Tuesday 10 April 2018

Berbagai Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan Serta Kandungan Gizinya


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
           Berbagai Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan
                                 Serta Kandungan Gizinya


Rumput laut adalah salah satu sumber daya hayati yang tergolong dalam jenis sayuran. Habitatnya berada di perairan yang dangkal, kira-kira sampai mencapai 200 meter di bawah laut. Mudah sekali ditemukan di area yang beriklim dingin, tropis dan juga subtropis.

Bagi Anda yang menyukai makanan seperti sushi atau onigiri, sudah pasti tidak asing lagi dengan rumput laut alias seaweed. Rumput laut masuk ke dalam kelompok algae dan terdiri dari beberapa tipe seperti alga cokelat, alga merah, dan alga hijau. Makanan yang disajikan dengan rumput laut ini rata-rata berasal dari Asia. Namun, tahukah Anda bahwa rumput laut bukan saja lezat, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan.

Rumput laut atau dalam bahasa Inggris biasa disebut dengan seaweed, sudah banyak dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari. Mulai dari dimanfaatkan untuk membuat agar-agar, maupun digunakan untuk membuat bungkus pada onigiri. Rumput laut juga sangat dikenal dapat membantu menyehatkan kulit. Namun, sebelum memanfaatkan rumput laut, harus mengetahui jenis rumput laut yang hendak diolah terlebih dahulu. Karena, ada beberapa jenis rumput laut yang juga tidak boleh dikonsumsi.

Salah satu jenis rumput laut yang banyak dimanfaatkan yakni rumput laut putih. Jenis rumput laut dengan nama latin Eucheuma spinosum ini banyak digunakan untuk bahan campuran pembuatan es buah. Selain enak untuk dikonsumsi, rumput laut putih memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Seperti namanya, rumput laut putih memiliki warna putih. Rumput laut putih tidak dapat hidup disembarang tempat, tetapi memerlukan perarairan yang memiliki air yang jernih. Agar dapat tumbuh dan berkembang, serta melakukan fotosintesis dengan baik, rumput laut putih memerlukan perairan yang mendapatkan suplai sinar matahai yang bagus.

Tidak hanya digunakan untuk campuran es buah saja, rumput laut putih tidak hanya memberikan rasa yang segar, tetapi memiliki banyak kandungan di dalamnya. Beberapa kandungan dalam rumput laut putih diantaranya karbohidrat, lemak, protein, serat kasar, abu, lota keraginan serta kandungan air. Beberapa kandungan dalam rumput laut putih tersebut sangat baik untuk kesehatan.

Harga pasaranya cukup murah, serta banyak pedagang yang menjualnya di pasar tradisional. Bahkan ada yang memakainya untuk bumbu produk makanan. Perlu Anda tahu bahwa Rumput Laut ternyata bukanlah termasuk jenis rumput yang ada di daratan. Ini termasuk pada tumbuhan laut jenis alga atau ganggang multiseluler. Adapun ciri khasnya yaitu tidak mempunyai akar, batang, serta daun. Selain itu, bentuknya juga sangat beragam ada yang bulat, pipih, maupun bercabang. Secara umum, rumput laut yang dapat dimakan adalah jenis ganggang biru (cyanophyceae), ganggang hijau (chlorophyceae), ganggang merah (rodophyceae) atau ganggang coklat (phaeophyceae).


Rumput laut disebut juga sayuran laut, atau marine vegetables. Kita tahu bahwa sayuran memiliki kalori yang rendah. Semangkuk rumput laut mentah atau rumput laut wakame memiliki mengandung kurang dari 20 kalori.

Biasanya rumput laut tumbuh di dekitar karang karang yang telah mati. Hasil  ekstrasi rumput laut dimanfaatkan tidak hanya sebagai bahan pembuatan agar agar saja, ekstrak rumput laut juga dimanfaatkan sebagai bahan makanan atau sebagai bahan tambahan untuk industri makanan, farmasi, kosmetik, tekstil, kertas, cat dan lain-lain. Selain itu digunakan pula sebagai pupuk hijau dan komponen pakan ternak maupun ikan. Saat ini masyarakat indonesia sudah banyak yang membudidayakan tanaman ini, karena jika mengandalkan Rumput Laut yang tumbuh alami tidak mencukupi kebutuhan akan rumput laut. Rumput laut yang biasa di budidayakan diIndonesia yaitu jenis Eucheuma sp. Selain  itu rumput laut juga memiliki manfaat baik bagi tubuh.

Rumput laut alam biasanya dapat hidup di atas substrat pasir dan karang mati. Beberapa daerah pantai di bagian selatan Jawa dan pantai barat Sumatera, rumput laut banyak ditemui hidup di atas karang-karang terjal yang melindungi pantai dari deburan ombak.


Kandungan Gizi Rumput Laut
Nilai Nutrisi 10 kali lebih tinggi dibandingkan dengan sirip ikan Hiu.
Setiap satu ons Kandungan Kollagennya sama dengan 2 keping sarang burung walet.
Mempunyai PH 7,6.
Kandungan kalsium yang terdapat dalam rumput laut 37 lebih tinggi di bandingkan dengan hati ikan.
Antioksidan 550 kali lebih kuat daripada Vitamin C.
Rumput Laut mempunyai kandungan 40 kali lipat Vitamin A dibandingkan dengan.
Beta Cartine atau 638kali lebih tinggi daripada daging sapi.
Kandungan protein yang terdapat di dalamnya 21 kali lebih banyak jika dibandingkan dengan susu.
Kandungan Omega 3 dan Omega 6 yang terdapat didalamnya 2326 lebih banyak daripada ikan.
Kandungan mineralnya lebih banyak jika dibandingkan dengan sayur daratan di antaranya Kalsium, Kalium, Zat besi, Magnesium, Iodine, Potasium, Vitamin B6, B12, C ,A, Omega 3 dan Antioksidan.
Kandungan asam amino, vitamin dan mineral rumput laut mencapai 10 -20 kali lipat dibandingkan dengan tanaman darat.


Manfaat Rumput Laut
Kabarnya sayuran laut ini telah lama terkenal di dunia sejak abad ke 16. Manfaatnya juga sangat luar biasa bisa mencegah, serta mengobati beragam jenis penyakit. Berikut ini beberapa penjelasan  dari manfaat rumput laut.

Mencegah Anemia
Orang yang rajin mengonsumsi Rumput Laut ternyata mempunyai resiko lebih kecil terkena anemia, dibandingkan yang tidak pernah memakannya sama sekali. Jenis sayur ini sangat ampuh mengurangi efek samping tersumbatnya produksi sel darah.

Penelitian juga membuktikan bahwa, rumput laut jenis spiriluna juga dapat menstabilkan jumlah sel-sel darah merah, sel-sel darah putih, dan hemoglobin. Penelitian membuktikan bahwa rumput laut meningkatkan hematopoiesis, yakni pembentukan sel darah merah. Itu diyakini karena tingginya kandungan zat besi di dalamnya.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Mengonsumsi Rumput Laut secara rutin ternyata dapat berguna sebagai stimulan. Sehingga Anda tidak akan mudah sakit, karena daya tahan tubuhnya meningkat. Kinerja makanan tersebut sangat berpengaruh besar apabila telah dimakan manusia.

Penelitian menyatakan bahwa rumput laut ini bisa menjadi stimulan dalam proses penyembuhan kanker lewat kemampuannya meningkatkan daya tahan tubuh. Rumput laut bekerja dengan meningkatkan produksi antibodi, cytokines, (protein pelawan infeksi), dan sel lain yang meningkatkan imunitas sehingga membantu menyembuhkan infeksi dan penyakit kronis seperti kanker.

Mempercepat Penyembuhan Luka
Kandungan vitamin C yang terdapat dalam Rumput Laut, mengandung vitamin A. Adanya nutrisi tersebut berperan untuk mempercepat penyembuhan luka yang terjadi pada kulit manusia. Selain itu juga dapat memperkuat tulang, dan gigi.

Rumput laut juga kaya akan vitamin K, dan vitamin ini berkoordinasi dengan trombosit – jenis sel yang dapat membentuk gumpalan/pembekuan darah. Vitamin K akan mengirim sinyal kimia di mana trombosit mengumpulkan darah dan membekukannya, sehingga saat Anda terluka, luka tersebut akan berhenti mengalir. Anda bisa memilih jenis rumput mana pun, namun perlu diketahui bahwa wakame memiliki kandungan vitamin K yang lebih sedikit.

Mengobati Alergi
Orang yang terkena alergi biasanya tubuhnya akan terasa gatal-gatal, dan tampak ada bintik-bintik dikulitnya. Namun jangan khawatir, sebab Rumput laut berkhasiat bisa mengobatinya. Oleh karena itu cobalah rutin dalam mengonsumsinya.

Rumput laut dapat melawan reksi alergi dengan cara mencegah pelepasan histamin atau zat yang menyebabkan gejala alergi seperti hidung tersumbat dan mata berair.

Menyembuhkan Penyakit Gondok
Konon telah diadakan penelitian bahwa pada butiran Rumput Laut, bermanfaat bisa menggantikan garam untuk makanan ringan. Selain itu juga berkhasiat dalam menyembuhkan penyakit gondok. Bahkan juga bisa menurunkan risiko tekanan darah tinggi, serangan jantung dan stroke.

Cocok untuk Diet (mempertahankan atau menurunkan berat badan)
Rumput Laut ternyata tidak berlemak, serta berserat tinggi. Sehingga sangat ampuh untuk melancarkan sistem pencernaan. Selain itu juga seseorang yang mengonsumsinya akan sangat mudah merasakan kenyang perutnya. Sehingga ini cocok sekali buat yang sedang menjalankan program diet sehat, agar berhasil secara maksimal.

Beberapa jenis rumput laut, seperti rumput laut cokelat, mengandung pigmen fucoxanthin, yang dapat membantu metabolisme tubuh untuk mengubah lemak menjadi energi. Hal ini diperkuat oleh sebuah penelitian yang dipublikasikan pada Food Chemistry, ditemukan bahwa alginat (serat alami yang terdapat pada rumput laut cokelat) dapat membantu sekitar 75% untuk menghalangi penyerapan lemak pada usus.

Rumput laut adalah makanan bebas lemak dan kaya akan serat pangan. Seperti kita ketahui bahwa selain melancarkan pencernaan, serat juga dapat membuat perut kenyang lebih lama, sehingga Anda bisa terhindar dari pola makan rakus yang bisa menambah berat badan. Cocok dikonsumsi sebagai camilan bagi Anda yang sedang berdiet.

Memperkuat Tulang
Banyak orang beranggapan bahwa Rumput Laut mengandug kalsium yang tergolong tinggi. Sehinnga berkhasiat untuk memperkuat tulang, agar tidak mudah keropos. Selain itu juga supaya kesehatan kuku,rambut supaya tetap terjaga dan tampak indah.

Jika Anda alergi terhadap susu sapi, pertimbangkan makanan lain yang mengandung kalsium. Rumput laut, dan wakame terdiri dari 60 mg kalsium, sekitar 6 % dari kebutuhan kalsium harian. Kurangnya kalsium dapat berdampak pada otot, dan sel yang berkoordinasi dengan sistem saraf.

Rumput laut putih mengandung berbagai vitamin di dalamnya. Salah satu kandungan vitamin dalam rumput laut putih yakni vitamin D. Dimana, vitamin D ini memiliki fungsi untuk membantu pertumbuhan tulang. Dengan mengkonsumsi rumput laut putih yang mengandung vitamin D, kesehatan tulang dapat terjaga. Selain vitamin D, rumput laut putih memiliki kandungan kalsium yang lebih banyak dibandingkan susu.

Penelitian mengklaim bahwa rumput laut mengandung kalsium 5x lebih besar dibandingkan susu. Dengan kandungan kalsium yang begitu besar, maka rumput laut dapat mencegah keropos tulang, membantu pertumbuhan tulang dan gigi, menjaga kesehatan kuku,rambut, dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Mengatasi Obesitas
Bagi yang memiliki masalah kelebihan badan, memakan Rumput Laut menjadi cara yang tepat. Sebab memiliki senyawa fucoxanthin yang dapat mengurangi lemak menumpuk pada tubuh. Selain itu juga sering digunakan untuk pil penurun berat badan.

Mengobati Influenza
Ternyata Rumput Laut mempunyai sifat anti virus. Hal ini kabarnya sudah terbukti bahwa kandungan di dalamnya mampu menghalangi penyerapan partikel virus yang membahayakan tubuh. Sehingga tidak akan mudah terkena infeksi.

Menjaga Kesehatan Kardiovaskuler
Salah satu khasiat utama yang sangat penting dari Rumput Laut, yaitu dapat menjaga kesehatan kardiovaskular. Selain itu juga mampu dalam menjaga kadar trigliserida,serta kolesterol pada tubuh. Hal tersebut sangat mampu membuat jantung senantiasa terjaga.

Vitamin D pada rumput laut putih tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, tetapi juga dapat membantu meningkatkan tekanan darah. Dalam keadaan stabil, tekanan darah ini dapat membantu mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular yang terjadi.

Meningkatkan Energi
Kandungan lainnya yang terdapat pada rumput laut adalah zat besi. Manfaat yang bisa Anda dapatkan dari zat besi adalah memproduksi energi yang butuh untuk dibakar oleh tubuh saat melakukan aktivitas harian, Kurangnya zat besi dapat menyebabkan anemia, sehingga Anda menjadi mudah lemah dan lesu. Anda bisa menambah asupan zat besi dengan memakan rumput laut. Semangkuk rumput laut menyediakan 1,1  atau 0,8 mg zat besi. Memasukkan rumput laut ke dalam makanan sehari-hari dapat membantu Anda mencapai kebutuhan 8 mg zat besi harian pada laki-laki, atau 18 mg zat besi untuk perempuan.

Baik untuk Penderita Diabetes dan Kolesterol
Rumput laut juga mengandung omega-3 asam lemak. Selembar rumput laut memiliki kandungan omega-3 asam lemak yang sama dengan dua alpukat. Fungsi dari omega-3 asam lemak adalah meningkatkan kolesterol baik atau HDL, serta mengurangi kolesterol jahat atau LDL.

Fungsi menambahkan rumput laut putih pada makanan yakni dapat membantu mengatur kadar kolesterol pada makanan. Sehingga makanan yang ditambahkan dengan rumput laut putih memiliki kadar kolesterol yang relatif stabil dan tidak terlalu tinggi. Makanan yang diberikan campuran rumput laut putih lebih aman dikonsumsi karena memiliki kadar lemak dalam makanan tersebut dapat berkurang dan kolesterol yang stabil.

Tidak hanya membantu menstabilkan kolesterol pada makanan, rumput laut juga dapat mengurangi lemak dalam tubuh. Mengkonsumsi rumput laut putih dapat membantu pembakaran lemak dalam tubuh. Sehingga tubuh akan terhindar dari kelebihan lemak.

Terhindar dari Pembengkakan Kelenjar Tiroid
Kandungan yodium yang ada pada rumput laut ini merupakan sesuatu yang cukup jarang ditemukan pada makanan lainnya. Mengonsumsi level yodium yang sehat penting untuk mempertahankan tiroid yang sehat. Tiroid yang bermasalah dapat menyebabkan beberapa gejala seperti rasa lemah, otot pun melemah, kolesterol tinggi, bahkan pada kasus yang parah dapat menyebabkan kondisi medis yang serius seperti gondok, jantung berdebar-debar, serta memori yang terganggu.

Melawan Penyakit
Vitamin yang terkandung pada rumput laut memang banyak, seperti magnesium, copper, zinc, riboflavin, niacin, thiamin, vitamin A, B12, B6, dan C. Beberapa nutrisi tersebut adalah antioksidan. Selain mengandung flavonoid, rumput laut juga mengandung antioksidan tinggi lainnya seperti karotenoid.  Antioksidan sendiri berfungsi untuk mencegah kerusakan tubuh akibat radikal bebas, serta baik untuk kesehatan kardiovaskular.

Memperlambat Penyebaran Kanker Payudara
Penelitian baru-baru ini menemukan sayuran laut dapat mengatur kadar estrogen, sehingga risiko terkena kanker payudara pun berkurang. Namun, bukan berarti rumput laut ini digunakan sebagai pengobatan berbagai penyakit, atau menjamin perlindungan terhadap penyakit.

Bahan Campuran Pembuatan Es Krim
Rumput laut putih memiliki kandungan lota keraginan di dalamnya. Keraginan dalam rumput laut memiliki berbagai manfaat yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya yakni sebagai bahan untuk campuran es krim. Keraginan dalam rumput laut putih mencegah terjadinya pengkristalan yang besar pada es krim, dan menunda pencairan es krim sehingga dapat padat lebih lama.

Mencegah Kanker Usus
Serat dalam rumput laut putih sangat baik untuk sistem pencernaan, terlebih pada usus. Mengkonsumsi rumput laut putih dapat dapat mencegah perkembangan sel kanker pada usus. Dengan mengkonsumsi rumput laut, usus dapat menjadi lebih sehat dan terhindar dari kanker usus.

Melancarkan Buang Air Besar
Selain mencegah kanker pada usus, serat dalam rumput laut putih dapat membantu melancarkan buang air besar. Rumput laut putih juga memiliki kadar air yang cukup banyak di dalamnya. Mengkonsumsi rumput laut putih dapat membantu mencegah terjadinya sembelit, dan sistem pemcernaan juga dapat lebih sehat.

Mengatasi Masalah Lambung
Rumput laut putih dapat membantu mengatasi masalah lambung. Sifatnya yang dingin membuat lambung dapat merasa lebih baik.

Melawan Radikal Bebas
Tidak hanya buah jeruk dan jenis buah-buahan lain yang memiliki kandungan vitamin C di dalamnya. Rumput laut putih juga memiliki kandungan vitamin C yang mampu menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Tubuh dapat menjadi kuat agar tidak mudah terkena penyakit.

Membantu Reduksi Estrogen
Estrogen memang diperlukan tubuh karena bekerja sebagai hormon reproduksi. Akan tetapi, kelebihan estrogen sebenarnya juga tidak baik, karena dapat menyebabkan kanker. Untuk mengurangi estrogen dalam tubuh, mengkonsumsi rumput laut putih dapat menjadi salah satu solusi. Rumput laut putih dapat membantu mereduksi estrogen, sehingga tubuh dapat terhindar dari kanker.

Membantu Proses Pertumbuhan
Ketika anak mengalami proses pertumbuhan, nutrisi pada anak harus tercukupi agar pertumbuhannya tidak terganggu. Rumput laut putih memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan. Anak yang dalam masa pertumbuhan, sangat baik mengkonsumsi rumpu laut putih karena kandungan nutrisinya sangat baik untuk membantu proses pertumbuhan agar tetap terjaga.

Sebagai Antivirus dan Antibakteri
Kandungan dalam rumput laut putih memiliki kemampuan sebagai antivirus dan antibakteri dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi rumput laut putih, tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan karena virus maupun bakteri. Tidak hanya mencegah virus dan bakteri masuk ke dalam tubuh, tetapi kandungan dalam rumput laut putih dapat membantu membunuh bakteri dan virus yang sudah berkembang di dalam tubuh.

Campuran Bahan Pembuatan Kosmetik
Disadari atau tidak, kosmetik yang sering digunakan oleh kebanyakan wanita memiliki campuran rumput laut putih di dalamnya. Rumput laut putih yang sudah dijadikan bubuk digunakan sebagai bahan campuran pembuatan kosmetik dan tidak berbaya untuk kulit.

Mengatasi Masalah Jerawat
Menurut penelitian yang pernah dilakukan, kandungan dalam rumput laut putih dapat membantu mengatasi masalah jerawat pada wajah. Kandungan dalam rumput laut tersebut dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat.

Mencegah Terjadinya Penyakit Jantung
Rumput laut putih dapat membantu produksi hormon, serta membantu produksi sel darah merah. Sel darah merah dalam tubuh tercukupi, sehingga dapat membantu menguatkan sistem imun tubuh, dan mencegah terjadinya penyakit jantung.

Mencegah Kanker
Penelitian Harvard School of Public Health di Amerika mengungkap bahwa wanita premenopause di Jepang berpeluang tiga kali lebih kecil terkena kanker payudara dibandingkan wanita Amerika. Hal ini disebabkan pola makan wanita Jepang yang selalu menambahkan rumput laut di dalam menu makan mereka.

Mencegah Penyakit Stroke
 Mengkonsumsi rumput laut dapat menyerap kelebihan garam pada tubuh sehingga dapat mengurangi tekanan darah tinggi pada seseorang.

Mencegah Terjadinya Penurunan Kecerdasan
Kandungan iodium pada rumput laut yang sangat tinggi dapat mengatasi defisiensi iodium pada tubuh yang berdampak pada penurunan kecerdasan seseorang.

Melindungi Gigi
Selain dapat membantu pertumbuhan tulang, kandungan vitamin D dalam rumput laut putih juga dapat membantu menjaga kesehatan gigi.

Mencegah Penuaan Dini
Kandungan vitamin, mineral, asam amino dan enzym dalam rumput laut sangat potensial sebagai anti oksidan yang berperan dalam penyembuhan dan peremajaan kulit. Vitamin A (beta carotene) dan vitamin C bekerja sama dalam memelihara kolagen, sedangkan kandungan protein dari rumput laut penting untuk membentuk jaringan baru pada kulit.

Kandungan klorofil dan juga vitamin C dalam rumput laut putih dapat mencegah terjadinya penuaan dini. Hal ini disebabkan karena vitamin C dapat menangkal radikal bebas dan klorofil memiliki sifat antikarsinogenik, yang mampu mencegah terjadinya penuaan dini.

Menurunkan Demam
Tidak hanya dingin di perut, rumput laut juga dapat mengembalikan suhu tubuh yang terlampau tinggi yang disebabkan karena demam. Rumput laut dalam membantu menurunkan demam yang terjadi, terlebih pada anak-anak.

Mengatasi Cacingan
Obat tradisional yang digunakan untuk mengatasi cacingan biasanya menggunakan jamu. Apabila kurang suka mengkonsumsi jamu, obat alami lain yang dapat mengatasi cacingan yakni rumput laut putih.

Bahan Pembuatan Agar-agar
Banyak orang yang mengkonsumsi rumput laut putih yang segar, atau belum diolah. Selain itu, rumput laut putih juga dapat dijadikan bubuk. Bubuk dari rumput laut putih ini dapat dimanfaatkan untuk bahan pembuatan agar-agar. 

Umpan Ikan
Ketika memancing atau menangkap ikan, biasanya digunakan umpan seperti cacing atau ikan yang lebih kecil. Namun, apabila sedikit gel dengan cacing, umpan pancing dapat diganti dengan rumput laut. Rumput laut dapat menjadi ganti umpan, dan menngkatkan tangkapan ikan dibandingkan dengan jenis umpan lain.

Pengganti Garam
Peneliti di Inggris menguji butiran rumput laut sebagai penambah rasa yang bisa menggantikan garam dalam makanan ringan dan produk makanan olahan lainnya. Mengurangi konsumsi garam dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi, serangan jantung hingga stroke.


Selain segar untuk dijadikan bahan campuran pembuatan es buah, rumput laut juga sangat bermanfaat untuk tubuh. Selain untuk kesehatan tubuh, masih banyak lagi manfaat rumput laut bagi kehidupan. Rasanya yang segar dan tidak pahit, membuat rumput laut ini mudah diolah dan dikonsumsi.

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat Rumput Laut yang perlu kita ketahui. Luar biasa sekali dampak positifnya bagi kesehatan. Selain itu, di bawah ini masih ada beberapa khasiat lainnya.


Khasiat lain dari Rumput Laut :
mengobati serta memperbaiki gizi buruk
Mencegah Radang Gusi
Mencegah Rematik
Mencegah Usus Buntu
Mengobati Insomnia
Mengobati Batuk Kronis
Mencegah Mata Minus
Mencegah Kram
Mengatasi Depresi
Mencegah Radang Tenggorokan
Mencegah Faringitis
Meningkatkan Mood
Mengobati Sakit Kepala

Seberapa banyak rumput laut yang dapat kita konsumsi?
Terlalu banyak mengonsumsi rumput laut dapat menyebabkan yodium berlebihan pada tubuh. Anda harus makan secukupnya saja, tidak berlebihan. Bagi Anda yang menderita hipertiroidis – kelenjar tiroid yang over aktif – sebaiknya Anda menghindarinya, sebab yodium akan semakin menstimulasi tiroid.

Rumput laut mengambil mineral yang ada di laut, tempat mereka hidup. Bisa saja tanaman ini menyerap arsenik dan metal berat lainnya. Ketika dikonsumsi berlebihan, tentunya tidak akan baik untuk kesehatan tubuh.



Demikianlah sedikit pembahasan tentang manfaat rumput laut serta kandungan gizinya. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam bidang kesehatan.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...