Saturday 7 September 2019

Berbagi Tips: Cara Memilih Produk Bedak Sesuai Jenis Kulit


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Cara Memilih Produk Bedak Sesuai Jenis Kulit

Bedak memang merupakan make-up yang bekerja sebagai dasar yang perlu dimiliki oleh wanita untuk tampil cantik setiap hari. Bedak berguna untuk membuat kulit wajah cerah dan segar. Selain itu, bedak juga berfungsi untuk melindungi kulit dan pori-pori wajah. Bedak biasanya membuat seorang wanita lebih percaya diri karena kekurangan wajah seperti jerawat, flek hitam, garis halus, dll pada wajah dapat tertutupi. Bedak akan menjadi alat pertama yang dipilih dibanding perlengkapan kecantikan lainnya.

Bedak merupakan salah satu produk kecantikan yang tak pernah dilupakan oleh (hampir) semua wanita. Bagi para wanita, peralatan make-up tentunya menjadi senjata yang harus selalu siap sedia di dalam tasnya, terutama bedak. Untuk menutupi kekurangan wajah, umumnya para perempuan sering menggunakan bedak supaya tampilan wajah tampak flawless seketika. Bedak menjadi salah satu item kosmetik yang rajin dibawa perempuan dalam tas mereka. Tanpa bedak, make-up Anda bisa terlihat tidak sempurna dan lebih cepat luntur. Hal tersebut dikarenakan bedak merupakan benda kosmetik yang bisa cepat memperbaiki riasan wajah tanpa harus ribet. Bedak sering kali membantu wanita untuk menutupi kekurangan ataupun memperbaiki penampilan setelah beraktivitas seharian.


Kulit wajah merupakan bagian yang sensitif, terlebih lagi bagi kaum wanita yang selalu menginginkan wajahnya terlihat cerah. Untuk mendapatkan tampilan riasan yang sempurna dibutuhkan produk kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit. Seperti memilih bedak yang tepat. Karena, tidak semua jenis kulit akan cocok menggunakan jenis bedak yang sama. Apalagi penggunaan bedak terbilang cukup penting sebab dapat membantu menyempurnakan penampilan. Karena itu pastikan Anda memilih bedak yang tepat sebelum menggunakannya.

Pemilihan produk bedak juga menentukan hasil akhir make-up Anda. Karena itulah penting untuk memilih bedak sesuai jenis kulit. Memilih bedak yang tepat untuk jenis kulit akan membuat riasan wajah terlihat sempurna karena setiap jenis kulit membutuhkan jenis bedak yang berbeda pula. Karena itu pastikan Anda memilih bedak yang tepat sebelum menggunakannya.

Kulit kering
Bedak padat sangat dianjurkan bagi kulit kering. Untuk hasil akhir yang sempurna, pilih bedak padat dengan kandungan minyak lebih banyak dan aplikasikan menggunakan spons aplikator. Jenis kulit kering rentan mengelupas dan bersisik sehingga kandungan minyak pada produk bedak akan dapat membuat kelembapan kulit tetap terjaga. Pemilik kulit kering juga rentan mengalami dry patches.


Jika pemiliki kulit kering memilih produk loose powder, sangatlah disarankan untuk memilih produk yang memiliki butiran halus. Menurut Make Up Artist, Ara Fernando, bedak tabur memiliki partikel yang lebih kecil sehingga lebih mudah terbaurkan di kulit yang kering. Partikel kecil inilah yang dapat mencegah make-up terlihat cakey.

Kulit sensitif
Menemukan bedak untuk kulit sensitif juga tidaklah mudah. Bagi pemilik kulit sensitif selalu perhatikan kandungan bedak seperti silicone, fragrance dan paraben yang bisa menyebabkan iritasi. Agar kulit tetap terjaga kesehatannya, pilih bedak dengan kandungan yang aman untuk kulit dan rutin untuk membersihkannya supaya tidak menjadi tempat berkembangnya bakteri penyebab iritasi.


Pemilik kulit sensitif memang harus lebih berhati-hati saat memilih produk kosmetik. Pemilik kulit wajah yang sensitif umumnya lebih sering mengalami masalah kulit dibandingkan dengan mereka yang memiliki kulit normal. Kulit sensitif merupakan kondisi di mana kulit bereaksi berlebihan pada kondisi cuaca maupun faktor lingkungan, misalnya saat terpapar udara yang kering dan dingin, ataupun saat terkena kotoran, debu dan polusi. Reaksi berlebihan tersebut juga sering muncul saat kulit bersentuhan dengan kosmetik, seperti bedak, pelembab, atau pembersih wajah. Untuk itulah, pemilik kulit sensitif harus lebih teliti saat memilih dan menggunakan produk kosmetik, termasuk bedak.

Penyebab kulit sensitif bisa berbeda-beda, ada yang disebabkan karena faktor lingkungan (kotoran, debu, polusi), faktor cuaca (udara yang terlalu dingin atau panas), serta bisa pula dipicu oleh bahan-bahan tertentu yang terdapat pada kosmetik. Jika kulit sensitif Anda dipicu oleh bahan-bahan tertentu pada kosmetik, maka pilihlah bedak tabur yang bebas dari kandungan bahan-bahan tersebut.

Ciri-ciri kulit sensitif
Dengan memahami jenis kulit, kita akan lebih mudah menentukan produk kosmetik yang tepat, sesuai dengan keadaan kulit kita.
-Kulit kemerahan atau timbul bercak merah
Salah satu ciri umum dari kulit sensitif adalah timbulnya kemerahan pada kulit. Hal ini terjadi saat kulit bersentuhan dengan produk kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit, sehingga menimbulkan ketidaknyamanan pada kulit. Selain kemerahan seringkali juga timbul bercak merah atau ruam.
-Kulit terasa kering dan mengelupas
Kulit sensitif akan terasa lebih kering dari kulit pada umumnya, hal tersebut juga disebabkan karena hilangnya kelembapan pada kulit. Bahkan kondisi kulit yang terlalu kering ini pada akhirnya bisa menyebabkan kulit mengelupas.
-Kulit terasa gatal
Kulit yang terasa gatal juga merupakan ciri kulit sensitif. Apalagi saat terjadi iritasi, rasa gatal tersebut biasanya akan terasa lebih parah, bahkan perih.

Jika Anda adalah pemilik kulit sensitif, tentunya harus lebih berhati-hati saat memilih produk kosmetik. Karena, sebuah tindakan yang salah dalam memilih produk kosmetik bisa menyebabkan kulit sensitif Anda menjadi iritasi. Jangan lupa untuk selalu mengecek bahan-bahan apa saja yang ada dalam produk yang Anda gunakan. Pemilik kulit sensitif sebaiknya menghindari produk kosmetik yang mengandung alkohol, paraben, dan pewangi buatan. Karena ketiganya bisa memicu iritasi dan kemerahan pada kulit sensitif.

Memilih sebuah produk yang mengandung bahan-bahan alami berkualitas akan sangat bermanfaat untuk kulit sensitif. Produk kosmetik yang menggunakan bahan-bahan alami tentunya lebih aman digunakan dibanding produk yang hanya menggunakan bahan-bahan kimia dalam komposisinya.

Penggunaan produk yang diperkaya dengan kandungan tabir surya akan sangat penting bagi pemilik kulit sensitif, karena kulit sensitif lebih rentan terhadap bahaya sinar matahari yang dapat menyebabkan kulit teriritasi. Untuk itu pilihlah bedak tabur yang mengandung SPF 30 untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

Apabila jenis kulit muka Anda sangat sensitif, dan tidak cocok dengan berbagai jenis bedak, sebaiknya cobalah menggunakan bedak bayi. Bedak bayi memiliki kriteria yang tepat, yaitu tidak mengandung bahan kimia, bertekstur ringan, dan oil free. Jenis bedak ini sangat sesuai untuk kulit yang sesnsitif.

Kulit kombinasi
Jika kondisi kulit Anda sedang mengalami kering dan berminyak secara bersamaan, cobalah untuk menggunakan bedak two way cake. Jenis bedak ini akan dapat membuat tampilan wajah Anda tetap terlihat matte tanpa membuat kondisi kulit terlalu kering. Gunakan spons lembap pada area T-zone dan kuas pada kulit yang terasa kering.


Mengaplikasikan bedak tabur dan padat secara bersamaan juga merupakan sebuah tindakan yang ideal. Untuk bedak tabur Anda dapat mengaplikasikan pada area berminyak atau T-zone dan bedak padat pada area kulit yang kering.

Kulit berminyak
Ada banyak hal yang menyebabkan kulit wajah menjadi berminyak, antara lain mulai dari makanan yang dikonsumsi, kebersihan kulit wajah, serta produk kecantikan yang  tidak cocok. Salah satu cara untuk menghindari timbulnya kulit berminyak adalah jangan mengkonsumsi garam dan gula secara berlebih. Makanan dengan kriteria tersebut merupakan salah satu pemicu kulit wajah menjadi berminyak. Sedangkan untuk produk kecantikan yang digunakan sebaiknya pilih yang sesuai dengan kondisi wajah, jangan asal memilih, dan tergiur dengan harga yang murah. Jika Anda sudah merasa cocok dengan kosmetik yang Anda gunakan saat ini, pakailah secara teratur untuk memberikan hasil yang maksimal, serta jangan mudah tergoda dengan jenis kosmetik yang baru.


Melakukan perawatan yang tepat pada kulit wajah juga akan mencegah wajah menjadi berminyak. Namun jika wajah Anda termasuk dalam jenis wajah yang berminyak, lakukan perawatan wajah yang benar. Jika tidak kondisi produksi minyak pada wajah yang berlebihan akan sangat mudah menimbulkan jerawat. Dari segi kebersihannya, rajinlah mencuci muka minimal dua kali sehari menggunakan facial wash yang mengandung asam salsilat.

Bagi yang memiliki kulit berminyak, pilihlah bedak tabur dengan efek mattifying. Bedak tabur tetap bisa membuat kulit berminyak masih bisa 'bernapas' berkat partikel halus di dalamnya.

Bedak tabur dengan partikel-partikel lebih halus sangat dianjurkan bagi kulit berminyak. Bedak tabur akan mampu membantu kulit tetap bernapas meski menggunakan make-up. Hindari penggunaan bedak padat dengan foundation yang berlebihan karena akan membuat tampilan riasan wajah terlihat cakey.

Ada beberapa kriteria jenis bedak tabur yang sangat direkomendasikan untuk pemilik kulit wajah berminyak yang dapat Anda pilih, yaitu;
-Bedak tabur tanpa kandungan wax atau lilin
Saat memilih jenis bedak tabur, lihatlah bahan bedak yang digunakan. Pastikan bahan bedak yang digunakan tidak mengandung wax atau lilin. Kandungan lilin akan menghambat pengeluaran keringat serta dapat menimbulkan jerawat.
-Bedak tabur tanpa kandungan kimia
Bahan kimia yang terkandung pada bedak tentu saja tidak baik dan akan berefek pada kulit. Bedak tabur memiliki tekstur yang lebih ringan jika dibandingkan dengan bedak padat. Saat memilih bedak tabur pihlah yang mengandung bahan alami, dengan kandunagn bahan kimia yang sedikit mungkin.
-Bedak tabur bertekstur ringan
Semakin ringan tekstur suatu bedak tabur yang dipilih, akan semakin mudah bedak tersebut menyerap minyak yang dihasilkan oleh wajah Anda. Kulit yang berminyak memiliki pori-pori kulit yang lebih besar, sehingga lebih cepat mengeluarkan minyak.


Memilih formula bedak yang tepat juga penting untuk mempertahankan keadaan bedak sepanjang hari serta mencegah masalah kulit seperti jerawat. Tampil cantik itu penting, namun sebaiknya perhatikan juga cara Anda membersihkan make-up. Dan, jika terjadi masalah terhadap kesehatan yang mengganggu Anda, sebaiknya langsung menghubungi dokter atau ahli yang bisa membantu.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...