Tuesday 15 January 2019

Berbagi Tips: Kreasi Make-up Wajah Bentuk Lonjong


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Kreasi Make-up Wajah Bentuk Lonjong

Tidak dipungkiri bahwa sebagian besar wanita menyukai merias wajah mereka dengan menggunakan berbagai alat make-up yang mereka miliki. Memang cukup menarik untuk dibahas, karena make-up yang benar bisa membuat wajah dan tampilan Anda ikut berubah dan Anda akan semakin tampil cantik dan memukau.

Bagi sebagian bersar orang khususnya para wanita tentu ingin tampil dengan cantik dan menarik pada setiap kegiatan ataupun pekerjaan mereka baik di kantor maupun yang bekerja sebagai ibu rumah tangga atau yang membuka usahanya sendiri di rumah.

Tidak hanya orang kantoran atau orang yang bekerja sebagai model saja yang menginginkan riasan pada wajah mereka. Mereka yang membuka usahanya sendiri dirumah, atau sebagai ibu rumah tangga pun pastilah ingin tetap terlihat cantik dan segar. Untuk itulah banyak wanita ingin mempelajari dan mencari informasi mengenai bagaimana cara merias wajah mereka dengan baik dan akhirnya bisa merias diri mereka sendiri tanpa perlu pergi ke salon kecantikan.


Pengetahuan yang baik tentang morfologi wajah dan kosmetika, serta keterampilan dalam mengoleskan kosmetika ke wajah akan menentukan hasil akhir riasan. Didalam pengenalan rias wajah, harus dipelajari morfologi wajah dan leher ( pelajaran tata kecantikan kulit tingkat terampil, Tiara Kusuma, 1995 ). Secara umum dengan morfologi dimaksudkan untuk mempelajari susunan dan bentuk mencakup anatomi, histologi dan sosiologi setiap bentuk di dunia. Tetapi morfologi dalam kecantikan dimaksudkan untuk memperhatikan bentuk, ukuran dan proporsi tubuh karena untuk melengkiapi teori dan teknik berbagai tindakan kosmetis khususnya yang bersangkutan dengan teori dan teknik rias wajah.

Berdasarkan pengetahuan mempelajari wajah dan psikologis akan diketahui kekurangan dan kelebihan dalam hal bentuk dan perbandingan antar bagian, sehingga disatu pihak tata rias wajah dapat mengimbangi kekurangan dan dilain pihak menonjolkan sifat – sifat yang unggul.  Karena didalam tata rias dapat diartikan sebagai suatu tindakan untuk memperindah keadaan wajah sehingga wajah menjadi cantik dan anggun dengan menghilangkan kekurangannya dan menonjolkan kelebihan yang ada.

Tata rias wajah koreksi berdasarkan atas prinsip bahwa bentuk muka yang dianggap kurang sempurna dapat diubah sedemikian rupa sehingga penampilan menjadi lebih baik. Jadi pada dasarnya rias wajah koresi ini menampilkan bagian yang bagus dan menghilangkan bagian yang kurang bagus.

Merias wajah harus memperhatikan berbagai aspek agar wajah terlihat cantik, salah satunya yaitu memperhatikan bentuk atau struktur wajah sebelum memakai make-up. Bentuk wajah dan paduan make-up dalam merias wajah sangat berpengaruh terhadap hasil dan penampilan riasan.

Make-up sering kali kita aplikasikan ke area wajah, namun ada sedikit mereka yang tidak paham mengenai pemakaian dan cara mengaplikasikan make-up sesuai dengan wajahnya. Kebanyakan dari wanita kurang percaya diri jika berpergian tanpa menggunakan riasan ataupun make-up pada wajahnya. Namun jika terlalu berlebihan make-up juga tidak enak untuk dilihat, karena itulah Anda harus lebih memperhatikan riasan di wajah serta jangan sampai menjadi bahan tertawaan orang lain.

Bagi seorang wanita tampil dengan wajah dan riasan wajah yang sempurna merupakan salah satu hal yang membanggakan dan menyenangkan. Mereka akan tampil lebih percaya diri. Namun perlu diingat untuk merias wajah hal pertama yang perlu diperhatikan yaitu bentuk wajah. Make-up yang sesuai dengan bentuk wajah memang sangat mempengaruhi keberhasilan dari make-up itu sendiri.

Bentuk wajah menjadi salah satu faktor besar yang menentukan teknik saat merias wajah. Apabila Anda asal memulaskan make-up, maka Anda akan sulit menemukan tampilan wajah cantik seperti yang Anda dambakan.

Menggunakan berbagai macam make-up kosmetik untuk merias wajah bukan hanya sekedar berguna untuk membuat Anda terlihat lebih cantik, tetapi riasan juga dapat berguna untuk menyamarkan beberapa kelemahan yang ada di wajah Anda. Setiap orang memiliki bentuk wajah yang berbeda-beda dan apabila make-up tersebut tidak disesuaikan dengan bentuk wajah maka hasil yang didapat juga akan kurang sempurna, sangatlah penting untuk mengetahui bentuk wajah dan kekurangannya supaya Anda bisa memilih Make-up sesuai bentuk wajah yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Jika Anda ingin orang lain melihat Anda cantik, hal pertama yang harus dilakukan adalah jatuh cinta dengan penampilan Anda, merangkul keunikan Anda sendiri dan menyajikannya kepada dunia dengan percaya diri.


Tulang pipi yang tinggi, garis rahang lonjong, dan dahi terangkat, semuanya mencirikan tampilan ramping bentuk wajah lonjong. Wajah bentuk lonjong mempunyai tulang rahang tidak sangat menonjol, tetapi mempunyai tulang dagu lebih panjang pada umumnya serta menonjol. dan umumnya, wajah bentuk lonjong mempunyai jarak dahi ke mata yang lebih jauh dari bentuk-bentuk wajah umumnya. Dibutuhkan beberapa koreksi dalam make-up bentuk wajah lonjong.

Lonjong dan oval seringkali dikatakan bentuk yang sama namun sebenarnya kedua bentuk ini berbeda. Beruntunglah bagi kalian yang memiliki bentuk wajah yang oval karena teknik memakai make up pada bentuk wajah ini merupakan yang paling mudah dan simpel. Sedangkan untuk yang memiliki bentuk wajah lonjong diperlukan teknik tambahan dalam memolesnya karena wajah lonjong terkesan lebih memanjang.

Meski sekilas mirip dengan bentuk wajah oval, bentuk wajah ini berbeda dalam hal proporsi bagian atas, tengah, dan bawah wajah yang hampir sama. Bentuk wajah lonjong memiliki reputasi sebagai bentuk wajah yang paling cepat mengalami penuaan, dan sama seperti wajah oval, riasan natural juga cocok diaplikasikan untuk pemilik bentuk wajah lonjong.


Selama berabad-abad, dahi tinggi dianggap sebagai tanda royalti, dan dikabarkan bahwa sirene layar Marilyn Monroe bahkan dikenal untuk mengubah garis rambutnya untuk meniru penampilan yang lebih aristokratis.

Karena sudut atas dan bawah menikmati keunggulan seperti itu pada bentuk wajah yang panjang, penekanan riasan paling baik disimpan di tengah wajah untuk menarik pengunjung ke tatapan Anda, kata penata rias dan penata rambut Eva Scrivo, penulis "Eva Scrivo On Beauty "

"Untuk menarik perhatian ke tengah, Anda dapat mencampur warna kontur datar di bawah jembatan hidung, yang menambah kedalaman. Ini konsep yang sama dengan melihat sketsa. Mata Anda tidak bisa melihat nuansa bentuk sampai bayangan ditambahkan,” kata Scrivo.

Memiliki wajah berbentuk lonjong tidak harus membatasi Anda untuk tampil lebih cantik setiap harinya. Dengan cara cantik yang tepat, bentuk wajah yang kurang proporsional bisa diubah menjadi kelebihan yang membuat diri semakin tampil menawan.

Memiliki wajah lonjong juga bukanlah akhir dari dunia, sebenarnya bentuk wajah itulah yang dapat mentolerir dalam berekspresi dengan berbagai gaya rambut dan penampilan make-up. Kontur di tempat yang tepat, seperti halnya kontur standar, fokus pada bagian atas garis rambut, tulang pipi, dan garis rahang adalah kunci untuk memperpendek wajah lonjong. Berkontur tepat di bawah tulang pipi (di lubang) akan membantu menambah lebar dan menarik mata ke tengah wajah, sementara "shades" tepat di bawah tulang rahang akan membantu menciptakan ilusi bahwa rahang menjadi kurang menonjol.


Berikut ini panduan cara make-up untuk koreksi wajah bentuk lonjong:

Bersihkan wajah
Membersihkan wajah merupakan langkah pertama yang harus dilakukan setiap kali akan menggunakan make-up. Tujuan dari membersihkan wajah adalah untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel sehingga riasan make-up akan menempel sempurna saat diaplikasikan pada wajah. Lakukan proses pembersihan dengan cara yang baik dan benar, Anda juga dapat menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan karakter kulit. Toner dan pelembab juga dapat digunakan dalam langkah ini agar kulit wajah anda menjadi segar dan tetap lembab.

Foundation
Aplikasikan foundation yang seirama dengan warna kulit wajah dengan merata. Foundation ini diaplikasikan untuk menampilkan sisi kulit wajah yang ingin di pertahankan.

Pemilihan warna foundation yang tepat dapat menentukan hasil akhir dari riasan wajah lonjong. Untuk menghasilkan riasan yang sesuai, sebaiknya anda gunakan 2 jenis warna foundation dengan menggunakan teknik shading. Gunakan foundation dengan warna cerah pada bagian wajah dan leher secara merata. Sedangkan untuk foundation warna gelap digunakan tepat pada rahang untuk memberikan efek yang lebih tegas. Pemilihan warna foundation yang terang dapat disamakan dengan warna kulit atau 1 tingkat lebih cerah. Sedangkan warna foundation yang gelap dapat memilih 1 tingkat lebih gelap dari foundation pertama.

Anda juga dapat menggunakan teknik shading pada lebih kurang garis perkembangan ujung dagu dan rambut saja. Manfaatkan shading samping tulang pipi dan cuping hidung, serta tambahkan high-light di tempat tengah pelipis, dahi, rahang dan pangkal hidung untuk memperoleh kesan bentuk pipi yang lebih ideal.

Terkadang orang yang memiliki wajah lonjong cenderung mengingikan make-up yang natural dan lembut, untuk menciptakan kesan make-up tersebut Anda dapat menggunakan foundation cair yang berwarna gelap.


Terapkan efek highlight
Efek highligt ini diterapkan untuk mempertegas bentuk wajah dan memberi kesan menonjol pada bagian tertentu seperti dahi. Efek highlight ini biasanya diterapkan dengan teknik contouring. Wajah yang lonjong akan terlihat bagus jika diberi kesan lebar. Efek highlight ini dapat memberikan kesan tersebut dengan diterapkan pada bagian dahi, tulang hidung dan dagu. Untuk warna highlight sendiri, anda bisa menggunakan warna satu tingkat lebih terang dari foundation.

“Karena wajah panjang memiliki kehadiran yang kuat ketika memasuki ruangan, tidak perlu terlalu banyak make-up. Sebaliknya, cahaya lembut, alami dan berembun adalah yang diperlukan untuk sebuah pernyataan,” kata penata rias New York, Nicole Bryl.

Manfaatkan efek bronzer
Tujuan melakukan make-up pada wajah lonjong adalah untuk menciptakan penampilan oval yang ideal, membuat wajah Anda terkesan lebih pendek dan lebih luas.

Dalam teknik contouring terdapat juga efek bronzer. Efek ini bisa anda terapkan untuk memberikan kesan lebih berisi pada bagian pipi.

Anda dapat mengaplikasikan bronzer matte di sepanjang garis rambut di bagian atas dahi, gabungkan ke bawah. Tambahkan juga bronzer yang sama ke bagian bawah dagu. Langkah ini akan membantu wajah tampak sedikit lebih pendek.

Fokus pada tulang pipi untuk membuat wajah tampak lebih luas. Dengan mengaplikasikan bronzer, tepat di bawah tulang pipi di cekungan, dan kemudian berbaur dan keluar menuju garis rambut.

“Untuk wajah lonjong, kontur sisi rahang, kuil dan garis rambut dengan bronzer untuk meminimalkan dahi menonjol,” kata New York make-up artist, Jessica Lauren . "Sorot dagu dan tulang pipi."

 Setelah efek tersebut diterapkan, anda bisa menutupi kekurangan lainnya dengan menggunakan concleaner. Penggunaan concleaner ini dianjurkan untuk tidak terlalu tebal supaya tetap terlihat natural. Selain itu, pemilihan warna concleaner pun harus disesuaikan dengan warna foundation.


Penggunaan bedak
Setelah semua proses penerapan efek, Anda bisa menyempurnakannya dengan penggunaan bedak. Bedak tabur dapat Anda terapkan dengan cara menepuk-nepuk spons ke wajah secara merata. Warna bedak sebaiknya memiliki tingkat kecerahan satu tingkat diatas warna kulit dan foundation. Untuk Anda yang memiliki kulit yang sensitif, bedak padat bisa dijadikan sebagai pilihan alternatif.

Alis
Mempercantik alis bisa menjadi bagian yang penting. Pensil alis merupakan alat untuk mempertebal dan mempercantik bagian alis. Gunakan 2 pensil alis dengan warna yang berbeda yakni hitam dan coklat. Penggunaan dua pensil alis yang dilakukan dengan cara selang-seling dapat memberikan bentuk yang sempurna. Kemudian, akhiri dengan mengaplikasikan maskara.

Maskara
Mata adalah tempat yang ideal untuk bermain rias wajah, dan khususnya, bulu mata Anda. “Saat mengaplikasikan maskara, benar-benar fokus pada pusat lengkungan mata. Anda dapat membangun lebih banyak pigmen di sana. Saya bahkan suka melentikkan beberapa bulu mata individu di tengah mata, itu menambahkan dimensi ketiga,” kata penata rias selebriti Molly Stern.

“Mainkan” warna pada mata Anda
Dengan memberi penekanan pada fitur-fitur cantik Anda, Anda dapat menghilangkan kesan bentuk wajah lonjong.

Eyeshadow dan eyeliner dengan warna yang colour-full membantu Anda “keluar” dari kesan wajah yang lonjong. Selain itu, lengkapi juga cara cantik ini dengan menciptakan bulu mata tebal menggunakan maskara. Menekankan make-up pada mata membantu Anda untuk tampil lebih percaya diri.

Anda juga dapat bereksperimen dengan riasan mata kucing , warna eyeshadow tebal dan bulu mata yang dramatis. "Memperluas alis ke arah luar ke pelipis juga akan melembutkan fitur sudut," kata Lauren.

Disarankan untuk menggunakan eye shadow dengan warna-warna terang atau berani.


Blush-on
Bubuhkan blush-on untuk lebih mempertegas bentuk tulang pipi. Memberikan volume pada pipi melalui blush on yang diaplikasikan pada bagian atas pipi membantu memusatkan perhatian pada bagian tengah wajah. Anda bisa memilih jenis warna natural yang tampak cantik pada wajah, seperti pink atau orange.


Bagi yang memiliki wajah lonjong, menerapkan blush-on akan dapat memberi kesan oval pada wajah. Blush-on dapat digunakan pada area bulatan pipi secara horizontal ke kanan dan ke kiri untuk memberikan kesan melebar pada wajah lonjong.

Mengaplikasikan blush-on dari daerah dagu hingga ke telinga dengan warna gelap juga akan dapat menyamarkan potongan rahang yang kuat.

Lipstik
Perindah bibir Anda dengan mengaplikasikan lipstik. Untuk hasil yang sempurna dan tetap terlihat natural, Anda bisa menggunakan warna lipstik yang sesuai dengan warna kulit.

Manfaatkan poni
Poni yang menutupi bagian dahi sangat membantu Anda untuk menutupi kekurangan pada wajah. Poni dapat membantu menyeimbangkan wajah lonjong agar tampak lebih berisi. Anda bisa memilih poni dengan tipe miring atau lainnya sesuai selera.

Poni merupakan cara yang bagus untuk menyamarkan wajah lonjong. Sebagai permulaan, poni akan membantu menyembunyikan dahi yang lebih besar, dan membuatnya tampak seolah-olah garis rambut mulai lebih rendah. Entah Anda seorang gadis yang blak-blakan atau perempuan yang pemalu, penampilan rambut poni akan memberikan kesan memperpendek wajah Anda.

Ciptakan rambut bergelombang
Rambut lurus bisa membuat tampilan wajah semakin tampak semakin lonjong.Karena itulah, Anda bisa mengubah tampilan rambut menjadi lebih bergelombang atau keriting untuk menciptakan volume. Rambut yang bergelombang atau keriting membantu memberikan tampilan lebih bundar pada bagian wajah.

Potongan rambut pendek
Rambut yang lebih pendek bisa menciptakan ilusi untuk untuk tampilan wajah yang lebih bundar. Karena itu, jangan ragu untuk memiliki rambut yang lebih pendek. Selain itu, Anda pun bisa mengatur rambut model long layer untuk mencipatakan volume yang dapat menutupi kekurangan pada bentuk wajah Anda.


Demikianlah beberapa langkah dalam merias wajah untuk Anda yang memiliki bentuk wajah lonjong. Dengan menggunakan teknik tersebut,  Anda bisa lebih menampilkan dan menutupi kekurangan sehingga bisa tampil lebih percaya diri setiap hari. Sempurnakan cantiknya tampilan Anda dengan produk make-up dan perawatan berkualitas yang sesuai kebutuhan. Tidak semua wanita memiliki wajah yang sempurna. Jangan mencoba untuk mengubah siapa Anda, yang paling baik untuk dilakukan adalah meningkatkan kecantikan alami Anda. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan membuat Anda tampil lebih cantik dan tetap natural.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...