Tuesday 15 January 2019

Berbagi Tips: Kreasi Make-up Wajah Bentuk Bulat


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Kreasi Make-up Wajah Bentuk Bulat

Tidak dipungkiri bahwa sebagian besar wanita menyukai merias wajah mereka dengan menggunakan berbagai alat make-up yang mereka miliki. Memang cukup menarik untuk dibahas, karena make-up yang benar bisa membuat wajah dan tampilan Anda ikut berubah dan Anda akan semakin tampil cantik dan memukau.

Bagi sebagian bersar orang khususnya para wanita tentu ingin tampil dengan cantik dan menarik pada setiap kegiatan ataupun pekerjaan mereka baik di kantor maupun yang bekerja sebagai ibu rumah tangga atau yang membuka usahanya sendiri di rumah.

Tidak hanya orang kantoran atau orang yang bekerja sebagai model saja yang menginginkan riasan pada wajah mereka. Mereka yang membuka usahanya sendiri dirumah, atau sebagai ibu rumah tangga pun pastilah ingin tetap terlihat cantik dan segar. Untuk itulah banyak wanita ingin mempelajari dan mencari informasi mengenai bagaimana cara merias wajah mereka dengan baik dan akhirnya bisa merias diri mereka sendiri tanpa perlu pergi ke salon kecantikan.

Pengetahuan yang baik tentang morfologi wajah dan kosmetika, serta keterampilan dalam mengoleskan kosmetika ke wajah akan menentukan hasil akhir riasan. Didalam pengenalan rias wajah, harus dipelajari morfologi wajah dan leher ( pelajaran tata kecantikan kulit tingkat terampil, Tiara Kusuma, 1995 ). Secara umum dengan morfologi dimaksudkan untuk mempelajari susunan dan bentuk mencakup anatomi, histologi dan sosiologi setiap bentuk di dunia. Tetapi morfologi dalam kecantikan dimaksudkan untuk memperhatikan bentuk, ukuran dan proporsi tubuh karena untuk melengkiapi teori dan teknik berbagai tindakan kosmetis khususnya yang bersangkutan dengan teori dan teknik rias wajah.

Berdasarkan pengetahuan mempelajari wajah dan psikologis akan diketahui kekurangan dan kelebihan dalam hal bentuk dan perbandingan antar bagian, sehingga disatu pihak tata rias wajah dapat mengimbangi kekurangan dan dilain pihak menonjolkan sifat – sifat yang unggul.  Karena didalam tata rias dapat diartikan sebagai suatu tindakan untuk memperindah keadaan wajah sehingga wajah menjadi cantik dan anggun dengan menghilangkan kekurangannya dan menonjolkan kelebihan yang ada.

Tata rias wajah koreksi berdasarkan atas prinsip bahwa bentuk muka yang dianggap kurang sempurna dapat diubah sedemikian rupa sehingga penampilan menjadi lebih baik. Jadi pada dasarnya rias wajah koresi ini menampilkan bagian yang bagus dan menghilangkan bagian yang kurang bagus.

Merias wajah harus memperhatikan berbagai aspek agar wajah terlihat cantik, salah satunya yaitu memperhatikan bentuk atau struktur wajah sebelum memakai make-up. Bentuk wajah dan paduan make-up dalam merias wajah sangat berpengaruh terhadap hasil dan penampilan riasan.

Make-up sering kali kita aplikasikan ke area wajah, namun ada sedikit mereka yang tidak paham mengenai pemakaian dan cara mengaplikasikan make-up sesuai dengan wajahnya. Kebanyakan dari wanita kurang percaya diri jika berpergian tanpa menggunakan riasan ataupun make-up pada wajahnya. Namun jika terlalu berlebihan make-up juga tidak enak untuk dilihat, karena itulah Anda harus lebih memperhatikan riasan di wajah serta jangan sampai menjadi bahan tertawaan orang lain.

Bagi seorang wanita tampil dengan wajah dan riasan wajah yang sempurna merupakan salah satu hal yang membanggakan dan menyenangkan. Mereka akan tampil lebih percaya diri. Namun perlu diingat untuk merias wajah hal pertama yang perlu diperhatikan yaitu bentuk wajah. Make-up yang sesuai dengan bentuk wajah memang sangat mempengaruhi keberhasilan dari make-up itu sendiri.

Bentuk wajah menjadi salah satu faktor besar yang menentukan teknik saat merias wajah. Apabila Anda asal memulaskan make-up, maka Anda akan sulit menemukan tampilan wajah cantik seperti yang Anda dambakan.

Menggunakan berbagai macam make-up kosmetik untuk merias wajah bukan hanya sekedar berguna untuk membuat Anda terlihat lebih cantik, tetapi riasan juga dapat berguna untuk menyamarkan beberapa kelemahan yang ada di wajah Anda. Setiap orang memiliki bentuk wajah yang berbeda-beda dan apabila make-up tersebut tidak disesuaikan dengan bentuk wajah maka hasil yang didapat juga akan kurang sempurna, sangatlah penting untuk mengetahui bentuk wajah dan kekurangannya supaya Anda bisa memilih Make-up sesuai bentuk wajah yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Jika Anda ingin orang lain melihat Anda cantik, hal pertama yang harus dilakukan adalah jatuh cinta dengan penampilan Anda, merangkul keunikan Anda sendiri dan menyajikannya kepada dunia dengan percaya diri.


Memiliki wajah bulat seringkali dianggap memiliki kekurangan, seperti membuat efek penampilan tampak lebih gemuk. Seseorang yang memiliki bentuk wajah bulat sangatlah identik dengan pipi tembem atau chubby. Sehingga jangan heran jika wanita yang memiliki bentuk wajah bulat seringkali menanyakan bagaimana cara memakai make-up natural untuk wajah bulat supaya terlihat lebih tirus.

Banyak yang mengemukakan bahwa bentuk wajah yang bulat akan membuat tampilan terlihat lebih gendut. Padahal bentuk wajah bulat sebenarnya dapat membuat Anda terlihat lebih awet muda jika dibandingkan dengan bentuk wajah yang lainnya.

Tidak sulit sebenarnya untuk memilih make-up yang tepat bagi pemilik wajah bulat. Anda hanya perlu trik yang tepat supaya dapat merias wajah dan terlihat lebih cantik dengan make-up.

Make up natural adalah salah satu trend make up saat ini, dimana trend make-up natural akan memberikan efek seolah alami dan tidak menggunakan ornamen make-up yang berlebihan. Make-up jenis ini juga cocok untuk berwajah bulat.

Make-up natural yang halus akan membuat si pemilik wajah seolah tidak menggunakan make-up. Padahal dibalik natural ini, ada trik-trik yang perlu dilakukan agar pemilik wajah bulat dapat tampil dengan natural secara sempurna dan lebih tirus. Make-up natural adalah fokus agar wajah lebih flawless dan segar. Ada beberapa langkah make-up agar nampak natural. Dimana pemilik wajah bulat bisa nampak lebih tirus dengan menggunakan teknik kontur, lalu penambahan aplikasi make-up dapat disesuaikan untuk meningkatkan efek make-up pemilik wajah bulat.

Dengan make-up yang tepat dan benar maka wajah yang bulat akan mampu terlihat lebih tirus dan tentunya akan terlihat lebih ramping dari aslinya. Sehingga perlu diperhatikan bagaimana cara merias wajah yang tepat untuk para wanita berwajah bulat agar terlihat lebih segar, cantik dan tetap natural.


Para wanita yang memang belum terbiasa untuk merias wajahnya sendiri akan sedikit mengalami kesulitan pada awalnya karena mereka harus bisa mengira-ngira warna dan bagian mana yang harusnya mendapatkan riasan make-up yang sesuai dengan wajah mereka. Maka dari itu berikut beberapa tips dan cara merias wajah untuk Anda para wanita yang memiliki bentuk wajah bulat:

Bersihkan wajah dengan cleansing
Menyempurnakan persiapan kulit dahulu. Agar make-up dapat lebih mudah diaplikasikan ke wajah, maka membersihkan wajah diperlukan. Cleansing bisa dipilih sesuai kebutuhan dan sisa-sisa kulit mati dapat terangkat dan menempel pada kapas. Cleansing sendiri tersedia dalam berbagai macam. Bisa berbentuk cleansing milk, cleansing cream, cleansing oil maupun berbentuk tissue. Selesai dibersihkan, Anda dapat melanjutkan dengan mengaplikasikan toner yang berfungsi untuk menyepurnakan proses pembersihan kulit.

Wajah yang bersih layaknya sebuah kanvas lukis, wajah siap untuk diberikan aplikasi make-up. Demikian juga saat Anda selesai menggunakan make-up maka membersihkan wajah adalah hal yang penting, gunakan double cleansing supaya residu make-up terangkap dengan sempurna. Jika residu make-up tertinggal dan menumpuk pada kulit maka akan menyebabkan gangguan kulit seperti jerawat, komedo hingga iritasi.

Pelembab
Pelembab dasar dapat digunakan untuk melembabkan wajah. Bahkan untuk kulit berminyak pun dapat mengalami masalah kulit kering dengan terkelupasnya bagian tertentu dan berminyak dibagian yang lain. Maka wajah berminyak juga memerlukan pelembab supaya wajah tidak kering.

Pelembab sangat disarankan terutama untuk wajah kering akan lebih membutuhkan pelembab. Produk pelembab sendiri juga menyesuaikan kebutuhan jenis kulit. Ada yang berbahan dasar air dan ini sangat baik untuk kulit berminyak maupun kering.

Foundation
Foundation digunakan untuk mendasari riasan make-up Anda, sehingga wajah akan terlihat lebih mulus, noda jerawat dan flek hitam yang adapun bisa tertutupi dengan baik.

Foundation atau alas bedak yang paling cocok serta merupakan cara yang sederhana untuk Anda yang berwajah bulat adalah dengan memilih foundation yang memiliki warna lebih gelap dibandingkan warna kulit Anda. Foundation dengan warna gelap akan membuat wajah yang bulat terlihat lebih oval. Gunakan foundation secara merata pada bagian tulang pipi dan rahang Anda. Menggunakan foundation lebih gelap dari tone wajah untuk membuat shading sehingga membentuk efek garis wajah tirus.

Anda juga dapat melakukan teknik shading menggunakan foundation pada bagian tulang dahi, tulang pipi serta tulang rahang.

Pengaplikasian garis shading pada daerah tulang pipi dapat Anda lakukan, yaitu garis yang dapat dibuat pada paling ujung cuping telinga kemudian kearah cuping hidung kearah depan. Garis shading ini dapat menggunakan foundation berwarna gelap dan di baurkan kearah atas untuk memberikan kesan lebih tirus pada daerah pipi.

Tidak hanya pada bagian tulang pipi yang dianjurkan diberi garis kontur, karena wajah bulat seolah seperti tidak memiliki rahang, maka Anda bisa berikan shading dibawah telinga dengan garis kedepan kemudian dibaurkan kearah atas seperti saat membuat garis shading dipipi. Foundation yang digunakan adalah sama yaitu foundation yang lebih gelap dari warna kulit asli.

Koreksi wajah pada bagian garis hidung dengan menggunakan foundation berwarna gelap, untuk memberikan efek supaya hidung terlihat memiliki tulang-tulang bagian hidung. Buat garis shading pada batang hidung dua garis diarah luar. Sehingga membuat garis kontur terlihat lebih mancung.

Anda juga disarankan untuk mengaplikasikan foundation yang terang untuk daerah dagu. Pemberian foundation terang didaerah dagu ini akan memberikan kesan lebih lebar atau wajah menjadi lebih memanjang. Foundation terang juga dapat Anda aplikasikan pada dahi, aplikasikan antara kedua alis, karena jarak alis satu dengan alis yang lain berdekatan. Menggunakan foundation lebih terang dari tone wajah untuk membuat shading dapat memberikan efek bentuk wajah yang lebih memanjang.

Menggunakan dua warna foundation yang memiliki warna berbeda pada wajah dapat menjadi trik yang jitu.

Pilihlah foundation dengan tone yang mendekati warna wajah untuk finishing. Perlu memilih foundation yang memiliki daya covering tahan lama serta memiliki kemampuan untuk tidak menempel pada kerudung atau pada kerah baju. Tepuk - tepuk foundation kearah samping bawah mengikuti bulu-bulu halus pada wajah. Jika Anda menggunakan kuas sebagai aplikator, gunakan gerakan memutar dari luar ke dalam.

Jika Anda memiliki masalah dengan kerutan, maka perlu memilih foundation yang smoothi, dimana keunggulannya adalah menghaluskan kerut pada wajah. Selain itu bisa juga Anda memilih foundation yang memiliki fungsi sebagai skin care, selain menutrisi kulit wajah juga akan dapat mengcover wajah lebih baik sehingga kerutan tersamarkan.

Highlight, Contour, Bronzer
Ada ciri khusus yang dimiliki oleh wajah bulat. Paling tidak terdiri atas beberapa bagian yang menonjol. Pada bagian inilah teknik kontur dapat digunakan untuk membuat efek lebih tirus dan terkesan alami :
-Dagu yang memiliki jarak yang dekat dengan bibir.
-Pipi terlihat lebih berisi.
-Tulang alis biasanya tampak tidak terlihat.
-Daerah dagu nampak lebih sempit.

Highlight dan contour dapat mengubah penampilan Anda. Mengaplikasikan highlight secara tepat dapat mempertegas bentuk dan membuat wajah terlihat berkilau. Sedangkan perpaduan contour dan bronzer dapat mempertegas garis pada tulang pipimu, sehingga dapat membuat wajah terlihat lebih langsing. Pulas contour dengan tegas di bawah tulang pipi dan akhiri dengan bronzer. Highlight juga dapat Anda gunakan untuk mengoreksi make-up. Jangan lupa untuk aplikasikan highlight dan contour di sepanjang tulang hidung.

Blush-on
Persoalan make-up terberat bagi seseorang dengan bentuk wajah bulat adalah pipinya. Di dunia yang saat ini mendewakan pipi tirus, memiliki pipi bulat dan chubby dapat membuat seseorang defisit percaya diri.

Anda bisa mengaplikasikan perona pipi dengan warna lembut pada area pipi, namun jangan membaurkan perona pipi pada bantalan pipi karena wajah Anda akan terlihat semakin bulat. Anda dapat memilih blush-on warna soft pink, pink atau orange sebagai favorit Anda.

Pengaplikasian blush-on khusus pada sisi kiri dan kanan pipi, akan memberikan kesan pipi Anda terlihat lebih tirus. Dan tidak disarankan untuk Anda dalam merias wajah dengan make-up tebal karena hanya akan membuat wajah terlihat makin gemuk.

Seorang penata rias profesional Brigitte Reiss Andersen menyarankan bahwa seseorang yang memiliki wajah bulat dapat menggunakan blush-on di pipi sesuai dengan kontur wajah yaitu di tulang alis dan pipi. Hasil make-up yang Anda dapatkan akan terlihat lebih baik meskipun menggunakan make-up yang minimalis dan tidak tebal.

Pemilik wajah bulat dapat mengoleskan secara tipis blush-on dengan dua tingkat warna yang berbeda. Pertama menggunakan warna gelap bagian tulang pipi dan berikan sentuhan warna terang diatas warna gelap agar memberi kesan lebih segar.

Memilih produk blush-on yang tidak mengandung shimmer, atau blush-on dengan warna yang cocok dengan pemulas bibir akan menjadikan make-up Anda terkesan natural. Tidak perlu pengaplikasian yang tebal, cukup gunakan tipis-tipis sebelum menggunakan bedak. Sehingga memberikan efek merona.

Riasan mata
Tahukah Anda bahwa riasan mata yang tepat dapat membantu membuat wajah terlihat lebih tirus? Riasan mata yang dapat membuat wajah lebih tirus adalah dengan membuat mata lebih besar.

Mata merupakan fitur yang penting untuk mendapatkan sorotan menarik. Dimulai dengan memberikan foundation lebih cerah dari warna kulit pada bawah kantung mata. Hal ini  untuk memberi kesan lebih terang pada daerah yang gelap seperti bawah mata yaitu kantung mata.

Selain menggunakan softlens, Anda juga bisa menggunakan eyeliner. Bulu mata sebagai pusat interaksi secara langsung. Agar lebih indah, maka Anda dapat menggunakan sikat eyeliner yang datar untuk mengambil sedikit saja maskara dan gunakan hanya pada akar bulu mata bawah. Tidak perlu disikat semua karena dapat menyebabkan bulu mata menjadi sangat tebal yang justru membuat glamour. Bagi Anda yang pemula sebaiknya pilihlah eyeliner jenis pensil. Karena jenis eyeliner tersebut lebih mudah digunakan jika dibandingkan dengan menggunakan eyeliner cair ataupun gel. Anda dapat pula menambahkan garis mata dengan pensil warna abu-abu atau coklat pada bulu mata bagian atas untuk mempertegas tampilan bagian mata.

Cara mengaplikasikan eyeliner  secara sederhana sangat mudah, buatlah garis mata pada bagian kelopak atas dan akhiri dengan bentuk ujung yang melengkung. Bentuk yang seperti itu biasa disebut dengan ‘cat eyes’. Sedangkan pada bagian bawah mata Anda bisa menggunakan eyeliner berwarna putih. Setelah itu Anda dapat mengaplikasikan mascara untuk membuat bulu mata terlihat lebih tebal dan panjang.

Penggunaan eyeshadow pun sangat diperlukan agar mata terlihat lebih besar. Mengaplikasikan eyeshadow berwarna gelap akan menjadikan mata Anda terlihat lebih tajam dan natural. Warna gelap natural seperti cokelat, abu-abu dapat Anda jadikan sebagai pilihan favorit atau bisa juga Anda memadukannya dua warna.

Eyeshadow dengan warna kecoklatan akan meningkatkan kontur alami mata Anda. Jika ingin tampak lebih terang pada bagian mata maka Anda dapat menggunakan efek ke pusat kelopak, tulang alis, dan sudut bagian dalam mata.

Alis
Alis adalah bingkai penting bagi wajah bulat, hal ini dapat difokuskan pada lengkungan agar lebih dekat ke ujung luar meruncing. Untuk membuatnya lebih rapi dapat menggunakan sisir alis, jangan menggunakan pensil alis terlalu tebal. Berikan saja efek nampak lebih berwarna sesuai dengan warna yang diinginkan, warna coklat maupun hitam dapat Anda jadikan sebagai pilihan warna favorit.

Alis yang rapi juga dapat menunjang penampilan seseorang lebih cantik dan menarik. Anda juga dapat mencoba trend alis tipis dan minimalis ala wanita Korea. Dandanan yang seperti itu tentu saja dapat membuat penampilan Anda lebih natural. Caranya sangat mudah, gambarlah alis lurus dengan menggunakan pensil alis lalu poleskan pensil alis di bagian yang telah Anda gambar. Bagi Anda yang memiliki alis tebal cobalah untuk menggunakan eyebrow agar lebih natural.

Lipstik
Memperhatikan riasan bibir juga merupakan cara make-up natural untuk wajah bulat yang perlu diperhatikan.

Untuk lipstik, sebaiknya Anda juga menggunakan warna-warna yang lembut supaya warna bibir Anda tidak tampak menonjol, lipstik dengan warna yang lembut akan memberikan kesan pada bibir Anda semakin terlihat manis dan cantik. Lipstik berwarna merah dapat Anda jadikan pilihan. Anda juga dapat mengaplikasikan lipgloss untuk menambah kesempurnaan riasan.

Apabila bibir Anda tipis, gunakanlah lipstick glossy untuk membuat bibir terlihat lebih berisi dan jangan lupa untuk menggunakan lip liner, Tapi jika Anda memiliki bibir penuh, disarankan untuk menggunakan lipstick matte. Hindari penggunaan lipstik dengan warna yang glamor.

Untuk mendapatkan warna yang cukup natural, maka Anda dapat memilih warna yang cocok dengan bibir, penggunaan lipgloss yang lebih ringan atau lip spa juga sangat disarankan. Anda juga dapat menggunakan lip tint sebagai pilihan. Dimana warna yang dihasilkan akan dapat lebih matte dibibir.

Hindari warna bibir yang bold dan terang. Pilihan warna nude yang lembut seperti warna pastel yang senada dengan warna eyeshadow akan memberikan kesan natural. Dan jika Anda memerlukan kelembaban bibir, maka Anda dapat menggunakan lipbalm terlebih dahulu.

Anda juga bisa mencoba teknik gradient lips ala make-up Korea supaya penampilan lebih minimalis dan menarik. Teknik yang satu ini sangat cocok diaplikasikan oleh seseorang yang memiliki bibir tebal. Caranya pun mudah, oleskan concealer para bibir hingga bibir terlihat pucat dan warna hitam pada bibir tersamarkan. Kemudian oleskan lipstik pada bibir atas bagian bawah dan bibir bawah di bagian atas. Teknik yang satu ini dapat membuat bibir Anda merah alami dan pastinya lebih natural.

Bedak tabur
Jika kulit nampak mengkilap atau mengnginkan hasil yang matte maka untuk hasil akhir dapat diberikan sentuhan bedak tabur untuk menyerap minyak. Bedak tabur dapat di tap dengan puff maupun diaplikasikan menggunakan kuas dengan gerakan melingkar. Hal ini akan membuat butiran bedak teraplikasi sempurna kedalam kulit, sehingga pori-pori nampak mengecil.

Bedak tabur dapat menyesuaikan kebutuhan. Jika memiliki jenis kulit berminyak dapat yang memilih zero sebum atau control pore yang tinggi. Bedak tabur ini akan memberikan efek natural, seolah tidak menggunakan bedak sama sekali.

Model rambut yang sesuai
Model rambut juga berperan penting untuk wajah. Jika salah memilih potongan rambut, bisa-bisa wajah akan semakin terlihat bulat.

Meskipun tidak termasuk rangkaian make-up, akan tetapi memilih model rambut yang sesuai dapat menyamarkan bentuk wajah yang bulat agar terlihat lebih tirus. Beberapa model rambut yang tepat untuk wajah bulat adalah model curly bob. Selain itu, Anda juga bisa mencoba potongan rambut bob shaggy dengan layer yang dapat menutupi pipi. Bagi Anda yang menyukai potongan rambut pendek, jangan khawatir karena Anda bisa mencoba potongan rambut edgy bob.

Memilih riasan rambut juga menjadi point penting untuk menegaskan kesan natural. Anda tidak perlu menggunakan banyak ornament dikepala. Dan jika Anda memilih untuk berhijab jangan gunakan banyak asesoris pada hijab, hal ini dapat membuat kesan natural menjadi lebih kuat. Kesan agar nampak natural dapat menggunakan warna alam, mulai dari coklat, koral hingga warna hijau segar. Pemilihan asesoris memang tidak dilarang selama hal ini dapat membentuk aksen agar lebih chic dengan pakaian dan warna make-up yang telah dipilih.


Mengaplikasikan make-up dengan tepat dapat memberikan bentuk wajah yang sesuai dengan keinginan Anda. Janganlah Anda kesal jika memiliki wajah bulat, karena bentuk wajah tersebut sebenarnya dapat membuat Anda terlihat awet muda. Demikianlah beberapa langkah dalam merias wajah untuk Anda yang memiliki bentuk wajah bulat supaya terlihat lebih tirus. Dengan menggunakan teknik tersebut,  Anda bisa lebih menampilkan dan menutupi kekurangan sehingga bisa tampil lebih percaya diri setiap hari. Sempurnakan cantiknya tampilan Anda dengan produk make-up dan perawatan berkualitas yang sesuai kebutuhan. Tidak semua wanita memiliki wajah yang sempurna. Jangan mencoba untuk mengubah siapa Anda, yang paling baik untuk dilakukan adalah meningkatkan kecantikan alami Anda. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan membuat Anda tampil lebih cantik dan tetap natural.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...