Thursday 12 April 2018

Pengertian serta Fungsi dari Histamin


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
                           Pengertian serta Fungsi dari Histamin


Histamin pertama kali ditemukan pada tahun 1910 oleh Dale dan Laidlaw dan diidentifikasi sebagai perantara reaksi anafilaktik pada tahun 1932. Histamin merupakan protein penting yang ikut serta dalam banyak reaksi alergi.

Histamin adalah bahan kimia yang diproduksi dan disimpan dalam tubuh. Histamin adalah bagian dari respon kekebalan tubuh kita dan dilepaskan selama reaksi alergi.

Histamin merupakan suatu senyawa nitrogen organik lokal yang terlibat dalam respon imun serta mengatur fungsi fisiologis dalam usus dan bertindak sebagai neurotransmitter .  Histamin memicu respon inflamasi . Sebagai bagian dari respon kekebalan terhadap asing patogen, Histamin dihasilkan oleh basofil dan sel mast yang ditemukan dalam jaringan ikat di sekitarnya. Histamin meningkatkan permeabilitas kapiler ke sel darah putih dan beberapa protein, untuk memungkinkan mereka untuk terlibat patogen pada jaringan yang terinfeksi.

Histamin dilepaskan sebagai neurotransmitter. Sel tubuh dari histaminergics, neuron yang melepaskan histamin, ditemukan di posterior hipotalamus , dalam berbagai inti tuberomammillary . Dari sini, proyek ini neuron seluruh otak, ke korteks melalui bundel otak depan medial . Histaminergic tindakan dikenal untuk memodulasi tidur . Klasik, antihistamin(H1 antagonis reseptor histamin) menghasilkan tidur. Demikian juga, kerusakan neuron melepaskan histamin, atau penghambatan sintesis histamin menyebabkan ketidakmampuan untuk mempertahankan kewaspadaan . Akhirnya, antagonis reseptor H3 meningkatkan terjaga.

Senyawa ini disintesis di sel mast, basofil, trombosit, neuron histaminergik, dan sel enterokromafin, di mana disimpan di dalam bentuk vesikel di dalam sel yang dilepaskan jika ada stimulasi. Stimulasi dapat berupa alergen spesifik, stimulus non-imunologi lain (seperti : neuropeptida, faktor komplemen), sitokin, hiperosmolaritas, lipoprotein, adenosine, superoksidase, hipoksia, faktor kimia dan fisik (seperti : trauma, temperatur ekstrem), alkohol, atau beberapa makanan dan minuman.

Mungkin Anda sudah familiar dengan gejala demam yang muncul setiap musim semi. Anda mungkin mengalami bersin, gatal, mata berair dan energi rendah ketika musim semi mekar penuh. Atau mungkin Anda memiliki alergi terhadap hewan dan setiap kali kucing bersentuhan dengan Anda, Anda timbul ruam. Apapun gejala yang mungkin Anda alami, mereka disebabkan oleh reaksi alergi dalam tubuh Anda yang melepaskan bahan kimia yang disebut histamin.

Histamin adalah bahan kimia yang tersimpan dalam tubuh kita. Hal ini dihasilkan oleh sel-sel yang dikenal sebagai sel mast. Histamin adalah sebuah molekul protein dengan rumus kimia C5H9N3. Ini berfungsi sebagai bagian penting dari respon kekebalan tubuh kita. Ketika kita bersentuhan dengan alergen, seperti serbuk sari atau bulu binatang, histamin dilepaskan oleh tubuh ke lokasi kontak. Tujuan dari respon ini adalah untuk membantu tubuh mengatasi iritasi yang disebabkan oleh alergen. Anehnya, histamin dilepaskan sebenarnya menyebabkan gejala alergi. Selain itu, dalam kasus-kasus alergi parah, pelepasan histamin dapat mematikan.

Histamin terbagi dalam 2 reseptor
Histamin berinteraksi dengan reseptor spesifik pada jaringan target. Reseptor terbagi menjadi Histamin 1 (H1) dan Histamin 2 (H2).

Aktivasi reseptor H1 menyebabkan :
Kontraksi otot polos
Meningkatkan permeabilitas pembuluh darah
Sekresi mukus
Histamin juga berperan sebagai neurotransmitter

Aktivasi reseptor H2 menyebabkan :
Sekresi asam lambung
Vasodilatasi
Flushing
Relaksasi otot polos


FUNGSI HISTAMIN
Histamin memiliki setidaknya dua fungsi. Pertama, berperan dalam sistem kekebalan tubuh dan kedua, mengatur air dalam tubuh.

Pada kadar normal, histamin merupakan neurotransmiter yang diproduksi tubuh pada keadaan reaksi alergi, di mana gejala yang paling nyata adalah adanya iritasi pada kulit, hidung, tenggorokan, dan paru – paru (gatal, kemerahan, bengkak, batuk) sebagai respon dari berbagai macam alergen, gigitan serangga, bahan – bahan oles yang menimbulkan iritasi, debu dan makanan. Reaksi ini merupakan bagian dari respon inflamasi (radang), yang merupakan bagian penting dari respon sistem kekebalan tubuh. Fungsi lain dari histamin adalah mengatur fungsi normal dari saluran pencernaan dengan mengatur sekresi asam lambung, membantu untuk meregulasi tidur, dan respon seksual.

Seringkali ketika ada benda asing di dalam tubuh Anda, sistem kekebalan tubuh akan dipicu. Hal ini karena paling sering penyerbu benda asing yakni bakteri atau virus. Karena tubuh Anda diprogram untuk melawan infeksi dan menjaga lingkungan internal yang sehat, harus bertindak ketika ada penyusup. Dalam kasus ini, itu adalah butiran mikroskopis serbuk sari yang sekarang dianggap musuh, dan tubuh Anda ingin membersihkan diri dari hama ini. Jadi, sinyal segera dikirim keluar untuk pelepasan histamin.

Histamin sekarang bertindak sebagai pembawa pesan, melakukan perjalanan ke lokasi iritasi untuk mengaktifkan respon tertentu di daerah itu. Secara kimiawi, histamin bekerja dalam tubuh dengan cara mengikat dengan reseptor khusus pada molekul protein di berbagai bagian tubuh. Ketika terikat pada reseptor, efek tertentu diproduksi, seperti peradangan atau peningkatan produksi lendir. Reaksi alergi seseorang mengalami tergantung pada jumlah histamin dilepaskan. Ini bervariasi dari individu ke individu.

Ada empat jenis situs reseptor dalam tubuh. Salah satu yang paling penting adalah dikenal sebagai H1. Reseptor ini terlibat dalam reaksi alergi. Tapi ini bukan satu-satunya peran histamin dalam tubuh. Histamin juga mengikat reseptor H1 untuk membantu mengatur jam internal Anda. Pengikatan histamin pada reseptor H1 membuat Anda merasa lebih waspada. Selain itu, pengikatan histamin dengan jenis lain dari reseptor mempengaruhi sekresi asam lambung serta beberapa efek neurologis.

Menurut penelitian terbaru, alergi merupakan salah satu tanda dehidrasi. Ketika terjadi dehidrasi, tubuh mulai memproduksi histamin untuk mengatur pengeluaran dan distribusi air.
Penelitian menunjukkan bahwa 75 persen populasi dunia mengalami dehidrasi dalam berbagai level sehingga dapat memengaruhi kesehatan.

Dehidrasi juga akan meningkatkan keasaman tubuh yang bisa menyebabkan iritasi dan peradangan sehingga memicu produksi lebih banyak histamin yang akan memperburuk reaksi alergi.
Dengan minum cukup air, maka produksi histamin dapat diturunkan sekaligus meningkatkan efisiensi transportasi nutrisi.

Selain meregulasi air, histamin juga berperan dalam sistem kekebalan tubuh. Ketika terjadi dehidrasi, histamin akan sibuk mengatur air alih-alih berperan dalam manajemen sistem kekebalan tubuh.

Akhirnya, ketika tubuh mengalami dehidrasi dan ada alergen menyerang (misalnya: serbuk sari), sistem kekebalan tubuh tidak dapat merespon ancaman tersebut. Tubuh akan mulai mengeluarkan lendir untuk membasuh alergen. Itulah mengapa mata dan hidung mulai berair saat terjadi alergi. Memastikan tubuh mendapatkan cukup air bisa menjadi langkah awal untuk mencegah alergi.

Efek Histamin
Ketika histamin tiba di lokasi iritasi, hal itu menyebabkan beberapa efek penting. Salah satunya adalah dilatasi, atau pelebaran, pembuluh darah kecil di daerah itu. Hal ini dikenal sebagai respon inflamasi, atau pembengkakan. Pembengkakan meningkatkan aliran darah ke daerah tersebut. Apakah anda pernah disengat lebah? Biasanya kulit semakin merah dan bengkak yang tepat di sekitar lokasi sengatan. Hal ini disebabkan histamin memicu pembuluh darah untuk membesar. Meskipun dapat menjadi tidak nyaman, peradangan merupakan bagian dari proses penyembuhan alami tubuh. Dengan memungkinkan untuk aliran darah lebih cepat ke daerah, sel darah putih dapat disampaikan pada tingkat yang lebih cepat. Gatal-gatal dan ruam adalah contoh lain dari respon inflamasi.

Histamin juga menyebabkan penyempitan pada otot polos. Jika Anda memiliki asma, histamin adalah sebagian untuk disalahkan. Ketika iritasi yang terhirup ke paru-paru, histamin dilepaskan ke daerah itu, dan otot-otot halus di sekitar bronkus mengkontraksi paru-paru. Hal ini membuat sulit bernapas dan dapat menghasilkan serangan asma.

Sekarang, hal itu mungkin tampak berlawanan dengan intuisi bahwa histamin dilepaskan sebagai bagian dari respon imun tetapi sebenarnya menghasilkan gejala alergi. Ada tujuan untuk proses ini. Mari kita mempertimbangkan gejala alergi yang umum, seperti bersin dan hidung meler. Bersin adalah alat yang ampuh yang digunakan oleh tubuh Anda untuk meledakan keluar penyusup yang tidak diinginkan. Apa cara yang lebih baik untuk mencoba untuk mengusir serbuk sari dari rongga hidung Anda?
Selain itu, ketika hidung Anda mulai berjalan seperti keran, itu hanyalah histamin memberitahu tubuh Anda untuk menghasilkan lebih banyak mukosa. Lendir adalah cara tubuh Anda mencoba untuk membersihkan alergen keluar dari hidung Anda. Hal ini dapat mengganggu namun gejala lain yang disebabkan oleh histamin yang ditujukan.

Meskipun histamin dimaksudkan untuk menjadi bagian dari mekanisme pertahanan tubuh, juga dapat mematikan. Beberapa orang memiliki respon imun yang sangat kuat terhadap alergen tertentu, seperti sengatan lebah. Respon ini merangsang pelepasan jumlah yang sangat besar histamin, dimana tubuh tidak dapat menangani sekaligus. Hasilnya bisa syok anafilaktik, yang bisa menyebabkan kematian.

KELAINAN
Kelainan yang terjadi dapat diakibatkan oleh ketidakseimbangan antara senyawa yang terakumulasi dan senyawa yang terdegradasi. Diamine oxidase (DAO) merupakan enzim utama yang berfungsi untuk mendegradasi histamin. Konsumsi makanan yang kaya akan histamin atau alkohol atau obat – obatan yang memicu pelepasan histamin atau memblokade DAO dapat menyebabkan kelebihan kadar histamin. Hal tersebut menyebabkan berbagai macam gejala menyerupai reaksi alergi. Gejala tersebut antara lain diare, sakit kepala, gejala yang berhubungan dengan hidung dan mata, asma, tekanan darah rendah, aritmia, urtikaria, pruritus, kemerahan, dll. Gejala – gejala ini dapat menetap dalam hitungan jam sampai 1 hari. Pada kasus tertentu dapat sampai beberapa hari. Akantetapi, karena banyak faktor lain yang mempengaruhi gejala – gejala yang ditimbulkan, intoleransi seseorang terhadap histamin seringkali tidak dipikirkan.

Ringkasan
Histamin adalah bahan kimia yang diproduksi dan disimpan dalam tubuh. Histamin dilepaskan ketika seseorang terjadi kontak dengan alergen. Histamin menghasilkan gejala alergi, seperti peradangan dan peningkatan produksi lendir. Histamin juga memainkan peran penting dalam mengatur jam internal Anda.

Histamin terdapat pada hewan antara lain pada bisa ular, bakteri dan tanaman. Kadar histamin paling tinggi ditemukan pada kulit, mukosa usus dan paru2.  AH1 menghambat efek histamin pada pembuluh darah, bronkus dan bermacam2 otot polos. AH1 bermanfaat untuk mengobati reaksi hipersensitivitas.




*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...