorrhagic.  Jadi, konsumsi dengan dosis tepat dan konsultasikan terlebih dulu dengan dokter.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...