Thursday 4 June 2020

Review Spesifikasi dan Harga All New Honda CB150R StreetFire 2020


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
All New Honda CB150R StreetFire 2020



Honda CB150R merupakan motor berjenis naked bike dari Honda yang memiliki penggemar cukup banyak. Honda pun nampaknya ingin memperkuat posisi motor ini sebagai salah satu motor naked bike yang memiliki penjualan cukup bagus. Seperti diketahui, bersaing dengan beberapa produk pabrikan lain seperti Vixion dari Yamaha, membuat Honda CB150R ini harus terus diperbarui tampilannya supaya tidak kalah saing.

Honda dari waktu ke waktu selalu melakukan update warna di tiap modelnya termasuk CB150R StreetFire. Terakhir, All New Honda CB150R StreetFire  mendapat update warna Wild Black  dan Macho Black varian Standar, serta terdapat Razor White pada varian Special Edition (SE). Ada pula pilihan warna Stallion Black yang berpadu dengan velg berwarna emas, dan warna Honda Racing Red yang menjadi ciri khas motor sport Honda. Selain itu, tersedia pula varian warna Raptor Black yang dibalut warna doff dan frame merah. Karakter warna dan corak baru dari All New Honda CB150R StreetFire menampilkan stripe garis tajam yang simpel dan sekaligus memperkuat konsep Enhanced Sporty. Warna Razor White pada varian SE membuat penampilan All New Honda CB150R StreetFire semakin modern dan eksklusif. Kombinasi warna putih polos dengan rangka teralis bercat merah membuatnya lebih berwibawa. “CB150R dikembangkan dengan konsep motor naked terdepan di kelasnya. Kami mengembangkan motor ini dengan karakter di semua medan dari low speed sampai high speed” kata Kenji Kawai, R-and-D Project Leader CB150R StreetFire dari Honda R-and-D Co. Ltd Motorcycle R-and-D Center.
Secara umum, tampilan dari motor besutan Honda ini dari bagian muka tampil dengan lebih fresh, mengusung desain head cover berbentuk V Shape. Wajah baru All New Honda CB150R StreetFire membuatnya terlihat lebih ganas dan agresif, ciri khas naked sport bike.
Tampilan bodi Honda CB150R yang memiliki kesan siap tempur membuatnya banyak digemari anak muda di Tanah Air. Tidak hanya itu saja, tampilan luarnya yang sangat sporty juga sejalan dengan performa dari Honda CB150R ini yang memang dikenal cukup powerfull berkat mesin 150 cc yang digendongnya. Walaupun memiliki basis mesin yang sama dengan Sonic 150R, sebenarnya Honda CB150R StreetFire ini memiliki performa lebih bertenaga karena menempati kelas berbeda.Tidak mengherankan jika sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2012 yang lalu, kini PT. AHM kembali melakukan pembaruan dari motor streetfighter ini. Walaupun hanya pembaruan facelift, namun membuat Honda CB150R ini tampil lebih gagah dan menawan.


All New Honda CB150R StreetFire Raptor Mat Black

All New Honda CB150R StreetFire Macho Black

All New Honda CB150R StreetFire Wild Black

All New Honda CB150R StreetFire Fury Mat Red

All New Honda CB150R StreetFire Racing Red

All New Honda CB150R StreetFire Razor White

All New Honda CB150R StreetFire Stallion Black

Kehadiran All New Honda CB150R StreetFire pastinya akan disambut sangat antusias oleh para konsumennya, karena motor naked bike ini hadir dengan membawakan tampilan sangat baru dan lebih berotot. Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya maka All New Honda CB150R StreetFire terlihat lebih agresif dengan desain yang lebih tajam pada semua bagian, motor ini juga telah merevisi dari kekurangan di generasi sebelumnya yakni Honda CB150R, dengan Tagline yang di bubuhkan Honda yakni “Peforma Sang Penakluk” membuat kesan sangar pada motor ini, All New Honda CB150R StreetFire di gadang-gadang bakal menguasai penjualan motor sport kelas menengah dengan berbagai fitur andalan.
Generasi terbaru dari Honda CB150R StreetFire ini dihadirkan sebagai apresiasi AHM kepada konsumen. Memang hal ini cukup wajar dilakukan, sebab penjualan Honda CB150R StreetFire cukup tinggi di pasar otomotif sepeda motor Indonesia. Dengan distribusi ini pula Honda CB150R StreetFire merajai kelas naked bike di Indonesia.

Persaingan antara Honda dan Yamaha dikelas naked bike memang sangatlah ketat sekali, sehingga Honda mengambil keputusan untuk melakukan penyegaran terhadap motor andalannya.
Pada tahun 2015 lalu, Honda CB150R berhasil menggeser dominasi Yamaha Vixion yang dahulu merajai segmen sport 150 cc. Secara spesifikasi, Honda CB150R dianggap lebih canggih karena sudah dibekali mesin DOHC 4-Valve. Untuk motor sport sejenis, baru Suzuki GSX-S yang juga memakai jenis mesin serupa dengan dua noken as.
Honda CB150R generasi kedua mendapat minor facelift pada Juli 2018 lalu. New Honda CB150R StreetFire dengan tampilan yang lebih gagah dan agresif melalui sentuhan ubahan baru ada bodi samping, rear cowl, wavy disc brake, serta pijakan kaki aluminium. Posisi setang ikut berubah yang membuat posisi berkendara semakin nyaman.
New CB150R ini memiliki setang baru yang 7 mm lebih tinggi, dan 20 mm lebih lebar sehingga posisi berkendara lebih tegak dan santai. Sementara itu, untuk tipe Special Edition (SE) semakin modis dengan desain undercowl baru yang membawanya terlihat lebih lebih maskulin serta untuk menyempurnakan aerodinamika dan performa.
All New Honda CB150R StreetFire cukup kompak dengan dimensi panjang 2.019 mm, lebar 719 mm dan tinggi 1.039 mm. Ditambah lagi bobot keseluruhan dari motor ini yang hanya 136 kg membuatnya cukup ringan. Wavy disk brake baru di bagian rem cakram depan berukuran 276 mm dan rem cakram belakang berukuran 220 mm diklaim mampu meningkatkan kemampuan pengereman. Artinya, beberapa ubahan tadi membuat All New Honda CB150R StreetFire semakin lincah dan responsif di perkotaan.


All New Honda CB150R StreetFire dibekali dengan fitur sport bike kelas menengah yang maksimal untuk saat ini. Mulai dari Full Digital Spedometer dengan  tampilan futuristik dan sporty yang akan memberikan informasi lengkap serta fungsional. Motor besutan Honda ini juga dibekali dengan sistem penguncian New Auto Secure Key Shutter yang akan memberikan keamanan maksimal saat motor ditinggalkan dalam waktu yang lama. Sedangkan pada tangkinya, Honda CB150R StreetFire menggunakan tutup tangki model rata yang memberikan tampilan sporty dan modern. Urusan pencahayaan pun juga tak luput dari sentuhan teknologi Honda. Pencahayaan Honda CB150R StreetFire menggunakan lampu jenis LED yang menghasilkan cahaya terang maksimal. Lampu LED memang membuat kesan pencahayaan lampu motor ini terlihat lebih tajam dan kompak, dengan daya tahan yang lama. Sedangkan dari mesinnya, spesifikasi Honda CB150R StreetFire juga telah menggunakan teknologi mesin berstandar Euro2 dan Euro3. Itu artinya New CB150R StreetFire ini merupakan kendaraan ramah lingkungan dengan tingkat emisi yang rendah.
All New Honda CB150R StreetFire juga sudah memiliki fitur keamanan yang tidak di miliki oleh pendahulunya, fitur tersebut adalah penguncian pada lubang starter, hal ini membuat pemilik motor merasa lebih nyaman meninggalkan kendaraannya.

Selain perfoma yang menawan di kelasnya motor ini juga mengusung konsep bahan bakar ramah lingkungan seperti yang di usung pada seri motor Honda yang lainnya yakni PGM-FI, pabrikan Honda sendiri memang menyatakan bahwa antara CB150R StreetFire dengan Sonic 150R memang dibangun dengan basis mesin yang sama. Bahkan, kubikasi mesin pada New CB150R ini sama dengan mesin Sonic 150R, yaitu 149,16cc. Rasio kompresinya pun juga sama, yaitu 11,3:1. Lalu, apakah secara teknis Honda CB150R StreetFire ini sama dengan Honda Sonic 150R? Jawabannya pasti tidak. Meski secara teknis sama namun performa kedua motor baru Honda tersebut berbeda.



Dimensi dan desain
All New Honda CB150R StreetFire menampilkan aura naked sport bike yang sangat kental, memiliki desain lampu depan yang tajam dengan buritan merucing yang membuatnya terlihat semakin sporty. Dengan shrouds baru yang berada di bagian sampingnya, shrouds baru motor besutan Honda ini memiliki bentuk lebih runcing dan berkarakter. Shrouds atau air-flow pada All New Honda CB150R StreetFire memiliki dimensi yang lebih besar sehingga menutupi hampir separuh rangka tubular. Dari samping pula kita akan menemukan bentuk muffler baru yang terlihat lebih modern. Jika generasi sebelumnya identik dengan muffler pendek berbentuk bulat, maka versi barunya ini memiliki pipa buang yang lebih panjang dengan ujung persegi panjang. Desain ini memperkuat kesan berbeda pada motor baru besutan Honda ini.


Unit headlamp cover yang terlihat lebih ‘ganas’, serta buritan yang semakin sporty, versi baru buritan tampil dengan lampu lancip berpadu dengan handgrip runcing terpisah. Pabrikan Honda juga menambahkan visor dan undercowl dengan desain sporty yang menyempurnakan aerodinamika dan performa. Motor besutan Honda ini hadir dengan dimensi lebih besar, serta dengan dukungan ban tapak lebar juga.
Tampilan yang sporty dan gagah ditunjukkan oleh All New Honda CB150R StreetFire ini dengan body dan lekuk yang kuat, menghadirkan kesan gagah melekat pada All New Honda CB150R StreetFire. Dapat di katakan motor besutan Honda ini merupakan motor idaman para kaum lelaki dengan berbagai fitur andalan.


Perbedaan yang nampak jelas adalah pada bagian tank yang lebih proposional walaupun jika dilihat dari kapasitas tank masih sama yakni pada kapasitas 12 liter. Terlihat juga perbedaan yang tampak pada bagian kenalpot yang berbentuk poligonal dengan sistem slip-on serta dilengkapi penutup alumunium.
Pada rancangan yang terlihat di striping dan shround yang stylish semakin memperjelas gaya naked bike yang dibawa oleh motor besutan Honda ini. Adanya aero-fin yang disematkan pada shround semakin membuat motor ini terlihat atraktif. Sebagai motor yang hadir untuk touring, posisi berkendara pada CB15R Streetfire dibuat senyaman mungkin untuk pengendara supaya tidak mudah lelah ketika digunakan. Selain itu fitur rear inner fender turut memberikan tingkat keamanan yang tinggi ketika motor ini digunakan di berbagai medan jalanan. Dan, pada bagian belakang, terpasang spakbor belakang dengan sistem plug in play, sehingga kita bisa melepasnya secara mudah.

Perfoma dan mesin
Secara teknis, mesin pada All New Honda CB150R StreetFire ini juga merupakan produk satu gen dengan generasi lamanya. Motor besutan Honda ini dibekali mesin 150 cc yang menggunakan silinder tunggal 4 langkah 4 katup 6 kecepatan dan menggunakan sistem pendingin yang menjadikan mesin motor ini terbilang tangguh di kelas nya. sistem pendingin cairan pada motor ini dilengkapi Auto Fan yang akan menstabilkan suhu mesin. Dan, menariknya lagi, radioator All New Honda CB150R StreetFire akan otomatis menyala saat suhu mencapai 103° Celcius, sehingga bisa menjaga temperatur secara konsisten pada setiap bagian mesin.


Motor besutan Honda ini memiliki tenaga maksimum mencapai 12,5 kw (16,9PS)/ 900 rpm torsi maksimum 13,8 nm ( 141 kgf.m)/7000 rpm. Dalam sebuah test motor ini disinyalir dapat memiliki kecepatan 125km/jam dan waktu akselerasi 10,6 detik untuk jarak tempuh dari 0 sampai 200 meter.
Honda CB150R generasi kedua mengusung mesin berkode K56. Dilihat dari spesifikasi mesin, bisa diketahui bila output dan torsi maskimalnya berada di putaran atas. Hentakan tenaga baru terasa pada putaran 5.000 rpm, ini membuat tarikan awal All New Honda CB150R StreetFire berkarakter cukup lembut sehingga akselerasi terkesan berat. Namun jangan menganggap motor besutan Honda ini lambat atau lemot. Karena All New Honda CB150R StreetFire merupakan motor dengan transmisi manual, maka pengendara bisa tetap membuat akselerasi tetap bertenaga. Pengendara cukup main tuas kopling dan memutar grip gas lebih banyak. Tenaga mesin semakin keluar secara bertahap namun tidak sampai meledak-ledak. Dan, karena karakternya yang memiliki output pada putaran atas maka motor besutan Honda ini akan sangat cocok bila dipakai untuk aktivitas touring ke luar kota.


Pembesut All New Honda CB150R StreetFire biasanya punya karakter yang kalem bila berkendara di dalam kota, sesuai dengan karakter motornya. Mereka baru agresif bila sudah menemukan jalanan antar kota yang lengang sehingga bisa menggeber mesinnya dengan maksimal. Tidak heran, bila sebagian pengguna motor ini berasal dari kalangan bapak-bapak. Sebab, motor bermesin 150 cc ini punya karakter akselerasi yang lembut dan bertenaga sehingga ritme berkendara tetap nyaman untuk stop and go.
Mesin All New Honda CB150R StreetFire tersebut memiliki tingkat perbandingan kompresi sebesar 11,3:1, sama dengan Sonic 150R. Nah bedanya dengan Sonic, terletak pada power yang dihasilkannya sedikit di atas Sonic 150R. All New Honda CB150R StreetFire menggunakan transmisi manual enam percepatan. Selain itu, mesin Honda ini juga telah mengadaptasi teknologi Programmed Fuel Injection (PGM-FI). Sama seperti halnya Sonic 150R, All New Honda CB150R StreetFire juga telah lolos uji emisi Euro2 dan juga Euro3. Karena itulah, selain kencang pastinya spesifikasi mesin besutan Honda ini juga irit konsumsi BBM.
All New Honda CB150R StreetFire menggunakan transmisi 6-percepatan dengan pola perpindahan gigi (1 – N – 2 – 3 – 4 – 5 – 6). Dengan tekonologi Roller Rocker Arm menjadikan Honda Cb150r ini hemat bahan bakar. Honda mengklaim motor ini mempunyai tingkat konsumsi bahan bakar mencapai 40,8km/ liter. Sebuah angka yang sangat fenomenal untuk kelas motor sport.

Rangka dan suspensi
Dibangun dengan rangka diamond steel (truss frame) membuat All New Honda CB150R StreetFire terlihat besar dan gagah. Disertakan juga cast wheel atau velg racing yang berbentuk bintang berukuran 17 inci yang semakin membuat penampilan motor ini semakin terlihat kuat dan berisi, dengan rangka yang kokoh motor ini mempunyai keseimbangan yang cukup baik, rangka mesin yang di miliki motor besutan Honda ini lebih sporty dengan model yang dapat di katakan beda dengan seri sebelumnya dengan adanya penyangga alumunium yang membuat lebih ringan dan kuat.


Pabrikan Honda masih setia dengan desain rangka Diamond Truss Frame yang sudah terbukti kokoh meski terbuat dari material yang ringan. Ukuran tubuh All New Honda CB150R StreetFire ini lebih besar dan berat jika dibandingkan dengan generasi pendahulunya. Meski bobotnya lumayan berat, namun akselerasi motor ini tetap yahud karena memiliki jarak sumbu roda yang ideal. Pabrikan Honda mengklaim bahwa All New Honda CB150R StreetFire ini cocok untuk kaum muda yang memiliki ukuran tinggi tubuh 164 cm ke atas.
All New Honda CB150R StreetFire mengaplikasikan rangka teralis yang diklaim memiliki keseimbangan yang tinggi. Rangka tersebut memberikan kekuatan dan kelenturan berkat pengaplikasian aluminium engine hanger. Dibawah mesinnya juga terpasang Sporty Under Cowl yang melindungi mesin dan memperkuat karakter sporty saat berkendara.


Rancangan sasis teralis yang fleksibel dikombinasikan dengan monoshock pro-link yang memiliki karakter rebound lamban, menghasilkan kestabilan saat melahap tikungan.
Ukuran tinggi bodi All New Honda CB150R StreetFire memang cukup menjulang. Tinggi joknya mencapai 797 mm. Meski memiliki desain bodi tinggi besar, namun akselerasinya tidak akan berat karena pabrikan Honda menggunakan teknologi New Alumunium Engine Hanger yang akan membuat mesin semakin tersangga sempurna sehingga kestabilan, kelincahan serta kenyamanan berkendara semakin terasa. Untuk urusan bahan bakar, pabrikan Honda menyematkan tangki berkapasitas 12 liter.
Untuk bagian kaki-kaki, tergolong kokoh dengan daya redam tinggi, apalagi dengan digunakannya tipe teleskopik untuk suspensi depan dan monoshock Pro-Link di bagian belakang. Teknologi Pro-Link Rear Suspension yang merupakan teknologi penyesuaian suspensi motor secara otomatis untuk mengurangi goncangan saat berkendara, sehingga pengendara mudah melakukan handling pada saat melewati jalan yang tidak rata.
Karakter shockbreaker belakang memang agak keras supaya tidak limbung saat dikendarai dalam kecepatan tinggi. Posisi berkendara tetap nyaman saat melakukan manuver berbelok miring atau saat digeber kencang.
Sedangkan untuk kemanannya, All New Honda CB150R StreetFire dibekali dengan Double disc disisi depan dan belakang, serta ban tubeless dengan daya cengkram tinggi di segala kondisi jalan.
Ukuran ban pada All New Honda CB150R StreetFire ini memang lebih besar dari versi lamanya. Hal ini karena Honda menggunakan ban depan berukuran 100/80-17 52P dan ban belakang 130/70-17 62P. Meski diameter velgnya sama, namun ukuran tapak velg pada All New Honda CB150R StreetFire ini lebih lebar.
Pemakaian ban dengan tapak yang besar berguna untuk meningkatkan daya cengkram supaya maksimal sekaligus memberikan rasa aman ketika menikung maupun pada kecepatan tinggi.


Untuk menghentikan laju kendaraan, pabrikan Honda sudah menyematkan tipe pengereman Cakram Hidrolik untuk bagian depan, cakram depan motor besutan Honda ini berukuran 276mm. Sedangkan untuk bagian belakang juga menggunakan tipe yang sama yakni Cakram Hidrolik. Dengan menggunakan tipe yang sama, pastinya akan sangat mampu untuk menghentikan laju motor dengan sempurna.
Ubahan posisi di bagian setang berpadu dengan karakter rangka yang rigid dan ban lebar membuat All New Honda CB150R StreetFire menjadi terasa serba pas. Motor besutan Honda ini menawarkan suatu “fun to ride” baik untuk berkendara dalam kota atau luar kota.

Kelistrikan dan aksesoris
All New Honda CB150R StreetFire dibekali dengan baterai tipe MF yang memiliki daya 12V-5Ah dan sistem pengapian Full Transisterized, membuatnya mudah untuk dikendarai.


Motor besutan Honda ini menggunakan lampu LED sebagai penerangannya pada lampu depan, lampu sein hingga stoplamp. Sebuah hal yang baru dan pertama tentunya pada motor yang menggunkan lampu LED pada bagian lampu sein dan stoplamp.
Sayangnya, lampu LED-nya berwarna putih. Dalam kondisi cerah memang sangat terang dan membantu pencahayaan. Lain cerita kalau malam dan terkena hujan, pendaran cahaya dari motor ini tidak terlalu terlihat jelas dan bahkan cukup menyulitkan pandangan. Lampu LED ini menjadi pembaruan dari CB150R versi lama yang masih memakai bohlam halogen. Pencahayaan di CB150R generasi pertama memang lebih baik saat cuaca buruk, tapi tetap saja tidak luput dari hujatan penggunanya.


Pada panel parameter semuanya  sudah menggunakan panel digital. Berbeda dengan pendahulunya yakni CB150R yang menggunkan dua panel digital dan panel meter perangkat, dengan desain yang minimalis dibandingkan CB150R yang lebih besar, untuk warna pada panel mater digital adalah warna biru, serta tambahan pengaman pada pengunciannya yakni New Auto Scure Key Shutter yang merupakan penguncian otomatis untuk membuat motor ini lebih aman dari ganguan pencuri.
Pada panel speedometer digital LCD monochrome ini terdapat dua klaster yang terlihat menyatu berbentuk trapesium terbalik. Klaster pertama pada panel dashboard All New Honda CB150R StreetFire memiliki bentuk memanjang yang ditempati oleh RPM meter digital, trip meter, penunjuk jam, serta indikator bahan bakar tersedia. Sedangkan di klaster lainnya yang terpisah dengan kluster pertama, terdapat penunjuk kecepatan dengan ukuran huruf besar. Bagian berikutnya dari dashboard All New Honda CB150R StreetFire di isi oleh indikator gear netral, indikator mesin, indikator suhu mesin saat overheat, serta indikator lampu utama dan indikator lampu sein, jam, sampai malfunction indiator lamp untuk mendeteksi kerusakan yang ada pada motor Anda.
All New Honda CB150R StreetFire juga dilengkapi dengan teknologi Bank Angle Sensor yaitu sensor untuk mematikan mesin kita ketika motor terjatuh dan berada pada sudut kemiringan sebesar 60° atau lebih dan Sprocket Chain Stopper yang merupakan fitur rantai pengaman untuk menjaga agar roda kendaraan tetap terkunci saat terlepas dari gear. Fitur ini semakin memperkaya keamanan dan kenyamanan penggunana motor besutan Honda ini.
Perubahan pada spesifikasi All New Honda CB150R StreetFire pada bagian dashboard ini terhitung istimewa karena untuk motor sport kelas pemula jarang ada yang menggunakan panel full digital.


Sesuai dengan rilis resmi dari PT Astra Honda Motor, banderol harga All New Honda CB150R StreetFire versi baru ini memang sedikit lebih mahal dari versi lamanya. Hal ini dipengaruhi oleh peningkatan perangkat dan tentunya desain yang dibawanya. Meski bagian interior dan mesinnya tidak berubah, namun bagian eksterior All New Honda CB150R StreetFire mengusung sejumlah perubahan yang membuatnya tampil lebih macho dan sporty. Meskipun perubahan tersebut hanya dilakukan pada sektor grafis saja, namun tentunya hal tersebut cukup mempengaruhi kenaikan harga motor ini.
Harga All New Honda CB150R StreetFire dibanderol sekitar 27 jutaan, untuk harga On The Road Jakarta. Sedangkan untuk versi special editionnya dibanderol dengan harga sekitar Rp 28 jutaan. All New Honda CB150R StreetFire Special Edition dillengkapi fitur yang berbeda dari versi standart. Adapun fitur-fitur yang ada pada versi Special Edition adalah; Aggressive Visor, Gold Engine Cover, Red Frame, Red Velg, serta Sporty Under Cowl. Sebenarnya Honda masih memilih satu varian lagi, yaitu Honda CB150R Exmotion. Sayangnya CB150R Exmotion belum dipasarkan di Indonesia. Padahal desainnya lebih keren, karena memadukan konsep retro dan modern menjadi sebuah naked bike yang sempurna.


Bisa dibilang harga yang dibandrol untuk All New Honda CB150R StreetFire tersebut cukup murah, karena disamping menyuguhkan performa yang tiada duanya, Anda juga akan merasakan kenyamanan lebih yang tidak bisa ditemui pada produk motor lain.
Berbekal spesifikasi mesin yang lebih bertenaga, All New Honda CB150R StreetFire pastinya semakin siap untuk bertarung di jalanan Indonesia. Untuk versi special editionnya sendiri dibanderol lebih mahal karena memang memiliki tampilan yang sedikit berbeda dan penambahan fitur yaitu visor dan undercowl dengan desain sporty. Selain itu, dengan konsep desain bodi baru yang semakin menguatkan aroma naked sport bike, pastinya motor ini akan mudah menjadi idola baru di kelas 150cc.
Sekian informasi yang dapt kami berikan, semoga ulasan diatas mengenai rewiew, spesifikasi dan Harga All New Honda CB150R StreetFire terbaru diatas bermanfaat untuk Anda jadikan acuan sebelum membeli motor tipe sport dari Honda yang memiliki berbagai macam jenis pilihan. “Salam Otomotif”.

pasang iklan disini




loading...