Wednesday 7 March 2018

Penjelasan Tentang Manfaat Cordyceps Sinensis


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
            Penjelasan Tentang Manfaat Cordyceps Sinensis


 Artikel kali ini akan membahas manfaat dari tanaman herbal Cordyceps Sinensis, hal ini bertujuan untuk menambah wawasan kita mengenai manfaat dan khasiat pengobatan dari tanaman herbal yang tidak kalah hebatnya dengan khasiat dari pengobatan obat kimia, dan berikut adalah penjelasannya.

Cordyceps sinensis mungkin bisa dibilang tanaman herbal yang paling langka dan paling berharga dalam pengobatan tradisional. Itu dikarenakan Cordyeps Sinensis adalah sejenis jamur parasit yang hanya dapat tumbuh dan berkembang di dataran tinggi tibet cina. Jamur ini tidak tumbuh pada sembarangan tempat, jamur ini hanya tumbuh pada bangkai kepompong ulat bulu.

Cordyceps Sinensis dikenal sebagai ‘Medical Mushroom’ pada dunia pengobatan barat. Obat ini telah terbukti memiliki banyak sekali khasiat yang terkandung untuk kesehatan manusia seperti meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, sangat baik untuk menigkatkan fungsi ginjal dan hati, seperti sulit bernapas karena defisensi ginjal dan paru-paru, baik untuk mengatasi kelelahan kronis, penderita kanker, dan Cordyceps juga memperkuat pembuluh jantung. Berdasarkan hasil penelitian baru – baru ini, uji klinis terhadap hewan menunjukan berbagai macam khasiat yang menguntungkan, seperti meningkatnya stamina dan meningkatnya produksi ATP (Berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan pertumbuhan kanker). Bahan herbal ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan obat-obatan kimia. Tidaklah heran jika jamur Cordyceps banyak beredar di pasar gelap. Bahkan nama Cordyceps telah digunakan oleh banyak perusahaan di dunia.

Banyak sekali kandungan zat aktif dalam Cordyceps sinensis yang sudah sangat terkenal manfaatnya untuk kesehatan. Zat aktif tersebut adalah nukleosida, sterides, polisakarida, protein, asam amino esensial, vitamin dan mineral. kandungan zat lainnya seperti adenin, adenosin, kolesterol palmitat, D-manitol (juga disebut asam Cordycepic ), ergosterol peroksida, guanidin, hypoxanthicine nukleosida, timin, timidin, urasil, uridin, 3′-deoxyadenosine.

Cordyceps Sinensis yang kaya akan kandungan zat aktif tentunya juga memiliki segudang manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh. Cordyceps sinensis telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan tradisional Asia dan pengobatan Cina, Cordyceps umumnya digunakan di Cina untuk meningkatkan kesehatan. Cordyceps dikenal bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan energi dan meningkatkan stamina.

Dibawah ini adalah beberapa manfaat dan khasiat dari Cordyceps Sinensis bagi kesehatan tubuh, yaitu:

Pengobatan Anti Kanker dan Anti Tumor
Senyawa biokimia unik yang terkandung dalam cordyceps yaitu Polisakarida mampu bertindak sebagai anti-kanker dan anti oksidan yang membantu menghilangkan radikal bebas di seluruh tubuh.
Menurut sebuah laporan yang diterbitkan dalam “Journal japan of Experimental Medicine, Agustus 1989”, berjudul “Kegiatan antitumor dari ekstrak Cordyceps sinensis (Berk.) Sacc. terhadap garis tumor elo murine “menunjukkan bahwa ekstrak air hangat dari Cordyceps sinensis telah secara signifikan mengurangi tumor yang disebabkan oleh Ehrlich sel ascites carcinoma pada tikus. penelitian serupa lainnya telah dibuat dan mereka secara konsisten menunjukkan bahwa ekstrak dari Cordyceps memiliki reaksi terhadap sel kanker yang luas termasuk limfositik, hepatoma, prostat, kolon dan sel-sel kanker payudara.

Komposisi istimewa dalam cordycep sinensis banyak mengandung berbagai senyawa yang dapat meningkatkan imunitas tubuh, seperti polisakarida cordycep sinensis dan asam cordycep sinensis, yang apabila dikonsumsi untuk jangka waktu panjang dapat secara nyata meningkatkan fungsi dan vitalitas sel imunitas dalam tubuh, serta mendorong tubuh menghasilkan berbagai unsur aktif imunitas, sehingga aktivitas imunitas tubuh nyata bertambah, dan daya imunitas tubuh secara nyata meningkat; dengan demikian dapat berkhasiat melawan berbagai penyakit yang bersumber dari dalam maupun luar tubuh, menurunkan infeksi, persentase timbulnya tumor dan penyakit imunitas tubuh, juga tidakk terdapat efek samping apapun.

Kesehatan pernafasan
Penyakit pernapasan disebabkan oleh berbagai virus dan bakteri, timbulnya penyakit cepat, apabila tidak segera diobati maka akan berubah menjadi penyakit kronis; penyakit pernapasan kronis pernah menjadi penyakit serius yang mengancam nyawa manusia, namun seiring dengan penggunaan antibiotik secara meluas, ancamannya bagi manusia perlahan-lahan telah berkurang.

Dalam penyakit saluran pernapasan, bronchitis kronis dan pembengkakan paru-paru adalah yang lebih sering dijumpai. Merokok merupakan sebab utama penyakit penyumbatan saluran pernapasan kronis; saluran pernapasan perokok dalam waktu berkepanjangan mendapat rangsangan yang tak baik, yang menyebabkan kambuhnya peradangan, sehingga fungsi paru-paru perlahan-lahan menurun, gejala penyakit saluran pencernaan juga bertambah parah dengan perlahan.

Cordyceps telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Cina untuk berbagai masalah dan gangguan pernapasan yang yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri yaitu bronkhitis dan asma. Cordyceps sinensis diyakini dapat meningkatkan kemampuan penyerapan oksigen dalam tubuh, sehingga dapat meningkatkan fungsi pernafasan.

Seperti disebutkan di atas, cordyceps mampu meningkatkan jumlah oksigen yang diambil oleh paru-paru, hal ini tentunya sangat bermanfaat khususnya untuk atlet , juga bermanfaat bagi mereka yang menderita gangguan pernafasan, seperti asma atau bronkitis kronis. Dengan meningkatkan asupan oksigen, hal ini akan membantu mencegah gangguan pernapasan dan kelemahan dari fungsi paru-paru. Juga, meningkatkan kadar oksigen membantu untuk mengoksidasi ekstremitas tubuh yang lebih baik, sehingga organ pada tubuh dapat bekerja lebih baik dan efisien.

Cordycep sinensis dapat meningkatkan fungsi imunitas tubuh, juga berkhasiat untuk melawan berbagai jenis bakteri penyebab penyakit saluran pernapasan, dan pada waktu bersamaan mencegah kanker paru-paru; berkhasiat baik untuk melawan peradangan; secara nyata berfungsi untuk mengembangkan saluran pernapasan bronchi; berfungsi untuk membersihkan saluran napas dan mengurangi peradangan, berkhasiat mengobati asma, sesak napas dan kekurangan pasokan oksigen.

Jika Anda benar-benar mempunyai gangguan penyakit saluran napas kronis, cordycep sinensis dapat membantu Anda pada saat-saat tak nyaman seperti batuk, dahak, sesak napas, peradangan , dan sama sekali tidak mempunyai efek samping apapun.

Kesehatan jantung
Seiring dengan bertambah tingginya taraf kehidupan, struktur makanan dan pola kehidupan manusia moderen mengalami perubahan besar.

Studi penelitian tentang efek Cordyceps telah membuahkan banyak hasil yang menarik, terutama dalam kaitannya dengan kesehatan jantung . Satu studi menunjukkan bahwa pasien yang diberi suplemen Cordyceps secara signifikan lebih kecil kemungkinannya untuk menderita gagal jantung. Hal ini terutama disebabkan oleh sifat anti-inflamasi dan antispasmodic dari ramuan, yang dapat mencegah aritmia jantung dan komplikasi lainnya.

Pemasukan lemak dan gula semakin banyak, pada waktu bersamaan aktvitas tubuh semakin berkurang; sedangkan metabolisme lemak di dalam tubuh perlahan-lahan menurun seiring dengan bertambahnya usia, yang sering menyebabkan pengendapan lemak di pembuluh darah jantung dan otak, dengan demikian menyebabkan timbulnya hiperlipidemia, hipertensi, penyakit jantung koroner, dan gangguan pembuluh nadi otak, yang telah menjadi ancaman serius bagi kesehatan manusia. Menurut data statistik, penyakit pembuluh darah otak dan jantung telah menjadi pembunuh nomor satu penduduk kota moderen.

Komposisi asam tak jenuh dan polisakarida pada Cordycep sinensis berkhasiat menurunkan trigleserida dan LDL serta mempertinggi HDL, berperan sebagai pembersih sistem pembuluh darah jantung , yang berkhasiat membersihkan berbagai komposisi tak baik di dalam aliran darah, menurunkan kekentalan darah, dan mencegah terjadinya trombus; juga dapat mencegahnya timbulnya penyakit aterosklerosis, mencegah keram pembuluh darah koroner (yang merupakan pasokan darah pada jantung), mempertahankan pasokan darah normal pada berbagai organ dan jeringan penting tubuh, secara berkhasiat memperbaiki pengerasan pembuluh nadi dan hipertensi, serta mencegah berbagai penyakit pembuluh darah jantung dan otak.

Kesehatan ginjal
Cordycep sinensis disebut juga "bintang penyembuh lemah tubuh" , berfungsi sama seperti ginseng, di dalam Kitab Kedokteran China disebutkan khasiat gaibnya "dapat mengobati ginjal" , berfungsi memberi gizi untuk tubuh lemah, menambah tenaga.

Ilmu kedokteran China menganggap bahwa ginjal berfungsi mengatur tubuh, memasok vitalitas  dan  tenaga (konsep ginjal dalam ilmu kedokteran Barat adalah ginjal dari sudut ilmu bedah).

Perubahan fungsi dan pengaturan keseimbangan ginjal mempengaruhi keseimbangan kondisi organ tubuh. Ginjal lemah  terutama berkaitan dengan menurunnya mekanisme tubuh, misalnya menurunnya daya ingat, menurunnya fungsi seksual, tulang mudah patah, kurang darah, bagian pinggang dan kaki terasa linu, dan gejala-gejala lainnya.

Memberi gizi kepada ginjal sama sekali tak boleh diabaikan; cordycep sinensis dapat memberi gizi kepada ginjal, menambah darah, merupakan suplemen gizi tubuh berkualitas tinggi; juga dapat meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru serta transportasi oksigen di dalam tubuh, meningkatkan tenaga dan stamina, memperkuat stamina dalam bekerja dan menghadapi tekanan lingkungan, juga dapat memulihkan rasa letih, serta meningkatkan berbagai mekanisme tubuh.

Meningkatkan energi dan penambah stamina
Salah satu manfaat kesehatan yang paling tak terbantahkan dari Cordyceps adalah kemampuannya yang secara signifikan meningkatkan energi dan telah lama dikenal para atlet sebagai pecutan energi.

Cordyceps meningkatkan jumlah penyerapan oksigen dalam tubuh dan meningkatkan produksi energi sel, sehingga memberikan dorongan energi bagi mereka yang sering lemah dan emrasa tidak bergairah.

Cordycep sinensis juga berfungsi untuk menambah tenaga dan meningkatkan kesehatan. Dapat mengatur metabolisme, menguatkan fungsi organ tubuh, melawan kekurangan oksigen, itulah sebabnya mengapa setelah mengkonsumsi cordycep sinensis untuk jangka waktu panjang, maka akan merasa penuh tenaga. Bagi mereka yang baru sembuh dari sakit, tubuhnya selalu lemah, dengan mengkonsumsi cordycep sinensis selama masa penyembuhan, maka dapat membantu mempercepat pemulihan tenaga.
Dewasa ini penelitian dunia ilmu kedokteran olahraga membuktikan bahwa cordycep sinensis dapat meningkatkan kualitas tubuh olahragawan dan meningkatkan tenaga olahraga, memperlambat timbulnya rasa letih, mempercepat hilangnya rasa letih, juga tidak mengandung obat dan makanan terlarang yang mempunyai efek samping. Cordycep sinoensis akan menjadi "pusaka" baru bagi para olahragawan untuk mencapai prestasi yang baik.

Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai radiasi yang berbahaya
Hasil peradaban moderen memberikan kemudahan dalam kehidupan, pada waktu bersamaan juga mempertinggi persentase timbulnya berbagai tumor dan penyakit aliran darah; di kota-kota maju tertentu, tumor telah menjadi pembunuh nomor satu yang mengancam nyawa. Fungsi istimewa cordycep sinensis dalam melawan bahaya radiasi dapat membantu Anda mendirikan benteng pelindung yang kuat terhadap bahaya radiasi.

Penderita tumor ganas selalu perlu menerima pengobatan radioterapi dan kemoterapi dalam dosis besar, obat kemoterapi dan sinar radiasi pada waktu bersamaan membunuh sel tumor, juga dapat menimbulkan bahaya serius pada sel normal tubuh, terutama sel tulang sum-sum dan sel reproduksi.

Cordycep sinensis dapat membantu menghilangkan reaksi buruk yang timbul setelah radioterapi dan kemoterapi tumor pasien (seperti mual, muntah, reaksi saluran pencernaan); cordycep sinensis dapat mencegah dan memperbaiki cidera sel yang timbul karena radiasi atau obat kimiawi yang berbahaya, berfungsi meningkatkan perkembang-biakan dan pembagian sel tulang sum-sum dan sel reproduksi, terutama terhadap berbagai cidera yang terjadi karena radioterapi.

Cordycep sinensis memiliki fungsi mengatur kekebalan yang bersifat dua arah, selain bisa meningkatkan kekebalan tubuh manusia, juga memberikan daya pengontrol kekebalan bagi orang yang mempunyai kekebalan secara berlebih.

Cordyceps juga membantu meningkatkan sistem daya tahan tubuh, dan mampu berfungsi sebagai anti biotik alami, meningkatkan daya tahan tubuh serta menurunkan peradangan.

Menghambat proses penuaan tubuh
Radikal bebas adalah kumpulan gen kimiawi yang sangat kuat yang bersifat oksidasi di dalam tubuh, adalah bahaya nomor satu yang menyebabkan penuaan dan berbagai penyakit. Percobaan secara besar-besaran baik di dalam maupun di luar tubuh menunjukkan bahwa cordycep sinensis mengandung berbagai komposisi aktif yang dapat menghilangkan radikal bebas, sampai sekarang merupakan salah satu anti-oksidan alami yang paling berkhasiat, yang dapat secara nyata mengurangi cidera organ dan jaringan tubuh yang ditimbulkan oleh radikal bebas, dan berfungsi secara nyata menghambat aktivitasi Monoamine Oksidase, sehingga memperlambat penuaan dan degenerasi berbagai mekanisme tubuh, mempunyai khasiat untuk memperpanjang umur.

Khasiat Cordyceps Terhadap Paru-paru
Mengatasi kekurangan oksigen (hypoxia) dalam paru-paru.
Mengatasi lemah paru-paru serta memperbaiki fungsi gaya mekanik sel paru-paru.
Memperbesar pembuluh darah, sehingga meningkatkan pasokan darah ke paru-paru.
Memberikan tingkat penyembuhan dan pemulihan kesehatan yang sangat baik dan menyeluruh terhadap penyakit – penyakit di saluran pernapasan.

Cordyceps mampu mengatasi berbagai gangguan pada sistem pernapasan seperti : batuk , napas pendek, bengek, asma, masuk angin berkeringat.

Cordycep sinensis berfungsi nyata menghambat dan membasmi Staphylococcus, streptococcus, kuman TBC dan berbagai jenis bakteri yang sering dilihat, namun tidak mempunyai efek samping seperti yang biasa terdapat pada antibiotik.

Memperbaiki fungsi liver dan mengobati diabetes.
Cordyceps sangat baik untuk penderita diabetes;  mempunyai fungsi liver tak baik; pasien yang sedang menjalani radioterapi dan kemoterapi setelah operasi tumor;  sibuk bekerja dan sering lelah; tekanan hidupnya berat dan mempunyai pola tidur yang buruk;  lama bekerja dengan komputer, telepon genggam dan berbagai peralatan gelombang mikro.

Mengatasi Penyakit Kolesterol
Cordyceps Sinensis dapat meningkatkan jumlah HDL (kolestrol baik) dan mengurangi jumlah LDL (kolestrol jahat) dan pada sebuah penilitian, terdapat menurunan jumlah kolestrol yang dapat di turunkan hingga total diatas 17% dengan penggunaan Cordyceps Sinensis.

Meningkatkan kesuburan
Cordyceps ini sudah banyak digunakan bertahun-tahun sebgai peningkat kesuburan bagi pria dan wanita. Cordyceps diketahui sebagai aphrodisiac atau peningkat liblido bagi pria dan wanita. Sehingga bahan obat ini sangat berkhasiat terutama bagi orang umur tertentu, karena produksi hormon semakin berkurang dengan seiring bertambahnya usia, dan hal itu tertuju pada berkurangnya libido pada tubuh.
Dengan mengkonsumsi Cordyceps maka tubuh kita dapat mengubah biosintesis dari hormon (seperti cortisol, testosteron dan estrogen) menjadi lebih efektif dalam meningkatkan stamina dan libido tanpa harus mengkonsumsi obat kuat yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Bahan herbal ini dipercara oleh para ahli sangat cocok sebagai suplemen meningkatkan kesuburan pada wanita dan meningkatkan terjadinya pembuahan. Karena kandungan bahan herbal ini menghasilkan 17B-estradiol yang menstimulasi terjadinya pembuahan.

Meningkatkan libido
Salah satu efek yang paling menarik dari Cordyceps adalah khasiat nyata pada orang yang mengalami masalah seksual khususnya pada pria. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa laki-laki yang mempunyai tingkat libido yang rendah perlahan akan membaik setelah mengkonsumsi suplemen cordyceps herbal.

Khasiat Cordyceps Bagi penderita HIV
Cordyceps yang memiliki khasiat untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh, sebagai anti bakteri, anti jamur, dan antivirus, sangat dianjurkan dalam pengobatan alami untuk membantu meningkatkan sistem imun yang semakin melemah pada penderita HIV. Sehingga untuk penderita HIV dapat lebih kuat sistem imun dalam tubuh terhadap penyakit seperti demam dan flu.

Di Indonesia ramuan berbahan herbal ini sudah beredar, baik dalam bentuk aslinya maupun bentuk ramuan obat-obatan herbal. Ramuan herbal ini bukan sekedar diperuntukan bagi pengobatan orang sakit saja, akan tetapi dalam keadaan sehat juga sangat baik untuk dikonsumsi yang berkhasiat menjaga kebugaran dan menambah stamina. Menjaga kesehatan merupakan tanggung jawab yang besar untuk dapat lebih menikmati hidup dengan begitu Kita harus senantiasa menjaga asupan sumber nutrisi pada tubuh Kita agar Kesehatan tetap terjaga.

Demikian ulasan tentang informasi mengenai manfaat Cordyceps Sinensis. Semoga bermanfaat dan Salam Sehat.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...