Saturday 7 September 2019

Cantik Sehat : Tinjauan Tentang Sejarah Maskara


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Tinjauan Tentang Sejarah Maskara

Maskara merupakan salah satu produk kosmetik andalan yang tentunya tidak boleh tertinggal keberadaannya di dalam tas kosmetik. Bagi wanita, maskara sudah menjadi produk kecantikan yang sangat populer. Maskara merupakan sebuah produk kecantikan yang berperan seperti alat sulap untuk menjadikan mata terlihat lebih atraktif. Sebuah beauty item yang dapat menjadikan mata terlihat lebih indah. Maskara memiliki peran dalam mempercantik mata karena dapat mempertebal, memanjangkan, sekaligus melengkungkan bulu mata.

Maskara bisa menjadikan tampilan bulu mata menjadi terlihat lebih tebal, panjang, dan indah, apalagi jika disertai perawatan bulu mata lainnya semisal pencapit bulu mata, bulu mata pun serasa seperti bulu mata burung merak, lentik dan indah. Ditambah pula perusahaan kosmetik yang kini semakin mengembangkan produk maskara. Namun, tentang sejarahnya mungkin banyak orang yang belum mengetahuinya.

Kembali pada tahun 4000 sebelum masehi, ketika kohl dan ointments digunakan untuk menggelapkan bulu mata dan alis serta untuk melindungi mata mereka dari sinar yang menyengat. Pada jaman tersebut, bukan hanya wanita yang menggunakan benda ini tetapi juga para prianya pun melakukan hal yang sama.

Orang-orang Mesir kuno memainkan peranan penting dalam sejarah maskara. Pada 3400-30 BC, orang Mesir menggunakan tulang dan gading sebagai aplikator maskara, dan campuran kotoran buaya, air dan madu sebagai maskara pertama yang dibuat. Campuran tersebut telah digunakan sebagai eyeliner dan maskara. Karena mata dipercaya sebagai jendela jiwa, mereka meyembunyikan mata untuk mencegah roh gaib dan energi yang buruk.

Pada masa itu, laki-laki Mesir juga menggunakan maskara seperti perempuan. Zaman kuno menunjukan Cleopatra memiliki pengaruh besar dalam penggunaan maskara dan body painting hingga menyebar secara luas, baik untuk perlindungan, perayaan, peperangan dan kematian.

Meskipun orang-orang Mesir diketahui sebagai era pertama yang diketahui menggunakan maskara. Namun, maskara baru mulai terkenal ketika memasuki era Victorian (Ratu Inggris, 1837 – 1901) pada tahun 1830-an ketika produk pembuatan bulu mata mulai marak. Wanita Victorian saat itu telah terkenal sangat formal dan terelaborasi, mereka menghabiskan banyak waktu untuk berpakaian dan mempercantik diri.


Pada 1872, petroleum jelly dipatenkan dan menjadi bahan yang paling menyolok pada masa kelahiran maskara. Hal ini terjadi dalam beberapa tahun hingga petroleum jelly dapat dicampur untuk membuat maskara.

Eugene Rimmel merupakan salah satu pencipta maskara yang tidak beracun pada abad ke-19. Penemuan terjadi Pada 1917, Eugene Rimmel membuat kemasan maskara pertama yang dibuat dari campuran petroleum dan abu batu-bara hitam, sejarah maskara dimulai dari maskara padat (cake mascara) lilin dicampur dengan pigmen maskara. Cara menggunakan maskara cake adalah dengan menggosok maskara sebelum akhirnya diaplikasikan ke bulu mata. Perempuan harus membasahi kuas, menyapukannya ke dalam maskara cake, dan kemudian menerapkannya ke bulu mata mereka. Kata maskara sendiri diambi dari bahasa Italia maschera yang berarti topeng. Tapi di beberapa negara, kata “rimmel” ternyata masih diartikan sebagai maskara, “rimmel” menjadi sebuah nama household dan menjadi nama dari maskara itu sendiri seperti dalam bahasa Portugis, Turki, atau Romania.

T.L Williams (1913) seorang ahli kimia, menciptakan maskara modern untuk adiknya Mabel, Williams membuat cake maskara dari bubuk arang yang dicampur dengan petroleum jelly Vaseline. Produk ini diberi nama Maybelline yang merupakan gabungan nama adiknya dan Vaseline, yang kemudian berkembang menjadi salah satu perusahaan kosmetik besar, dan menjadi salah satu pesaing Revlon.


Pengaruh dan promosi konstan dari berbagai aktris film pada 1930-an, 40-an dan 50-an membuat maskara dapat diterima secara sosial dalam berbagai situasi dan menjadi bagian penting pada tiap gaya berpakaian.

Waterproof mascara pertama kali diformulasikan pada tahun 1938 dengan campuran 50% terpentin. Pada formulasi pertama ini, maskara menyebabkan reaksi alergi pada kulit dan memiliki bau tengik yang tidak dapat ditahan. Produk mascara tahan air dan aman baru populer dan ditemukan pada awal 1960-an.

Maskara dengan kemasan tube dan kuas baru muncul sekitar tahun 1957 yang dipopulerkan oleh Helena Rubinstein. Maskara modern dipromosikan serta dipasarkan hingga mendapatkan popularitas (1870-1965). Ia menjadi revolusioner yang telah mengubah formula maskara dan kemasannya. Dari awal mulanya maskara berbentuk padat (cake mascara) menjadi berwujud lotion (based cream) yang kemudian disertai sikat dan menjadi tube. Max Factor adalah yang pertama membuat maskara dengan aplikator tongkat dalam satu produk.

Salah satu tren bulu mata yang cukup ikonik pada tahun 60-an dan 70-an diantaranya adalah milik para supermodel. Twiggy menjadi salah satu model yang tampil dengan bulu mata tebal di bagian bawah. Dan, pada tahun 1971, Maybeline pun meluncurkan produk maskara pertamanya ke pasaran dan ini menjadi favorit selama 45 tahun setelahnya.


Mengaplikasikan maskara juga bisa dibilang susah-susah gampang. Karena jika terjadi kesalahan sedikit, kulit sekitar mata bisa berubah menjadi hitam. Kualitasnya pun harus dijaga supaya tidak menggumpal dan mengering.

Saat ini bulu mata lentik menjadi tren sendiri, orang lebih bebas dalam mengkreasikan bentuk bulu mata sesuai dengan keinginan, produk maskara pun memiliki formula yang lebih beragam di antaranya air, wax pengental, film-formers, dan bahan pengawet. Beberapa maskara juga mengandung serat nilon atau rayon untuk memanjangkan bulu mata. Warna maskara pun semakin beragam, mulai dari warna hitam, cokelat, transparan, bahkan biru.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...