Thursday 23 April 2020

Cantik Sehat : Manfaat Body Scrub Untuk Perawatan Kulit


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Manfaat Body Scrub Untuk Perawatan Kulit

Perawatan kulit yang dilakukan secara teratur tidak hanya membuat kulit terasa halus dan lembut, namun Anda juga akan menjadikan seseorang terlihat awet muda. Dan, cara untuk mempercantik diri tidak hanya dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai macam alat kecantikan ataupun mengikuti trend make-up.
Menjaga kesehatan kulit tubuh merupakan sebuah tidakan yang tidak kalah penting. Dengan melakukan perawatan kulit tubuh berarti Anda telah memanjakan tubuh Anda. Berbagai macam perawatan kulit tubuh pun kini sudah tersedia di berbagai klinik skin care. Anda dapat mencoba berbagai macam perawatan kulit tersebut dengan mudah.
Karena, kecantikan seorang perempuan tidak hanya dipengaruhi oleh tampilan wajah saja tetapi kulit tubuh yang sehat juga menjadi pertimbangan. Menjaga kesehatan kulit tubuh sama pentingnya dengan menjaga kesehatan kulit wajah.


Body scrub adalah sebuah perawatan tubuh yang di terkenal juga sebagai facial untuk tubuh. Body scrub mampu menghidrasi kulit, membuat kulit terlihat dan terasa lembut. Body scrub umumnya terbuat dari bahan-bahan abrasif seperti garam, gula, ampas kopi, dsb yang biasanya di campur dengan massage oil ataupun essential oil.
Pada dasarnya, scrub dan peeling adalah treatment yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati. Scrub mengandung butiran halus untuk memudahkan mengangkat kotoran. Eksfoliasi ini penting Anda lakukan secara teratur untuk mencegah menumpuknya sebum atau minyak yang bisa menyumbat pori-pori kulit. Apabila dibiarkan, sebum atau minyak dapat memperbesar risiko munculnya jerawat. Tidak hanya itu, perawatan dengan menggunakan body scrub juga dapat mencegah kulit kusam. Penggunaan secara teratur akan mempermudah penyerapan produk moisturizer.

Sama seperti sel-sel kulit di wajah, sel-sel kulit di tubuh juga terganti secara regular dengan sel-sel baru yang lebih sehat di bawah kulit. Proses penggantian sel-sel tersebut akan melambat seiring bertambahnya umur kita.
Exfoliating atau eksfoliasi scrub termasuk ke dalam kegiatan fisikal. Dimana eksfoliasi adalah kegiatan menggosokan butiran scrub baik pada kulit wajah atau badan untuk mengangkat sel kulit mati. Kegiatan ini dapat diaplikasikan untuk semua jenis kulit termasuk kulit sensitif.
Tekstur dari scrub yang sedikit kasar seperti butiran-butiran selayaknya pasir. Karena itulah Anda juga harus cermat ketika memilih produk eskfoliasi. Menurut ahli dermatologi, Joshua Zeichner M.D., dialansir dari beautynesia semakin kecil partikel scrub, justru semakin besar daya eksfoliasinya. Untuk itu, pastikan Anda memilih scrub dengan butiran yang kecil dan tidak tajam. Sehingga kulit akan lebih bersih dan terhindar dari micro-tear.

Penggunaan body scrub akan memberi manfaat ketika kita sedang melakukan massage kulit, butiran-butiran pengelupasan memiliki peran dalam membantu membuang kulit mati. Dengan menggosokkan scrub di kulit, tindakan ini akan dapat meningkatkan sirkulasi dan membantu menguras kelenjar getah bening, serta meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit.
Namun, kegunaan penting lainnya dari menggunakan scrub adalah kenyamanan yang Anda rasakan saat dalam proses menggunakan body scrub. Tekstur dari scrub akan menyegarkan kulit Anda, dan aromanya akan memberikan Anda kenyamanan tersendiri untuk menikmati treatment tersebut.


Dengan kulit yang sehat dan tampak berseri, rasa percaya diri akan meningkat. Karena itulah, tidak mengherankan jika body scrubbing adalah salah satu ritual yang wajib dilakukan oleh wanita Indonesia.
Beberapa bahan-bahan yang umum digunakan sebagai formulasi body scrub adalah garam, gula, kulit kacang yang sudah di hancurkan dan bahkan beberapa bahan kimia. Alpha hydroxy dan glycolic acid yang terdapat dalam formulasi body scrub akan mampu melembutkan dan meningkatkan ketahanan kulit. Salicyl acid juga dapat menjadi agen penghapus jerawat dan bercak-bercak merah.
Anda juga dapat menggunakan sayuran atau buah-buahan sebagai bahan pembuatan scrub. Karena kedua bahan tersebut di klaim kaya akan nutrisi. Sebagai contoh Anda dapat menggunakan gula merah dengan kombinasi minyak zaitun sebagai perekatnya, parutan lemon dan airnya, serta lain sebagainya. Anda juga dapat menggunakan perpaduan stawberry, madu dan bahan alami bermanfaat lain untuk bahan dasar body scrub.
Dan, berikut ini adalah beberapa contoh bahan yang direkomdasikan untuk digunakan sebagai body scrub berdasrkan jenis kulit seseorang.
-Kulit normal
Untuk kulit yang jenisnya normal, Anda dapat menambahkan papaya sebagai bahan body scrub. Pepaya mampu membantu dalam mencerahkan kulit. Enzim papain yang terdapat pada papaya tersebut dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan kusam secara maksimal.
-Kulit berminyak
Tipe kulit dengan jenis ini. Biasanya memiliki pori-pori yang besar. Sehingga disarankan untuk menggunakan scrub dengan bahan alami yang mengandung asam salisilat seperti strawberry. Penggunaan secara rutin akan dapat membantu mengurangi minyak pada kulit.
-Kulit kering
Kulit dengan jenis kering, disarankan untuk menggunakan scrub dengan bahan seperti kacang almond, alpukat dan zaitun. Kandungan minyak di dalamnya dapat membantu mengatasi kulit kering pada kulit Anda. Sehingga kulit Anda akan terlihat lembut ketika disentuh.
-Kulit sensitif
Jika kulit Anda termasuk jenis kulit yang sensitif. Pilihlah produk scrub dengan partikel-partikel yang halus untuk menjaga kesehatan kulit dari iritasi yang dapat diakibatkan dari butiran-butiran kasar dan tajam.

Body scrub mampu dipergunakan untuk mengangkat sel kulit mati sehingga membuat kulit terasa lembut. Peran utama body scrub adalah untuk mengelupas atau mengangkat sel-sel kulit mati. Hasilnya, sel-sel baru muncul sehingga membuat kulit terlihat bersih, cerah, dan segar. Bila sel kulit mati terangkat, aneka aplikasi body care juga lebih mudah terserap oleh kulit. Pengelupasan sel-sel kulit mati dengan body scrub ini juga cocok untuk semua jenis kulit. Secara faktapenggunaan scrub memiliki tujuan berbeda-beda, tergantung pada masalah kulit yang dihadapinya. Menurut Esthetician Julia Alekperova, pemilik Salon and Spa Paul Labrecque di New York City mengatakan tujuan dari scrub wajah adalah untuk memperbarui dan menyegarkan kulit melalui proses yang disebut pengelupasan (eksfoliasi) kulit. Dan, dibawah ini merupakan ragam manfaat yang bisa Anda dapatkan dari melakukan scrubbing yaitu:

Membuat kulit tampak bersinar dan halus
Sel kulit mati dan kotoran yang menempel di kulit dapat menyebabkan kulit terasa kasar. Body scrub akan membantu Anda mengangkat sel kulit mati dan kotoran di kulit sehingga kulit menjadi lebih bersih dan tentunya lebih halus.


Salah satu manfaat terbesar dari body scrub, terutama salt scrub (scrub dari bahan garam) adalah membuat kulit tampak lebih bersinar. Ada perbedaan kualitas salt, dan sea salt adalah pilihan terbaik untuk mendapatkan kulit bersinar. Hal ini disebabkan karena bahan sea salt mengandung mineral yang sangat baik jika diaplikasikan untuk perawatan kulit. Jika Anda melakukannya secara rutin, kulit pun akan memperoleh nutrisi yang diperlukan sehingga akan tampak lebih cerah bersinar.
Saat melakukan scrubbing, sel kulit mati yang sudah gelap dan penuh flek hitam akan diangkat dan digantikan oleh sel kulit baru yang lebih cerah dan sehat. Tidak hanya karena terangkatnya kulit mati, salah satu alasan mengapa body scrub dapat mencerahkan kulit adalah karena mengandung bahan-bahan yang bermanfaat bagi kulit. Beberapa produk body scrub juga mengandung bahan-bahan seperti charcoal, bengkoang, dan bahan-bahan lainnya. Bahan-bahan ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kulit.

Mengangkat sel-sel kulit mati
Ini adalah fungsi utama dari body scrub. Dengan mengangkat sel kulit mati lebih cepat, maka proses pembentukan sel kulit baru juga akan berlangsung lebih cepat.


Body scrub sangat bermanfaat untuk mengelupas atau mengangkat sel-sel kulit mati. Dan hasilnya, sel-sel baru akan muncul sehingga kulit akan terlihat lebih cerah. Pengelupasan sel-sel kulit mati dengan body scrub ini cocok dilakukan untuk semua jenis kulit. Sea salt memang bahan terbaik untuk tujuan ini, namun jika Anda memiliki jenis kulit sensitif, Anda disarankan menggunakan bahan dari gula atau herbal.
Rutin melakukan body scrub juga akan mampu mencegah timbulnya jerawat pada kulit punggung. Jika sel kulit mati dan kotoran yang ada pada tubuh diangkat dari permukaan kulit, maka kotoran yang menyumbat pori-pori akan hilang. Namun, karena punggung merupakan area tubuh yang cukup sulit dijangkau, sebaiknya gunakan alat bantu untuk meraih area ini, atau cobalah meminta bantuan keluarga atau orang terdekat untuk melakukannya.

Menghilangkan gatal di badan
Bakteri, kuman, virus, jamur, ataupun debu dan kotoran dapat menempel pada kulit tubuh. Mereka akan menjadi biang keringat penyebab gatal-gatal pada tubuh.


Untuk menghindari gatal-gatal tersebut, seringkali mandi saja tidak cukup. Oleh sebab itu, scrubbing menjadi salah satu solusi untuk menghilangkan gatal yang disebabkan oleh menempelnya bakteri, kuman, virus, dan jamur di bawah kulit.

Melancarkan peredaran darah
Saat Anda melakukan body scrub, tidakan ini akan mendorong sirkulasi darah mengalir lebih lancar di dalam tubuh karena biasanya perawatan ini juga disertai dengan pijatan lembut.


Untuk hasil terbaik, Anda dapat memilih bahan yang cocok dengan kulit Anda. Dan biasanya, terapis di salon melakukan hal tersebut sambil mengombinasikan dengan body massage supaya sirkulasi darah berjalan lancar.

Mengatasi selulit dan anti aging
Sel-sel kulit yang sudah mati harus diangkat dengan cara scrubbing sehingga proses regenerasi sel-sel kulit yang lebih baru dapat berlangsung dengan lancar.


Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh American Academy Dermatology, eksfoliasi dapat membuat kulit terlihat lebih cerah karena mengikis sel kulit mati di lapisan teratas kulit. Proses eksfoliasi juga dapat menstimulasi produksi kolagen yang bertugas meremajakan kulit dan menjaganya tetap sehat, serta mengoptimalkan semua treatment yang Anda lakukan hingga dapat memberi hasil terbaik.
Ada beberapa klaim yang menyatakan bahwa bahan body scrub tertentu dapat melawan kemunculan tanda-tanda penuaan dan meratakan kulit akibat selulit. Untuk memperoleh manfaat tersebut, Anda tidak akan mendapatkannya dalam waktu sekejap namun Anda harus melakukannya secara rutin. Misalnya dengan menggunakan bahan dari kopi. Butiran kopi halus adalah pilihan terbaik untuk perawatan kulit, terutama untuk mengatasi selulit di area tertentu, seperti paha dan perut.

Rileksasi tubuh
Melakukan perawatan kulit dengan body scrub, khususnya jika dikombinasi dengan pemijatan. Tindakan pemijatan tidak hanya akan dapat membuat tubuh merasa rileks, namun otot-otot yang tegang pun mengendur.


Melakukan perawatan kulit ini di salon juga bisa membuat pikiran semakin tenang karena Anda akan ditangani oleh terapis profesional. Ditambah lagi, Anda bebas memilih minyak esensial yang akan ditambahkan.
Tekstur dari produk-produk scrub juga biasanya mengandung bahan yang bisa menyegarkan kulit Anda. Infusi bahan herbal semisal aroma lavender akan cocok diterapkan untuk menciptakan efek rileksasi.


Melakukan perawatan kulit dengan body scrub memang memberi banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, sebaiknya lakukan body scrubbing dua hingga tiga kali dalam seminggu. Namun, berhati-hatilah agar tidak terlalu keras saat menggosok tubuh. Karena, melakukan proses scrubbing yang keras berisiko mengikis sel-sel kulit yang masih sehat yang pada akhirnya akan merusak kulit Anda. Bila kulit berubah kemerahan atau terasa perih setelah scrubbing, berarti Anda perlu mengurangi tekanan saat menggosok tubuh.
Selain itu, gunakan produk body scrub yang mengandung bahan-bahan yang baik. Dan, Anda juga dapat melakukannya scrubbing sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Namun jika ingin praktis, Anda bisa melakukannya di salon. Selamat mencoba.


pasang iklan disini




loading...