Sunday 4 March 2018

Manfaat Acai Berry (Euterpe Oleraceae) Bagi Kesehatan


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
Manfaat  Acai Berry (Euterpe Oleraceae) Bagi Kesehatan


Acai berry adalah buah mungil yang panjangnya hanya beberapa inci saja dengan warna kemerah-merahan, nyaris ungu. Buah ini berasal dari Acai palm tree (Euterpe oleracea), yang asli berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Buah ini masih berkaitan dengan bluberry, cranberry, dan buah berwarna ungu gelap lainnya.

Layaknya Negara Indonesia, Negara Brasil termasuk negara tropis. Karena kondisi geogafis pula, keanekaragaman hayati yang dimiliki negara Samba ini sangat kaya, yang mana dari sekitar 315.000 spesies tumbuhan di bumi, sekitar 55.000 diantaranya merupakan tanaman endemik Brasil yang tumbuh subur dan melimpah di Hutan Amazon. Salah satu tumbuhan yang tumbuh subur di tanah Brasil adalah tanaman acai.

Acai (Euterpe oleracea) merupakan tanaman palem dalam genus Eutrape. Nama ‘acai’ sendiri merupakan kata serapan bahasa Portugis dari bahasa Tupian, ‘iwacai‘, yang berarti ‘buah yang menangis atau mengusir air’. Delapan jenis acai merupakan spesies asli Amerika Tengah dan Selatan, termasuk Brasil. Tanaman ini banyak tumbuh di rawa-rawa dan dapat tumbuh lebih dari 15 meter.

Tanaman acai memiliki banyak kegunaan, mulai dari daun, batang dan buahnya. Daun acai dapat dibuat menjadi topi, tikar, keranjang, sapu dan atap ilalang untuk rumah. Batang kayu acai yang tahan terhadap hama dapat digunakan sebagai bahan konstruksi bangunan.

Buah acai, umum dikenal sebagai acai berry, berbentuk bulat, kecil, dengan lingkar buah sekitar 1 inci dan berbiji tunggal. Dalam keadaan matang, acai akan berwarna ungu kehitaman atau hijau, tergantung jenis acai dan masa panennya. Biasanya, acai dibudidayakan untuk diambil buahnya.

Buah acai dapat dipanen dua kali dalam satu tahun. Ketika akan di konsumsi, buah acai dipisahkan dari bijinya. Biji acai dapat ditanam sebagai tanaman organik atau dijadikan pakan ternak. Bila ditanam di tanah dengan kondisi yang tepat, biji acai dapat tumbuh menjadi bibit hanya dalam beberapa bulan. Biji acai merupakan sumber asam lemak jenuh dan tak jenuh ganda.

Buah acai diakui sebagai salah satu makanan dengan ORAC (Oxygen Radical Absorption Capacity) tertinggi di dunia. ORAC merupakan metode pengukuran seberapa baik antioksidan dapat menetralisir radikal bebas. Semakin tinggi nilainya, semakin baik tubuh memanfaatkan makanan tersebut untuk melawan radikal bebas. Kandungan antioksidan pada acai dua kali lebih banyak daripada blueberry dan hampir sepuluh kali lipat dari anggur.


Tingginya kegunaan acai membuat Greenpeace International pernah menyatakan bahwa “buah acai adalah hasil hutan non-kayu yang paling penting di delta sungai Amazon” pada tahun 2005 silam. Selain itu, buah acai semakin populer sebagai salah satu menu makanan diet semenjak dipublikasikan oleh seorang dokter dalam acara talk show ternama dan dimuat pula dalam blog kesehatan dari program acara tersebut.

Buah acai berry merupakan makanan alami yang sangat banyak mengandung antioksidan sehingga baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah acai berry membuat buah ini banyak dikonsumsi di Negara asalnya. Selain baik untuk kesehatan tubuh, buah acai berry juga bermanfaat untuk tubuh yang lemah dan lesu serta memberikan banyak energy bagi tubuh.

Pujian pasar tentang buah acai berry sebagai salah satu buah elit yang memiliki khasiat anti-aging dan penurun berat badan yang hebat. Bahkan beberapa perusahaan memakai acai berry dalam kosmetik dan produk kecantikan mereka.

Telah terbukti bahwa antioksidan yang ditemukan di Acai berry memang bisa membunuh sel kanker. Hal ini tampaknya berlaku untuk leukemia dan bekerja lebih baik bila dilakukan secara in vitro . Dalam penelitian lain ditunjukkan bahwa Acai berry mulai menghancurkan sel kanker dalam waktu 18 jam setelah dicerna. Penelitian lain menunjukkan bahwa ekstrak Acai berries membunuh 86 persen sel kanker paru-paru.

Buah acai mengandung beberapa unsur yang disebut anthocyanins dan flavonoids. Kata 'anthocyanins' tersebut berasal dari dua kata Yunani yang berarti 'tanaman' dan 'biru'. Anthocyanins merupakan zat yang bertanggung jawab atas unsur merah, ungu, dan biru sebagai warna pada buah-buahan, sayuran, dan bunga. Makanan yang banyak mengandung anthocyanins - seperti blueberry, anggur merah, wine merah, dan acai - memiliki warna yang sangat kuat, berkisar antara ungu tua hingga hitam.



Anthocyanins dan flavonoids merupakan antioksidan yang tinggi yang bisa membantu pertahanan tubuh melawan tekanan stress sehari-hari. Mereka juga memiliki peranan penting dalam pencegahaan sistem sel tubuh. Radikal bebas adalah produksi berbahaya yang dihasilkan oleh tubuh. Makan makanan yang kaya antioksidan berkaitan dengan proses penuaan dan penyakit dengan menetralisir radikal bebas.
Dengan mengurangi kekuatan pengancur dari radikal bebas, antioksidan dapat membantu mengurangi resiko terserang beberapa penyakit, seperti jantung dan kanker.

Berikut ini adalah manfaat buah acai berry untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui:

Meningkatkan Kesehatan Jantung
Mirip dengan anggur merah, penelitian menunjukkan bahwa acai berry sangat tinggi anthocyanin, sejenis antioksidan yang mendukung kadar kolesterol seimbang. Mereka juga kaya akan sterol tanaman yang memberi manfaat proteksi kardio, termasuk sirkulasi pendukung, peningkatan komposisi darah secara keseluruhan, dan relaksasi pembuluh darah.

Menolak Organisme Berbahaya
Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi ekstrak acai dapat membantu melawan organisme berbahaya. Namun, saya merekomendasikan minyak oregano untuk tugas ini.

Menurunkan Berat Badan
Buah acai berry kaya akan vitamin dan mineral yang sangat penting untuk menurunkan berat badan dan membantu pembentukan otot. Buah acai berry juga mengandung asam amino, pitosterol dan asam lemak esensial yang baik bagi kesehatan tubuh yaitu membantu menjaga kesehatan pencernaan, mengurangi nafsu makan dan meningkatkan metabolisme.

Dikenal oleh ahli gizi sebagai makanan super, acai dapat membantu kita tidak hanya menurunkan berat badan tetapi mempertahankan berat badan yang sehat. Salah satu studi menarik menemukan bahwa bubur kertas dari acai berry memiliki kemampuan untuk mengurangi timbunan lemak pada peserta studi.

Para ilmuwan mempelajari tentang seberapa kuat fungsi dari superfoods, seperti acai berry ini. Meskipun acai berry dipuji oleh beberapa produk penurun berat badan, beberapa studi telah melakukan uji coba mengenai keuntungan acai dalam meningkatkan penurunan berat badan.

Sementara ini, banyak reset mendukung untuk mengkonsumsi makanan diet yang kaya akan antioksidan. Hal tersebut tidak diragukan karena berry dan buah-buahan lainnya merupakan bagian dari kunci penting dari berbagai diet sehat untuk meningkatkan penurunan berat badan. 

Menjaga Kesehatan Kulit
Minyak Acai adalah alternatif alami yang hebat untuk produk perawatan kulit berbasis kimia. Saat ini, banyak produk kecantikan mengandung minyak acai karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Saat dimakan, beri beri nutrisi yang bisa memberi kesehatan kulit Anda sehat. Sebenarnya, orang Brazil telah mengonsumsi acai berry selama berabad-abad untuk mempromosikan kesehatan kulit.

Beberapa kosmetik dan produk kecantikan mengandung minyak acai dalam daftar kandungan bahan-bahan. Itu karena minyak acai adalah sumber utama dari antioksidan.

Studi memperlihatkan bahwa minyak dari acai berry dapat menjadi alternatif aman dibanding minyak tropikal lainnya yang digunakan pada produk kecantikan seperti cream wajah dan tubuh, terapi kulit anti penuaan, pencuci rambut dan kondisioner, dan produk lainnya. Ketika minyak acai diproses dan ddisimpan dalam jangka panjang, level antioksidannya tetap tinggi.

Membantu pencernaan
Acai juga dapat membantu menjaga sistem pencernaan tetap bersih dan fungsional. Dalam tubuh manusia, berry memiliki kemampuan detoksifikasi yang kuat dan merupakan sumber serat makanan. Tentu saja, ada banyak makanan berserat tinggi lainnya yang bisa melakukan hal yang sama, termasuk jenis buah Acai 
Berries ini.

 Mengurangi Iritasi
Acai berry mengandung khasiat yang dapat mencegah iritasi pada paru-paru yang biasanya terkait dengan gangguan pernafasan dan pembengkakan.

Meningkatkan Kesehatan Seluler
Pada tingkat umum, antosianin yang ditemukan di acai berperan dalam sistem perlindungan seluler tubuh, membantu menjaga sel tetap kuat melawan invasi radikal bebas.

Immune System Booster
Satu studi menemukan bahwa senyawa polifenol yang diekstraksi dari acai mengurangi proliferasi sel yang tidak berfungsi hingga 86%.Diperkirakan bahwa acai berry mengandung phytochemicals yang dapat mengganggu mutasi sel pada tingkat molekuler, membunuh sel yang terkena sebelum mereka berkembang biak. Acai berries bukanlah obat untuk penyakit apapun tapi, semoga penelitian lebih lanjut akan menghasilkan lebih banyak penemuan positif.

Memiliki Efek Anti Penuaan
Sangat tinggi dalam berbagai bentuk fitokimia , buah acai dapat memperlambat atau membalik proses penuaan karena berkaitan dengan kerusakan oksidatif. Sebenarnya, buah merupakan salah satu sumber antioksidan terbaik; satu berry memiliki sepuluh kali lebih banyak antioksidan sebagai anggur dan dua kali lebih banyak dari blueberry.

Meningkatkan Energi
Karena manfaat kesehatan secara keseluruhan, mengambil ekstrak acai dapat menyebabkan peningkatan tingkat energi dan stamina secara keseluruhan, dan dapat membantu mengatasi kelelahan dan kelelahan. Kapanpun Anda membutuhkan dorongan, cukup makan segenggam berry dan Anda akan siap untuk pergi dalam waktu singkat.
Dorong Libido Sehat
Berry ungu yang terkenal ini terkait dengan keseluruhan peningkatan sirkulasi darah di tubuh manusia, sebuah fenomena yang dapat berkontribusi pada dorongan dalam dorongan seks, terutama untuk pria.

Memperbaiki Fungsi Mental
Studi penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa acai dapat memperbaiki kognisi dan meningkatkan penuaan otak yang sehat.

Sumber Antioksidan
Buah acai berry kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh dan melawan racun atau radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Buah acai berry juga kaya akan serat, protein, anthocyanin serta omega 6 dan asam lemak yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, asam lemak esensial yang terkandung di dalam buah acai berry juga bermanfaat untuk mengontrol serta mengatur kadar kolesterol yanga ada di dalam tubuh.

Anthocyanin yang terkandung di dalam buah acai berry selain untuk meningkatkan sirkulasi darah juga membantu menenangkan pembuluh darah sehingga mencegah terjadinya penggumpalan darah. Kombinasi antara kesehatan jantung dan sirkulasi darah yang baik dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh termasuk mempercepat proses penyembuhan luka fisik.


Itulah beberapa informasi mengenai manfaat buah acai berry bagi kesehatan tubuh. Salam Sehat.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...