Tuesday 4 September 2018

ORIFLAME: Madu Hutan Odeng ( Madu dari Hutan Ujung Kulon )


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
                       Madu Hutan Odeng ( Madu dari Hutan Ujung Kulon )
116624

Nikmati manisnya hidup dengan madu hutan murni yang diproduksi oleh lebah hutan Odeng dari Hutan Ujung Kulon. Dipanen secara berkelanjutan dan diproses secara organik dengan cara higienis tanpa bahan kimia, madu ini memiliki cita rasa dan aroma herbal yang kaya ditimpali nuansa woody yang mengalir selaras dengan segarnya sentuhan ringan buah dan bunga. Madu Hutan Odeng Oriflame dikemas dengan isi 350 gr.

Dari sekian banyak kekayaan ekosistem TN. Ujung Kulon, madu hutan merupakan bagian dari sumber daya keanekaragaman hayati yang sangat bermanfaat bagi manusia.

Taman Nasional Ujung Kulon terletak di Tatar Pasundan bagian paling barat Pulau Jawa, Indonesia. Kawasan Taman nasional ini juga memasukan wilayah Krakatau dan beberapa pulau kecil disekitarnya seperti Pulau Handeuleum dan Pulau Peucang. Taman ini mempunyai luas sekitar 122.956 Ha; (443 km² di antaranya adalah laut), yang dimulai dari tanjung Ujung Kulon sampai dengan Samudera Hindia.


Taman Nasional ini menjadi Taman Nasional pertama yang diresmikan di Indonesia, dan juga sudah diresmikan sebagai salah satu Warisan Dunia yang dilindungi oleh UNESCO pada tahun 1991, karena wilayahnya mencakupi hutan lindung yang sangat luas. Sampai saat ini kurang lebih 50 sampai dengan 60 badak hidup di habitat ini.

Pada awalnya Ujung Kulon adalah daerah pertanian pada beberapa masa sampai akhirnya hancur lebur dan habis seluruh penduduknya ketika Gunung Krakatau meletus pada tanggal 27 Agustus 1883 yang akhirnya mengubahnya kawasan ini kembali menjadi hutan.

Izin untuk masuk ke Taman Nasional ini dapat diperoleh di Kantor Pusat Taman Nasional di Kota Labuan atau Tamanjaya. Penginapan dapat diperoleh di Pulau Handeuleum dan Peucang.

Taman Nasional Ujung Kulon bersama Cagar Alam Krakatau merupakan asset nasional, dan telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Alam Dunia oleh UNESCO pada tahun 1991.


Untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan Taman Nasional Ujung Kulon sebagai Situs Warisan Alam Dunia, UNESCO telah memberikan dukungan pendanaan dan bantuan teknis.

Pemanfaatan madu hutan di kawasan TN. Ujung Kulon telah dilakukan oleh masyarakat sekitar secara turun temurun. Madu hutan menjadi sumber pendapatan alternatif disaat petani tidak menggarap sawah tadah hujan, karena madu hutan dapat diambil saat musim kemarau dimana bunga-bunga tanaman hutan mekar. Akan tetapi sebelum ditandatanganinya kerjasama, masyarakat mengambil madu hutan disembarang tempat, termasuk di zona inti yang merupakan habitat badak jawa; memanen madu dengan teknik pangkas habis seluruh sarang dan memerasnya hingga madu menjadi tidak higienis, cepat fermentasi dan nilai jualnya rendah.


Dalam rangka membuka ruang akses serta untuk memberikan nilai manfaat TN. Ujung Kulon bagi masyarakat desa penyangga, maka pada tanggal 11 Oktober 2016 Balai TN.Ujung Kulon dan Koperasi Hanjuang telah menandatandatangani Perjanjian Kerjasama Nomor: PKS.04/T.12/TU/K3/10/2016 dan Nomor: PKS.040/Kop.Hanjuang/X/2016 Tentang Pengelolaan Madu Hutan di Zona Tradisional TN. Ujung Kulon di Pulau Panaitan seluas 388,75 Ha.

Madu Hutan Odeng Oriflame
Anda tentu mengetahui bagaimana khasiat yang di hasilkan dari madu hutan murni, sejak dari dahulu sampai saat ini khasiat untuk madu hutan tidaklah diragukan lagi oleh kita. Akan tetapi apakah Anda mengetahui semua itu haruslah memiliki kriteria yang baik sebagai madu yang memmiliki kualitas?.

Bukanlah madu berkhasiat atau berkualitas yang baik jika proses pengambilan masih kurang tepat karena dapat merusak lingkungan, merusak habitatnya, madu hutan yang murni makanan dari sang lebah merupakan makanan yang berasal dari alam. Seperti halnya madu yang disebut dengan madu hutan odeng.



Madu Hutan Odeng Oriflame merupakan madu hutan yang berasal dari jenis lebah apis dosata yang tempat sarangnya berada pada pohon yang tingginya antara 20 sampai 40 meter dari permukaan tanah, lebah apis dosata adakalanya bersarang pada pohon yang tinggingnya 2 sampai 5 menter akan tetapi hal ini sangat jarang terjadi, lebah ini selain bersarang pada pohon yang tinggi bisa juga bersarang pada tebing tinggi. Perkembangan lebah apis dorsata penghasil madu hutan odeng ini sangat jarang atau sedikit karena kerusakan lingkungan hutan dan pada umumnya lebah ini di bisa untuk dibudidayakan seperti lebah lainnya atau yang dikenal dengan lebah apis melifera atau lebah cerana.

Untuk ukuran lebah madu odeng oriflame pada hutan liar ini berukuran paling besar dibandingkan dengan spesies lebah madu yang lainnya, makanan alami dari lebah hutan ini merupakan putik bunga berasal dari alam langsung sedangkan hasil budidaya sangat berbeda karena pada periode tertentu harus diberikan gula untuk digunakan sebagai sumber makanan tambahannya. Pada kadar air madu hutan liar lebih tinggi mulai dari 22 – 26% kandungan air di dalamnya sedangkan madu hasil lebah yang diternak berkisar 17 – 22 % karena sarang yang digunakan di dalam kotak tertutup, perbedaan kandungan air di dalamnya dipengaruhi oleh iklim secara langsung.


Nama madu odeng oriflame ini berasal dari masyarakat ujung kulon untuk memanggil lebah hutan tersebut. Makanan utama dari lebah odeng ini merupakan sari pati dari berbagai pohon yang berbeda beda seperti pada putik atau saripati yang diperoleh pada pohon salam, kawao, kopo, kiganik. Seigeung, putat, dan masih banyak yang lainnya disekitar sarang lebah hutan tersebut.

Oriflame memproduksi madu ini antara lain membantu masyrakat dalam mengelola dan memproduksi Madu Odeng Oriflame dengan baik tanpa merusaknya serta memproduksinya dengan standar yang baik pula.

Madu memiliki banyak manfaat yang terkenal dari jaman dahulu sampai sekarang dan hal ini pun masih bersaing dengan ketat antara pengobatan dengan menggunakan madu dan obat yang diproduksi oleh perusahaan obat lainnya.


Oriflame bekerjasama dengan petani lokal untuk pengadaan madu ini setiap bulannya. Dikarenakan produksinya memakai cara tradisional, maka setiap bulan dari setiap jenis madu hanya tersedia 5.000 botol.

Pada tahun 2017, Koperasi Hanjuang memulai bekerjasama dengan PT. Oriflame Indonesia, dimana madu hutan atau odeng dari hutan TN. Ujung Kulon dimanfaatkan sebagai salah satu produk kecantikan brand kosmetik terkenal ini. Setelah 1 tahun menandatangani kontrak kerja dengan PT. Orindo Alam Ayu (Oriflame Indonesia), pada hari ini, Kamis 1 Februari 2018, Koperasi Hanjuang menandatangani perpanjangan kontrak madu “Odeng” Ujung Kulon dengan PT. Orindo Alam Ayu (Oriflame Indonesia). Menanggapi perpanjangan kontrak madu “Odeng” Ujung Kulon, Presiden Direktur Oriflame Indonesia Bapak Nicholas menyatakan sangat senang sekali. Tidak hanya kontrak yang diperpanjang, tapi PT. Oriflame akan mensupport untuk pengkayaan tanaman pakan lebah dan transplantasi terumbu karang di TN. Ujung Kulon yang akan dilaksanakan pada bulan Maret ini. Semoga produk madu “Odeng” Ujung Kulon dapat terus mendukung upaya konservasi alam di TN. Ujung Kulon.


Manfaat Madu Odeng Oriflame
Odeng merupakan nama panggilan sayang untuk lebah hutan Ujung Kulon. Madu Odeng mempunyai citarasa madu fruity ringan, woody dan herbal.

Madu dikenal dengan berbagai manfaat yang menyehatkan tubuh, mengkonsumsi madu secara teratur memberikan kesegaran tubuh dan memelihara daya tahan tubuh terhadap penyakit. Kandungan gizi madu hutan seperti karbohidrat, asam amino, mineral, enzim, vitamin, air dan zat-zat lainnya. Madu kaya akan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh agar tetap bugar, kandungan vitamin C yang berfungsi sebagai anti oksidan yang dapat mencegah keriput dan penuaan dini. Dengan beragam kandungan dan manfaat madu hutan murni, Oriflame menghadirkan produk madu pilihan untuk Anda konsumsi yaitu Madu Hutan Odeng diproses dengan higienis tanpa bahan kimia dan dipanen secara berkelanjutan memberikan spesial manfaat untuk Anda.



Berikut ini manfaat madu hutan murni yang diproduksi oleh oriflame.

Atasi batuk dan dingin
Madu Hutan Odeng Oriflame bisa memberikan efek penyembuhan yang disebabkan infeksi dingin dan mengatasi batuk, atau sakit pada tenggorokan. Dengan menggunakan madu di tambahkan pada air hangat dapat membantu mengeluarkan dahak yang menumpuk di tenggorokan.

Menurunkan berat badan
Mengkonsumsi air hangat yang ditambah madu dapat membantu anda untuk membakar lemak di dalam tubuh, dengan cara minumlah secara rutin madu dengan air hangat setiap pagi hari agar timbunan lemak di dalam tubuh terbakar dan menurun.

Gerakan pada usus
Campuran madu dan air hangat dapat membantu dalam menjaga pergerakan usus dengan baik agar bergerak secara teratur selain itu hal ini dapat membantu dalam membersihkan toksin pada usus besar pada saat usus bergerak secara halus.

Meningkatkan energi dalam tubuh
Madu Hutan Odeng Oriflame dapat memberikan energi tetapi ini tidak menyebabkan tubuh menjadi gemuk karena idealnya meminum madu ini di minum pada pagi hari.

Kesehatan pada kulit
Madu memiliki sifat yang sangat baik dalam menjaga tubuh termasuk anti bakteri dan juga anti jamur itu sebabnya dapat membantu dalam penyembuhan jerawat dan mencegah jerawat pada wajah yang disebabkan oleh bakteri yang berkembang selain itu meminum campuran madu yang dimasukkan kedalam air hangat ini dapat membuat kulit menjadi lebih cerah dan sempurna.

Mengingkatkan sistem kekebalan
Dalam kesehatan madu dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap batuk dan cuaca dingin akan tetapi tak hanya sebatas itu yang sahabat ketahui karena system kekebalan ini termasuk di dalam menjaga atau memberikan kekebalan system pencernaan serta meningkatkan kekuatan pada tubuh dalam melawan penyakit yang berkembang di dalam tubuh.

Meningkatkan proses metabolisme tubuh
Dalam proses metabolisme madu dan air hangat membantu menguatkan karena makanan yang sahabat konsumsi setelah dicerna akan diserap oleh tubuh dengan cepat dengan meminum madu dan air hangat ini akan membantu mempercepat penyerapan sehingga selera pada makan Anda menjadi baik dan juga dapat menurunkan berat badan.

Pencegah dehidrasi
Aktifitas yang padat dapat menyebabkan sahabat dehidrasi atau kekurangan cairan di dalam tubuh hal ini dapat Anda hindari dengan mengkonsumsi madu di tambah air hangat untuk membantu terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan yang menyebabkan tubuh menjadi lemah dan lesu.

Baik untuk sistem pencernaan
Enzim di dalam madu dapat membantu tubuh dalam melancarkan proses pencernaan. Masalah pencernaan yang biasanya sahabat alami bisa sahabat atasi dengan menggunakan madu yang di campur di dalam air hangat.



Madu Murni tidak MEMBEKU jika disimpan dalam lemari es.

Wellbeing by Oriflame
*Membeli Madu Hutan Odeng atau Tesso Nilo berarti ikut membantu meningkatkan penghidupan peternak lebah dan mendukung panen berkelanjutan sehingga habitat alami lebah hutan tetap terlindungi.

*Warna madu hutan dapat berbeda-beda tergantung kondisi alam saat panen. Termasuk bunga yang sedang musim, iklim dan lain-lain.


*Kristalisasi adalah salah satu ciri madu asli alami dan tidak mempengaruhi kualitas madu.


*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.



pasang iklan disini




loading...