Thursday 6 September 2018

Berbagi Tips: Memakai Bedak Tabur ( Loose Powder ) Sebelum Foundation


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
Memakai Bedak Tabur ( Loose Powder ) Sebelum Foundation



Membuat foundation tahan seharian penuh memang susah-susah gampang. Butuh teknik dan kombinasi produk yang tepat agar makeup bisa tahan lama di kulit kita. Apalagi jika kulit cenderung berminyak. Merupakan tantangan tersendiri untuk membuat foundation ‘betah’ di kulit wajah dalam jangka waktu yang lama.

Terdapat teknik make-up unik yang cocok dan ampuh untuk membuat foundation tahan lama dan stay matte all day.

Umumnya, loose powder atau bedak tabur digunakan sebagai tahap terakhir pada rangkaian make-up untuk men-set seluruh riasan yang sudah menempel pada wajah. Tapi, apakah kamu penasaran apa jadinya kalau urutan ini dibalik, alias kamu memakai powder sebelum foundation?.

Langkah demi langkahnyanya juga sangat mudah. Setelah menggunakan produk perawatan kulit, kamu bisa langsung menggunakan bedak tabur dan lanjut menggunakan foundation andalan. Langkah selanjutnya tinggal diset kembali menggunakan bedak dan teruskan dengan aplikasi bronzer, blush on, highlighter, dan lain-lain.

Teknik ini dipopulerkan juga oleh Wayne Goss, seorang makeup artist ternama yang juga terkenal akan channel YouTube-nya. Teknik yang tidak biasa inipun diyakini bisa membuat make-up terlihat lebih flawless dan tahan lama. Ternyata, teknik ini sudah dipakai sejak dulu oleh para makeup artist yang sering mendandani peserta beauty pageant.

Wayne Goss pertama kali memperkenalkan metode ini di tahun 2014 lalu, namun tiba-tiba kembali naik ke permukaan setelah banyak beauty influencer menerapkan kembali metode ini, salah satunya Chloe Morello dengan youtube subs mencapai 2 juta lebih.

Sudah banyak juga beauty vlogger yang mencoba teknik ini seperti Casey Holmes, Laura Lee, ItsMyRayeRaye, dan masih banyak lagi. Bahkan tren ini sudah sering digunakan dalam ajang pencarian ratu kecantikan.
Karena dinilai cukup berhasil membuat tampilan make-up yang tahan lama, tren pakai bedak sebelum foundation ini atau yang dikenal juga dengan istilah “The Goss Method”.



Langkah utama yang diperlukan untuk melakukan teknik ini, yaitu:

Awali dengan moisturizer dan primer
Wayne Goss menjelaskan tahapan untuk mencoba teknik ini. Pertama, kamu bisa mengoleskan moisturizer dan primer untuk mengawali persiapan kulitmu. Pakai moisturizer yang biasa Anda gunakan ke seluruh wajah.Kemudian, ratakan powder di seluruh wajah.

Taburkan powder pada wajah
Langkah kedua adalah menggunakan loose powder atau bedak tabur ke seluruh wajah secara merata. Beberapa beauty vlogger memlilih kuas bedak sebagai aplikatornya karena bisa menyesuaikan banyaknya bedak sesuai keinginan dengan mudah.

Utamakan menggunakan brush dibandingkan spons karena bedak tabur memiliki tekstur yang halus dan akan lebih efektif apabila memakai brush.

Wayne Goss menyarankan untuk memakai loose powder dibandingkan pressed powder. Kamu juga bisa memakai translucent powder (tidak berwarna) ataupun powder yang berwarna untuk memberikan coverage ekstra di area kulit yang bermasalah (misalnya noda kemerahan ataupun jerawat). Ingat, kamu sebaiknya memakai powder secukupnya, tidak perlu terlalu tebal seperti pada teknik baking.

Diamkan bedak tabur tersebut beberapa saat sebelum memakai foundation.

Oleskan foundation
Disini bagian uniknya! Setelah powder, sekarang saatnya kamu oleskan foundation. Tidak perlu khawatir powder-mu berantakan, kamu bisa mengoleskan foundation dengan sponge, brush, maupun tangan dan baurkan hingga rata. Powder yang digunakan sebelum foundation diyakini bisa menjaga foundation agar stay di tempat dan lebih tahan lama. Teknik ini juga boleh dicoba untuk kamu dengan jenis kulit berminyak.

Opsi lain di akhir step ini adalah Anda bisa kembali menggunakan setting powder tipis-tipis ataupun melakukan bakin make-up setelah foundation jika diinginkan. Selanjutnya Anda tinggal menyelesaikan riasan wajah seperti biasa.



Di dalam teknik ini biasanya tidak diperlukan lagi face primer dan setting spray. Karena bedak yang diaplikasikan sebelum foundation akan mengunci minyak-minyak yang ada di wajah kita. Namun, kita tetap harus menyediakan blotting paper dan alat-alat make-up untuk touch up di tas kita agar menjaga make-up tetap matte dan flawless.

Bagi pemilik kulit kering, kamu bisa memilih untuk tidak men-set foundation lagi dengan powder. Tapi bagi kamu dengan kulit berminyak, kamu bisa men-set bagian T-zone dnegan sedikit powder untuk menjaga menahan minyak lebih lama.

Foundation yang digunakan diatas powder juga bisa membuat foundation ter-set lebih cepat, dan kamupun bisa melanjutkan ke make-up selanjutnya (blush, bronzer, dan lainnya).

Tidak hanya membuat make-up tahan lama, trik bedak sebelum foundation juga membuat irit pemakaian foundation. Selain itu bedak yang digunakan sebelum foundation juga katanya bakal berperan mengisi pori-pori dan fine lines, dan bikin kulit kita terlihat seperti “my skin but better”.

Hal yang perlu diperhatikan


Bersihkan wajah
Sebelum berias diri, seperti biasa bersihkan terlebih dahulu wajah kita dengan susu pembersih atau cairan pembersih yang lain.

Pastikan kulit lembap
Sebelum memakai bedak, pastikan kulit sudah dalam kondisi super lembap. Silakan pakai pelembap kamu sehari-hari, bisa juga tambakan hydrating toner dan essence sebelumnya supaya kulit lebih kenyal. Jangan sampai terlalu “becek” atau lengket, tapi pastikan kulit tidak dalam kondisi kering yang membuat foundation susah diratakan.

Hindari foundation yang terlalu matte
Berhubung bedak yang diaplikasikan di awal sudah membuat lapisan matte tipis di kulit, foundation yang digunakan setelahnya sebisa mungkin jangan bertekstur terlalu padat dan cepat kering di kulit. Dibandingkan menggunakan foundation matte atau semi-matte yang formulanya cukup padat, lebih baik gunakan foundation yang cukup ringan.

Jangan menumpuk bedak pada jerawat
Setelah selesai memakai foundation, banyak yang memakai setting powder lagi dan ditambahkan di area-area yang membutuhkan. Cuma, berhubung dry patches di sekitar jerawat seringkali lebih terekspos kalau ditumpuk terlalu banyak bedak, jadi tidak dianjurkan untuk menumpuk bedak di atasnya, tetapi disemprot ekstra saja dengan setting spray.


Sekarang ini, memakai bedak sebelum foundation hampir jadi kebiasaan saya. Golnya tetap fokus pada tampilan yang lebih smooth dan warna foundation yang tidak memudar, walaupun berminyak sekalipun. Cara ini cukup ampuh, apalagi untuk foundation yang mudah luntur di beberapa spot bekas jerawat yang justru butuh ketahanan lebih.

Dari beberapa beauty vlogger yang sudah mencoba, Wayne Goss, Casey Holmes, ItsMyRayeRaye termasuk dalam golongan yang menyukai teknik ini. Casey yang memiliki kulit berminyak dan kulit merah karena rosacea mengatakan kalau pori-pori dan kulitnya jadi terlihat lebih mulus. Beda lagi dengan Laura Lee. Di eksperimen yang ia lakukan di videonya, ia merasa teknik ini justru membuat kulitnya terasa kering dan pori-porinya semakin terlihat, garis kerutan di dahi dan smile line-nya juga semakin jelas. Teknik ini memang cukup menuai pro dan kontra karena konsep liquid/cream yang diaplikasikan di atas powder memang terasa janggal di industri kecantikan. Tapi, setelah ada beberapa orang yang mencoba dan hasilnya cukup menjanjikan, apakah Anda menjadi tertarik mencobanya?.

Memang bedak tabur seharusnya dipakai setelah foundation, namun memakai bedak tabur sebelum foundation juga memiliki manfaat yang cukup membantu bagi perempuan dengan keluhan minyak berlebih. Memakai bedak tabur sebelum pemakaian foundation dirasa lebih membantu menyerap keringat berlebih dan membuat riasan tahan lama.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...