Sunday 8 April 2018

Bedah Manfaat: Khasiat Daun Randu Sebagai Herbal Kesehatan


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
           Berbagai Manfaat Daun Randu Sebagai Obat Herbal


Mungkin tak pernah terpikir oleh anda sebelumnya, bahwasannya manfaat daun randu atau kapuk ternyata memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan dan juga pengobatan. Karena mungkin anda hanya mengenal tanaman ini sebagai penghasil kapuk, yang mana banyak di gunakan dalam produksi kasur dan juga bantal.

Daun randu adalah daun yang berasal dari tanaman randu. Tanaman ini memiliki ciri-ciri yaitu pohonnya yang bisa mencapai ketinggian 30 m. Bentuk daunnya majemuk dan lonjong. Tanaman randu memiliki buah yang berwarna hijau dan bulat. Buah inilah yang sering digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan bantal dan juga kasur. Jika selama ini tanaman randu hanya dikenal dari manfaat buahnya saja, sekarang Anda perlu mengetahui khasiat daunnya.

Randu yang memiliki nama latin Ceiba Pentandra adalah jenis tumbuhan yng masih tergolong ke dalam kerajaan plantae. Tanaman randu ini merupakan tanaman asli asal Karibia dan juga daerah Amerika Tengah. Di beberapa daserah tanaman randu ini memiliki nama panggilan yang berbeda-beda.

Daun randu memiliki nama yang berbeda di setiap daerah dalam penyebutannya. Orang Jawa menyebutnya dengan kapuk, sedangkan orang Madur menamainya dengan kapoh. Daun ini mempunyai banyak khasiat yang baik untuk kesehatan karena di dalamnya mengandung flavonoid, saponin, dammar, hidrat, tanin, dan senyawa samak. Semua kandungan tersebut memiliki khasiat masing-masing yang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.


Kapok atau kapas pada jawa, dan sering juga disebut kapas sutra. Jika masih ingat masa kecil yang sering bermain dengan daun kapuk yang dihaluskan. Kita sering menjadikan daun kapuk sebgai minyak-minyakan karena air dari daun kapuk yang dihaluskan berbentuk lendir dan mengental. Tapi siapa sangka dibalik semua itu, Daun randu juga mempunyai efek baik untuk mengobati penyakit.

Adapun ciri-ciri pohon randu yang paling mencolok adalah pohon tinggi nan menjulang tinggi, yang mana ketinggiannya dapat mencapai hingga 30 meter. Sedangkan bentuk daunya sendiri adalah majemuk, berjari, berbentuk lonjong memanjang, dengan pangkal tumpul dan ujung yang runcing, dengan panjang mencapai 5-15 cm dan lebar 2-3 cm. Adapun bunganya majemuk, berbentuk menyerupai lonceng, berwarna putih kekuningan serta tumbuh pada ketiak daun dan ujung batang. Buahnya bulat memanjang berwarna hijau pada saat muda, dan berwarna coklat jika sudah mengering. Nah, buahnya inilah yang umumnya sering kali di manfaatkan sebagai bahan utama dalam pembuatan kasur dan bantal. Akan tetapi, daunnya juga tak kalah berharganya, karena daun randu ini ternyata memiliki banyak sekali mengandung khasiat terutama untuk menyembuhkan penyakit.

Tanaman randu tergolong pada tanaman tropis yang menurut ahli berasal dari daerah bagian utara seperti Amerika Selatan, Amerika Tengah, dan wilayah Karibia. Namun tanaman ini dibudidayakan di Indonesia, terutama di pulau Jawa.

Patut untuk Anda ketahui, bahnwasannya daun randu mengandung banyak sekali kandungan zat aktif yang sangat menguntungkan bagi kesehatan kita, daun randu kapuk juga mengandung zat hidrat arang, dammar dan zat samak sehingga tak heran jika daun ini memiliki rasa pahit.

Dan dari berbagai kandungan tersebutlah, terkumpul beberapa khasiat dari daun ini. Sehingga tak heran manfaat daun randu muda di percaya berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh bahkan dapat menyembuhkan penyakit.


Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat daun randu, Disini akan di berikan rincian serta penjelasan tentang beberapa kegunaan daun ini untuk kesehatan Anda.

Obat panas dalam
Khasiat daun randu yang pertama yaitu sebagai bahan herbal untuk mengatasi panas dalam. Senyawa dalam daun ini sangat ampuh untuk meredakan tenggorokan yang sakit akibat penyakit panas dalam.

Cara pengolahannya adalah siapkan terlebih dahulu 5 helai daun randu yang telah di cuci bersih sebelumnya. Setelah itu remas dengan menggunakan 500 cc air matang. Setelah daun randu menjadi lumat, kemudian saring dan sajikan dalam gelas. Anda bisa menambahkan sedikit gula merah untuk mengurangi rasa pahitnya. Konsumsi obat alami panas dalam ini 3x sehari secara teratur.

Mengobati batuk
Khasiat daun randu yang selanjutnya yaitu sebagai obat untuk mengatasi batuk. Daun ini mampu meredakan gatal pada tenggorokan Anda akibat batuk. Dahak Anda pun akan mudah untuk dikeluarkan dari tubuh.

Untuk cara pengolahannya, siapkan terlebih dahulu 2 helai daun yang telah di cuci bersih dan tumbuk hingga halus. Kemudian seduh dengan air mendidih sebanyak 150 cc. Aduk kemudian saring. Konsumsi manfaat air daun randu ini 2 kali sehari secara teratur hingga gejala batuk anda mereda.

Menjaga kesehatan mulut
Khasiat daun randu untuk kesehatan mulut yaitu menjaga berbagai macam infeksi yang bisa timbul di daerah mulut, contohnya sariawan. Anda bisa menggunakan obat ini sebagai obat kumur mulut yang alami.

Cara memanfaatkannya yaitu dengan merabmas 3 helai daun randu dengan menggunakan 300 cc air. Saring, kamudian gunakan sebagai obat kumur alami. Fungsi dari obat kumur dari daun randu ini berfungsi untuk membunuh semua jenis kuman maupun bakteri yang ada di dalam mulut.

Obat sakit mata
Khasiat daun randu juga baik untuk mata. Senyawa dalam daun ini sangat ampuh untuk dijadikan obat mata. Selain menyehatkan mata, daun ini juga akan mengatasi berbagai infeksi atau penyakit di mata Anda.

Jika anda kini tengah sakit mata anda bisa memanfaatkan daun randu untuk mengobatinya. Caranya mudah cukup dengan meremas-remas daun randu yang telah di bersihkan sebelumnya pada air secukupnya kemudian saring. Tempatkan air saringan tersebut pada wadah yang cukup besar (seperti baskom), Kemudian celupkan mata anda pada air tersebut sambil berkedip-kedip.

Menghilangkan bekas luka
Khasiat daun randu juga bagus untuk mempercepat penyembuhan luka dan menghilangkan bekasnya. Anda bisa mengahaluskan daun ini kemudian menggunakannya sebagai obat luar untuk luka pada kulit.

Caranya sangat sederhana. Pertama, cuci bekas luka anda menggunakan air hangat. Kemudin, gosokan daun randu secara beulang pada bekas luka tersebut dan bilas menggunakan air bersih.  Lakukan cara ini secara teratur agar hasilnya bisa anda dapatkan.

Mengatasi diare
Khasiat daun randu untuk mengatasi penyakit salah satunya yaitu mengobati diare. Daun ini mampu menjadi anti bakteri yang ampuh untuk melawan bakteri yang menyebabkan penyakit diare pada pencernaan Anda.

Cara memanfaatnya yaitu dengan menyiapkan 3 helai daun randu  dan rebus menggunakai 250 cc hingga mdidih. Setelah dingin, anda dapat menambahkan sedikit garam ke dalamnya. Minum ramuan ini 3x sehari hingga diare yang anda derita sembuh.

Obat wasir
Pengobatan tradisional dengan bahan daun randu juga digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi penyakit wasir. Daun ini merupakan salah satu jenis daun dari sekian banyak daun lainnya yang ampuh untuk mengobati wasir.

Cara memanfaatkannya sama persis seperi pengolahan untuk mengatasi diare. Yaitu dengan merebus 3 helai daun randu pada 200 cc air hingga medidih. Setelah dingin anda dapat menambahkan sedikit garam ke dalamnya.

Mengatasi disentri
Penyakit disentri dapat Anda atasi dengan menggunakan daun randu. Penderita disentri patut mencoba daun ini sebagian obat alami tanpa efek samping yang akan menyembuhkan penyakit disenteri.

Anti penuaan dini
Siapa sangka jika daun randu juga berkhasiat dalam membuat Anda tampil jauh lebih awet muda. Daun hijau ini akan menjaga kesehatan kulit dan mencegah timbulnya penuaan dini seperti keriput di wajah.

Menyehatkan sistem pencernaan
Daun hijau seperti daun randu ternyata juga mampu untuk menyehatkan pencernaan. Pencernaan Anda yang sehat tentunya akan membuat organ pencernaan Anda juga lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit pencernaan.

Menyuburkan rambut (Tonikum)
Jika anda kini tengah mengalami rambut rontok dan ingin menumbuhkannya kembali, anda bisa memanfaatkan daun randu untuk menyburkannya kembali. Caranya cukup mudah. Rebus 10 helai daun randu dengan menggunakan 200 cc air hingga medidih. Setelah dingin, anda dapat segera menyaringnya. Setelah itu, oleskan pada area kepala dan rambut secara merata. Setelah 15-20 menit anda bisa langsung membilasnya. Cara ini sangat cocok jika di lakukan sebelum keramas memakai sampo. Untuk hasil optimal, gunakan cara ini sebanyak 2 kali dalam seminggu.

Selain manfaat dan khasiat daun randu yang telah diterangkan diatas, masih ada lagi manfaat lainnya dari daun ini yang perlu Anda ketahui. Berikut ini diantaranya:
-Anti oksidan alami.
-Menyehatkan kulit kepala.
-Baik untuk kulit kering.
-Melembabkan kulit.


Demikianlah sedikit penjelasan tentang manfaat dan khasiat daun randu untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjaga kesehatan dengan memanfaatkan khasiat daun yang sehat pula. Pola hidup yang sehat akan lebih menguntungkan Anda nantinya di masa depan, Selamat mencoba dan Salam Sehat.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...