Saturday 6 January 2018

Manfaat dan Fungsi Unsur Hara Tembaga / Copper / Cuprum (Cu)


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
                            Unsur Hara Mikro Tanaman Tembaga / Copper / Cuprum (Cu)

Tembaga (Cu) merupakan salah satu unsur hara mikro yang dibutuhkan tanaman. Tanaman menyerap tembaga (Cu) dalam bentuk Cu2+ melalui akar dan dapat diserap melalui daun dalam bentuk molekul kompleks organik. Tembaga sebagai pupuk digunakan dalam bentuk CuSO4.5H2O atau Cupri sulfat.

Di dalam tanah Cu terdapat dalam bentuk :
Malachit               : (CaCO3Cu(OH)2
Cuprit                    : (Cu2O)

Fungsi Tembaga (Cu):
§  Tembaga sangat diperlukan dalam pembentukan enzim-enzim dan juga pembentukan hijau daun (klorofil).
§  Tembaga sangat diperlukan dalam pembentukan macam-macam enzim seperti ascorbic acid oxydase, lacosa, butirid coenzim a. dehidrosenam. Berfungsi sebagai aktivator beberapa enzim seperti laktase, oksidase, dan asam askorbat.

Gejala Kekurangan Tembaga (Cu):
§  Terlihat pada ujung daun yang mengisut dan merana serta terkadang terlihat seperti gejala kekurangan K karena tepi-tepi daunnya mengering
§  Pada umumnya tanah jarang sekali kekurangan Cu, apabila terjadi maka akan berpengaruh pada daun yaitu daun bercoreng-coreng (belang), ujung daun memutih (keadaan demikian lazim disebut penyakit reklamasi/reclamation desease). Jika kekurangan Cu berkelanjutan, tanaman akan menjadi layu dan akhirnya mati.

§  Defisiensi tembaga pada umumnya terjadi pada tanah-tanah gambut yang mengakibatkan pertumbuhan tanaman menjadi tidak normal (layu dengan cepat dan batang tanaman melemah).





beli sekarang


beli sekarang


*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini


beli sekarang gif

pasang iklan disini




loading...