Sunday 20 May 2018

Berbagai Manfaat Minyak Zaitun (Olive Oil) Untuk Perawatan Kulit serta Kecantikan


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
                            Manfaat Minyak Zaitun (Olive Oil)


Minyak zaitun merupakan hasil dari ekstraksi dari buah atau biji zaitun, yang diambil minyaknya. Minyak zaitun saat ini menjadi salah satu pelopor tren pola hidup sehat. Dan selain sering dimanfaatkan sebagai bahan campuran makanan, ternyata, minyak zaitun juga bermanfaat untuk kecantikan.

Banyak orang yang memanfaatkan minyak zaitun sebagai salah satu bahan perawatan kecantikan, bahkan sejak zaman Romawi Kuno. Minyak zaitun adalah lemak atau minyak yang diperoleh dari hasil penggilingan buah pohon zaitun. Minyak yang berasal dari tanaman tradisional di wilayah Mediterania ini mengandung lemak, vitamin E, vitamin K, dan sedikit sekali zat besi.

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan:
Minyak zaitun telah digunakan dalam berbagai keperluan seperti obat-obatan, masakan, sabun, bahan bakar untuk lampu tradisional, dan bahkan kosmetik. Minyak zaitun dapat dicampurkan ke dalam makanan, dioleskan ke bibir sebagai pelembut dan lip gloss, dan mengatasi bibir pecah-pecah. Selain itu, minyak zaitun bisa dipakai untuk melembutkan kulit yang kering dan retak-retak misalnya pada siku dan tumit.

Menghapus sisa-sisa make up pada wajah
Jika Anda kehabisan pembersih make up dan di dapur ada minyak zaitun, gunakan saja minyak tersebut untuk menghapus sisa-sisa make up di wajah. Banyak merek kosmentik yang kini membuat produk cleansing oil (minyak pembersih) untuk “mencuci wajah”. Cleansing oil tersebut terbuat dari minyak-minyak alami, salah satunya adalah minyak zaitun.

Minyak pembersih dari minyak zaitun ini dapat digunakan untuk menghilangkan make up dengan mudah. Menurut dokter kulit, cleansing oil cenderung bebas bahan kimia paraben yang berbahaya, karena terbuat dari bahan alami dan tidak melenyapkan minyak alami di wajah. Namun, hati-hati jika Anda masih memakai lensa kontak ketika menggunakan cleansing oil, bisa-bisa pembersih wajah ini justru mengendap di lensa kontak.

Pembersih make up yang mahal bisa digantikan dengan minyak zaitun. Kelebihan minyak zaitun yaitu tidak perih di mata dan tidak berbahaya untuk kulit seperti sebagian pembersih make up komersial.

Jika anda khawatir kulit menjadi berminyak setelah memakai olive oil  maka anda bisa mencampurkan dengan minyak castor. Perbandingannya tergantung jenis kulit. Jika kulit kering, lebih banyak zaitunnya lebih bagus tapi kalau kulit berminyak lebih banyak minyak castornya.

Seorang dermatologist bernama Julie Russak, M.D. menjelaskan bahwa minyak seharusnya 'dilawan' dengan minyak.

"Minyak zaitun mengikat produk lain yang juga berbasis minyak, jadi bisa menjadi pembersih makeup yang bagus," ujar dokter kulit berbasis di New York, Amerika Serikat.

Julie Russak menyarankan agar memakai minyak zaitun sebelum membersihkan wajah dengan sabun.
Anda hanya perlu mengusapkan minyak zaitun ke wajah sembari memijat lembut hingga makeup luntur.

Lalu basuh wajah dengan air hangat, lalu barulah membersihkan wajah menggunakan sabun. Dalam penerapan minyak zaitun, dapat juga dengan menuangkan minyak zaitun ke kapas, lalu diusapkan ke semua bagian wajah.

"Minyak zaitun cukup lembut untuk digunakan sehari-hari," kata Julie Russak.

Sebagai masker atau facial
Manfaat minyak zaitun untuk wajah bisa pula diaplikasikan sebagai masker atau facial. Caranya, cukup oleskan minyak zaitun extra virgin (murni) ke wajah. Atau bisa juga dengan mencampur dua sendok teh cuka sari apel, satu sendok teh minyak zaitun, dan satu sendok teh madu. Lalu, oleskan campuran tersebut pada wajah dan diamkan selama 10-15 menit. Bilas dengan air hangat dan keringkan wajah dengan cara ditepuk-tepuk menggunakan handuk bersih.

Melembabkan kulit
Mengatasi kulit kering dan melembabkan kulit juga merupakan manfaat minyak zaitun untuk wajah. Minyak zaitun mirip dengan minyak alami yang diproduksi oleh kulit, sehingga mudah diserap dengan baik ke dalam kulit. Minyak zaitun biasanya tidak menyebabkan alergi, akan tetapi disarankan untuk tidak dioleskan ke kulit yang berjerawat. Dan menurut salah satu penelitian, minyak zaitun bahkan dapat membantu melindungi tubuh dari serangan kanker kulit.

Kulit wajah yang kering merupakan salah satu hal yang dapat mengurangi kecantikan diri anda. karena itu, anda dapat mengoleskan minyak zaitun pada wajah anda dan memijat-mijat agar memberikan efek menyegarkan, dan dapat menjaga kelembaban kulit wajah anda. Dengan terjaganya kelembaban dari kulit wajah anda, maka anda pun akan selalu terlihat cantik dan berseri.

Tidak hanya pada wajah, minyak zaitun ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk melembabkan kulit secara menyeluruh. Kondisi kulit tubuh yang mengering akan sangat mengganggu penampilan anda, kaarena akan menimbulkan kulit yang kasar dan cenderung bersisik. Anda dapat mengoleskan minyak zaitun pada bagian kulit tubuh anda agar kelembaban kulit anda dapat terjaga dengan baik.

Khusus untuk kulit wajah yang kering, anda bisa menggunakan minyak zaitun sebagai krim malam. Oleskan dengan tipis dan biarkan semalaman. Kulit anda akan menjadi lembut dan kenyal.

Regenerasi kulit sehingga kulit terjaga kelembutannya dan halus.

Minyak zaitun juga kini banyak dipergunakan sebagai bahan utama produk kecantikan.

Mengatasi kulit pecah - pecah
Manfaat pertama dari minyak zaitun adalah minyak zaitun dapat mengatasi masalah kulit pecah-pecah yang melanda diri anda. Biasanya kulit pecah-pecah dapat terjadi karena kulit kering dan kekurangan nutrisi. Dengan mengoleskan manfaat minyak zaitun untuk kecantikan kulit yang mengalami pecah-pecah secara rutin, maka anda akan dapat segera mengatasi masalah yang sangat mengganggu penampilan anda ini.

Mengangkat sel kulit mati
Salah satu masalah yang mengganggu penampilan cantik anda ialah kondisi sel kulit mati yang menimbulkan noda-noda serta flek pada kulit anda. nah, untuk menghilangkan dan mengangkat sel kulit mati ini, anda dapat memanfaatkan minyak zaitun. Dengan terangkatnya sel kulit mati ini, maka kulit anda akan menjadi :
Lebih cerah
Lebih halus
Terlihat berseri dan cantik

Mencerahkan dan menyegarkan kulit wajah
Minyak zaitun mampu memberikan efek yang menyegarkan dan merelaksasi kulit anda, khususnya pada kulit wajah. Dengan menggunakan manfaat minyak zaitun untuk kecantikan wajah, maka kulit akan dapat merasakan kesegaran, dan efeknya adalam mampu mencerahkan wajah anda. Ketika wajah anda sudah cerah dan berseri, maka secara otomatis, kecantikan akan terpancar secara alami dari wajah anda, yang pastinya akan meningkatkan kepercayaan diri anda.

Sebagai antioksidan dan anti inflamasi
Jika diaplikasikan pada kulit tubuh, minyak zaitun mengandung antioksidan penting berupa vitamin E, fitosterol dan polifenol yang mampu melindungi kulit dari berbagai masalah kulit, seperti penuaan dini hingga resiko penyakit kanker kulit.

Vitamin E dalam minyak zaitun berkhasiat untuk mencegah penuaan dini, serta menghaluskan kulit dan melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Selain itu, minyak zaitun mengandung senyawa langka bernama Hydroxytyrosol yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan kulit akibat serangan radikal bebas.

Zat antioksidan dan anti inflamasi yang ada dalam minyak zaitun diduga dapat membuat kulit menjadi halus dan lebih berseri. Selain dioleskan ke kulit, mengonsumsi minyak zaitun juga dapat memberi Anda manfaat antioksidan yang berguna melucuti radikal bebas dan mengurangi peradangan yang mempengaruhi kerutan dan kekencangan kulit.

Menghilangkan tanda tanda penuaan
Masalah kecantikan lainnya yang sering menjadi perhatian dari para wanita adalah masalah penuaan atau aging. Biasanya,kondisi penuaan atau aging ini menunjukkan gejala – gejala:
Kulit terasa kering dan kasar.
Kulit berkerut.
Elastisitas dan kekanyalan kulit berkurang.

Hilangnya elastisitas kulit adalah tanda alami dari kondisi penuaan, selain itu beberapa penyebab yang mempercepat kulit kehilangan elastisitasnya yaitu kulit sering terpapar radiasi UV, kurang minum air putih, sering stres, dan sering mengonsumsi makanan yang terlalu manis.

Dengan menggunakan minyak zaitun, maka anda dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan yang muncul pada diri anda. Ada dua cara memanfaatkan minyak zaitun untuk mencegah penuaan, yaitu :
Mengoleskan pada bagian kulit yang mengalami gejala penuaan.
Menambahkan minyak zaitun dalam menu makanan sehari –hari.

Ini merupakan efek antioksidan hidroksitirosol dalam minyak zaitun. Squalene yang terkandung dalam zaitun ini meningkatkan elastisitas kulit sehingga mencegah kulit keriput dan membuat kulit lebih bercahaya. Untuk mengurangi keriput pada sekitar mata, pijatkan minyak zaitun pada kulit sekitar mata anda. Jangan memijat dengan keras sebab bisa membuat kulit anda rusak karena kulit sekitar mata sangat lembut.

Sebagai pemberitahuan, produk body lotion yang cocok bagi wanita yang bermukim di daerah tropis adalah body lotion yang lembut dan mudah meresap serta mengandung minyak zaitun. Produk seperti ini dapat mencegah kekeringan, melembutkan, dan melindungi kulit dari sinar ultra violet.

Selain itu, hal-hal penting agar elastisitas kulit terjaga adalah hindari terlalu lama di bawah sinar matahari langsung, minum banyak air putih, dan jangan terlalu sering mandi air hangat.

Menghilangkan kantung mata
Minyak zaitun juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk menghilangkan kantung mata. Kantung mata sangatlah berpengaruh terhadap kecantikan anda, karena sulit untuk dikamuflase atau ditutupi dengan menggunakan make up. Namun dengan mengoleskan minyak zaitun secara teratur, maka kantung mata akan dapat hilang dengan baik, dan mengembalikan pancaran kecantikan anda.

Tabir surya
Sinar ultraviolet sangatlah berbahaya apabila sering bersentuhan dengan klit. Paparan radiasi dari sinar ultraviolet ini dapat menimbulkan berbagai gangguan kulit, seperti :
Kanker kulit.
Iritasi kulit.
Kulit menghitam dan gosong.
Kulit terbakar.

Anda dapat memafaatkan minyak zaitun untuk menjadi tabir surya. Dengan mengandaakan tabir surya dari minyak zaitun, Maka anda akan terhindar dari bahaya sinar ultraviolet yang mengancam kecantikan kulit anda.

Mengatasi wajah berminyak
Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan juga dapat digunakan untuk mengatasi kondisi wajah yang berminyak. Dengan terkontrolnya kadar minyak pada wajah, maka pastinya kecantikan anda akan terpancar dengan indah dan juga alami.

Memutihkan wajah
Manfaat minyak zaitun untuk wajah yang terakhir adalah untuk memutihkan wajah. Sama halnya dengan manfaat minyak zaitun untuk kulit wajah lainnya, kandungan polifenol dalam minyak zaitun akan membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. Anda tidak perlu lagi harus memakai produk pemutih wajah yang harganya sangat mahal atau bahkan harus suntik wajah agar wajah putih, cukup dengan menggunakan minyak zaitun setiap hari, maka pelan tapi pasti, Anda akan mendapatkan wajah cerah yang Anda inginkan secara natural.

Menghilangkan stretch mark
Terjadinya stretch mark ditandai dengan timbulnya garis-garis yang umumnya tidak berwarna, tampilannya juga seperti bekas luka.

Biasanya stretch mark itu ada pada wanita selesai melahirkan. Karena regangan kulit pada waktu hamil maka menimbulkan bekas. Minyak zaitun membantu kulit regenerasi dan mencerahkan bekas stretch marks. Hangatkan minyak zaitun dan pijat sekitar stretch marks 3 kali seminggu dan lihat hasilnya.

Kandungan di dalam minyak zaitun bekerja untuk merangsang sirkulasi darah di kulit, meningkatkan elastisitas kulit, dan mengurangi stretch mark.

Mengobati eksim
Manfaat minyak zaitun untuk wajah dan kulit tubuh diduga juga bisa diterapkan untuk mengobati eksim (kulit merah dan gatal), psoriasis(kulit merah dan terkelupas), dan infeksi jamur (kurap atau ringworm, jamur di lipat tubuh, dan panu). Namun, penelitian dan bukti lebih lanjut diperlukan untuk mendukung berbagai pernyataan tersebut.

Menjaga kesehatan kulit secara alami
Minyak zaitun juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan kulit anda. perlu diingat, kulit membutuhkan asupan nutrisi yang optimal dan baik untuk selalu terjaga kesehatannya. Dengan menggunakan minyak zaitun, maka kesehatan kulit anda akan selalu terjaga, dan masalah – masalah kulit pun dapat pergi dari tubuh anda.

Mencegah dan mengurangi risiko kanker
Sifat antioksidan dan anti inflamasi yang kuat pada minyak zaitun dan juga melalui kerja dari phenolic dan vitamin E dapat mencegah dan mengurangi risiko kanker terutama kanker payudara dan kanker kulit.

Pada kanker kulit, dengan menggunakan minyak zaitun sebagai tabir surya secara rutin merupakan cara terbaik mencegah sengatan sinar matahari dan melindungi kulit dari efek bahaya sinar matahari seperti UVA dan UVB. Dengan begitu malignant melanoma, tipe kanker kulit yang paling berbahaya dapat dicegah.

Sedangkan pada kanker payudara, kanker payudara ini sering terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi lemak jahat. Lemak yang ada pada minyak zaitun dapat memainkan peran untuk melawan perkembangan tumor ini yang menjadi cikal bakal kanker payudara. Minyak zaitun yang kaya akan asam oleat, lemak tak jenuh, dan beberapa senyawa bioaktif seperti antioksidan akan menjadi kunci penting memerangi tumor.

Merawat dan menjaga kesehatan rambut
Minyak zaitun juga sering dimanfaatkan untuk merawat dan menjaga kesehatan rambut anda.

Rambut yang sering terkena touch up seperti diwarnai, diluruskan, dikeriting, atau apapun yang bersinggungan dengan obat kimia tentu akan mengalami penurunan fungsi seperti patah-patah, mudah rontok, kering, dan bahkan rusak. Dengan rutin mengoleskan minyak zaitun pada rambut, maka kandungan vitamin E nya akan memelihara kesehatan rambut. Selain itu, rambut Anda juga semakin tebal dan bersinar secara alami. Jadi bagi Anda yang mengalami kebotakan pun bisa menggunakan minyak zaitun untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Rambut yang sering diistilahkan sebagai mahkota, merupakan salah satu hal yang dapat memancarkan kecantikan. Ini adalah beberapa manfaat minyak zaitun untuk kecantikan rambut :
Membuat rambut berkilau secara alami.
Mencegah munculnya ketombe dan kutu rambut.
Mempercepat pertumbuhan rambut.
Mencegah rambut rontok.
Mencegah rambut bercabang.

Menebalkan alis
Selain rambut, manfaat minyak zaitun untuk rambut lainnya adalah untuk alis. Minyak zaitun mengandung nutrisi seperti vitamin E. Vitamin E akan senantiasa memelihara kesehatan rambut. Dengan kombinasi ini, maka Anda akan mempunyai alis yang lebat dan tentu saja natural. Yang perlu Anda perhatikan adalah Anda harus menggunakan minyak zaitun yang benar-benar alami, belum tercampur dengan bahan-bahan kimia.

Memanjangkan dan menebalkan bulu mata
Selain mengaplikasikannya pada alis, sekalian saja Anda aplikasikan pada bulu mata agar bagi Anda, wanita yang mengidam-idamkan bulu mata panjang dan tebal alami, bisa mempunyainya tanpa harus mengaplikasikan maskara atau bulu mata palsu yang malahan nantinya akan menyebabkan kerontokan pada bulu mata Anda.

Sebagai bahan dalam metode diet dan pembentukan badan
Cantik tidak hanya dapat dilihat dari kondisi kulit dan rambut yang sehat, namun juga dilihat dari kondisi tubuh yang sehat, fit dan selalu segar bugar. Kondisi badan yang fit dan bugar ini dipengaruhi oleh pola makan atau pola diet seseorang. Dengan menambahkan minyak zaitun dalam pola diet anda, maka anda akan mengurangi asupan lemak dan kolestrol jahat di dalam tubuh anda. Sehingga tubuh anda tidak akan mengalami obesitas, dan dapat terhindar dari berbagai macam penyakit, seperti :
Kolestrol
Diabetes
Penakit jantung
Kanker

Menyehatkan tubuh secara alami
Tubuh yang sehat akan memancarkan kecantikannya secara alami. Dengan kondisi tubuh yang sehat, maka kecantikan dan aura yang terpancar dari tubuh anda akan menjadi lebih baik. Manfaat Minyak zaitun untuk kesehatan mampu membantu tubuh untuk memancarkan kecantikan alami dari tubuh anda.

Efek Samping Minyak Zaitun
Memang banyak diketahui kalau minyak zaitun memiliki kegunaan yang bermanfaat untuk wajah Anda. Tapi, hal ini tidak disarankan kalau Anda memiliki tipe kulit wajah yang sensitif. Terutama juga kalau wajah Anda berjerawat dan mengalami masalah dermatitis.

Sebuah studi menemukan bahwa pengunaan minyak zaitun untuk wajah bayi dan orang dewasa tertentu bisa membuat kulit semakin meradang ataupun mengalami alergi.

Studi yang berhubungan dengan penggunaan minyak zaitun pada bayi, sebenarnya dikhawatirkan bisa menjadi pemicu eksim di kemudian hari. Hal ini juga berlaku kalau Anda atau bayi memiliki riwayat eksim keluarga.

Ada baiknya, Anda melakukan tes alergi sebelum menggunakan minyak zaitun untuk wajah. Coba gosok beberapa tetes minyak zaitun di tangan Anda, amati perubahan atau sensitivitas kulit setelahnya. Jika dalam 24-48 jam tidak ada reaksi, Anda aman untuk menggunakannya. Namun, jika ada reaksi seperti kulit memerah atau gatal, sebaiknya jangan menggunakan minyak zaitun untuk wajah Anda.

Sebagian sumber menyebutkan bahwa penggunaan minyak zaitun hendaknya bijak (jangan berlebihan). Minyak zaitun dinilai agak sulit diserap oleh kulit sehingga berpotensi memerangkap kotoran dan kulit mati di pori-pori kulit tubuh, kondisi ini bisa menyebabkan timbulnya komedo.

Minyak zaitun memang alami, namun apabila setelah dioleskan terdapat tanda-tanda alergi, segera hentikan pemakaian dan datangi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut yang tepat.

PERHATIAN:

Jangan pernah simpan minyak zaitun dekat kompor
Minyak zaitun yang berada di dekat kompor sehingga kondisinya hangat, bisa menyebabkan rasa yang lebih kuat, yaitu menyebabkan minyak zaitun terasa seperti cuka seiring berjalannya waktu.

Untukr melindungi rasa minyak zaitun, maka simpanlah minyak zaitun di tempat yang sejuk dan gelap, pastikan botol tertutup dengan rapat dan kencang. Oksigen, cahaya dan panas merupakan tiga musuh utama minyak zaitun.

Belum ada bukti ilmiah bahwa minyak zaitun dapat mengobati varises
Dr. Budiono mengatakan varises merupakan keadaan pembengkakan pada pembuluh darah balik (vena) yang akhirnya memunculkan tonjolan (pembengkakan) pada tubuh .

Bagian tubuh yang mengalami varises seperti betis atau lipatan tungkai. Ciri varises yaitu memiliki warna biru tua atau ungu, terkadang menimbulkan rasa nyeri yang bertingkat-tingkat.

Varises sebenarnya dapat muncul pada banyak bagian tubuh, hanya saja biasanya varises muncul pada bagian kaki karena paling sering mendapatkan tekanan.

Terjadinya varises umumnya akibat kondisi penumpukan darah pada pembuluh darah balik. Beberapa faktor yang menyebabkan seseorang terkena varises :
Kurangnya aktifitas.
Kegemukan.
Terkait postur tubuh, seperti berdiri terlalu lama dan semacamnya.
Faktor usia.
Kerusakan katup pembuluh darah balik.

Masalah varises yang ringan bisa ditangani sendiri dirumah, beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu menurunkan berat badan, melakukan pola hidup sehat, dsb.

Apabila kondisi varises yang dialami cukup buruk, dan timbul rasa sangat tidak nyaman atau nyeri, maka hendaknya periksakan diri ke dokter untuk memperoleh penanganan yang tepat.

Beberapa metode penanganan yang kemungkinan ditawarkan dokter seperti prosedur pembedahan, sclerotherapy ataupun terapi ablasi.

Adapun mengenai penggunaan minyak zaitun untuk pengobatan varises, maka belum terdapat bukti manfaat minyak zaitun terhadap kondisi varises.

Tidak disarankan mengoleskan minyak zaitun pada jerawat
Sebagian sumber menyebutkan tentang penerapan minyak zaitun pada jerawat, yaitu pertama-tama bersihkan wajah dengan air bersih, lalu oleskan minyak zaitun pada bagian jerawat. Diamkan selama beberapa menit, lalu basuh wajah dengan air bersih.

Namun menurut Dr. Devika Y menjelaskan apabila seseorang berjerawat maka hendaknya tidak memakai minyak zaitun sebagai face oil.

Menambahkan regime face oil pada kulit yang mudah berjerawat beresiko menyebabkan jerawat dan komedo semakin banyak. Dengan begitu, Anda hendaknya menghindari mengoleskan minyak zaitun pada jerawat di wajah.

Itulah beberapa manfaat dari minyak zaitun untuk kecantikan wanita yang memancar secara alami. Semoga bermanfaat.




*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...