Tuesday 3 September 2019

Berbagi Tips: Berbagai ragam Jenis Bedak yang Perlu Anda Ketahui


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Berbagai ragam Jenis Bedak yang Perlu Anda Ketahui

Semua wanita pasti menginginkan wajahnya tampak mulus, cantik, dan flawless dalam berbagai kesempatan, tapi sayangnya berbagai masalah kulit seperti flek hitam, jerawat dan kerutan membuat wajah tampak tidak sempurna. Bedak memang merupakan make-up yang bekerja sebagai dasar yang perlu dimiliki oleh wanita untuk tampil cantik setiap hari. Bedak berguna untuk membuat kulit wajah cerah dan segar. Selain itu, bedak juga berfungsi untuk melindungi kulit dan pori-pori wajah. Beragam jenis dari bedak terdapat dipasaran, mulai bedak padat, bedak tabur, two way cake, bedak translucent, dan jenis bedak lainnya, ragam jenis bedak tersebut memiliki fungsi tersendiri. Bedak biasanya membuat seorang wanita lebih percaya diri karena kekurangan wajah seperti jerawat, flek hitam, garis halus, dll pada wajah dapat tertutupi. Bedak akan menjadi alat pertama yang dipilih dibanding perlengkapan kecantikan lainnya.

Bedak merupakan salah satu produk kecantikan yang tak pernah dilupakan oleh (hampir) semua wanita. Bagi para wanita, peralatan make-up tentunya menjadi senjata yang harus selalu siap sedia di dalam tasnya, terutama bedak. Untuk menutupi kekurangan wajah, umumnya para perempuan sering menggunakan bedak supaya tampilan wajah tampak flawless seketika. Bedak menjadi salah satu item kosmetik yang rajin dibawa perempuan dalam tas mereka. Tanpa bedak, make-up Anda bisa terlihat tidak sempurna dan lebih cepat luntur. Hal tersebut dikarenakan bedak merupakan benda kosmetik yang bisa cepat memperbaiki riasan wajah tanpa harus ribet. Bedak sering kali membantu wanita untuk menutupi kekurangan ataupun memperbaiki penampilan setelah beraktivitas seharian.


Sebagai penunjang penampilan wajah, bedak menjadi salah satu jenis perlengkapan kosmetik yang tidak bisa luput dari laci meja rias atau pun tas wanita. Di berbagai kesempatan, bedak akan menjadi senjata andalan. Hampir setiap saat, wanita akan mengandalkan bedak untuk menutupi kekurangan wajah atau menyempurnakan riasan. Segala masalah kulit wajah seketika akan terasa “lenyap” tertutupi oleh permukaan lapisan bedak yang tepat.

Untuk mendapatkan penampilan yang memesona, sebuah kompleksi wajah yang flawless tentunya tidak boleh ketinggalan. Bedak merupakan salah satu perlengkapan make-up yang paling umum digunakan dan sangat penting bagi seorang perempuan, karena memiliki banyak sekali fungsi dalam rutinitas make-up, mulai dari mencerahkan, menyamarkan noda, hingga membuat riasan terlihat semakin rapi dan cantik.

Bedak wajah harus merupakan campuran dari bahan dasar yang spesifik jika menghendaki menjadi suatu produk yang dapat memberikan sifat yang diinginkan. Pertimbangan utama dalam pembuatan bedak adalah pemilihan bahan dasarnya. Spektrum dari bahan dasar yang digunakan cukup sempit, sebab kualitas dari masing-masing komponen lebih penting, karena hal tersebut akan memberikan keterlibatan yang sangat penting dalam penentuan formulasi dan kualitas bedak.


Di pasaran tersedia berbagai jenis bedak, walau terlihat hampir sama, namun bedak-bedak tersebut ternyata mempunyai fungsi yang berbeda. Tekstur dan bentuk dari setiap jenis bedak harusnya disesuaikan dengan jenis kulit wajah dan tujuan yang akan seseorang capai, datang ke acara formal atau sekedar jalan-jalan santai, Kenalilah terlebih dahulu beberapa jenis bedak yang tersedia di pasaran supaya tidak keliru memilihnya. Karena tiap jenis bedak, beda pula fungsinya.

Pemilihan jenis bedak yang salah bisa menyebabkan timbulnya jerawat, wajah berminyak atau kering, bahkan reaksi alergi kulit. Pilihlah jenis bedak dan kegunaannya secara tepat. Bila tidak, maka kondisi kulit wajah Anda yang akan dipertaruhkan.

Compact powder
Compact powder adalah jenis bedak padat atau sering disebut juga pressed powder yang biasanya digunakan para perempuan untuk melakukan touch up di siang hari atau saat make-up terlihat mulai luntur agar wajah terkesan kembali segar.


Bedak padat merupakan "versi keras" dari bedak tabur. Bedak padat mengandung bahan-bahan yang digunakan untuk membuat produk ini menjadi semi-padat. Tekstur bedak ini padat seperti di press dalam wadah kecil yang dilengkapi dengan kaca. Jenis bedak padat memang merupakan idola sejuta wanita, karena kemasannya yang praktis untuk dibawa dalam tas kecil dan isinya yang tidak akan tumpah. Selain karena efisien dan praktis untuk dibawa, bedak padat memiliki partikel yang padat dan kecil sehingga dapat bertahan lama sejak pengaplikasiannya ke wajah.

Tekstur bedak padat lebih rapat sehingga lebih mudah diaplikasikan pada permukaan kulit wajah untuk menutup pori-pori secara merata. Bedak padat juga lebih bertahan lama karena tidak mudah terbawa angin.

Jenis bedak ini paling sering dimiliki oleh perempuan karena sangat praktis dan cukup ampuh untuk menutupi berbagai masalah di wajah. Compact powder memiliki bentuk yang padat, lebih praktis dimasukkan ke dalam tas, dan anti-tumpah. Bedak jenis ini umumnya mengandung moisturizer (pelembap) dan minyak sehingga sangat cocok bagi mereka yang memiliki kulit wajah kering.

Bedak padat mudah dibawa ke mana-mana karena formulasinya yang sudah dipadatkan. Kandungan minyak sekaligus pelembap di dalamnya membuat bedak ini cocok digunakan untuk Anda yang memiliki jenis kulit kering. Biasanya, produk bedak padat dikemas dalam packaging yang dilengkapi dengan cermin dan sponsnya.

Bedak padat yang perkenalkan di Amerika dan pada tahun 1930 telah mencapai popularitasnya dikarenakan penggunaannya yang sangat mudah dan penyimpanan yang nyaman. Bedak padat adalah bedak kering yang telah dikompres menjadi padatan dan biasanya diterapkan dengan aplikator spons bedak. Komposisinya mirip dengan bedak tabur, tapi efeknya pada kulit berbeda pada beberapa tingkat. Pengikat yang terkandung dalam bedak padat mampu memberikan adhesi yang besar. Sebagai hasil dari proses pengepresan, ukuran partikel rata-rata umumnya lebih besar pada bedak padat daripada bedak tabur. Sebuah produk bedak padat dituntut harus dapat menempel dengan  mudah pada spons bedak, dan padatan bedaknya harus cukup kompak, tidak pecah atau pun patah dengan penggunaan normal.

Namun, karena partikelnya yang padat, bedak jenis ini tidak disarankan untuk Anda yang memiliki masalah dengan jerawat dan kulit wajah yang sensitif, karena bedak jenis ini dapat menutup pori-pori. Pastikan untuk mencuci muka setelah menggunakan jenis bedak ini supaya wajah tidak mudah berjerawat dan menghindari masalah pada kulit wajah. Anda bisa memakai sabun cuci muka atau cairan remover make up.

Loose powder
Loose powder merupakan bedak tabur yang memiliki tekstur lebih ringan dari bedak padat. Namun bedak ini terbilang kurang 'friendly' karena selain mudah luntur, loose powder juga bisa tumpah sehingga memberi kesan rumit.


Meskipun tidak sesederhana bedak padat, bedak tabur mempunyai keunggulan tersendiri. Teksturnya yang lembut akan sangat cocok bagi pemilik wajah sensitif ataupun berjerawat, dan kemampuannya dalam menyerap minyak berlebih tentu sangat dianjurkan bagi para perempuan yang memiliki tipe kulit berminyak.

Bedak tabur memiliki tekstur yang ringan karena tanpa melalui proses pemadatan. Jenis bedak ini akan cocok untuk dipakai sehari-hari. Anda juga bisa menggunakan bedak tabur untuk mengunci foundation supaya tahan lama dan tidak mudah luntur. Pilihlah warna bedak tabur satu tingkat di atas tone kulit wajah untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jenis bedak ini bisa Anda aplikasikan dengan menggunakan brush atau spons bedak.

Bedak tabur merupakan bentuk asli dari bedak, tidak ada tambahan bahan lain untuk membuatnya padat. Bedak berbentuk bubuk ini merupakan pilihan yang bagus jika Anda menginginkan tampilan wajah yang terlihat lembut, mulus dan bercahaya. Bedak tabur terbuat dari butiran-butiran yang sangat halus. Kandungan mineral yang baik untuk kulit juga banyak terdapat pada produk bedak tabur.

Untuk mengaplikasikan bedak tabur, menggunakan aplikator kuas besar adalah yang terbaik. Setelah mencelupkan kuas besar ke dalam wadah bedak tabur, mulai sapukan ke wajah dimulai dari tengah hidung dan meluas ke area pipi, dahi kemudian, dagu.

Usahakan untuk menghindari mengaplikasikan bedak tabur pada area tepi wajah karena akan terlihat seperti topeng yang tebal dan kurang alami. Tepuk-tepuk wajah dengan spons untuk menyerap serbuk berlebih dan supaya bedak tampak lebih merata di kulit.

Translucent powder
Bedak translucent biasanya digunakan sebagai setting powder atau untuk mengunci foundation atau pun concealer supaya tetap pada tempatnya. Warna transparan tidak akan memberi coverage pada wajah dan lebih berfungsi untuk menghilangkan kilap wajah. Bedak jenis ini sering juga digunakan untuk menyempurnakan tahapan baking atau pun contouring.


Translucent powder mampu membuat tampilan wajah terlihat matte. Bedak jenis ini tidak akan memberikan kesan make-up yang tebal karena warnanya yang transparan. Bedak jenis ini juga dapat dipakai untuk touch up setelah jeda beberapa jam.

Mineral powder
Bedak jenis ini biasanya terbuat dari bahan-bahan seperti zinc oksida atau titanium oksida yang dapat diserap kulit sehingga membuat wajah terlihat lebih cerah. Zinc oksida akan melindungi kulit dari jerawat dan titanium oksida dapat melindungi kulit dari sinar matahari. Mineral powder juga bebas minyak, pengawet, pewarna, dan paraben sehingga aman dipakai oleh pemilik kulit sensitif. Meskipun telah mengandung formula yang mampu menangkal efek sinar matahari yang buruk, Anda tetap dianjurkan menggunakan sunblock atau sunscreen supaya wajah tetap terlindungi.


Untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, jenis bedak ini sangat dianjurkan karena memiliki kandungan mineral yang baik untuk 'pernapasan kulit'. Kandungan mineralnya akan membuat tampilan wajah terlihat mulus tanpa membuat pori-pori kesulitan bernapas.

Finishing powder
Finishing powder diaplikasikan sebagai tahap terakhir setelah mengaplikasikan translucent atau setting powder dan sebelum penggunaan bronzer dan blusher. Formula finishing powder dirancang khusus sebagai filter wajah. Selain untuk membuat riasan menjadi lebih tahan lama, bedak jenis ini mampu difungsikan untuk menyamarkan garis halus serta pori-pori pada wajah sehingga riasan akan terlihat sempurna. Anda dapat memilih shade finishing powder sesuai warna tone kulit Anda.


Finishing powder diklaim bisa semakin menyempurnakan complexion wajah. Partikelnya disebut-sebut memiliki fungsi bagaikan filter aplikasi kamera! Sebaiknya bedak ini tidak dipakai untuk penggunaan kosmetik sehari-hari karena formulanya cukup berat. Hanya digunakan untuk teknik contouring dalam pemotretan atau make-up pertunjukan.

Supaya riasan tampak lebih rata dan halus, Anda dapat menggunakan kuas besar sebagai aplikator untuk memulaskan finishing powder ke bagian wajah.

Two Way Cake
Di masa kini, wanita umumnya senang dengan yang serba praktis dan instan. Termasuk bedak untuk menambah kecantikan.Dan, bedak two way cake dihadirkan untuk menjawab permasalahan lamanya waktu berdandan.


Walaupun hampir menyerupai compact powder, bedak two way cake mempunyai formula dan fungsi yang berbeda dengan compact powder. Sesuai namanya, two way cake memiliki 2 fungsi sekaligus, yaitu sebagai foundation dan juga bedak. Anda bisa mengaplikasikannya sebagai foundation dengan spons basah dan mengaplikasikannya sebagai bedak dengan menggunakan spons kering.

Bedak two way cake merupakan campuran antara bedak dan foundation. Walaupun tahan lama, namun dikarenakan kandungan minyak dan teksturnya yang cukup berat, bedak ini tidak terlalu cocok untuk pemilik kulit berminyak. Two way cake tidak dianjurkan untuk digunakan setiap hari. Bedak jenis ini cocok untuk dikenakan untuk menghadiri acara-acara resmi dan glamor yang membutuhkan make-up tebal dan dalam waktu singkat. Tapi, jika Anda punya kulit wajah yang berminyak, sebaiknya menghindari jenis bedak ini. Bedak jenis ini juga tidak disarankan untuk Anda yang berjerawat dan memiliki kulit sensitif.

Shimmering powder
Jenis bedak ini memiliki bentuk yang halus dengan varian warna yang beragam. Bedak yang juga sering di sebut sebagai glitter powder ini memiliki fungsi untuk mencerahkan. Dari namanya saja, kita bisa tau bahwa bedak ini mengandung glitter, atau bubuk emas yang bisa memberikan efek kilau pada wajah. Karenanya, shimmer powder sering dipakai untuk riasan glamor agar terlihat lebih sempurna. Dengan menggunakan shimmering powder, kulit akan tampak eksotis.


Tidak hanya pada wajah, umumnya bedak ini juga bisa dipakai di anggota tubuh lainnya seperti leher, tangan, punggung, maupun dada. Shimmer powder biasanya tersedia dalam berbagai macam varian warna, Anda bisa memilih produk sesuai tema penampilan.

Biasanya, shimmering powder dikenakan oleh para artis atau model yang harus tampil di panggung dan tersorot cahaya lampu untuk memperlihatkan kesan dramatis serta glamor.

Meteorite powder
Fungsi dari bedak ini hampir sama dengan blush on. Bedak ini digunakan setelah riasan lainnya selesai untuk memberikan kesan wajah yang berseri-seri.


Mungkin tidak terlalu banyak orang yang menggunakan bedak meteorit. Namun, para make-up artist telah umum menggunakan bedak yang berbentuk bulat kecil beraneka warna ini untuk sentuhan akhir make-up.

Bedak meteorite akan dipulaskan sebagai finishing untuk menciptakan tampilan wajah yang lebih berseri-seri bersemu warna peach. Pengaplikasian secara umum menggunakan kuas besar akan disapukan pada bulatan-bulatan bedak meteorit. Kemudian, dipulaskan ke bagian dahi, dagu, dan pipi sehingga wajah tampak berbinar dan segar.

Liquid powder
Karena memiliki tekstur yang berbentuk cair, liquid powder akan mudah menempel dan cukup tahan lama saat digunakan. Liquid powder lebih dibutuhkan untuk menutupi kekurangan-kekurangan pada wajah seperti lingkaran hitam di bawah mata, flek hitam, dan jerawat. Namun tetap memberikan efek riasan yang terlihat natural. Liquid powder biasanya dipakai oleh para make up artist sebagai teknik membuat base yang lebih sempurna dan mempertegas hasil riasan.


Liquid powder mudah menyatu dengan kulit. karena itulah, And harus lebih berhati-hati dalam memilih warnanya, jangan sampai warna liquid powder yang Anda gunakan tidak sama dengan tone kulit, apalagi jika Anda salah melakukan blending saat mengaplikasikannya,  dapat memberikan kesan belang pada penampilan wajah.

Untuk jenis make-up panggung, liquid powder sering dipakai karena lebih praktis dan cepat menutupi kekurangan pada wajah. Seperti bekas bopeng jerawat, flek hitam, lingkaran hitam di bawah mata, dan lain-lain. Bedak cair mudah menempel dan memiliki warna yang dapat disesuaikan warna kulit. Agar tampak rapi dan merata, aplikasikan liquid powder memakai kuas atau spons sebagai aplikator. Menggunakan aplikator spons yang lembab sangat disarankan untuk meratakan bedak, karena jika pengaplikasinnya tidak rata dapat memberikan efek belang di wajah. Untuk penggunaan spons, cukup di tepuk-tepuk ke wajah.

Cushion powder
Meski memiliki fungsi yang hampir sama dengan liquid powder, namun cushion powder ini adalah jenis bedak yang berbentuk compact atau padat yang umumnya juga digunakan untuk memberikan tampilan coverage maksimal pada wajah. Jenis cushion powder juga beragam, mulai dari AA, BB, dan juga CC.


AA Cushion bisa menyamarkan penuaan dini seperti kerut dan garis hitam, BB Cushion bisa menjadi make-up base, dan CC Cushion bisa membuat warna kulit wajah Anda menjadi rata.

Bedak bayi
Bedak bayi biasanya digunakan pada permukaan kulit dan lipatan-lipatan kulit, bedak jenis ini umumnya diaplikasikan pada kulit seluruh permukaan tubuh (kecuali wajah) untuk mempercepat penguapan pada proses berkeringat, juga sebagai water repellent, dan sebagai lubrikan untuk mencegah luka akibat penggunaan popok.


Formula Asam borat merupakan bahan yang umum digunakan sebagai antiseptik dan sebagai buffer pada produk bedak bayi baik digunakan di lingkungan rumah maupun rumah sakit sejak tahun 1880. Kegunaan zat tersebut akan berperan sebagai buffer yang sangat diperlukan karena suspense campuran talk 10% memiliki pH sekitar 8,4 hingga 9,4. Johnstone dan timnya menyatakan bahwa serbuk talk tanpa buffer dengan pH 9,3 lebih bersifat alkalis pada kulit lembut bayi. Sekitar 3%-5% asam borat ditambahkan untuk menetralkan alkalinitas dari talk yang biasanya berpusat pada lipatan-lipatan kulit bayi dan menyebabkan iritasi jika tidak ditambahkan buffer.

Namun beberapa tahun terakhir telah diperoleh laporan yang menyebabkan paeditrician tidak menyarankan penggunaan senyawa asam borat dalam produk bayi, lotion, atau pun ointment. Asam borat tidak lagi digunakan untuk alasan komersial dan medis.

Kaessler (172) juga menjelaskan penggunaan bedak bayi yang mengandung silicon, allantoin, dan hexachlorophene dalam basis talk. Produk dengan bahan ini dilaporkan memiliki sifat lembut, sejuk, dan bakteriostatik.

Bahan dasar yang umum digunakan pada bedak bayi adalah pati jagung sebagai pengganti talk. Bahan ini memiliki sifat tidak berdebu seperti talk, serta absorben sehingga dapat bersifat sebagai moisturizer, dan baik untuk kulit bayi. Namun, jika digunakan secara berlebihan, bahan ini dapat menggumpal pada lipatan kulit bayi dan mengakibatkan dekomposisi bakteri.


Dalam membeli produk bedak, Anda juga wajib menjaga kesehatan kulit wajah dengan memakai bedak secara benar sesuai kebutuhan dan jenis kulit yang Anda miliki. Memilih formula bedak yang tepat juga penting untuk mempertahankan keadaan bedak sepanjang hari serta mencegah masalah kulit seperti jerawat. Dan, bedak apa pun yang Anda pilih, maka harus diaplikasikan secara tipis serta merata supaya memberikan hasil riasan yang maksimal. Sebaliknya, jika bedak terlalu tebal atau kurang merata, wajah akan terlihat menor dan tampak aneh. Tampil cantik itu penting, namun sebaiknya perhatikan juga cara Anda membersihkan make-up. Dan, jika terjadi masalah terhadap kesehatan yang mengganggu Anda, sebaiknya langsung menghubungi dokter atau ahli yang bisa membantu.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...