Saturday 7 September 2019

Berbagi Tips: Perbedaan Fungsi Bedak Tabur dengan Bedak Padat


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Perbedaan Fungsi Bedak Tabur dengan Bedak Padat

Bedak memang merupakan make-up yang bekerja sebagai dasar yang perlu dimiliki oleh wanita untuk tampil cantik setiap hari. Bedak berguna untuk membuat kulit wajah cerah dan segar. Selain itu, bedak juga berfungsi untuk melindungi kulit dan pori-pori wajah. Bedak biasanya membuat seorang wanita lebih percaya diri karena kekurangan wajah seperti jerawat, flek hitam, garis halus, dll pada wajah dapat tertutupi. Bedak akan menjadi alat pertama yang dipilih dibanding perlengkapan kecantikan lainnya.

Bedak merupakan salah satu produk kecantikan yang tak pernah dilupakan oleh (hampir) semua wanita. Bagi para wanita, peralatan make-up tentunya menjadi senjata yang harus selalu siap sedia di dalam tasnya, terutama bedak. Untuk menutupi kekurangan wajah, umumnya para perempuan sering menggunakan bedak supaya tampilan wajah tampak flawless seketika. Bedak menjadi salah satu item kosmetik yang rajin dibawa perempuan dalam tas mereka. Hal tersebut dikarenakan bedak merupakan benda kosmetik yang bisa cepat memperbaiki riasan wajah tanpa harus ribet. Bedak sering kali membantu wanita untuk menutupi kekurangan ataupun memperbaiki penampilan setelah beraktivitas seharian. 


Dalam dunia make-up, terdapat beberapa jenis bedak, dan dua diantaranya yaitu berjenis padat dan tabur. jika dibandingkan, keduanya pun mempunyai kelebihan serta kekurangan masing-masing. Dibawah ini merupakan penjelasan mengenai perbedaan fungsi dari bedak tabur dan bedak padat yang perlu untuk Anda ketahui.

Bedak tabur lebih ekonomis
Umumnya produk bedak tabur dari merk apapun, cenderung memiliki harga yang lebih murah dibanding bedak padat dari merk yang sama.


Dengan isi yang lebih banyak, bedak tabur bisa Anda miliki dengan setengah harga lebih murah serta umur pakai yang lebih lama. Jangan kaget kalau pengeluaran untuk make-up Anda bisa berkurang drastis hanya dengan mengganti jenis bedak.

Bedak tabur untuk kulit berminyak sedangkan bedak padat untuk kulit kering
Bedak tabur atau biasa disebut loose powder memiliki formula yang ringan dan dapat menyerap minyak pada kulit. Ketika memiliki kulit yang berminyak sangat disarankan menggunakan bedak tabur. Kelebihan minyak pada wajahmu dapat terserap dan menghilang dengan sekejap saat menggunakan bedak tabur, sehingga memberikan hasil riasan yang terlihat natural, warna bedak dengan muka lebih blending dan tidak belang-belang.

Karena partikelnya yang kecil dan tidak menggumpal, formula bedak tabur memiliki kemampuan untuk menyerap minyak sehingga riasan tidak mudah tampak cakey. Bedak tabur dapat melekat lebih lama pada kulit berminyak serta mampu mengurangi produksi minyak sehingga wajah tidak terlihat mengkilap.


Begitu pula untuk pemilik kulit kering, akan sangat disarankan menggunakan bedak padat karena umumnya mengandung kandungan minyak. Jika pemilik kulit kering menggunakan bedak tabur dapat mengakibatkan tampilan kulit wajah yang semakin bertambah kering. Karena itulah, pergunakanlah jenis bedak sesuai keadaan kulit Anda.

Bedak padat atau biasa disebut sebagai Compact powder adalah bedak tabur yang dipadatkan dan ditambahkan beberapa formula seperti moisturizer (pelembab) dan minyak sehingga teksturnya menjadi agak berat. Bedak padat cocok digunakan untuk pemilik jenis kulit kering karena mengandung formula yang membantu melembabkan kulit. Meskipun kini telah banyak brand bedak padat yang sudah menggunakan teknologi anti berminyak. Namun, pada umumnya bedak padat bercampur dengan minyak alami pada wajah agar bisa ngeblend. Karena itulah, bedak padat akan lebih cocok digunakan untuk mereka yang berkulit normal dan kering.

Bedak padat untuk riasan jangka panjang
Tekstur bedak padat dapat menempel dalam jangka waktu yang lama, sehingga akan cocok untuk dipakai pada acara-acara tertentu. Akan tetapi, bedak padat yang formulanya lebih berat, biasanya tidak cocok dengan beberapa jenis kulit.


Sedangkan, bedak tabur mempunyai tekstur yang lebih ringan. Sayangnya bedak tabur lebih mudah luntur oleh keringat.

Bedak tabur tidak cocok untuk traveling
Ketika Anda akan traveling, lebih baik gunakan bedak padat karena mudah dibawa. Sesuai dengan namanya yaitu compact powder, Anda bisa membawa jenis bedak tersebut kemana-mana karena wadahnya yang lebih praktis, serta dilengkapi dengan kaca dan sponge. Bedak tabur terkesan kurang simple untuk dibawa traveling karena teksturnya yang terlalu halus dan dapat tumpah.


Karena bentuknya yang bubuk, bedak tabur umumnya dikemas dalam wadah berukuran lebih besar, sehingga menyulitkan untuk dibawa kemana-mana dan bentuknya yang berupa bubuk sering kali tumpah jika tidak ditutup dengan rapat dan dapat menodai baju ataupun tempat yang digunakan untuk membawa bedak tersebut.

Tidak perlu kawatir walaupun salah pilih shade
Salah pilih shade bedak yang tidak sesuai dengan tone kulit Anda, terlau terang ataupu terlalu gelap dibandingkan warna kulit.


Jangan khawatir, dengan menggunakan bedak tabur, kemungkinan tersebut akan dapat Anda minimalisir.

Bedak tabur dapat diterapkan berlapis
Saat menggunakan foundation, gunakan bedak tabur sebagai proses finishing supaya riasan wajah terkunci sempurna. Jika, ketika finisihing Anda menggunakan bedak padat, wajah akan cepat berminyak dan riasan akan terkesan cakey.


Selain menyerap minyak, bedak tabur juga bisa dipakai secara berlapis. Bedak tabur cenderung ringan di wajah sehingga tidak masalah kalau Anda menginginkan reapply make-up seharian, karena partikel bedak tabur yang kecil dan teksturnya yang ringan. Dengan ciri khasnya tersebut, maka mengaplikasikannya berulang-ulang tidak akan menyebabkan penggumpalan dan tetap ngeblend dengan wajah Anda. Bedak tabur tidak akan menggumpal di wajah saat diaplikasikan ulang. Bedak pun tidak akan menggumpal walau berkali-kali dipulas.

Bedak padat cenderung berat di kulit, Anda juga bisa mengandalkannya untuk memberi coverage maksimal. Memakai bedak padat memang lebih bisa menyamarkan garis-garis halus dan noda-noda pada wajah. Tapi ketika Anda menumpuknya, bedak padat cenderung menjadi cakey atau terlihat berkerak.

Bedak tabur cocok untuk kulit jerawatan
Bagi pemilik wajah berminyak dan berjerawat pasti sudah mengerti bahwa penggunaan bedak padat akan dapat memperparah kondisi kulit.


Setiap dokter kulit pasti akan menyarankan siapapun dengan jenis kulit berminyak untuk menggunakan bedak tabur dibanding bedak padat. Hal tersebut dikarenakan formula dalam bedak tabur cenderung lebih ringan dan lebih ramah terhadap kulit yang sensitif.

Bedak tabur bisa diaplikasikan setelah foundation
Sebenarnya bedak padat bisa langsung diaplikasikan tanpa foundation karena secara umum kandungan bahan di dalamnya mencakup foundation dan bedak. Sehingga jika Anda ingin menggunakan foundation, sebaiknya Anda menambahkan bedak tabur untuk finishing. Kandungan 2 in 1 bedak padat akan sangat cocok untuk kaum perempuan yang ingin tampil praktis.


Bedak tabur terkadang juga dikenal sebagai transluscent powder, setting powder, atau finishing powder. Bedak-bedak ini biasanya digunakan pada langkah make-up terakhir supaya menghasilkan riasan yang tahan lama dan tidak mbleber. Jika penggunaannya diterapkan pada wajah telanjang, umumnya hal tersebut ditujukan untuk menghilangkan minyak. Dengan aplikasi bedak tabur keringat dan minyak di wajah akan langsung diserap, sehingga akan menghasilkan make-up yang tidak mudah tampak mengkilap.

Di sisi lain, bedak padat kadang dikenal juga sebagai two-way cake, press powder, atau compact foundation. Hal tersebut dikarenakan formulasi bedak padat biasanya sudah menjadi satu dengan foundation. Bahkan sekarang sudah terdapat produk bedak padat yang sudah dicampur dengan bb atau cc cream. Oleh karena itu, penggunaan bedak padat tidak boleh asal ditumpuk.

Bedak tabur bisa digunakan untuk teknik baking
Bagi yang suka dandan, atau yang mengerti dunia make-up, pasti sudah tahu betul mengenai trik baking.


Banyak beauty vlogger yang suka memberi contoh untuk teknik baking area bawah mata. Teknik baking memiliki tujuan untuk menutupi garis-garis halus pada bawah mata, sehingga tersamar dan tidak terlalu nampak.

Bedak tabur memberikan hasil akhir natural
Bedak tabur cenderung memberikan hasil akhir natural, sehingga sangat cocok digunakan untuk sehari-hari, seperti ke kantor, kampus, jalan-jalan dan kegiatan lainnya. Berbeda dengan bedak padat, teksturnya yang padat akan sangat cocok digunakan untuk tampilan bold saat pesta pada malam hari.


Menggunakan bedak tabur dalam kegiatan sehari-hari akan membuat make-up di wajah tampak natural dan tidak berlebihan. Hal ini dikarenakan tekstur bedak tabur yang sangat halus dan ringan saat diaplikasikan. Meskipun bedak tabur mampu memberikan tampilan make-up yang natural dan tidak berlebihan. Namun, Anda juga tetap perlu berhati-hati. Karena jika bedak tabur tidak diblend secara sempurna, akan dapat memunculkan bercak-bercak putih yang dapat menjadikan Anda terlihat seperti badut.

Formulanya bedak tabur tidak seberat bedak padat, menggunakan bedak tabur akan memberikan hasil riasan yang halus dan tidak terlalu powdery. Terutama untuk Anda yang tidak terlalu menyukai riasan yang glamour dan menginginkan tampilan make-up no make-up, sangat disarankan untuk menggunakan bedak tabur daripada bedak padat.

Bedak padat memang menghasilkan coverage yang cukup tebal. Oleh karena itu bedak padat sering dijadikan touch-up saja atau benar-benar dipakai seutuhnya untuk acara spesial terutama di malam hari.

Kini Anda sudah mengetahui perbedaan antara bedak padat dan bedak tabur. Walaupun keduanya memiliki fungsinya berbeda namun tujuan kedua bedak itu tetap satu, yaitu memperindah dan melengkapi riasan wajah Anda. Usahakan warna bedak tidak jauh berbeda dengan warna kulit. Maksimal warna bedak yang harus Anda gunakan adalah bedak dengan warna dua tingkat diatas warna kulitmu supaya tidak terlihat seperti menggunakan topeng.

Tampil cantik itu penting, namun sebaiknya perhatikan juga cara Anda membersihkan make-up. Dan, jika terjadi masalah terhadap kesehatan yang mengganggu Anda, sebaiknya langsung menghubungi dokter atau ahli yang bisa membantu.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...