Thursday 4 June 2020

Review Spesifikasi dan Harga All New Datsun GO Plus 2020


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

All New Datsun GO Plus 2020

Pabrikan Datsun kembali menggebrak pasar otomotif Indonesia dengan merilis produk facelift, yaitu All New Datsun GO Plus. Mobil besutan Datsun ini dibekali dengan segudang keunggulan yang tidak bisa diremehkan begitu saja.
Datsun merupakan sub merek Nissan untuk pasar internasional periode 1958-1986, dimana merek dagang tersebut digunakan untuk pasaran Asia Tenggara dan sekitarnya. Pada 2013, pabrikan asal Yokohama tersebut kembali meluncurkan Datsun sebagai brand untuk segmen pasar otomotif menengah ke bawah, termasuk Indonesia.
Mobil Datsun sendiri termasuk salah satu tipe mobil yang tergolong murah, hal tersebut dapat kita lihat dari bandrol harga mobil Datsun itu sendiri. Apabila kita coba bandingkan dengan beberapa pesaingnya seperti misalnya mobil Honda Brio, tentu harga mobil Datsun masih tergolong lebih murah. Meskipun saat dilihat dari segi fiturnya mungkin masih terasa sangat jauh dengan pesaingnya. Namun jika kita lihat dari sisi penggunaan ataupun desain eksterior, mobil Datsun ini tidak terlalu kalah saing. Ditambah dengan harga belinya yang masih sangat terjangkau pastinya akan menarik banyak peminat.
All New Datsun GO Plus merupakan model MPV yang hadir dengan pembaruan jauh lebih handal dan canggih, serta siap bersaing dengan para kompetitornya. All New Datsun Go Plus dibekali mesin 3 silinder 1.198 cc yang dinilai cukup efektif dalam menghasilkan performa pada mobil ini. Menyandang subjek 'new' pada modelnya ini, Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia, Eiichi Koito, mengatakan new Datsun Go dan Go+ memiliki ubahan lewat kombinasi desain yang segar, fitur modern dalam kemasan harga yang tetap kompetitif.
Mobil MPV besutan Datsun dengan 3 baris kursi di dalamnya ini akan bersaing melawan Toyota Sigra dan Daihatsu Calya yang sama-sama berstatus sebagai mobil LCGC. Harganya sangat murah dan didukung fitur berkelas yang membuatnya cocok dijadikan sebagia mobil keluarga.
LCGC dianggap mobil yang berada di kelas paling bawah karena memang selain harga yang terjangkau bagi hampir semua kalangan, mobil di kelas ini memang ditujukan supaya masyarakat Indonesia khususnya di perkotaan mengurangi pembelian sepeda motor, beralih kepada mobil LCGC yang tentunya dapat menampung lebih banyak penumpang dan lebih banyak barang.


Hadir pertama kali di Indonesia, mobil MPV besutan Datsun ini memang menawarkan sesuatu yang berbeda di segmen kendaraan LCGC di mana saat itu Toyota dan Daihatsu masih berfokus memilih segmen low MPV serta small hatchback. Namun Datsun yang notabene belum dikenal masyarakat malah hadir dengan membawa LCGC berkonsep low MPV untuk menemani Datsun GO Panca yang bertarung di segmen hatchback. Stratregi jitu pula juga diusung oleh pabrikan Datsun dengan mematok harga Datsun GO Plus yang tak terlalu mahal.
Dan, meskipun merupakan varian “mobil murah”, namun spesifikasi teknis mobil MPV besutan Datsun ini jelas tidak bisa dipandang sebelah mata. Dengan bekal mesin paling besar di kelasnya, yakni 1.198 cc, serta dukungan Nissan sebagai ATPM, membuat mobil ini semakin diminati masyarakat. Selain itu, lewat desainnya yang modern dan stylish serta fitur-fitur interior yang cukup mumpuni, membuat mobil ini layak masuk sebagai daftar mobil pilihan keluarga Indonesia.

Gubahan pada mobil besutan Datsun ini memang terbilang masih minim rombakan. Akan tetapi, diklaim mampu menjawab kebutuhan konsumen di Indonesia. MPV ini dianggap sebagai kendaraan yang cocok untuk keluarga yang membutuhkan ruang interior luas serta kenyamanan ketika berpergian bersama. Dari segi desain pun All New Datsun Go Plus hadir dengan konsep yang jauh lebih elegan dan modern sekaligus stylish untuk sebuah mobil keluarga yang efisien. Bahkan, kini MPV ini juga hadir dengan layout interior baru, sehingga akan memberikan pengalaman perjalanan yang nyaman.



Eksterior
Sektor eksterior pada All New Datsun Go Plus ini menyuguhkan daya tarik tersendiri. Meskipun gubahan yang diterapkan tidak terlalu banyak namun sanggup memberikan kesan yang lebih modern dan mewah. Bukan tanpa alasan mengingat pembaruan pada MPV ini memang ditujukan guna menampilkan kesan yang lebih elegan.


Eksterior mobil MPV besutan Datsun ini memberi kesan elegan sekaligus stylish untuk sebuah mobil keluarga. Dengan aksentuasi krom baru yang menambah kesan modern, tentu akan menjadi pusat perhatian.
Garis tegas di bagian tengah antara kaca dengan pintu memberikan kesan bahwa mobil ini sangat aerodinamis, begitu pula lekuk bagian pintu bawah, semakin ke belakang semakin mengarah keatas seakan mobil ini adalah mobil yang dibawa angin, mudah untuk dipacu kecepatannya dan tenaga nya mudah dikendalikan.


Dari sisi depan, All New Datsun Go Plus ini tampak menggunakan headlamp masa kini yang sudah dilengkapi dengan teknologi lampu DRL di bagian bemper kanan dan kiri yang berada didalam cekung lekukan yang amat sangat sporti untuk mendukung keamanan selama mengemudi siang hari dengan tampilan yang tidak hanya fungsional namun tetap stylish.
Tidak cukup sampai di situ saja, MPV besutan Datsun ini juga hadir dengan grille bergaris desain modern mengusung konsep grille D-Cut berkontur honeycomb dilengkapi lapisan krom yang membingkai sempurna logo DATSUN. Sehingga, membuat wajah sisi depan pada MPV ini semakin terkesan futuristik.
Kemudian pada bagian bumper depan All New Datsun Go Plus 2020 juga menampilkan desain berkelas lewat siluet tiga dimensi. Beralih pada body samping, desain mobil ini identik dengan mobil low MPV lainnya yang tanpa banyak garis tajam, namun tetap terlihat sporty lewat desain kaca menyempit dari depan ke belakang. Sedangkan, pada bagian buritannya, pabrikan Datsun menawarkan desain dinamis lewat perpaduan body belakang yang dibuat melengkung dengan stoplamp persegi yang kompak mengikuti alur body secara keseluruhan. Desain body belakang juga semakin manis berkat penerapan roof spoiler dan body yang dibuat menjorok ke belakang serta bumper yang dirancang dengan konsep yang lebih landai. Sehingga, tidak heran apabila aura dari sektor eksterior yang ditampilkan oleh All New Datsun Go Plus 2020 ini semakin membuatnya terkesan modern.
Bemper yang sangat sporti dan dilengkapi dengan built-in parking sensor serta lapisan krom minimalis di bagian dudukan plat nomor membuat mobil MPV besutan Datsun ini terlihat elegan.

Interior
Bagian interior All New Datsun GO Plus 2020 ini juga cukup menarik untuk ditelisik lebih dalam. Sebab, pembaruan juga diterapkan pada MPV besutan Datsun ini. All New Datsun GO Plus 2020 dilengkapi dashboard berbahan material cukup berkualitas dimana pada bagian tengahnya terdapat layar 2DIN 6.75 inci touch screen yang sangat atraktif. Sebab, pada layar tersebut akan memberikan beberapa pilihan menu fungsional, seperti Audio Player dan Mobile Link. Dimana, penumpang bisa memainkan musik melalui port USB atau AUX serta Bluetooth yang terintegrasi dengan smartphone, baik berbasis iOS maupun Android.


All New Datsun GO Plus 2020 memiliki kabin luas dengan tiga baris kursi untuk menampung 7 anggota keluarga secara bersamaan. Untuk interiornya sendiri terlihat rapi dan praktis dengan detail keseluruhan yang mencerminkan kualitas. Pabrikan Datsun membalut interior mobil ini dengan aksen silver dan dashboard berteksture silver.
Berkat kabin yang lega dengan layout interior baru, Anda dan anggota keluarga dapat menikmati perjalanan yang nyaman bersama All New Datsun GO Plus 2020. Kenyamanan yang membuat setiap perjalanan terasa lebih menyenangkan. Desain interior yang tampil rapi dan praktis dengan desain dasbor baru dan panel instrumen yang mencerminkan desain berkelas.


Sementara itu pada bagian pengemudinya juga dilengkapi layar MID yang berupa Smart Meter untuk memberikan informasi terkait kondisi mobil saat dikendarai secara informatif. Beberapa informasi tersebut seperti tachometer dan Drive Computer Display yang sangat modern dan mudah dipahami oleh pengendara.
Di sisi lain, ruang kabin pada All New Datsun GO Plus 2020 ini juga menawarkan kabin yang cukup lega. Hal itu bisa dilihat dari fleksibilitas bangku depan maupun tengah guna memberikan ruang lebih leluasa. Bahkan, Kursi baris ke dua atau ke tiga pun bisa dilipat dengan mudah guna memberikan ruang lebih besar sebagai bagasi belakang. Sehingga, bisa digunakan sebagai media membawa barang bawaan ketika akan berpergian jauh. Tentu saja, dengan keunggulan interior dan ruang kabin yang fleksibel tersebut, akan membuat para penumpang semakin nyaman berlama-lama dalam kabin.

Dimensi
Secara ukuran dimensi, MPV versi facelift besutan Datsun ini masih sama seperti varian terdahulu yang memiliki ukuran 3995 x 1635 x 1490 mm serta memiliki jarak sumbu roda 2450 mm. Apabila menilik ukuran tersebut maka sudah jelas bahwa mobil keluarga ini memiliki ruang kabin yang cukup luas.


Dimensi mobil MPV besutan Datsun ini lebih panjang dibandingkan Honda Brio, Daihatsu Ayla, Toyota Agya. Tentunya hal ini dikarenakan All New Datsun GO Plus 2020 memiliki tiga baris kursi didalamnya. Walaupun panjang, namun mobil ini memiliki desain modern yang membentuk siluet dinamisi dengan garis yang kuat.
Mobil MPV besutan Datsun ini memiliki sekilas lekuk mirip dengan Toyota Avanza, tetapi lebih ceper. Hal ini bisa terjadi dikarenakan All New Datsun GO Plus 2020 memang memiliki jarak antara tanah dengan mobil yang rendah, hanya 170mm saja, memudahkan bagi semua orang yang ingin menaiki mobil ini.
Ground clearance setinggi 170 mm membuat mobil MPV besutan Datsun ini lebih cocok dikendarai di medan jalan perkotaan. Sementara itu di satu sisi, MPV yang diklaim memiliki kapasitas tempat duduk hingga 7 kursi ini juga dilengkapi kaki-kaki nan handal dan kokoh. Hal itu bisa dilihat dari bekalan suspensi berupa double pivot front arm khusus bagian depan yang memang dirancang untuk memberikan respon yang gesit dan untuk meredam permukaan jalan yang tidak rata dengan lembut. Sementara itu, untuk suspensi belakang masih mengandalkan rem Torsion beam. Dengan kehandalan kedua suspensi tersebut maka keseimbangan dari mobil ini semakin lebih terjamin.
Pabrikan juga menyediakan beberapa ruang penyimpanan pada setiap sisi All New Datsun GO Plus. Dan, untuk bagasinya sendiri memiliki kapasitas 48 Liter dan bisa ditingkatkan hingga 387 Liter dengan cara melipat kursi baris ke-3.
Untuk mempermudah akses keluar masuk ke kursi baris ke-3, maka Anda bisa melipat kursi baris-2 secara menyeluruh. Kemudian untuk kursi depan, pabrikan Datsun membekalinya dengan kursi Low-Fatigue yang akan membuat berkendara semakin nyaman dan tidak melelahkan saat menempuh perjalanan jauh.
Sedangkan untuk velg nya sendiri, pabrikan Datsun masih mengandalkan roda dengan velg 14 inci Alloy yang akan membuatnya semakin mewah dan terkesan modern. Menariknya, dengan mengusung desain corak di bagian roda ini, menjadikan All New Datsun GO Plus 2020 mampu menyedot perhatian publik.

Mesin
Untuk sektor dapur pacu, pabrikan membekali All New Datsun GO Plus 2020 dengan teknologi baru. Dimana, MPV buatan anak perusahaan Nissan ini akan mengusung mesin 3 silinder (Re-Engineered 3-Cylinder) yang dikenal memiliki efisiensi termal yang lebih baik dan gesekan lebih rendah dibandingkan dengan mesin yang memiliki 4-silinder. Outer balancer secara alami mengurangi getaran mesin dan kebisingan untuk berkendara lebih nyaman. Tidak hanya itu, bahkan dengan bekalan mesin baru ini, konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih efisien. Apalagi, jika disandingkan dengan kubikasi 1198 cc dan transmisi manual 5 percepatan yang pastinya mampu membual All New Datsun GO Plus 2020 memiliki tenaga yang handal. Pabrikan Datsun melengkapi mesin mobil MPV ini dengan teknologi ‘perfect circle bore machining’. Teknologi tersebut diadaptasi dari mesin mobil balap, sehingga mampu menghasilkan power dan tenaga maksmium yang powerfull.


Mobil MPV besutan Datsun ini diklaim mampu menghasilkan power hingga 78 Hp dengan torsi maksimum 104 Nm. Tidak cukup sampai di situ saja, bahkan All New Datsun GO Plus 2020 juga sudah dilengkapi dengan teknologi pedal elektrik untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar serta menjaga umur pemakaian mesin lebih lama. Dengan demikian, tidak heran jika sektor permesinan pada mobil MPV besutan Datsun ini menjadi salah satu bagian yang menjadi pertimbangan para konsumen.
Pabrikan Datsun melengkapi mobil MPV ini dengan sistem kemudi Rack and Pinion dan teknologi Electric Power Steering (EPS) yang membuat pengendalian mobil ini semakin optimal dan setir semakin ringan. Lalu ada pula pedal akselerator elektronik yang meningkatkan respon tuas gas, sehingga bisa berlari semakin cepat.

Sasis dan kaki-kaki
Mobil MPV besutan Datsun ini menggunakan semua komponen sasis, ban, dan rem yang memilik durability tinggi serta umur yang lama, mengingat bahwa Datsun sebelumnya adalah pabrik pencetak kendaraan roda empat yang memiliki prestasi di segala lini balapan. Selain itu, suspensi McPherson Strut with Coil Spring disematkan di bagian kanan dan kiri depan mobil ini, ditambah dengan Torsion Beam di belakang, memberikan kenyamanan bintang lima yang tentunya membuat pengendara serta pengemudi tidak perlu risau akan keras nya suspesi ketika melewati medan yang jelek.


Pada sisi pengereman, Ventilated Disc dan Drum siap menemani perjalanan Anda mengendarai mobil ini, menjamin keamanan dan keselamatan. Tipe rem cakram berventilasi yang ada pada bagian roda depan ini berguna untuk mengurangi gangguan kinerja rem saat terjadi overheating. Alhasil berkendara akan lebih aman dan daya tahan rem bisa lebih lama.

Fitur
Demi menunjang kenyamanan maupun keselamatan maka pabrikan Datsun membekali All New Datsun GO Plus 2020 dengan beberapa fitur yang cukup menarik serta memiliki sejumlah fungsi atau kegunaan yang penting. Salah satunya yaitu suspensi canggih dan handal berupa double pivot front arm yang disematkan pada bagian depan. Sehinggaa akan memberikan tingkat keseimbangan berkendara yang jauh lebih maksimal.


All New Datsun GO Plus 2020 memiliki beberapa fitur keamanan yang siap memanjakan para pengemudi dan penumpang. Beberapa fitur tersebut antara lain Electric Mirror dimana anda tidak perlu kesulitan untuk mengatur posisi kaca spion, hanya tinggal sekali tekan di konsol yang ada didekat setir, maka posisi kaca spion akan langsung bergeser. Lalu Power Window yang sudah menjadi perangkat wajib bagi setiap mobil keluaran terbaru.
Mobil MPV besutan Datsun ini juga dilengkapi fitur kenyamanan berupa layar 2DIN seluas 6.75 inci yang memberikan tampilan beberapa menu entertainment secara lengkap, serta memiliki akses koneksi cepat untuk smartphone via USB atau Bluetooth. Konektivitas yang ada juga memungkinkan panggilan telepon hands-free, untuk kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Selain itu, terdapat juga beberapa fitur fungsional lain, seperti Long Range Headlamps dengan pancaran cahaya lebih jauh, Intelligent Wiper System yang memudahkan pengendara dalam mengatur gerak wiper menyesuaikan frekuensi gerak dengan kecepatan mobil. Tentu, hal tersebut menjadi salah satu alasan yang logis akan kecanggihan yang ditawarkan oleh All New Datsun GO Plus 2020.


Fitur Driver Airbag merupakan fitur wajib pada setiap tipe Datsun Go Plus. Meskipun pada mobil ini fitur hanya tersedia untuk supir saja.


All New Datsun GO Plus 2020 dipasarkan dalam beberapa pilihan tipe. Beberapa tipe tersebut yaitu; D, A, T, dan T-Style yang semuanya menggunakan sistem transmisi manual 5 percepatan. Dimana, kisaran harga All New Datsun GO Plus 2020 ini dibanderol antara Rp 112.380.000 hingga Rp 133.990.000. Kisaran tersebut cukup sepadan, bahkan bisa dikatakan cukup bersahabat dengan kantong mayoritas konsumen di Indonesia.
Harga All New Datsun GO Plus 2020 diatas merupakan harga OTR Jakarta. Beda kota, kemungkinan beda pula harganya. Dan, apabila diperhatikan, masing-masing tipe dari mobil ini memang dibanderol dengan harga yang cukup murah. Harga Datsun Go Plus yang murah membuat mobil ini laris manis di Indonesia. Nominal harga mobil MPV besutan Datsun ini pun juga rata-rata masih di bawah harga mobil LCGC dari merek lain.
Mobil MPV besutan Datsun ini bersaing ketat melawan Daihatsu Sigra yang sama-sama dibanderol 100 Jutaan. Keduanya sama-sama menawarkan tiga baris kursi sebagai kelebihan utamanya.
Dengan banyaknya pilihan tipe dan harga All New Datsun GO Plus 2020, pastinya juga akan memudahkan konsumen untuk memilih tipe mana yang sesuai dengan kebutuhannya, untuk operasional atau kebutuhan travelling jarak jauh. Berbekal harga yang cukup terjangkau, serta dukungan layanan perawatan serta purna jual di semua jaringan Nissan-Datsun, maka tidak salah jika mobil ini menjadi primadona baru di segmen low MPV atau LCGC tiga baris. Dan, dengan konsep tiga baris ini pula, pabrikan Datsun memperoleh kesuksesan penjualan yang terus menanjak.

pasang iklan disini




loading...