Thursday 24 May 2018

Berbagai Manfaat Salicylic Acid untuk Kulit serta Kecantikan


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
Berbagai Manfaat Salicylic Acid untuk Kulit serta Kecantikan


Salicylic acid merupakan salah satu jenis obat keratolitik yang dapat menghilangkan lapisan keratin di luar kulit. Kandungan yang satu ini termasuk sebagai karbohidrat kompleks yang berasal dari pohon dedalu, yang dalam Bahasa Latin-nya disebut sebagai Salix. Selain kerap dijumpai pada aspirin yang banyak digunakan orang-orang untuk meredakan sakit kepala, salicylic acid juga menjadi salah satu kandungan yang ditemukan pada produk skin care. Salicylic Acid mampu menembus ke dalam permukaan kulit dan pori-pori, sehingga sangat efektif untuk membersihkan kulit.

Kosmetik  yang bagus  tentu harus mengandung zat-zat yang aman untuk kulit wajah dan dapat membersihkan kotoran dengan maksimal.

Untuk cewek dengan wajah berminyak dan cenderung mudah berjerawat, tentunya, kamu harus memilih kosmetik  yang dikhususkan untuk kulit berjerawat. Bukan cuma itu, hal lain yang  juga harus kamu perhatikan dalam tips merawat wajah berjerawat adalah kandungan yang ada dalam kosmetik itu sendiri.

Menurut ahli kulit ternama dari New York, Dr. Gervaise Gerstner, kandungan kosmetik  yang bagus untuk jerawat harus mengandung Salicylic Acid atau Asam Salisilat.

Banyak produk perawatan kulit yang mengandung asam salisilat. Penelitian menunjukkan, dibandingkan AHA, asam salisilat tidak terlalu mengiritasi, tetapi memiliki hasil yang sama dalam meningkatkan tekstur dan warna kulit.

Rajin menggunakan produk berkandungan salicylic acid bisa mendatangkan beragam manfaat positif. Berikut ini beberap manfaat penting Salicylid Acid untuk kecantikan kulit:

Mengatasi Jerawat


Salah satu manfaat salicylic acid yang paling umum dan sudah banyak diketahui orang adalah sebagai salah satu obat jerawat.

Jerawat dapat terbentuk karena banyaknya kandungan minyak pada kulit wajah yang menyebabkan timbulnya bakteri. Dan bakteri penyumbat pori-pori inilah yang membuat kulit meradang atau kemerahan, dan menjadi jerawat. Salicylic Acid juga dapat mengangkat kotoran penyumbat pori-pori yang dapat menyebabkan komedo serta mengurangi bakteri penyebab jerawat. Itu sebabnya, kandungan ini sering kali digunakan sebagai salah satu bahan utama kosmetik.

Kandungan anti-inflamasi pada salicylic acid juga dipercaya dapat meredakan peradangan yang terjadi saat jerawat muncul.

Mencegah Produk Sebum Berlebih


Menggunakan produk yang mengandung salicylic acid di dalamnya ternyata juga dapat mencegah jerawat semakin parah. Hal ini disebabkan oleh salicylic acid yang ampuh dalam mengurangi produksi sebum berlebih. Minyak berlebih menjadi salah satu penyebab umum dari jerawat.

Mengikis Kapalan


Kandungan yang dalam Bahasa Indonesia-nya disebut sebagai asam salisilat ini memang kerap digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Khususnya pada kondisi permasalahan yang disebabkan oleh penebalan dan pengerasan lapisan kulit, salah satunya kapalan. Salicylic acid bekerja dengan meningkatkan kelembapan kulit dan melarutkan unsur yang mengakibatkan sel kulit saling menempel. Hal ini tentu saja akan mempermudah proses pengelupasan sel kulit pada kasus kapalan.

Membersihkan Lapisan Kulit Secara Optimal


Fungsi lainnya dari penggunaan produk yang mengandung salicylic acid adalah mendapatkan kulit bersih. Pasalnya, salicylic acid dapat membersihkan kulit hingga ke beberapa lapisan di bawah kulit. Tidak heran jika salicylic acid juga dikenal sebagai deep cleanser agent.

Mengurangi Ruam Kemerahan Pada Kulit


Selain terasa nyut-nyutan, ruam kemerahan akibat peradangan juga kerap kali muncul bersamaan dengan datangnya jerawat. Masalah yang satu ini tentu saja sangat menganggu, baik dari segi penampilan maupun kenyamanan. Untuk meminimalisir masalah ini, Anda bisa mengandalkan produk berkandungan salicylic acid. Zat anti-inflamasi yang terkandung di dalamnya secara efektif dapat meredakan ruam kemerahan di kulit yang muncul akibat jerawat yang meradang.

Mencerahkan Kulit


Selain efektif dalam mengatasi jerawat, salicylic acid juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Jika digunakan secara rutin, rona wajah yang kusam akibat tumpukan sel kulit mati pun dapat segera teratasi dan kembali cerah. Zat asam ini kabarnya juga sangat efektif untuk menyamarkan noda bekas jerawat, lho! Namun, perlu diingat bahwa wanita hamil dan menyusui perlu menghindari kandungan yang satu ini karena dapat membahayakan janin dan bayi.

Melenyapkan Ketombe


Manfaat salicylic acid yang satu ini mungkin belum banyak diketahui orang. Padahal, kandungan zat asam ini memang sudah sejak lama digunakan sebagai salah satu bahan baku pembuatan sampo anti ketombe. Zat ini nantinya akan bekerja dengan melembutkan dan mengangkat kulit mati yang menumpuk pada kulit kepala. Sayangnya, pada sebagian orang penggunaan sampo berkandungan salicylic acid dapat menimbulkan efek kering pada rambut. Meski begitu, Anda tak perlu khawatie karena dengan menggunakan conditioner saja rambut sudah bisa kembali lembut.

Orang yang alergi terhadap asam salisilat (ditemukan dalam aspirin), wanita hamil dan menyusui disarankan tidak menggunakan produk yang mengandung bahan ini. Asam salisilat dapat diserap ke dalam aliran darah sehingga menyebabkan reaksi alergi atau dermatitis kontak.

Demikianlah pengertian serta manfat Salicylid Acid, dan semoga bermanfaat bagi Anda.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...